RPP PKN SMK/SMA VERSI MERDEKA BELAJAR 1 HALAMAN LENGKAP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                                    : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                       : X/Gasal
Materi Pokok                          : Hakikat Bangsa dan Negara
Tahun Pelajaran                    : 2020/2021
Alokasi Waktu                        : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.             Tujuan Pembelajaran
No
Kompetensi Dasar
Tujuan Pembelajaran
3.1
Menganalisis Hakikat
Bangsa dan Negara

Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Saintifik dan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik dapat mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara serta bentuk-bentuk kenegaraan, pengertian dan tujuan NKRI, membandingkan teori fungsi dan tujuan negara
4.1
Menyaji Hasil Analisis hakekat Bangsa dan Negara
Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI, pengertian fungsi negara dalam teori komuisme dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama proses pembelajaran

B.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
Inti (60 menit)
Penutup (15 menit)
-   Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan mars Siswa Berkarakter Indonesia (bila pada jam pertama).
-   Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
-   Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor melalui informasi internet
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
Hakikat bangsa, Pengertian dan unsur-unsur terbentuknya negara, Hakikat dan asal mula terbentuknya negara
Pertemuan kedua
Bentuk negara dan kenegaraan, Tujuan dan fungsi Negara serta teori-teori dan tujuan negara
Pertemun Ketiga
Negara kesatuan Republik Indonesia,
-   Guru memberikan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-   Guru memberikan informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan tugas pengayaan.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika pada jam terakhir)
-   Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
Pernyataan/ Identifikasi masalah (Problem Statement);
-   Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota kelompok
-   Peserta didik menyusun pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
Pengumpulan data (Data Collection);
-   Siswa mencatat hasil pengamatan dan penjelasan guru.
-   Guru menugasi siswa berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan tersebut
-   Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami kesulitan
-   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber
-   Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar

C.             Teknik dan Bentuk Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Observasi , Penilaian Diri
Lembar Observasi, Lembar Penilaian Diri
2
Pengetahuan
Tes tertulis
Uraian (terlampir)
3
Keterampilan
Observasi
Check list

Mengetahui                                                                                                                           Kebumen, 14 Mei 2020
                Kepala SMKN 1                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran         

               

                                                                                                                                                                               
                 NIP. -                                                                                                                                                     NIP.

Lampiran – Lampiran

A.        Penilaian Sikap
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembar ini didisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (P) kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4          = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3          = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-
                 kadang tidak melakukan
2          = kadang – kadang, apabila kadang – kadang melakukan dan sering
                 tidak melakukan
1          = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik           : ……………………………….
Kelas                                     : ……………………………….
Tanggal Pengamatan         : ……………………………….
Materi Pokok                       : ……………………………….
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan YME




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaiakan pendapat/ presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan YME




5
Meningkatkan keyakinan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan YME saat mempelajari keberagaman masyarakat





LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR

Nama Peserta Didik               : ………………….
Kelas                                         : ………………….
Materi Pokok                          : ………………….
Periode Penilaian                    : ………………….

PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari.
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan




2
Saya tidak menjadi plagiat (mengambil/ menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas.




3
Saya mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Saya melaporkan barang yang ditemukan




5
Saya melaporkan data atau informasi apa adanya




6
Saya mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor




Keterangan :
SL           =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR           =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
                      kadang tidak melakukan, skor 3
KD          =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak
                      melakukan, skor 2
TP           =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor diperoleh
= Skor akhir
Skor Maksimal

B.        Penilaian Pengetahuan
Soal Uraian
1.     Jelaskan pengertian bangsa menurut Ernest Renant !
2.     Sebutkan unsur terbentuknya negara!
3.     Jelaskan pengertian negara menurut Thomas Hobbes!
4.     Sebutkan asal mula terjadinya negara secara faktual !
5.     Sebutkan ciri-ciri negara kesatuan!
6.     Jelaskan pengertian negara serikat !
7.     Jelaskan pengertian negara demokrasi
8.     Sebutkan fungsi negara menurut Montesquieu!
9.     Sebutkan tujuan NKRIdalam Alinea IV Pembukaan UUD 1945!
10. Jelaskan fungsi negara dalam teori komunisme!

Jawaban
1.     Ernest Renant menyatakan bahwa bangsa adalah suatu nyawa, suatu akal yang terjadi dari dua hal, yaitu rakyat yang harus bersama-sama menjalankan satu riwayat dan rakyat yang kemudian harus mempunyai kemauan dan keinginan hidup menjadi satu.
2.     Unsur terbentuknya negara meliputi :
a.    Rakyat
Rakyat suatu negara adalah semua orang yang secara nyata berada dalam wilayah suatu negara yang tunduk dan patuh pada peraturan dalam negara tersebut.
b.    Wilayah
Merupakan unsur mutlak suatu negara
c.    Pemerintah yang berdaulat.
Adanya suatu pemerintah yang berkuasa atas seluruh wilayahnya dan segenap rakyatnya merupakan syarat mutlak keberadaan negara.
d.    Pengakuan dari negara lain
Merupakan unsur yang memperkuat terbentuknya suatu negara.
3.     Negara menurut Thomas Hobbes adalah suatu tubuh yang dibuat orang banyak, yang masing-masing orang berjanji untuk memakainya sebagai alat keamanan dan perlindungan.
4.     Cara ini menggunakan fakta nyata yang dapat diketahui melalui sejarah lahirnya negara tersebut. Terjadinya negara dapat digolongkan kedalam beberapa istilah sebagai berikut :
a.     Occupatie(pendudukan)
b.     Cessie(penyerahan)
c.     Accesie(penaikan)
d.     Fusi(peleburan)
e.     Proklamasi
f.      Innovation(pembentukan baru)
g.     Anexatie(pencalokan/ penguasaan)
5.     Ciri-ciri negara kesatuan yaitu sbb:
a.     Kedaulatan negara mencakup kedaulatan kedalam dan keluar yang ditangani oleh pemerintah pusat
b.     Negara hanya memiliki satu dewan menteri, dan satu dewan perwakilan rakyat
c.     Hanya satu kebijaksanaan yang menyangkut persoalan politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan.
6.     Negara serikat (federasi) merupakan bentuk negara gabungan dari beberapa negara bagian. Negara bagian tersebut pada awalnya merupakan negara yang merdeka, berdaulat, dan berdiri sendiri. Setelah menggabungkan diri dan membentuk negara serikat, negara-negara tersebut melepaskan sebagian kekuasaannya dan menyerahkannya kepada negara serikat.
7.     Demokrasi merupakan bentuk negara yang pimpinan (pemerintahan) tertingginya terletak ditangan rakyat. Rakyat memiliki kekuasaan penuh dalam menjalankan pemerintahan.
8.     Terbagi menjadi tiga yaitu: fungsi legislatif (membuat undang-undang); fungsi eksekutif (melaksanakan undang-undang); dan fungsi yudikatif (mengadili dan mengawasi agar setiap peraturan ditaati).
9.     Yaitu sebagai berikut:
a.     Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
b.     Memajukan kesejahteraan umum
c.     Mencerdaskan kehidupan bangsa
d.     Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
10. Untuk mencapai kesejahteraan rakyat dan menghilangkan kelas sosial.
Norma Penilaian Pengetahuan :
1.     Untuk jawaban benar skor 10
2.     Untuk jawaban mendekati benar skor 8
3.     Untuk jawaban setengah benar skor 6
4.     Untuk jawaban kurang benar skor 4
NA = 10 x 10 = 100

C.        Penilaian Ketrampilan
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok             : ……………
Kelas                      : ……………
Materi Pokok       : ……………
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata – Rata Skor
Kreatifitas
Kebenaran substansi materi
Penyajian materi




















Keterangan pengisian
Nilai
Konversi
Huruf
4
SB
Sangat Baik
3
B
Baik
2
C
Cukup
1
K
Kurang

Keterangan:
NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreatifitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
3
Penyajian materi
Runtut sesuai dengan struktur keilmuan
Mengikuti alur logika yang jelas (sistematis) bervariasi

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                          : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran             : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester             : X/Gasal
Materi Pokok                : Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
Tahun Pelajaran           : 2020/2021
Alokasi Waktu              : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.             Tujuan Pembelajaran
No
Kompetensi Dasar
Tujuan Pembelajaran
3.2
Menganalisis fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Student Centered Learning dan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik dapat menganalisis dan mengidentifikasi fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
4.2
Manyaji hasil analisis fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
Menyajikan dan mengkomunikasikan hasil analisis tentang fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama proses pembelajaran

B.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
Inti (60 menit)
Penutup (15 menit)
-  Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya (bila pada jam pertama).
-  Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
-  Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-  Guru menayangkan Video Motivasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca buku teks dan internet tentang fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia dan kemudian siswa melihat bahan tayang berupa VIDEO PEMBELAJARAN yang disajikan oleh Guru, tentang:
Pertemuan pertama
-    Pengertian pancasila
-    Fungsi dan peranan pancasila
Pertemuan kedua
-    Makna sila-sila pancasila
Pertemun Ketiga
-    Sikap positif terhadap nilai-nilai pancasila
-    Nilai yang terkandung dalam pancasila
-   Guru memberikan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-   Guru memberikan informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan tugas pengayaan.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika pada jam terakhir)
-   Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
Pernyataan/ Identifikasi masalah (Problem Statement);
-   Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota kelompok
-   Peserta didik menyusun pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
Pengumpulan data (Data Collection);
-   Siswa mencatat hasil pengamatan dan penjelasan guru.
-   Guru menugasi siswa berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan tersebut
-   Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami kesulitan
-   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber
-   Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar

C.             Teknik dan Bentuk Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Penilaian Diri
Lembar Penilaian Diri
2
Pengetahuan
Tes tertulis
Uraian (terlampir)
3
Keterampilan
Observasi
Check list
Mengetahui                                                                                                                           Kebumen, 14 Mei 2020
                Kepala SMKN 1                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran         


                                                                                                                               
                NIP.                                                                                                                                        NIP.

Lampiran – Lampiran

A.        Penilaian Sikap
 LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP TOLERAN

Nama Peserta Didik               : ………………….
Kelas                                         : ………………….
Materi Pokok                          : ………………….
Periode Penilaian                    : ………………….

PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari.
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya menghormati teman yang berbeda pendapat




2
Saya menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender




3
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat saya




4
Saya menerima kekurangan orang lain




5
Saya memaafkan kesalahan orang lain




Jumlah Skor




Keterangan :
SL           =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR           =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
                      kadang tidak melakukan, skor 3
KD          =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak
                      melakukan, skor 2
TP           =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor diperoleh
= Skor akhir
Skor Maksimal

B.         Penilaian Pengetahuan
1.     Jelaskan fungsi pokok pancasila !
2.     Jelaskan fungsi pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia !
3.     Sebutkan peran dan fungsi pancasila sebaai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia !
4.     Jelaskan fungsi dan peran pancasila sebagai perjanjian luhur
5.     Jelaskan peran dan fungsi pancasila sebagai moral pembangunan
Jawaban
1.    Fungsi pokok Pancasila adalah sebagai dasar negara sesuai dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, dan pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum negara.
2.    Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia : Hal ini berarti, Pancasila berfungsi dan berperan memberikan gerak atau dinamika, serta membimbing ke arah tujuan guna mewujudkan masyarakat Pancasila. Pancasila sebagai jiwa bangsa yang lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia
3.    Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia : Pancasila yang dirumuskan dan terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, memuat cita-cita dan tujuan nasional (Alinea II dan IV). Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia,hal tersebut lalu dijabarkan ke dalam tujuan pembangunan nasional. Dengan kata lain, Pembukaan UUD NRI Tahun1945 merupakan penuangan jiwa proklamasi, yaitu Pancasila. Oleh karena itu, Pancasila juga merupakan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
4.    Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur : Pancasila sebagai perjanjian luhur berarti bahwa pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI (sebagai wakil seluruh rakyat Indonesia) yang menetapkan dasar negara Pancasila secara konstitusional dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. 
5.    Pancasila Sebagai Moral Pembangunan : Hal ini mengandung maksud nilai-nilai luhur Pancasila (norma-norma yang tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945) dijadikan tolok ukur dalam melaksanakan pembangunan nasional, baik dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, maupun dalam evaluasinya. 
Norma Penilaian Pengetahuan :
Untuk jawaban benar skor 20
Untuk jawaban mendekati benar skor 15
Untuk jawaban setengah benar skor 10
Untuk jawaban kurang benar skor 5
NA = 20 x 5 = 100




C.        Penilaian Ketrampilan
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok             : ……………
Kelas                      : ……………
Materi Pokok       : ……………
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata – Rata Skor
Kreatifitas
Kebenaran substansi materi
Penyajian materi



















Keterangan pengisian
Nilai
Konversi
Huruf
4
SB
Sangat Baik
3
B
Baik
2
C
Cukup
1
K
Kurang

Keterangan:
NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreatifitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
3
Penyajian materi
Runtut sesuai dengan struktur keilmuan
Mengikuti alur logika yang jelas (sistematis) bervariasi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                  : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran    : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester     : X/Gasal
Materi Pokok        : Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemerintahan negara
Tahun Pelajaran  : 2020/2021
Alokasi Waktu      : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.             Tujuan Pembelajaran
No
Kompetensi Dasar
Tujuan Pembelajaran
3.3
Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemerintahan negara
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Saintifik dan model pembelajaran Problem Based Learning peserta didik dapat menunjukkan dan menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktek Penyelenggaraan Pemerintahan Negara sesuai dengan hukum yang berlaku
4.3
Menyaji hasil analisis nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemenerintahan negara
Merumuskan dan menyajikan hasil analisis nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Negara dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama proses pembelajaran

B.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
Inti (60 menit)
Penutup (15 menit)
-  Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Padamu Negeri (bila pada jam pertama).
-  Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
-  Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-  Guru menayangkan Video Motivasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
Mengamati;
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
Sistem pembagian kekuasaan NRI
Pertemuan kedua
Kedudukan dan fungsi kementrian negara RI dan lembaga pemerintah non kementrian
Pertemun Ketiga
Nilai nilai pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan
-   Guru memberikan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-   Guru memberikan informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan tugas pengayaan.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika pada jam terakhir)
-   Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
Menanya;
-   Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota kelompok
-   Peserta didik menyusun pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.s
Mengumpulkan informasi;
-   Siswa mencatat hasil pengamatan dan penjelasan guru.
-   Guru menugasi siswa berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan tersebut
-   Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami kesulitan
-   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber
-   Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
Mengasosiasikan
Peserta didik membuat analisis terkait materi pada pertemuan tersebut
Mengkomunikasikan
Siswa dengan bimbingan guru mengkomunikasikan secara lisan hasil diskusi dan menyimpulkan hasil belajar

C.             Teknik dan Bentuk Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Penilaian Antar Teman
Lembar Penilaian Antar Teman
2
Pengetahuan
Tes tertulis
Uraian (terlampir)
3
Keterampilan
Observasi
Check list
Mengetahui                                                                                                                           Kebumen, 14 Mei 2020
                Kepala SMKN 1                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran         


                                                                                                                .              
                 NIP.                                                                                                                                       NIP.

Lampiran – Lampiran

A.        Penilaian Sikap
 LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
SIKAP DISIPLIN

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                          : ………………….
Materi Pokok                           : ………………….
Periode Penilaian                     : ………………….

PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari.
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya masuk kelas tepat waktu




2
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu




3
Saya memakai seragam sesuai tata tertib




4
Saya mengerjakan tugas yang diberikan




5
Saya tertib dalam mengikuti pembelajaran




6
Saya membuang sampah pada tempatnya




7
Saya membawa buku tulis PPKn




8
Saya membawa buku teks pelajaran PPKn




Jumlah Skor




Keterangan :
SL           =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR           =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
                      kadang tidak melakukan, skor 3
KD          =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak
                      melakukan, skor 2
TP           =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor diperoleh
= Skor akhir
Skor Maksimal

B.        Penilaian Pengetahuan
Soal Uraian
1.     Sebutkan pembagian kekuasaan menurut Montesquieu !
2.     Jelaskan yang dimaksud kekuasaan eksekutif !
3.     Sebutkan 4 keberadaan kementerian negara RI yang diatur dalam pasal 17 UUD NRI tahun 1945!
4.     Jelaskan pentingnya keberadaan pemerintahan daerah dalam proses penyelenggaraan pemerintahan di RI !
5.     Sebutkan 3 nilai sila persatuan Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara !
Jawaban
1.     Kekuasaan legislatif, kekuasaan eksekutif, kekuasaan yudikatif.
2.     Kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang
3.     a. Presiden dibantu oleh menteri-menteri negara
b. Menteri-menteri itu diangkat dan diberhentikan oleh presiden
c. Setiap menteri membidangi urusan tertentu dalam pemerintahan
d. pembentukan, pengubahan dan pembubaran kementerian negara diatur dalam undang-undang
4.     Keberadaan pemerintah daerah dalam proses penyelenggaraan RI sangat penting karena berdasarkan UUDNRI 1945 dan UURI nomer 12 tahun 2008 tentang pemerintahan daerah pasal 18 ayat 1 UUDNRI 1945 menyatakan NKRI dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi dibagi atas kabupaten dan kota, tiap provinsi kabupaten dan kota mempunyai pemerintahan daerah diatur dengan UU. Ketentuan tersebut menunjukkan di negara kita terdapat mekanisme pembagian kekuasaan secara vertikal yaitu pembagian kekuasaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dilaksanakan menurut azas otonomi dan tugas perbantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip NKRI. Pemerintah pusat dan daerah bukan terpisah/berdiri sendiri tanpa adanya kontrol dan koordinasi. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah pembagian kekuasaan secara vertikal. Hubungan pemerintah pusat dan daerah bersifat hierarkis. Hubungan pemerintah provinsi kabupaten/dan kota juga bersifat hierarkis
5.     a. Nasionalisme b. Cinta bangsa dan tanah air c. Menggalang persatuan dan kesatuan bangsa d. Menghilangkan penonjolan kekuatan atau kekuasaan, keturunan dan perbedaan warna kulit e. Menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggulangan.



Norma Penilaian
Jawaban benar nilai 20
Jawaban mendekati benar nilai 15
Jawaban setengah benar nilai 10
Jawaban kurang benar nilai 5
NA = 5x20 = 100

C.        Penilaian Ketrampilan
 Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok             : ……………
Kelas                      : ……………
Materi Pokok       : ……………
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata – Rata Skor
Penguasaan Materi
Aktifitas
Kreatifitas


















Keterangan pengisian
Nilai
Konversi
Huruf
4
SB
Sangat Baik
3
B
Baik
2
C
Cukup
1
K
Kurang
Keterangan:
NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreatifitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
3
Penyajian materi
Runtut sesuai dengan struktur keilmuan
Mengikuti alur logika yang jelas (sistematis) bervariasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                          : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran             : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester             : X/Gasal
Materi Pokok                : Ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga
                                           negara,penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan
Tahun Pelajaran           : 2020/2021
Alokasi Waktu              : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.             Tujuan Pembelajaran
No
Kompetensi Dasar
Tujuan Pembelajaran
3.4
Menganalisis ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah, warga negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Student Centered Learning dan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah Negara, warga negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan
4.4
Menyajikan hasil analisis tentang ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan
Mengidentifikasi persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan wilayah-wilayah perbatasan NKRI, warga Negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan  dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama proses pembelajaran

B.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
Inti (60 menit)
Penutup (15 menit)
-  Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya (bila pada jam pertama).
-  Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
-  Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-  Guru menayangkan Video Motivasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
Masalah terkait dengan wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan
Pertemuan kedua
Ketentuan UUD 1945 Amandemen yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan
Pertemun Ketiga
Persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara  tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan.
-   Guru memberikan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-   Guru memberikan informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan tugas pengayaan.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika pada jam terakhir)
-   Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
Pernyataan/ Identifikasi masalah (Problem Statement);
-   Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota kelompok
-   Peserta didik menyusun pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
Pengumpulan data (Data Collection);
-   Siswa mencatat hasil pengamatan dan penjelasan guru.
-   Guru menugasi siswa berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan tersebut
-   Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami kesulitan
-   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber
-   Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar

C.             Teknik dan Bentuk Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Penilaian Antar Teman
Lembar Penilaian Antar Teman
2
Pengetahuan
Tes tertulis dan Penugasan
Uraian (terlampir), Instrumen penugasan
3
Keterampilan
Observasi
Check list

Mengetahui                                                                                                                           Kebumen, 14 Mei 2020
                Kepala SMKN 1                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran         


                                                                                                               
                NIP.                                                                                                                                        NIP.


Lampiran – lampiran
A.        Penilaian Sikap
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
SIKAP TANGGUNG JAWAB

Nama Peserta Didik                                     : ………………….
Nama Peserta didik yang dinilai               : ………………….
Kelas                                                               : ………………….
Materi Pokok                                                : ………………….
Periode Penilaian                                          : ………………….

PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari.
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh




2
Berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti




4
Mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain




5
Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain




Jumlah Skor




Keterangan :
SL           =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR           =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
                      kadang tidak melakukan, skor 3
KD          =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak
                      melakukan, skor 2
TP           =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor diperoleh
= Skor akhir
Skor Maksimal

B.        Penilaian Pengetahuan
Soal Uraian
1.          Sebutkan batas-batas Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia !
2.          Siapa sajakah yang dapat menjadi warga negara Indonesia menurut UUD 1945 Amandemen ?
3.          Bagaimanakah perbedaan antara penduduk dan bukan penduduk ?
4.          Bagaimanakah perbedaan antara asas ius soli dengan asas ius sanguinis ?
5.          Bagaimanakah perbedaan antara apatride dengan bipatride ?
6.          Sebutkan 4 (empat) unsur berdirinya Negara !
7.          Bagaimanakah perbedaan antara naturalisasi biasa dengan naturalisasi istimewa ?
8.          Berikanlah sekurang-kurangnya 4 (empat ) contoh upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan toleransi kehidupan umat beragama di Indonesia !
9.          Bagaimanakah yang dimaksudkan dengan SISHANKAMRATA ?
10.      Berikanlah sekurang-kurangnya 4 ( empat ) contoh persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa dan Negara Indonesia di daerah perbatasan NKRI !
11.      Berikanlah sekurang-kurangnya 4 (empat) contoh persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan warga Negara dan penduduk !
12.      Berikanlah sekurang-kurangnya 4 (empat) contoh persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan agama dan kepercayaan !
13.      Berikanlah sekurang-kurangnya 4 (empat) contoh persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan pertahanan dan keamanan !
Kunci Jawab
1.          Batas wilayah NKRI :
a.     Sebelah Utara : berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Filipina.
b.     Sebelah Selatan : berbatasan dengan Timor Leste, Perairan Australia, dan Perairan Samudera Indonesia.
c.     Sebelah Barat   : berbatasan dengan Samudera Indonesia dan Perairan Negara India.
d.     Sebelah Timur : berbatasan langsung dengan Papua Nugini dan Perairan Samudera Pasifik.
2.          Orang-orang Bangsa Indonesia asli dan orang-orang asing yang disyahkan dengan UU menjadi warganegara Indonesia.
3.          Penduduk Indonesia adalah setiap orang yang bertempat tinggal atau berdomisili di wilayah NKRI, sedangkan bukan penduduk Indonesia adalah setiap orang yang berada di dalam wilayah NKRI tetapi tidak bermaksud menetap.
4.          Asas Ius Soli adalah status kewarganegaraan seseorang ditentukan oleh tempat kelahirannya, sedangkan asas Ius Sanguinus adalah status kewarganegaraan seseorang ditentukan oleh kewarganegaraan orang tuanya.
5.          Apatride adalah seseorang yang tidak memiliki status kewarganegaraan, sedangkan Bipatride adalah seseorang yang memiliki kewarganegaraan ganda atau dwi kewarganegaraan.
6.          Unsur-unsur Negara, yaitu;  Rakyat, wilayah, pemerintahan yang berdaulat, dan pengakuan dari Negara lain.
7.          Naturalisasi Biasa, yaitu; untuk menjadi Warga Negara seseorang harus melakukan tindakan hukum tertentu, sedangkan Naturalisasi Istimewa, yaitu; untuk menjadi Warga Negara seseorang tidak melakukan tindakan hukum tertentu.
8.          Contoh upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan toleransi umat beragama di Indonesia, yaitu; hormat menghormati antar pemeluk agama, mengembangkan sikap menghormati kebebasan beragama, tidak memaksakan kehendak beragama kepada orang lain, tidak mencampuradukkan ajaran agama yang satu dengan yang lainnya.
9.          Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (SISHANKAMRATA ), yaitu sistem keamanan yang dilaksanakan oleh TNI dan Kepolisian Negara RI sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.
10.      Persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan NKRI di daerah perbatasan, yaitu, antara lain; hilangnya patok tapal batas, penyelundupan narkoba, penyelundupan senjata api, penyelundupan bahan-bahan kebutuhan pokok rakyat, perdagangan wanita dan anak-anak, masuknya budaya asing yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila, dsb.
11.      Persoalan-persoalan Bangsa dan NKRI yang berkaitan dengan warganegara dan penduduk, yaitu; pengungsi pencari suaka politik, dwi kewarganegaraan, apatride, kawin kontrak antara WNI dengan WNA, Kartu Tanda Penduduk ( KTP ), perkawinan beda agama, perkawinan sejenis, dsb.
12.      Persoalan-persoalan Bangsa dan NKRI yang berkaitan dengan agama dan kepercayaan, yaitu; fenomena aliran sesat, intervensi umat agama lain, memaksakan kehendak beragama kepada orang lain, tuduhan teroris dan radikal terhadap agama tertentu, pembangunan tempat ibadah yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku, dsb.
13.      Persoalan-persoalan Bangsa dan NKRI yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan, yaitu; penyelundupan senjata illegal, intervensi Negara lain, hilangnya patok batas wilayah Negara, pindahnya kepemilikan pulau kepada orang asing, dsb.
Nilai perolehan KD  adalah rerata dari nilai IPK : 52/ 52 X 100 = 100

TUGAS TERSTRUKTUR
Nama Kegiatan
Identifikasi Permasalahan-permasalahan di Daerah Perbatasan
Anggota Kelompok
Tiap Kelompok terdiri dari 5, 6, atau 7 siswa
Bentuk Laporan
Makalah, Power Point atau Video Flash
Nilai-nilai Karakter
Disiplin, tanggung jawab, kerjasama, mandiri, dan kejujuran
Waktu
4 ( empat ) minggu
Biaya
Mandiri

C.        Penilaian Ketrampilan
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok             : ……………
Kelas                      : ……………
Materi Pokok       : ……………
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata – Rata Skor
Kreatifitas
Kebenaran substansi materi
Penyajian materi












                                   
Keterangan pengisian
Nilai
Konversi
Huruf
4
SB
Sangat Baik
3
B
Baik
2
C
Cukup
1
K
Kurang
Keterangan:
NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreatifitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
3
Penyajian materi
Runtut sesuai dengan struktur keilmuan
Mengikuti alur logika yang jelas (sistematis) bervariasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                                    : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                       : X/Gasal
Materi Pokok                          : Sistem Politik Indonesia
Tahun Pelajaran                    : 2020/2021
Alokasi Waktu                        : 8 x 45 ( 4 x Pertemuan)
A.             Tujuan Pembelajaran
No
Kompetensi Dasar
Tujuan Pembelajaran
3.5
Menganalisis sistem politik Indonesia

Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Student Centered Learning dan model pembelajaran Discovery Learning, Projeck Based Learning peserta didik dapat menganalisis sistem politik Indonesia, mengidentifikasi sitem politik Indonesia sebelum dan setelah amandemen UUD 1945, reformasi politik di Indonesia
4.5
Menyaji hasil analisis tentang sistem politik di Indonesia
Merancang dan melakukan penelitian sederhana serta mendemonstrasikan hasil penelitian sederhana tentang sistem politik di Indonesia dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama proses pembelajaran

B.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1, 2, 3, dan 4
Pendahuluan (15 menit)
Inti (60 menit)
Penutup (15 menit)
-   Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan mars Siswa Berkarakter Indonesia (bila pada jam pertama).
-   Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
-   Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-   Guru menayangkan Video Motivasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
-   Sistem politik Indonesia
Pertemuan kedua
-   Sistem politik Indonesia sebelum amandemen UUD 1945
Pertemun Ketiga
-   Sistem politik Indonesia setelah amandemen UUD 1945
Pertemuan Keempat
-   Reformasi politik
-   Guru memberikan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-   Guru memberikan informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan tugas pengayaan.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika pada jam terakhir)
-   Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
Pernyataan/ Identifikasi masalah (Problem Statement);
-   Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota kelompok
-   Peserta didik menyusun pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
Pengumpulan data (Data Collection);
-   Siswa mencatat hasil pengamatan dan penjelasan guru.
-   Guru menugasi siswa berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan tersebut
-   Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami kesulitan
-   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber
-   Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar

C.             Teknik dan Bentuk Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Observasi, Penilaian Antar Teman
Lembar Observasi, Lembar Penilaian Antar Teman
2
Pengetahuan
Tes tertulis
Uraian (terlampir)
3
Keterampilan
Observasi
Check list

Mengetahui                                                                                                                           Kebumen, 14 Mei 2020
                Kepala SMKN 1                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran         


                                                                                                                               
                 NIP.                                                                                                                                       NIP.

Lampiran – lampiran
A.        Penilaian Sikap

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                                     : ……………………………….
Hari, Tanggal                       : ……………………………….
Pertemuan Ke-                    : .................................................
Materi Pokok                       : ……………………………….
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Religius

Peduli
Tanggung Jawab
Kerjasama
1






2






3






4






dst







Skor penilaian menggunakan skala 1-4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai.

LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
SIKAP GOTONG ROYONG

Nama Peserta Didik                                 : ………………….
Nama peserta didik yang dinilai            : ………………….
Kelas                                                           : ………………….
Materi Pokok                                             : ………………….
Periode Penilaian                                      : ………………….

PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari.
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok




2
Bersama – sama dalam mengerjakan tugas kelompok




3
Mengajak teman untuk membantu teman lain yang mengalami kesulitan




4
Membagi pekerjaan/ tugas berdasarkan Job Description yang telah disepakati




Jumlah Skor




Keterangan :
SL           =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR           =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
                      kadang tidak melakukan, skor 3
KD          =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak
                      melakukan, skor 2
TP           =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor diperoleh
= Skor akhir
Skor Maksimal

B.        Penilaian Pengetahuan
Soal Uraian
1.     Siapakah lembaga legislatif dalam sistem politik Indonesia sebelum Amandemen UUD 1945 !
2.     Siapakah lembaga Yudikatif yang menjalan kekuasaan kehakiman pada sistem politik Indonesia sebelum amandemen UUD 1945 ?
3.     Sebutkan lembaga tinggi negara  dalam sitem politik Indonesia setelah amandemen UUD 1945!
4.     Sebutkan Tugas DPR !
5.     Apakah kepanjangan KKN ?

Kunci Jawab
1.     MPR dan DPR, merupakan lembaga tertinggi negara
2.     Mahkamah Agung
3.     MPR, DPR, DPD, BPK, Preseiden, MK, KY, MA.
4.     Membentuk Undang-undang, menetapkan APBN, Mengawasi jalannya pemerintahan.
5.     Korupsi, Kolusi, Nepotisme

Norma Penilaian Pengetahuan :
1.     Untuk jawaban benar skor 20
2.     Untuk jawaban mendekati benar skor 15
3.     Untuk jawaban setengah benar skor 10
4.     Untuk jawaban kurang benar skor 5
NA = 20 x 5 = 100

C.        Penilaian Ketrampilan
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok             : ……………
Kelas                      : ……………
Materi Pokok       : ……………
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata – Rata Skor
Kreatifitas
Kebenaran substansi materi
Penyajian materi












                                   
Keterangan pengisian
Nilai
Konversi
Huruf
4
SB
Sangat Baik
3
B
Baik
2
C
Cukup
1
K
Kurang

Keterangan:
NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreatifitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
3
Penyajian materi
Runtut sesuai dengan struktur keilmuan
Mengikuti alur logika yang jelas (sistematis) bervariasi