MKKS SMP
KABUPATEN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
Satuan
Pendidikan
Kurikulum
Mata
Pelajaran
Kelas
/Semester
|
:
SMP
: Kurikulum 2013
: IPA
:
IX (Sembilan) / 1
|
Alokasi
Waktu
Jumlah soal
Bentuk
soal
Penyusun
|
:
120 menit
: 35 butir
: 30
Soal Pilihan Ganda + 5 Soal Essey
: MGMP
IPA SMP Kabupaten Kebumen
|
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Tingkat Kesulitan
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
1
|
3.1. Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan
gangguan pada
sistem reproduksi dengan
penerapan
pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
|
Pembelahan sel
secara mitosis
|
Disajikan gambar
fase-fase pembelahan sel, peserta didik dapat menentukan nama fase /tahap
pembelahan sel tersebut dengan benar
|
Level
2
|
PG
|
1
|
Spermatogenesis
|
Disajikan gambar
alat reproduksi pada pria, peserta didik dapat menentukan fungsi bagian yang
ditunjuk dengan benar.
|
Level
2
|
PG
|
2
|
||
Organ reproduksi
pada wanita
|
Disajikan gambar
alat reproduksi wanita, peserta didik dapat menentukan fungsi bagian yang
ditunjuk
|
Level
1
|
PG
|
3
|
||
Siklus menstruasi
|
Disajikan gambar siklus
menstruasi, peserta didik dapat meentukan proses yang terjadi pada siklus
yang dimaksud dengan benar
|
Level
2
|
PG
|
4
|
||
Fertilisasi dan
kehamilan
|
Disajikan
pernyataan tentang tahapan perkembangan embrio, peserta didik dapat
menentukan tahapan- tahapan tersebut denagn benar
|
Level
2
|
PG
|
5
|
||
Organ reproduksi
pada wanita
|
Disajikan gambar
alat reproduksi pada wanita, peserta didik dapat menentukan nama dan fungsi
bagian yang ditunjuk dengan benar
|
Level
2
|
Essey
|
31
|
||
Penyakit pada
sistem reprodukasi manusia dan upaya pencegahannya
|
Disajikan ciri-ciri
penyakit kelamin tertentu, peserta didik dapat menentukan nama penyakit
kelamin tersebut dengan benar
|
Level
1
|
PG
|
6
|
||
2
|
3.2. Menganalisis sistem
perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada sistem
reproduksi tumbuhan dan hewan
|
Perkembangbiakan
pada tumbuhan Angiospermae
|
Disajikan tabel
nama tumbuhan beserta cara perkembangbiakannya, peserta didik dapat menentukan
tumbuhan dan cara perkembang-biakannya dengan benar.
|
Level
2
|
PG
|
7
|
Disajikan
pernyataan tentang tumbuhan beserta macam penyerbukannya, peserta didik dapat
menentukan nama tumbuhan dan macam penyerbukannya dengan benar
|
Level
2
|
PG
|
8
|
|||
Perkembangbiakan
tumbuhan paku
|
Disajikan bagan
metagenesis pada tumbuhan paku yang belum lengkap, peserta didik dapat
melengkapi bagan yang tersebut dengan benar.
|
Level
2
|
PG
|
9
|
||
Perkembangbiakan
tumbuhan lumut
|
Disajikan gambar
bagan metagenesis tumbuhan lumut, peserta didik dapat melengkapi bagain bagan
tersebut dengan benar
|
Level
2
|
Essey
|
32
|
||
Perkembangbiakan
secara vegetatif pada tumbuhan.
|
Disajikan gambar
tumbuhan tertentu, peserta didik dapat menentukan cara perkembangbiakannya
secara vegetatif dengan benar.
|
Level
2
|
PG
|
10
|
||
Teknologi
perkembangbiakan pada tumbuhan
|
Disajikan beberapa
sifat dari hasil teknologi perkembangbiakan pada tumbuhan, peserta didik
dapat menentukan jenis teknologi yang dimaksud dengan benar.
|
Level
2
|
PG
|
11
|
||
Perkembangbiakan
aseksual pada hewan
|
Disajikan beberapa
pernyataan tentang cara reproduksi aseksual pada hewan, peserta didik dapat
menentukan jenis hewan dan cara reproduksinya dengan benar.
|
Level
2
|
PG
|
12
|
||
3
|
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelang-sungan
makhluk hidup
|
Struktur DNA dan
RNA
|
Disajikan pernyataan
tentang DNA, RNA dan kromosom, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang
benar
|
Level
2
|
PG
|
13
|
Kromoson dan gen
|
Disajikan beberapa
pernyataan tentang kromosom, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang
benar
|
Level
1
|
PG
|
14
|
||
Hukum pewarisan
sifat monohibrid dominan
|
Disajikan deskripsi
tentang persilangan monohibrid dengan sifat dominan penuh, peserta didik
dapat menentukan perbandingan fenotif pada F2 dengan benar
|
Level
2
|
PG
|
15
|
||
Hukum pewarisan
sifat dihibrid dominan
|
Disajikan deskripsi
tentang persilangan dihibrid, peserta didik dapat menentukan jumlah fenotif
F2 jika jumlah keturunan F2 diketahui, dengan benar
|
Level
2
|
PG
|
16
|
||
Disajikan deskripsi
tentang persilangan dihibrid, peserta didik dapat menentukan macam
fenotif/genotif F2,perbandingan fenotif F2 dengan benar
|
Level
3
|
Essey
|
33
|
|||
Kelainan pewarisan
sifat pada manusia
|
Disajikan deskripsi
persilangan pada manusia yang mengalami kelainan pada pewarisan sifat,
peserta didik dapat menentukan kelainan tersebut dengan benar.
|
Level
2
|
PG
|
17
|
||
Penerapan pewarisan
sifat pada pemuliaan tanaman
|
Disajikan pernyataan
tentang pemuliaan tanaman, peserta didik dapat menentukan cara pemuliaan
tanaman dengan benar
|
Level
1
|
PG
|
18
|
||
4
|
3.4.Menjelaskan konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk
kelistrikan
pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik |
Muatan listrik
|
Disajikan gambar
benda yang saling digosokkan, peserta didik dapat menentukan muatan
benda-benda tersebut beserta alasannya dengan benar
|
Level
2
|
PG
|
19
|
Disajikan gambar
benda yang bermuatan listrik pada elektroskop, peserta didik dapat menentukan
perubahan yang terjadi pada elektroskop tersebut dengan benar
|
Level
2
|
PG
|
20
|
|||
Hukum Coulomb
|
Disajikan deskripsi
tentang dua benda yang bermuatan listrik statis, peserta didik dapat
menentukan besar gaya coulombnya, jika jarak /muatan benda- benda tersebut
diubah.
|
Level
2
|
PG
|
21
|
||
Disajikan gambar
dua benda yang bermuatan listrik, peserta didik dapat ,menghitung besar gaya
coulombnya, jika besaran yang lain diketahui.
|
Level
2
|
PG
|
22
|
|||
Disajikan gambar
dua benda yang bermuatan listrik, peserta didik dapat menghitung besar gaya
coulombnya, jika besaran yang lain diketahui.
|
Level
2
|
Essey
|
34
|
|||
Medan listrik
|
Disajikan gambar
benda yang bermuatan listrik, peserta didik dapat menentukan arah medan
listrik dari benda tersebut dengan benar.
|
Level
1
|
PG
|
23
|
||
Beda potensial dan
energi listrik
|
Disajikan deskripsi
muatan listrik suatu benda, peserta didik dapat menentukan besar beda
potensial benda tersebut, jika besaran lain diketahui.
|
Level
3
|
PG
|
24
|
||
5
|
3.5.Menerapkan konsep rangkaian listrik,energi dan daya listrik,
sumber energy
listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber
energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik
|
Hantaran listrik
|
Disajikan
pernyataan tentang hambatan listrik, peserta didik dapat menentukan
pernyataan yang benar tentang hambatan listrik tersebut
|
Level
2
|
PG
|
25
|
Hukum Kirchhoff
|
Disajikan gambar
besar arus listrik pada suatu percabangan, peserta didik dapat menentukan
besar yang mengalir pada percabangan tertentu dengan benar
|
Level
2
|
PG
|
26
|
||
Hukum Ohm
|
Disajikan gambar
rangkaian hambatan listrik, peserta didik dapat menentukan rangkaian yang
mengalirkan arus terbesar/terkecil /berurutan dengan benar
|
Level
2
|
PG
|
27
|
||
Disajikan gambar
rangkaian listrik tertutup, peserta didik dapat menghitung besar hambatan
penggantinya serta kuat arus yang mengalir dengan benar
|
Level
3
|
Essey
|
35
|
|||
Rangkaian GGL dan
hukum ohm pada rangkaian tertutup.
|
Disajikan gambar
rangkaian tertutup dengan menggunakan sumber arus, peserta didik dapat
menentukan lampu yang menyala jika saklar ditutup/dibuka dengan benar.
|
Level
3
|
PG
|
28
|
||
Daya listrik
|
Disajikan
pernyataan tentang penggunaan peralatan listrik pada suatu rumah, peserta
didik dapat menghitung biaya listrik yang harus dibayar dalam waktu satu
bulan dengan benar
|
Level
3
|
PG
|
29
|
||
Upaya penghematan
energi listrik
|
Disajikan deskripsi
penggunaak peralatan listrik tertentu, peserta didik dapat menentukan alasan
penggunaan alat listrik tersebut dengan benar
|
Level
2
|
PG
|
30
|