RPP MERDEKA PPKN 1 HALAMAN SMK KELAS X 2020/2021 (Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                          : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran               : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester              : X/Gasal
Materi Pokok                 : Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
Tahun Pelajaran             : 2020/2021
Alokasi Waktu               : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.             Tujuan Pembelajaran
No
Kompetensi Dasar
Tujuan Pembelajaran
3.2
Menganalisis fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Student Centered Learning dan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik dapat menganalisis dan mengidentifikasi fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
4.2
Manyaji hasil analisis fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
Menyajikan dan mengkomunikasikan hasil analisis tentang fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama proses pembelajaran

B.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
Inti (60 menit)
Penutup (15 menit)
-  Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya (bila pada jam pertama).
-  Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
-  Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-  Guru menayangkan Video Motivasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca buku teks dan internet tentang fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia dan kemudian siswa melihat bahan tayang berupa VIDEO PEMBELAJARAN yang disajikan oleh Guru, tentang:
Pertemuan pertama
-    Pengertian pancasila
-    Fungsi dan peranan pancasila
Pertemuan kedua
-    Makna sila-sila pancasila
Pertemun Ketiga
-    Sikap positif terhadap nilai-nilai pancasila
-    Nilai yang terkandung dalam pancasila
-   Guru memberikan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-   Guru memberikan informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan tugas pengayaan.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika pada jam terakhir)
-   Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
Pernyataan/ Identifikasi masalah (Problem Statement);
-   Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota kelompok
-   Peserta didik menyusun pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
Pengumpulan data (Data Collection);
-   Siswa mencatat hasil pengamatan dan penjelasan guru.
-   Guru menugasi siswa berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan tersebut
-   Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami kesulitan
-   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber
-   Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar

C.             Teknik dan Bentuk Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Penilaian Diri
Lembar Penilaian Diri
2
Pengetahuan
Tes tertulis
Uraian (terlampir)
3
Keterampilan
Observasi
Check list
Mengetahui                                                                                                                           Kebumen, 14 Mei 2020
                Kepala SMKN 1                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran         


                                                                                                                               
                NIP.                                                                                                                                        NIP.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------





Lampiran – Lampiran

A.        Penilaian Sikap
 LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP TOLERAN

Nama Peserta Didik               : ………………….
Kelas                                         : ………………….
Materi Pokok                          : ………………….
Periode Penilaian                    : ………………….

PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari.
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya menghormati teman yang berbeda pendapat




2
Saya menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender




3
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat saya




4
Saya menerima kekurangan orang lain




5
Saya memaafkan kesalahan orang lain




Jumlah Skor




Keterangan :
SL           =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR           =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
                      kadang tidak melakukan, skor 3
KD          =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak
                      melakukan, skor 2
TP           =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor diperoleh
= Skor akhir
Skor Maksimal

B.         Penilaian Pengetahuan
1.     Jelaskan fungsi pokok pancasila !
2.     Jelaskan fungsi pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia !
3.     Sebutkan peran dan fungsi pancasila sebaai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia !
4.     Jelaskan fungsi dan peran pancasila sebagai perjanjian luhur
5.     Jelaskan peran dan fungsi pancasila sebagai moral pembangunan
Jawaban
1.    Fungsi pokok Pancasila adalah sebagai dasar negara sesuai dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, dan pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum negara.
2.    Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia : Hal ini berarti, Pancasila berfungsi dan berperan memberikan gerak atau dinamika, serta membimbing ke arah tujuan guna mewujudkan masyarakat Pancasila. Pancasila sebagai jiwa bangsa yang lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia
3.    Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia : Pancasila yang dirumuskan dan terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, memuat cita-cita dan tujuan nasional (Alinea II dan IV). Cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia,hal tersebut lalu dijabarkan ke dalam tujuan pembangunan nasional. Dengan kata lain, Pembukaan UUD NRI Tahun1945 merupakan penuangan jiwa proklamasi, yaitu Pancasila. Oleh karena itu, Pancasila juga merupakan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
4.    Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur : Pancasila sebagai perjanjian luhur berarti bahwa pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI (sebagai wakil seluruh rakyat Indonesia) yang menetapkan dasar negara Pancasila secara konstitusional dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. 
5.    Pancasila Sebagai Moral Pembangunan : Hal ini mengandung maksud nilai-nilai luhur Pancasila (norma-norma yang tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945) dijadikan tolok ukur dalam melaksanakan pembangunan nasional, baik dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, maupun dalam evaluasinya. 
Norma Penilaian Pengetahuan :
Untuk jawaban benar skor 20
Untuk jawaban mendekati benar skor 15
Untuk jawaban setengah benar skor 10
Untuk jawaban kurang benar skor 5
NA = 20 x 5 = 100




C.        Penilaian Ketrampilan
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok             : ……………
Kelas                      : ……………
Materi Pokok       : ……………
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata – Rata Skor
Kreatifitas
Kebenaran substansi materi
Penyajian materi



















Keterangan pengisian
Nilai
Konversi
Huruf
4
SB
Sangat Baik
3
B
Baik
2
C
Cukup
1
K
Kurang

Keterangan:
NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreatifitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
3
Penyajian materi
Runtut sesuai dengan struktur keilmuan
Mengikuti alur logika yang jelas (sistematis) bervariasi