Teknik Lari Estafet

Lari estafet adalah salah satu cabang olahraga yang terdiri dari beberapa orang atau tim yang saling menyerahkan tongkat lari kepada anggota tim lainnya. Setiap anggota tim harus berlari sejauh mungkin sesuai dengan jalur yang telah ditentukan sebelumnya, kemudian menyerahkan tongkat lari kepada anggota tim lainnya.

Lari estafet biasanya dilakukan di lapangan atletik yang memiliki panjang kurang lebih 400 meter. Tiap anggota tim harus berlari sejauh 100 meter sebelum menyerahkan tongkat lari kepada anggota tim lainnya. Setiap tim terdiri dari empat anggota, sehingga setiap anggota tim harus berlari sebanyak 100 meter.

Lari estafet merupakan salah satu cabang olahraga yang menyenangkan

Berikut ini adalah beberapa aturan dasar yang harus diikuti dalam lari estafet:

Setiap tim terdiri dari empat anggota yang masing-masing harus berlari sejauh 100 meter.

Setiap anggota tim harus menunggu gilirannya di zona serah terima yang telah ditentukan sebelumnya sebelum menerima tongkat lari.

Setiap anggota tim harus menyerahkan tongkat lari kepada anggota tim lainnya dengan cara menyentuh tubuh anggota tim lainnya dengan tongkat lari.

Setiap anggota tim harus berlari di jalur yang telah ditentukan sebelumnya. Jika salah satu anggota tim terlihat keluar dari jalur yang telah ditentukan, maka tim tersebut akan didiskualifikasi.

Setiap anggota tim harus memperhatikan posisi tubuhnya saat berlari agar tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Pemenang lari estafet adalah tim yang berhasil menyelesaikan lari secepat mungkin tanpa melanggar aturan-aturan di atas.

Jika ada tim yang melakukan kesalahan atau melanggar aturan, maka tim tersebut akan didiskualifikasi.

Itulah beberapa aturan dasar yang harus diikuti dalam lari estafet. Selain aturan-aturan tersebut, terdapat juga aturan-aturan tambahan yang diterapkan sesuai dengan peraturan organisasi atletik atau organisasi olahraga lainnya