RPP PPKN 1 HALAMAN/ RPP MERDERKA (Fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                       : X/Gasal
Materi Pokok                          : Fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut
                                                 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Tahun Pelajaran                    : 2020/2021
Alokasi Waktu                        : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.             Tujuan Pembelajaran
No
Kompetensi Dasar
Tujuan Pembelajaran
3.6
Menganalisis Hakikat
Bangsa dan Negara

Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Saintifik dan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik dapat membedakan fungsi lembaga lembaga negara RI menurut UUD NRI Tahun 1945, mengidentifikasi tata kelola pemerintahan yang baik, mengidentifkasi warga negara dalam sistem politik RI, mengidentifikasi partisipasi warga negara dalam sistem politik RI
4.6
Menyaji Hasil Analisis hakekat Bangsa dan Negara
Mengidentifikasi dan mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945 dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama proses pembelajaran

B.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
Inti (60 menit)
Penutup (15 menit)
-   Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan mars Siswa Berkarakter Indonesia (bila pada jam pertama).
-   Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
-   Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-   Guru menayangkan Video Motivasi.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor nilai-nilai yang terkandung di dalam tayangan Video Motivasi tersebut.
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet:
Pertemuan pertama
Suprastruktur dan Infrastruktur politik
Pertemuan kedua
Fungsi dan kewenangan Lembaga-lembaga negara RI menurut UUD NRI Tahun1945 dan Tata kelola pemerintahan yang baik
Pertemun Ketiga
Partisipasi warga negara dalam sistem politik di Indonesia
-   Guru memberikan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-   Guru memberikan informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan tugas pengayaan.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika pada jam terakhir)
-   Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
Pernyataan/ Identifikasi masalah (Problem Statement);
-   Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota kelompok
-   Peserta didik menyusun pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
Pengumpulan data (Data Collection);
-   Siswa mencatat hasil pengamatan dan penjelasan guru.
-   Guru menugasi siswa berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan tersebut
-   Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami kesulitan
-   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber
-   Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar

C.             Teknik dan Bentuk Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Penilaian Antar Teman
Lembar Penilaian Antar Teman
2
Pengetahuan
Tes tertulis
Uraian (terlampir)
3
Keterampilan
Observasi
Check list

Mengetahui                                                                                                                           Kebumen, 14 Mei 2020
Kepala SMKN 1                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran         


                                                                                                                               
 NIP.                                                                                                                                                       NIP.

======================================================================================


Lampiran – lampiran
A.        Penilaian Sikap
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
SIKAP KERJASAMA

Nama Peserta Didik                                     : ………………….
Nama Peserta didik yang dinilai               : ………………….
Kelas                                                               : ………………….
Materi Pokok                                                : ………………….
Periode Penilaian                                          : ………………….

PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari.
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Terlibat aktif dalam bekerja kelompok




2
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan




3
Bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan




4
Rela berkorban untuk teman lain




5
Giat dalam mencari hal – hal yang ditugaskan guru untuk kepentingan kelompok




Jumlah Skor




Keterangan :
SL           =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR           =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
                      kadang tidak melakukan, skor 3
KD          =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak
                      melakukan, skor 2
TP           =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor diperoleh
= Skor akhir
Skor Maksimal

B.        Penilaian Pengetahuan
Soal Uraian
1.    Sebutkan4 klasifikasi infrastruktur politik !
2.    Sebutkan tugas dan  wewenang MPR !
3.    Sebutkan wewenang MK !
4.    Sebutkan ciri dan karakter tata kelola pemerintahan yang baik menurut Laode Ida !
5.    Sebutkan contoh partisipasi politik di lingkungan sekolah !
Kunci Jawab
1.     Partai Politik, Kelompok Kepentingan (interest group),Kelompok Penekan (pressure group), dan Media komunikasi politik.
2.     Tugas dan wewenang MPR adalah berwenang mengubah dan menetapkan UUD, melantik Presiden dan/atau Wakil Presiden dan hanya dapat memberhentikan Presiden dan Wakil Presiden dalam masa jabatannya menurut UUD NRI Tahun 1945 sesuai Pasal 3 ayat (1), ayat (2), dan ayat (3).
3.     Wewenang MK :
1)    Mengadili pada tingkat pertama dan terakhir UU terhadap UUD NRI Tahun 1945
2)    Memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD NRI Tahun 1945.
3)    Memutus pembubaran partai politik.
4)    Memutus hasil perselisihan tentang Pemilu (Pasal 24C ayat (1) UUD NRI Tahun 1945)
5)    Memberikan putusan atas pendapat DPR mengenai pelanggaran Presiden dan/atau Wakil Presiden menurut UUD (Pasal 24C ayat (2) UUD NRI Tahun 1945).
4.     Tata Kelola pemerintahan yang baik :
1)    Terwujudnya interaksi yang baik antara pemerintah, swasta, dan masyarakat, terutama bekerja sama dalam pengaturan kehidupan sosial politik dan sosio-ekonomi.
2)    Komunikasi, adanya jaringan multisistem (pemerintah, swasta, dan masyarakat) yang melakukan sinergi untuk menghasilkan output yang berkualitas.
3)    Proses penguatan diri sendiri (self enforcing process), ada upaya untuk mendirikan pemerintah (self governing) dalam mengatasi kekacauan dalam kondisi lingkungan dan dinamika masyarakat yang tinggi.
4)    Keseimbangan kekuatan (balance of force), dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development), ketiga elemen yang ada menciptakan dinamika, kesatuan dalam kompleksitas, harmoni, dan kerja sama.
5)    Independensi, yakni menciptakan saling ketergantungan yang dinamis antara pemerintah, swasta, dan masyarakat melalui koordinasi dan fasilitasi.
5.     Partisipasi politik di lingkungan sekolah :
Setiap siswa dapat menampilkan pola perilaku politik yang mencerminkan pelaksanaan demokrasi langsung melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut.
1)    Pemilihan ketua kelas, ketua OSIS dan ketua organisasi ekstrakurikuler seperti Pramuka, Pecinta Alam, PMR, Paskibra dan sebagainya.
2)    Pembuatan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga OSIS atau organisasi ekstrakurikuler yang diikuti.
3)    Forum-forum diskusi atau musyawarah yang diselenggarakan di sekolah.

Norma Penilaian Pengetahuan :
Untuk jawaban benar skor 20
Untuk jawaban mendekati benar skor 15
Untuk jawaban setengah benar skor 10
Untuk jawaban kurang benar skor 5
NA = 50 x 2 = 100

C.        Penilaian Ketrampilan
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok             : ……………
Kelas                      : ……………
Materi Pokok       : ……………
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata – Rata Skor
Kreatifitas
Kebenaran substansi materi
Penyajian materi












                                   
Keterangan pengisian
Nilai
Konversi
Huruf
4
SB
Sangat Baik
3
B
Baik
2
C
Cukup
1
K
Kurang

Keterangan:
NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreatifitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
3
Penyajian materi
Runtut sesuai dengan struktur keilmuan
Mengikuti alur logika yang jelas (sistematis) bervariasi