RPP PKN SMK/SMA VERSI MERDEKA BELAJAR 1 HALAMAN LENGKAP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Gasal
Materi Pokok :
Hakikat Bangsa dan Negara
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
3.1
|
Menganalisis
Hakikat
Bangsa dan
Negara
|
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Saintifik
dan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik dapat
mendeskripsikan
hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara serta bentuk-bentuk kenegaraan, pengertian
dan tujuan NKRI, membandingkan teori fungsi dan tujuan negara
|
4.1
|
Menyaji
Hasil Analisis hakekat Bangsa dan Negara
|
Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI, pengertian fungsi negara dalam teori komuisme dengan
mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran,
gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama
proses pembelajaran
|
B.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
– 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
|
Inti (60 menit)
|
Penutup (15 menit)
|
-
Guru mempersilakan
seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan mars Siswa Berkarakter Indonesia
(bila pada jam pertama).
-
Guru memberi salam dan
memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya.
-
Guru memberikan
informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor melalui informasi internet
|
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
Hakikat bangsa, Pengertian dan unsur-unsur terbentuknya
negara, Hakikat dan asal mula terbentuknya negara
Pertemuan kedua
Bentuk negara dan kenegaraan, Tujuan dan fungsi Negara serta
teori-teori dan tujuan negara
Pertemun Ketiga
Negara kesatuan Republik Indonesia,
|
-
Guru memberikan
refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-
Guru memberikan
informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan
berikutnya dan
tugas pengayaan.
-
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika
pada jam terakhir)
-
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu
belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
|
Pernyataan/
Identifikasi masalah (Problem Statement);
-
Peserta didik secara
berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota
kelompok
-
Peserta didik menyusun
pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
|
||
Pengumpulan data (Data
Collection);
-
Siswa mencatat hasil
pengamatan dan penjelasan guru.
-
Guru menugasi siswa
berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan
tersebut
-
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami
kesulitan
-
Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber
-
Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
|
||
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan
cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
|
||
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil
belajar
|
C.
Teknik
dan Bentuk Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Observasi , Penilaian Diri
|
Lembar Observasi, Lembar Penilaian
Diri
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Uraian
(terlampir)
|
3
|
Keterampilan
|
Observasi
|
Check list
|
Mengetahui Kebumen,
14 Mei 2020
Kepala SMKN 1 Guru
Mata Pelajaran
Lampiran – Lampiran
A.
Penilaian
Sikap
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembar ini didisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (P) kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut:
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-
kadang tidak melakukan
2 =
kadang – kadang, apabila kadang – kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta
Didik : ……………………………….
Kelas :
……………………………….
Tanggal
Pengamatan : ……………………………….
Materi Pokok : ……………………………….
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan YME
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaiakan pendapat/ presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan YME
|
|
|
|
|
5
|
Meningkatkan keyakinan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan YME
saat mempelajari keberagaman masyarakat
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Materi
Pokok : ………………….
Periode
Penilaian : ………………….
PETUNJUK
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
|
|
|
|
|
2
|
Saya tidak menjadi plagiat (mengambil/ menyalin karya
orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas.
|
|
|
|
|
3
|
Saya mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Saya melaporkan barang yang ditemukan
|
|
|
|
|
5
|
Saya melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
|
|
|
6
|
Saya mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Keterangan :
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
kadang tidak
melakukan, skor 3
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan, skor 2
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor diperoleh

Skor Maksimal
B.
Penilaian Pengetahuan
Soal Uraian
1. Jelaskan
pengertian bangsa menurut Ernest Renant !
2. Sebutkan unsur terbentuknya
negara!
3. Jelaskan
pengertian negara menurut Thomas Hobbes!
4. Sebutkan asal
mula terjadinya negara secara faktual !
5. Sebutkan ciri-ciri
negara kesatuan!
6. Jelaskan
pengertian negara serikat !
7. Jelaskan
pengertian negara demokrasi
8. Sebutkan
fungsi negara menurut Montesquieu!
9. Sebutkan
tujuan NKRIdalam Alinea IV Pembukaan UUD 1945!
10. Jelaskan fungsi negara dalam teori komunisme!
Jawaban
1. Ernest
Renant menyatakan bahwa bangsa adalah suatu nyawa, suatu akal yang terjadi dari
dua hal, yaitu rakyat yang harus bersama-sama menjalankan satu riwayat dan
rakyat yang kemudian harus mempunyai kemauan dan keinginan hidup menjadi satu.
2. Unsur terbentuknya negara meliputi :
a.
Rakyat
Rakyat suatu negara adalah
semua orang yang secara nyata berada dalam wilayah suatu negara yang tunduk dan
patuh pada peraturan dalam negara tersebut.
b.
Wilayah
Merupakan unsur
mutlak suatu negara
c.
Pemerintah yang berdaulat.
Adanya suatu
pemerintah yang berkuasa atas seluruh wilayahnya dan segenap rakyatnya
merupakan syarat mutlak keberadaan negara.
d.
Pengakuan dari negara lain
Merupakan unsur
yang memperkuat terbentuknya suatu negara.
3. Negara
menurut Thomas Hobbes adalah suatu tubuh yang dibuat orang banyak, yang
masing-masing orang berjanji untuk memakainya sebagai alat keamanan dan
perlindungan.
4. Cara ini
menggunakan fakta nyata yang dapat diketahui melalui sejarah lahirnya negara
tersebut. Terjadinya negara dapat digolongkan kedalam beberapa istilah sebagai
berikut :
a. Occupatie(pendudukan)
b. Cessie(penyerahan)
c. Accesie(penaikan)
d. Fusi(peleburan)
e. Proklamasi
f. Innovation(pembentukan
baru)
g. Anexatie(pencalokan/
penguasaan)
5. Ciri-ciri
negara kesatuan yaitu sbb:
a. Kedaulatan
negara mencakup kedaulatan kedalam dan keluar yang ditangani oleh pemerintah
pusat
b. Negara
hanya memiliki satu dewan menteri, dan satu dewan perwakilan rakyat
c. Hanya
satu kebijaksanaan yang menyangkut persoalan politik, ekonomi, sosial budaya,
serta pertahanan dan keamanan.
6. Negara
serikat (federasi) merupakan bentuk negara gabungan dari beberapa negara
bagian. Negara bagian tersebut pada awalnya merupakan negara yang merdeka,
berdaulat, dan berdiri sendiri. Setelah menggabungkan diri dan membentuk negara
serikat, negara-negara tersebut melepaskan sebagian kekuasaannya dan
menyerahkannya kepada negara serikat.
7. Demokrasi
merupakan bentuk negara yang pimpinan (pemerintahan) tertingginya terletak
ditangan rakyat. Rakyat memiliki kekuasaan penuh dalam menjalankan
pemerintahan.
8. Terbagi
menjadi tiga yaitu: fungsi legislatif (membuat undang-undang); fungsi eksekutif
(melaksanakan undang-undang); dan fungsi yudikatif (mengadili dan mengawasi
agar setiap peraturan ditaati).
9. Yaitu
sebagai berikut:
a. Melindungi
segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
b. Memajukan
kesejahteraan umum
c. Mencerdaskan
kehidupan bangsa
d. Ikut
melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi,
dan keadilan sosial.
10. Untuk mencapai kesejahteraan rakyat dan menghilangkan kelas sosial.
Norma
Penilaian Pengetahuan :
1. Untuk jawaban benar skor 10
2. Untuk jawaban mendekati benar skor 8
3. Untuk jawaban setengah benar skor 6
4. Untuk jawaban kurang benar skor 4
NA = 10 x 10 = 100
C.
Penilaian Ketrampilan
Pedoman
Observasi Presentasi
Kelompok :
……………
Kelas :
……………
Materi Pokok :
……………
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata – Rata Skor
|
||
Kreatifitas
|
Kebenaran
substansi materi
|
Penyajian materi
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian
Nilai
|
Konversi
|
Huruf
|
4
|
SB
|
Sangat Baik
|
3
|
B
|
Baik
|
2
|
C
|
Cukup
|
1
|
K
|
Kurang
|
Keterangan:
NO
|
INDIKATOR
|
URAIAN
|
1
|
Kreatifitas
|
Baru, unik, tidak asal
berbeda
|
2
|
Kebenaran substansi
materi
|
Sesuai dengan konsep dan
teori yang benar dari sisi keilmuan
|
3
|
Penyajian materi
|
Runtut sesuai dengan struktur
keilmuan
Mengikuti alur logika
yang jelas (sistematis) bervariasi
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Gasal
Materi Pokok : Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
3.2
|
Menganalisis
fungsi dan peran pancasila dalam
kehidupan bangsa dan negara Indonesia
|
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Student Centered Learning dan model
pembelajaran Discovery Learning peserta didik dapat
menganalisis dan mengidentifikasi fungsi dan peran pancasila dalam
kehidupan bangsa dan negara Indonesia
|
4.2
|
Manyaji hasil analisis fungsi
dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
|
Menyajikan dan
mengkomunikasikan hasil analisis tentang fungsi dan peran pancasila
dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama
proses pembelajaran
|
B.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
– 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
|
Inti (60 menit)
|
Penutup (15 menit)
|
- Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa
bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia
Raya (bila pada jam pertama).
- Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan
kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
- Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat,
dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta
didik.
- Guru menayangkan Video Motivasi
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
|
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca buku teks dan internet
tentang fungsi dan peran pancasila
dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia dan kemudian siswa melihat
bahan tayang berupa VIDEO PEMBELAJARAN yang disajikan oleh Guru, tentang:
Pertemuan pertama
- Pengertian
pancasila
- Fungsi
dan peranan pancasila
Pertemuan kedua
- Makna
sila-sila pancasila
Pertemun Ketiga
- Sikap
positif terhadap nilai-nilai pancasila
- Nilai
yang terkandung dalam pancasila
|
-
Guru memberikan
refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-
Guru memberikan
informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan
berikutnya dan
tugas pengayaan.
-
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika
pada jam terakhir)
-
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu
belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
|
Pernyataan/
Identifikasi masalah (Problem Statement);
-
Peserta didik secara
berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota
kelompok
-
Peserta didik menyusun
pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
|
||
Pengumpulan data (Data
Collection);
-
Siswa mencatat hasil
pengamatan dan penjelasan guru.
-
Guru menugasi siswa
berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan
tersebut
-
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami
kesulitan
-
Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber
-
Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
|
||
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan
cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
|
||
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil
belajar
|
C.
Teknik
dan Bentuk Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Penilaian Diri
|
Lembar Penilaian Diri
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Uraian
(terlampir)
|
3
|
Keterampilan
|
Observasi
|
Check list
|
Mengetahui Kebumen,
14 Mei 2020
Kepala SMKN 1 Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP. –
Lampiran – Lampiran
A.
Penilaian
Sikap
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
SIKAP TOLERAN
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Materi
Pokok : ………………….
Periode
Penilaian : ………………….
PETUNJUK
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya menghormati teman yang berbeda pendapat
|
|
|
|
|
2
|
Saya menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras,
budaya, dan gender
|
|
|
|
|
3
|
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapat saya
|
|
|
|
|
4
|
Saya menerima kekurangan orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Saya memaafkan kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Keterangan :
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
kadang tidak
melakukan, skor 3
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan, skor 2
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor diperoleh

Skor Maksimal
B.
Penilaian Pengetahuan
1. Jelaskan
fungsi pokok pancasila !
2. Jelaskan fungsi pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia !
3. Sebutkan
peran dan fungsi pancasila sebaai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia !
4. Jelaskan
fungsi dan peran pancasila sebagai perjanjian luhur
5. Jelaskan
peran dan fungsi pancasila sebagai moral pembangunan
Jawaban
1. Fungsi pokok Pancasila adalah sebagai dasar negara sesuai dengan
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, dan pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari
segala sumber hukum negara.
2. Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia : Hal ini berarti,
Pancasila berfungsi dan berperan memberikan gerak atau dinamika, serta
membimbing ke arah tujuan guna mewujudkan masyarakat Pancasila. Pancasila
sebagai jiwa bangsa yang lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia
3. Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia : Pancasila yang dirumuskan dan terkandung dalam Pembukaan UUD NRI
Tahun 1945, memuat cita-cita dan tujuan nasional (Alinea II dan IV). Cita-cita
dan tujuan bangsa Indonesia,hal tersebut lalu dijabarkan ke dalam tujuan
pembangunan nasional. Dengan kata lain, Pembukaan UUD NRI Tahun1945 merupakan
penuangan jiwa proklamasi, yaitu Pancasila. Oleh karena itu, Pancasila juga
merupakan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
4. Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur : Pancasila sebagai perjanjian luhur berarti bahwa pada tanggal 18
Agustus 1945 PPKI (sebagai wakil seluruh rakyat Indonesia) yang menetapkan
dasar negara Pancasila secara konstitusional dalam Pembukaan UUD NRI Tahun
1945.
5. Pancasila Sebagai Moral Pembangunan : Hal ini mengandung maksud nilai-nilai luhur Pancasila (norma-norma
yang tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945) dijadikan tolok ukur dalam
melaksanakan pembangunan nasional, baik dalam perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan, pengawasan, maupun dalam evaluasinya.
Norma Penilaian Pengetahuan :
Untuk jawaban
benar skor 20
Untuk jawaban
mendekati benar skor 15
Untuk jawaban
setengah benar skor 10
Untuk jawaban
kurang benar skor 5
NA = 20 x 5 =
100
C.
Penilaian Ketrampilan
Pedoman
Observasi Presentasi
Kelompok :
……………
Kelas :
……………
Materi Pokok :
……………
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata – Rata Skor
|
||
Kreatifitas
|
Kebenaran
substansi materi
|
Penyajian
materi
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian
Nilai
|
Konversi
|
Huruf
|
4
|
SB
|
Sangat Baik
|
3
|
B
|
Baik
|
2
|
C
|
Cukup
|
1
|
K
|
Kurang
|
Keterangan:
NO
|
INDIKATOR
|
URAIAN
|
1
|
Kreatifitas
|
Baru, unik, tidak asal
berbeda
|
2
|
Kebenaran substansi
materi
|
Sesuai dengan konsep dan
teori yang benar dari sisi keilmuan
|
3
|
Penyajian materi
|
Runtut sesuai dengan
struktur keilmuan
Mengikuti alur logika
yang jelas (sistematis) bervariasi
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Gasal
Materi Pokok :
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka
praktek penyelenggaraan pemerintahan negara
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
3.3
|
Menganalisis
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemerintahan
negara
|
Setelah
melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Saintifik dan model pembelajaran Problem
Based Learning peserta didik
dapat menunjukkan dan menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka
praktek Penyelenggaraan Pemerintahan Negara sesuai dengan hukum yang berlaku
|
4.3
|
Menyaji
hasil analisis nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemenerintahan
negara
|
Merumuskan
dan menyajikan hasil analisis nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Negara dengan
mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran,
gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama
proses pembelajaran
|
B.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
– 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
|
Inti (60 menit)
|
Penutup (15 menit)
|
- Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa
bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Padamu Negeri
(bila pada jam pertama).
- Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
- Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat,
dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta
didik.
- Guru menayangkan Video Motivasi
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
|
Mengamati;
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
Sistem pembagian kekuasaan
NRI
Pertemuan kedua
Kedudukan dan fungsi
kementrian negara RI dan lembaga pemerintah non kementrian
Pertemun Ketiga
Nilai nilai pancasila dalam
penyelenggaraan pemerintahan
|
-
Guru memberikan
refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-
Guru memberikan
informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan
berikutnya dan
tugas pengayaan.
-
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika
pada jam terakhir)
-
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu
belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
|
Menanya;
-
Peserta didik secara
berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota
kelompok
-
Peserta didik menyusun
pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.s
|
||
Mengumpulkan informasi;
-
Siswa mencatat hasil
pengamatan dan penjelasan guru.
-
Guru menugasi siswa
berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan
tersebut
-
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami
kesulitan
-
Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber
-
Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
|
||
Mengasosiasikan
Peserta didik membuat analisis terkait materi pada pertemuan
tersebut
|
||
Mengkomunikasikan
Siswa dengan bimbingan guru mengkomunikasikan secara lisan hasil
diskusi dan menyimpulkan
hasil belajar
|
C.
Teknik
dan Bentuk Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Penilaian Antar Teman
|
Lembar Penilaian Antar Teman
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Uraian
(terlampir)
|
3
|
Keterampilan
|
Observasi
|
Check list
|
Mengetahui Kebumen,
14 Mei 2020
Kepala SMKN 1 Guru Mata
Pelajaran
.
NIP. NIP. –
Lampiran – Lampiran
A.
Penilaian
Sikap
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
SIKAP DISIPLIN
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Materi
Pokok : ………………….
Periode
Penilaian : ………………….
PETUNJUK
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai
dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya masuk kelas
tepat waktu
|
|
|
|
|
2
|
Saya mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Saya memakai seragam
sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
4
|
Saya mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|
|
|
|
5
|
Saya tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
6
|
Saya membuang sampah
pada tempatnya
|
|
|
|
|
7
|
Saya membawa buku
tulis PPKn
|
|
|
|
|
8
|
Saya membawa buku
teks pelajaran PPKn
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Keterangan :
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
kadang tidak
melakukan, skor 3
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan, skor 2
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor diperoleh

Skor Maksimal
B.
Penilaian
Pengetahuan
Soal Uraian
1. Sebutkan pembagian kekuasaan
menurut Montesquieu !
2. Jelaskan yang dimaksud
kekuasaan eksekutif !
3.
Sebutkan 4 keberadaan kementerian negara RI yang diatur dalam pasal 17
UUD NRI tahun 1945!
4. Jelaskan pentingnya
keberadaan pemerintahan daerah dalam proses penyelenggaraan pemerintahan di RI !
5. Sebutkan 3 nilai sila
persatuan Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara !
Jawaban
1.
Kekuasaan legislatif, kekuasaan eksekutif, kekuasaan yudikatif.
2.
Kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang
3.
a.
Presiden dibantu oleh
menteri-menteri negara
b. Menteri-menteri itu
diangkat dan diberhentikan oleh presiden
c. Setiap menteri membidangi urusan tertentu
dalam pemerintahan
d. pembentukan, pengubahan dan pembubaran
kementerian negara diatur dalam undang-undang
4.
Keberadaan pemerintah daerah dalam proses penyelenggaraan RI sangat
penting karena berdasarkan UUDNRI 1945
dan UURI nomer 12 tahun 2008 tentang pemerintahan daerah pasal 18 ayat 1 UUDNRI
1945 menyatakan NKRI dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi
dibagi atas kabupaten dan kota, tiap provinsi kabupaten dan kota mempunyai
pemerintahan daerah diatur dengan UU. Ketentuan tersebut menunjukkan di negara
kita terdapat mekanisme pembagian kekuasaan secara vertikal yaitu pembagian
kekuasaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dilaksanakan menurut azas
otonomi dan tugas perbantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem
dan prinsip NKRI. Pemerintah pusat dan daerah bukan terpisah/berdiri sendiri
tanpa adanya kontrol dan koordinasi. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah
pembagian kekuasaan secara vertikal. Hubungan pemerintah pusat dan daerah
bersifat hierarkis. Hubungan pemerintah provinsi kabupaten/dan kota juga
bersifat hierarkis
5.
a. Nasionalisme b. Cinta bangsa dan tanah air c. Menggalang persatuan
dan kesatuan bangsa d. Menghilangkan penonjolan kekuatan atau kekuasaan,
keturunan dan perbedaan warna kulit e. Menumbuhkan rasa senasib dan
sepenanggulangan.
Norma
Penilaian
Jawaban benar nilai 20
Jawaban mendekati benar nilai 15
Jawaban setengah benar nilai 10
Jawaban kurang benar nilai 5
NA
= 5x20 = 100
C.
Penilaian Ketrampilan
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok :
……………
Kelas :
……………
Materi Pokok :
……………
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata – Rata Skor
|
||
Penguasaan Materi
|
Aktifitas
|
Kreatifitas
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian
Nilai
|
Konversi
|
Huruf
|
4
|
SB
|
Sangat Baik
|
3
|
B
|
Baik
|
2
|
C
|
Cukup
|
1
|
K
|
Kurang
|
Keterangan:
NO
|
INDIKATOR
|
URAIAN
|
1
|
Kreatifitas
|
Baru, unik, tidak asal
berbeda
|
2
|
Kebenaran substansi
materi
|
Sesuai dengan konsep dan
teori yang benar dari sisi keilmuan
|
3
|
Penyajian materi
|
Runtut sesuai dengan
struktur keilmuan
Mengikuti alur logika
yang jelas (sistematis) bervariasi
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Gasal
Materi Pokok : Ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga
negara,penduduk, agama dan kepercayaan serta
pertahanan dan keamanan
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
3.4
|
Menganalisis
ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah, warga negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan
dan keamanan
|
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Student Centered Learning dan model
pembelajaran Discovery Learning peserta didik dapat
mengidentifikasi ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah Negara, warga negara,
penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan
|
4.4
|
Menyajikan
hasil analisis tentang ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang
wilayah,warga negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan
keamanan
|
Mengidentifikasi persoalan-persoalan yang dihadapi
Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan wilayah-wilayah perbatasan NKRI,
warga Negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama
proses pembelajaran
|
B.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
– 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
|
Inti (60 menit)
|
Penutup (15 menit)
|
- Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa
bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia
Raya (bila pada jam pertama).
- Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
- Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat,
dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta
didik.
- Guru menayangkan Video Motivasi
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
|
Pemberian
rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
Masalah terkait dengan wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan
Pertemuan kedua
Ketentuan UUD 1945 Amandemen yang mengatur wilayah negara,
warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan
keamanan
Pertemun Ketiga
Persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan.
|
-
Guru memberikan
refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-
Guru memberikan informasi
pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan
tugas pengayaan.
-
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika
pada jam terakhir)
-
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu
belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
|
Pernyataan/
Identifikasi masalah (Problem Statement);
-
Peserta didik secara
berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota
kelompok
-
Peserta didik menyusun
pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
|
||
Pengumpulan data (Data
Collection);
-
Siswa mencatat hasil
pengamatan dan penjelasan guru.
-
Guru menugasi siswa
berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan
tersebut
-
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami
kesulitan
-
Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber
-
Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
|
||
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan
cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
|
||
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil
belajar
|
C.
Teknik
dan Bentuk Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Penilaian Antar Teman
|
Lembar Penilaian Antar Teman
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis dan Penugasan
|
Uraian
(terlampir), Instrumen penugasan
|
3
|
Keterampilan
|
Observasi
|
Check list
|
Mengetahui Kebumen,
14 Mei 2020
Kepala SMKN 1 Guru Mata
Pelajaran
NIP. NIP. –
Lampiran – lampiran
A.
Penilaian
Sikap
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
SIKAP TANGGUNG JAWAB
Nama
Peserta Didik :
………………….
Nama Peserta didik yang dinilai : ………………….
Kelas :
………………….
Materi
Pokok :
………………….
Periode
Penilaian : ………………….
PETUNJUK
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Menjalankan tugas dengan
sungguh-sungguh
|
|
|
|
|
2
|
Berani menerima resiko
atas tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain
tanpa bukti
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan barang yang
dipinjam dari orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Berani meminta maaf jika
melakukan kesalahan yang merugikan orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Keterangan :
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
kadang tidak
melakukan, skor 3
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan, skor 2
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor diperoleh

Skor Maksimal
B.
Penilaian
Pengetahuan
Soal Uraian
1.
Sebutkan batas-batas
Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia !
2.
Siapa sajakah yang dapat
menjadi warga negara Indonesia menurut UUD 1945 Amandemen ?
3.
Bagaimanakah perbedaan
antara penduduk dan bukan penduduk ?
4.
Bagaimanakah perbedaan
antara asas ius soli dengan asas ius sanguinis ?
5.
Bagaimanakah perbedaan
antara apatride dengan bipatride ?
6.
Sebutkan 4 (empat) unsur
berdirinya Negara !
7.
Bagaimanakah perbedaan
antara naturalisasi biasa dengan naturalisasi istimewa ?
8.
Berikanlah
sekurang-kurangnya 4 (empat ) contoh upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk
mewujudkan toleransi kehidupan umat beragama di Indonesia !
9.
Bagaimanakah yang
dimaksudkan dengan SISHANKAMRATA ?
10. Berikanlah sekurang-kurangnya 4 ( empat ) contoh
persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa dan Negara Indonesia di daerah
perbatasan NKRI !
11. Berikanlah sekurang-kurangnya 4 (empat) contoh
persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan
warga Negara dan penduduk !
12. Berikanlah sekurang-kurangnya 4 (empat) contoh
persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan
agama dan kepercayaan !
13. Berikanlah sekurang-kurangnya 4 (empat) contoh
persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan
pertahanan dan keamanan !
Kunci Jawab
1.
Batas wilayah NKRI :
a. Sebelah
Utara : berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei
Darussalam, dan Filipina.
b. Sebelah
Selatan : berbatasan dengan Timor Leste, Perairan Australia, dan Perairan
Samudera Indonesia.
c. Sebelah
Barat : berbatasan dengan Samudera
Indonesia dan Perairan Negara India.
d. Sebelah
Timur : berbatasan langsung dengan Papua Nugini dan Perairan Samudera Pasifik.
2.
Orang-orang Bangsa
Indonesia asli dan orang-orang asing yang disyahkan dengan UU menjadi
warganegara Indonesia.
3.
Penduduk Indonesia adalah
setiap orang yang bertempat tinggal atau berdomisili di wilayah NKRI, sedangkan
bukan penduduk Indonesia adalah setiap orang yang berada di dalam wilayah NKRI
tetapi tidak bermaksud menetap.
4.
Asas Ius Soli adalah status
kewarganegaraan seseorang ditentukan oleh tempat kelahirannya, sedangkan asas
Ius Sanguinus adalah status kewarganegaraan seseorang ditentukan oleh
kewarganegaraan orang tuanya.
5.
Apatride
adalah seseorang yang tidak memiliki status kewarganegaraan, sedangkan
Bipatride adalah seseorang yang memiliki kewarganegaraan ganda atau dwi
kewarganegaraan.
6.
Unsur-unsur Negara,
yaitu; Rakyat, wilayah, pemerintahan
yang berdaulat, dan pengakuan dari Negara lain.
7.
Naturalisasi Biasa, yaitu;
untuk menjadi Warga Negara seseorang harus melakukan tindakan hukum tertentu,
sedangkan Naturalisasi Istimewa, yaitu; untuk menjadi Warga Negara seseorang
tidak melakukan tindakan hukum tertentu.
8.
Contoh upaya-upaya yang
dapat dilakukan untuk mewujudkan toleransi umat beragama di Indonesia, yaitu;
hormat menghormati antar pemeluk agama, mengembangkan sikap menghormati kebebasan
beragama, tidak memaksakan kehendak beragama kepada orang lain, tidak
mencampuradukkan ajaran agama yang satu dengan yang lainnya.
9.
Sistem Pertahanan Keamanan
Rakyat Semesta (SISHANKAMRATA ), yaitu sistem keamanan yang dilaksanakan oleh
TNI dan Kepolisian Negara RI sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai
kekuatan pendukung.
10.
Persoalan-persoalan yang
dihadapi Bangsa dan NKRI di daerah perbatasan, yaitu, antara lain; hilangnya
patok tapal batas, penyelundupan narkoba, penyelundupan senjata api, penyelundupan
bahan-bahan kebutuhan pokok rakyat, perdagangan wanita dan anak-anak, masuknya
budaya asing yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila, dsb.
11.
Persoalan-persoalan Bangsa
dan NKRI yang berkaitan dengan warganegara dan penduduk, yaitu; pengungsi
pencari suaka politik, dwi kewarganegaraan, apatride, kawin kontrak antara WNI
dengan WNA, Kartu Tanda Penduduk ( KTP ), perkawinan beda agama, perkawinan
sejenis, dsb.
12.
Persoalan-persoalan Bangsa
dan NKRI yang berkaitan dengan agama dan kepercayaan, yaitu; fenomena aliran
sesat, intervensi umat agama lain, memaksakan kehendak beragama kepada orang
lain, tuduhan teroris dan radikal terhadap agama tertentu, pembangunan tempat
ibadah yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku, dsb.
13.
Persoalan-persoalan Bangsa
dan NKRI yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan, yaitu; penyelundupan
senjata illegal, intervensi Negara lain, hilangnya patok batas wilayah Negara,
pindahnya kepemilikan pulau kepada orang asing, dsb.
Nilai perolehan KD adalah
rerata dari nilai IPK : 52/ 52 X 100 = 100
TUGAS TERSTRUKTUR
Nama Kegiatan
|
Identifikasi Permasalahan-permasalahan di Daerah
Perbatasan
|
Anggota Kelompok
|
Tiap Kelompok terdiri dari 5, 6, atau 7 siswa
|
Bentuk Laporan
|
Makalah, Power Point atau Video Flash
|
Nilai-nilai Karakter
|
Disiplin, tanggung jawab, kerjasama, mandiri, dan
kejujuran
|
Waktu
|
4 ( empat ) minggu
|
Biaya
|
Mandiri
|
C.
Penilaian
Ketrampilan
Pedoman
Observasi Presentasi
Kelompok :
……………
Kelas :
……………
Materi Pokok :
……………
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata – Rata Skor
|
||
Kreatifitas
|
Kebenaran
substansi materi
|
Penyajian
materi
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian
Nilai
|
Konversi
|
Huruf
|
4
|
SB
|
Sangat Baik
|
3
|
B
|
Baik
|
2
|
C
|
Cukup
|
1
|
K
|
Kurang
|
Keterangan:
NO
|
INDIKATOR
|
URAIAN
|
1
|
Kreatifitas
|
Baru, unik, tidak asal
berbeda
|
2
|
Kebenaran substansi
materi
|
Sesuai dengan konsep dan
teori yang benar dari sisi keilmuan
|
3
|
Penyajian materi
|
Runtut sesuai dengan
struktur keilmuan
Mengikuti alur logika
yang jelas (sistematis) bervariasi
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Gasal
Materi Pokok :
Sistem Politik Indonesia
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 8 x 45 ( 4 x Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
3.5
|
Menganalisis
sistem politik Indonesia
|
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Student
Centered Learning dan model pembelajaran Discovery Learning, Projeck
Based Learning peserta didik dapat
menganalisis sistem
politik Indonesia, mengidentifikasi sitem politik
Indonesia sebelum dan
setelah amandemen UUD 1945, reformasi politik di Indonesia
|
4.5
|
Menyaji
hasil analisis tentang sistem politik di Indonesia
|
Merancang dan melakukan penelitian sederhana serta
mendemonstrasikan hasil penelitian sederhana tentang sistem politik di
Indonesia dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama
proses pembelajaran
|
B.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
– 1, 2, 3, dan 4
Pendahuluan (15 menit)
|
Inti (60 menit)
|
Penutup (15 menit)
|
-
Guru mempersilakan
seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan mars Siswa Berkarakter Indonesia
(bila pada jam pertama).
-
Guru memberi salam dan
memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya.
-
Guru memberikan
informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-
Guru menayangkan Video
Motivasi
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
|
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
- Sistem
politik Indonesia
Pertemuan kedua
- Sistem
politik Indonesia sebelum amandemen UUD 1945
Pertemun Ketiga
- Sistem
politik Indonesia setelah
amandemen UUD 1945
Pertemuan Keempat
- Reformasi
politik
|
-
Guru memberikan
refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-
Guru memberikan
informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan
berikutnya dan
tugas pengayaan.
-
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika
pada jam terakhir)
-
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu
belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
|
Pernyataan/
Identifikasi masalah (Problem Statement);
-
Peserta didik secara
berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota
kelompok
-
Peserta didik menyusun
pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
|
||
Pengumpulan data (Data
Collection);
-
Siswa mencatat hasil
pengamatan dan penjelasan guru.
-
Guru menugasi siswa
berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan
tersebut
-
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami
kesulitan
-
Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber
-
Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
|
||
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan
cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
|
||
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil
belajar
|
C.
Teknik
dan Bentuk Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Observasi, Penilaian Antar Teman
|
Lembar Observasi, Lembar Penilaian
Antar Teman
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Uraian
(terlampir)
|
3
|
Keterampilan
|
Observasi
|
Check list
|
Mengetahui Kebumen,
14 Mei 2020
Kepala SMKN 1 Guru Mata
Pelajaran
NIP. NIP. –
Lampiran – lampiran
A.
Penilaian
Sikap
Pedoman
Pengamatan Sikap
Kelas :
……………………………….
Hari, Tanggal : ……………………………….
Pertemuan Ke- :
.................................................
Materi Pokok : ……………………………….
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
||||
Religius
|
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
Kerjasama
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Skor penilaian menggunakan skala 1-4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai.
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
SIKAP GOTONG ROYONG
Nama
Peserta Didik :
………………….
Nama peserta didik yang dinilai : ………………….
Kelas :
………………….
Materi
Pokok :
………………….
Periode
Penilaian : ………………….
PETUNJUK
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok
|
|
|
|
|
2
|
Bersama – sama dalam mengerjakan tugas kelompok
|
|
|
|
|
3
|
Mengajak teman untuk membantu teman lain yang mengalami
kesulitan
|
|
|
|
|
4
|
Membagi pekerjaan/ tugas berdasarkan Job Description yang telah disepakati
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Keterangan :
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
kadang tidak
melakukan, skor 3
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan, skor 2
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor diperoleh

Skor Maksimal
B.
Penilaian
Pengetahuan
Soal Uraian
1. Siapakah lembaga legislatif dalam sistem politik
Indonesia sebelum Amandemen UUD 1945 !
2. Siapakah lembaga Yudikatif yang menjalan kekuasaan
kehakiman pada sistem politik Indonesia sebelum amandemen UUD 1945 ?
3. Sebutkan lembaga tinggi negara dalam sitem politik Indonesia setelah
amandemen UUD 1945!
4. Sebutkan Tugas DPR !
5. Apakah kepanjangan KKN ?
Kunci Jawab
1.
MPR dan DPR, merupakan lembaga tertinggi
negara
2.
Mahkamah Agung
3.
MPR, DPR, DPD, BPK, Preseiden, MK, KY,
MA.
4.
Membentuk Undang-undang, menetapkan
APBN, Mengawasi jalannya pemerintahan.
5.
Korupsi, Kolusi, Nepotisme
Norma Penilaian Pengetahuan
:
1. Untuk jawaban benar skor 20
2. Untuk jawaban mendekati benar skor 15
3. Untuk jawaban setengah benar skor 10
4. Untuk jawaban kurang benar skor 5
NA = 20 x 5 =
100
C.
Penilaian Ketrampilan
Pedoman
Observasi Presentasi
Kelompok :
……………
Kelas :
……………
Materi Pokok :
……………
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata – Rata Skor
|
||
Kreatifitas
|
Kebenaran
substansi materi
|
Penyajian
materi
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian
Nilai
|
Konversi
|
Huruf
|
4
|
SB
|
Sangat Baik
|
3
|
B
|
Baik
|
2
|
C
|
Cukup
|
1
|
K
|
Kurang
|
Keterangan:
NO
|
INDIKATOR
|
URAIAN
|
1
|
Kreatifitas
|
Baru, unik, tidak asal
berbeda
|
2
|
Kebenaran substansi
materi
|
Sesuai dengan konsep dan
teori yang benar dari sisi keilmuan
|
3
|
Penyajian materi
|
Runtut sesuai dengan
struktur keilmuan
Mengikuti alur logika
yang jelas (sistematis) bervariasi
|