HO-3.1-2
|
SatuanPendidikan :
S M P TAMAN DEWASA KEBUMEN
Kelas/Semester : VIII / 1 (Ganjil )
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Tema/Topik : Lari jarak pendek
Pertemuan ke :
2
Waktu :
3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar :
1,1 Menghayati dan
mengamalkan nilai-nilai agama yang dianutdalam melakukan aktifitas jasmani
permainan dan olahraga,dicermikan dengan
a, Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan
sesudah pelajaran
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal
dengan hasil akhir
c. Membiasakan berperilaku yang baik dalam
olahraga dan latihan
2.4 Menunjukan kemauan kerjasama dalam melakukan
berbagai aktifitas fisik
3.3 Memahami konsep
ketrampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik ( jalan cepat,lari,lompat,dan lempar)
4.3 Mempraktekan
teknik dasar atletik(jalan cepat,lari,lompat dan lempar)menekankan gerak dasar
fundamentalnya
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
:
1. Melakukan doa sebelum memulai pembelajaran .
2. Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
4. Menyebutkan cara melakukan start pendek.
5. Menyebutkan
aba-aba lari jarak pendek.
6. Menjelaskan cara melakukan teknik lari jarak pendek
7. Menyebutkan cara melakukan teknik cara
memasuki garis finish
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini,
diharapkan peserta didik dapat:
1.
Membiasakan berdoa menurut
agama dan kepercayaan masing-masing.
2.
Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3.
Menunjukkan sikap disiplin
selama mengikuti pembelajaran.
4.
Menyebutkan cara melakukan start pendek (short start)
5.
Menyebutkan aba-aba lari jarak pendek
6.
Menjelaskan cara melakukan teknik lari jarak pendek.
7.
Menyebutkan cara melakukan teknik memasuki garis finish.
.
E. MateriPembelajaran
:
- Lari jarak pendek
Lari jarak pendek sering di
sebut sebagai lari sprint atau lari cepat.Seorang pelari jarak pendek biasanya
dipanggil denagn sebutan sprinter,jika diadakan lapangan terbuka(outdoo)dan
lari jarak pendak yang diadakan di lapangan tertutup dinamakan (indoor).
Elemen dasar bagi pelaksanaan lari jarak pendeka: a.Awalan start b.Melakukan start c.Teknik gerakan d.Memasuki garis finish
1) Persiapan (Sikap awal) melakukan start
(a) Sikap jongkok rileks
(b)Lutut menempel ditanah
(c) kedua tangan menempel di atas garis
start dengan membentuk huruf”V”
(d)Pandangan rileks ke depan dan kosentrasi pada aba-aba start
2) Pelaksanaan (start jokok dengan aba-aba start)
# bersedia
(a)
salah satu
lutut diletakkan ditanah
(b)
badan
membungkuk kedepan
(c)
kedua
tangan terletak di tanah dibelakang garis start
(d)
leher rileks
(e)
kepala ditundukkan
(f) pandangan kebawah dan kosentrasi pada
aba-aba
# aba-aba siap
(a)
lutut yang
menempel ditanah diangkat
(b)
panggul
diangkat setinggi bahu
(c)
kepala
tetap tunduk,leher rileks,pandangan ke bawah dan kosentrasi pada aba-aba
#aba-aba “ya”
(a) menolak kedepan dengan kekuatan penuh
(b) gerakan meluncur,tetapi tidak
boleh melompat
(c) badan tetap condong kedepan
disertai dengan gerakan lengan yang di ayun
3.Teknik lari jarak pendek
(a)
sikap badan condong
(b)
titik berat badan selalu di depan
(c)
ayunan lengan kuat dan cepat,gerakan langkah dipertahankan
4.
Teknik memasuki garis finish
(a) berlari secepat mungkin
(b) setelah sampai garis finish merebahkan badan kedepan tanpa
menguragi kecepatan
(c) sampai garis finish membusungkan dada
(d) tangan ditarik kebelakang atau putar salah satu bahu ke
depan
F. MetodePembelajaran.
1.
Pendekatan:
saintifik (scientific)
- Metode: penugasan.
G. Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi
· Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
· (alokasi waktu ini sudah
memperhitungkan waktu peralihan dari mapel lain)
|
15 menit
|
Inti
|
·
Pemanasan dengan lari-lari kecil serta peregangan statis dan dinamis.
·
Guru mendemonsrasikan gerakan angkat satu kaki dengan dua tangan dengan
bantuan beberapa peserta didik
·
Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru
·
Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di
demonstrasikan oleh guru
·
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan yang di
demontrasikan oleh guru yaitu teknik dasar passing bawah denganisi rincian kegiatan sebagai berikut:
|
85 menit
|
|
|
|
|
|
|
|
Teknik dasar start lari jarak pendek
dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
·
Melakukan start jongkok dengan aba-aba start
§ Melakukan teknik lari jarak
pendek
§ Melakukan teknik memasuki garis
finish
|
|
|
·
Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model
resiprokal/timbal-balik
·
Kelas dibagi menjadi 4 kelompok
·
Siswa mengambil bahan ajar yang disiapkan oleh guru,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap kelompok.
·
Siswa mempelajari tugas gerak dan indikator
keberhasilannya
·
Siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali melakukan
teknik lari jarak pendek seterusnya dilakukan secara bergantian sampai semua
anggota kelompok melakukan start jongkok dengan aba-aba start dan yang lain menjadi pengamat
·
Siswa melaksanakan tugas gerak, dan menampilkan gerak
sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.
·
Siswa melakukan start
lari jarak pendek dengan
menerapkan apa yang telah dipelajari
|
|
Penutup
|
·
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
dan bubar (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel
lain)
·
Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
·
Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
|
20 Menit
|
H.
SumberBelajar
-
Ruang terbuka yang rindang, datar dan aman
-
Bukuteks
-
Bukureferensi, Buku Pegangan guruPendidikanJasmani,
OlahragadanKesehatanKelas VII, Kemdikbud
-
Bukureferensi, Roji, PendidikanJasmani,
OlahragadanKesehatanKelas VII, Jakarta : Erlangga
F. Penilaian
1. Teknik penilaian:
-
Tes unjuk kerja (keterampilan):
Lakukan teknik lari jarak pendek
Keterangan: PERLU KRITERIA
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor maksimal
-
Pengamatan sikap (sikap):
Selama proses pembelajaran guru
mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas.
Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu mentaati aturan
permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan menuunjukkan perilaku sportif,
keberanian, percaya diri dan menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom
yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan
perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku
yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
-
Kuis (pengetahuan):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan
baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bolavoli
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor maksimal
-
Nilaiakhir
yang diperolehsiswa =
Nilai tes unjuk kerja (keterampilan) + nilai
observasi (sikap) + nilai kuis (pengetahuan
) =
3
|
2. RubrikPenilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR LARI JARAK PENDEK
Aspek
Yang Dinilai
|
KualitasGerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Melakukan Teknik Dasar Lari jarak
pendek
1.
start pendek (short start)
2.
Aba- aba
3.
Teknik lari
4.
Finish
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16
|
|
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP/PERILAKU DALAM LARI JARAK PENDEK
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja
sama dengan teman satu tim
|
|
2. Keberanian
dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)
|
|
3. Mentaatiperaturan
|
|
4. Menghormati wasit dan
pemain (sportif)
|
|
5.
Menunjukkansikapbersungguh-sungguh dalam bermain
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5
|
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLAVOLI
Pertanyaan
yang diajukan
|
KualitasJawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Sebutkan cara melakukan start pendek (short start)?
2.
Bagaimana posisi kedua telapak tangan saat kamu pasing bawah dalam permainan
bolavoli ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8
|
|
Mengetahui,
|