RPP MERDEKA 1 HALAMAN PPKN 2020/2021 (Sistem Politik Indonesia)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                                    : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                       : X/Gasal
Materi Pokok                          : Sistem Politik Indonesia
Tahun Pelajaran                    : 2020/2021
Alokasi Waktu                        : 8 x 45 ( 4 x Pertemuan)
A.             Tujuan Pembelajaran
No
Kompetensi Dasar
Tujuan Pembelajaran
3.5
Menganalisis sistem politik Indonesia

Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Student Centered Learning dan model pembelajaran Discovery Learning, Projeck Based Learning peserta didik dapat menganalisis sistem politik Indonesia, mengidentifikasi sitem politik Indonesia sebelum dan setelah amandemen UUD 1945, reformasi politik di Indonesia
4.5
Menyaji hasil analisis tentang sistem politik di Indonesia
Merancang dan melakukan penelitian sederhana serta mendemonstrasikan hasil penelitian sederhana tentang sistem politik di Indonesia dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama proses pembelajaran

B.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1, 2, 3, dan 4
Pendahuluan (15 menit)
Inti (60 menit)
Penutup (15 menit)
-   Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan mars Siswa Berkarakter Indonesia (bila pada jam pertama).
-   Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
-   Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-   Guru menayangkan Video Motivasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
-   Sistem politik Indonesia
Pertemuan kedua
-   Sistem politik Indonesia sebelum amandemen UUD 1945
Pertemun Ketiga
-   Sistem politik Indonesia setelah amandemen UUD 1945
Pertemuan Keempat
-   Reformasi politik
-   Guru memberikan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-   Guru memberikan informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan tugas pengayaan.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika pada jam terakhir)
-   Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
Pernyataan/ Identifikasi masalah (Problem Statement);
-   Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota kelompok
-   Peserta didik menyusun pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
Pengumpulan data (Data Collection);
-   Siswa mencatat hasil pengamatan dan penjelasan guru.
-   Guru menugasi siswa berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan tersebut
-   Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami kesulitan
-   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber
-   Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar

C.             Teknik dan Bentuk Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Observasi, Penilaian Antar Teman
Lembar Observasi, Lembar Penilaian Antar Teman
2
Pengetahuan
Tes tertulis
Uraian (terlampir)
3
Keterampilan
Observasi
Check list

Mengetahui                                                                                                                           Kebumen, 14 Mei 2020
                Kepala SMKN 1                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran         


                                                                                                                               
                 NIP.                                                                                                                                       NIP.
======================================================================================






Lampiran – lampiran
A.        Penilaian Sikap

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                                     : ……………………………….
Hari, Tanggal                       : ……………………………….
Pertemuan Ke-                    : .................................................
Materi Pokok                       : ……………………………….
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Religius

Peduli
Tanggung Jawab
Kerjasama
1






2






3






4






dst







Skor penilaian menggunakan skala 1-4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai dengan aspek sikap yang dinilai.

LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
SIKAP GOTONG ROYONG

Nama Peserta Didik                                 : ………………….
Nama peserta didik yang dinilai            : ………………….
Kelas                                                           : ………………….
Materi Pokok                                             : ………………….
Periode Penilaian                                      : ………………….

PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari.
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok




2
Bersama – sama dalam mengerjakan tugas kelompok




3
Mengajak teman untuk membantu teman lain yang mengalami kesulitan




4
Membagi pekerjaan/ tugas berdasarkan Job Description yang telah disepakati




Jumlah Skor




Keterangan :
SL           =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR           =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
                      kadang tidak melakukan, skor 3
KD          =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak
                      melakukan, skor 2
TP           =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor diperoleh
= Skor akhir
Skor Maksimal

B.        Penilaian Pengetahuan
Soal Uraian
1.     Siapakah lembaga legislatif dalam sistem politik Indonesia sebelum Amandemen UUD 1945 !
2.     Siapakah lembaga Yudikatif yang menjalan kekuasaan kehakiman pada sistem politik Indonesia sebelum amandemen UUD 1945 ?
3.     Sebutkan lembaga tinggi negara  dalam sitem politik Indonesia setelah amandemen UUD 1945!
4.     Sebutkan Tugas DPR !
5.     Apakah kepanjangan KKN ?

Kunci Jawab
1.     MPR dan DPR, merupakan lembaga tertinggi negara
2.     Mahkamah Agung
3.     MPR, DPR, DPD, BPK, Preseiden, MK, KY, MA.
4.     Membentuk Undang-undang, menetapkan APBN, Mengawasi jalannya pemerintahan.
5.     Korupsi, Kolusi, Nepotisme

Norma Penilaian Pengetahuan :
1.     Untuk jawaban benar skor 20
2.     Untuk jawaban mendekati benar skor 15
3.     Untuk jawaban setengah benar skor 10
4.     Untuk jawaban kurang benar skor 5
NA = 20 x 5 = 100

C.        Penilaian Ketrampilan
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok             : ……………
Kelas                      : ……………
Materi Pokok       : ……………
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata – Rata Skor
Kreatifitas
Kebenaran substansi materi
Penyajian materi












                                   
Keterangan pengisian
Nilai
Konversi
Huruf
4
SB
Sangat Baik
3
B
Baik
2
C
Cukup
1
K
Kurang

Keterangan:
NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreatifitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
3
Penyajian materi
Runtut sesuai dengan struktur keilmuan
Mengikuti alur logika yang jelas (sistematis) bervariasi