RPP 1 HALAMAN MERDEKA BELAJAR 2020/2021 PPKN FULL NO EDIT SMK KELAS X (Hakikat Bangsa dan Negara)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Gasal
Materi Pokok :
Hakikat Bangsa dan Negara
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
3.1
|
Menganalisis
Hakikat
Bangsa dan
Negara
|
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Saintifik
dan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik
dapat mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur
terbentuknya Negara
serta bentuk-bentuk kenegaraan, pengertian dan tujuan NKRI, membandingkan
teori fungsi dan tujuan negara
|
4.1
|
Menyaji
Hasil Analisis hakekat Bangsa dan Negara
|
Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI, pengertian fungsi negara dalam teori komuisme dengan
mengedepankan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama
proses pembelajaran
|
B.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
– 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
|
Inti (60 menit)
|
Penutup (15 menit)
|
-
Guru mempersilakan
seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan mars Siswa Berkarakter Indonesia
(bila pada jam pertama).
-
Guru memberi salam dan
memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya.
-
Guru memberikan
informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor melalui informasi internet
|
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
Hakikat bangsa, Pengertian dan unsur-unsur terbentuknya
negara, Hakikat dan asal mula terbentuknya negara
Pertemuan kedua
Bentuk negara dan kenegaraan, Tujuan dan fungsi Negara serta
teori-teori dan tujuan negara
Pertemun Ketiga
Negara kesatuan Republik Indonesia,
|
-
Guru memberikan
refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-
Guru memberikan
informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan
berikutnya dan
tugas pengayaan.
-
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika
pada jam terakhir)
-
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu
belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
|
Pernyataan/
Identifikasi masalah (Problem Statement);
-
Peserta didik secara
berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota
kelompok
-
Peserta didik menyusun
pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
|
||
Pengumpulan data (Data
Collection);
-
Siswa mencatat hasil
pengamatan dan penjelasan guru.
-
Guru menugasi siswa
berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan
tersebut
-
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami
kesulitan
-
Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber
-
Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
|
||
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan
cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
|
||
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil
belajar
|
C.
Teknik
dan Bentuk Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Observasi , Penilaian Diri
|
Lembar Observasi, Lembar Penilaian
Diri
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Uraian
(terlampir)
|
3
|
Keterampilan
|
Observasi
|
Check list
|
Mengetahui Kebumen,
14 Mei 2020
Kepala SMKN 1 Guru
Mata Pelajaran
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lampiran – Lampiran
A.
Penilaian
Sikap
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembar ini didisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (P) kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut:
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-
kadang tidak melakukan
2 =
kadang – kadang, apabila kadang – kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta
Didik : ……………………………….
Kelas :
……………………………….
Tanggal
Pengamatan : ……………………………….
Materi Pokok : ……………………………….
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan YME
|
||||
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaiakan pendapat/ presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan YME
|
||||
5
|
Meningkatkan keyakinan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan YME
saat mempelajari keberagaman masyarakat
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Materi
Pokok : ………………….
Periode
Penilaian : ………………….
PETUNJUK
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
|
||||
2
|
Saya tidak menjadi plagiat (mengambil/ menyalin karya
orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas.
|
||||
3
|
Saya mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
||||
4
|
Saya melaporkan barang yang ditemukan
|
||||
5
|
Saya melaporkan data atau informasi apa adanya
|
||||
6
|
Saya mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
||||
Jumlah Skor
|
Keterangan :
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
kadang tidak
melakukan, skor 3
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan, skor 2
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor diperoleh

Skor Maksimal
B.
Penilaian Pengetahuan
Soal Uraian
1. Jelaskan
pengertian bangsa menurut Ernest Renant !
2. Sebutkan unsur terbentuknya
negara!
3. Jelaskan
pengertian negara menurut Thomas Hobbes!
4. Sebutkan asal
mula terjadinya negara secara faktual !
5. Sebutkan ciri-ciri
negara kesatuan!
6. Jelaskan
pengertian negara serikat !
7. Jelaskan
pengertian negara demokrasi
8. Sebutkan
fungsi negara menurut Montesquieu!
9. Sebutkan
tujuan NKRIdalam Alinea IV Pembukaan UUD 1945!
10. Jelaskan fungsi negara dalam teori komunisme!
Jawaban
1. Ernest
Renant menyatakan bahwa bangsa adalah suatu nyawa, suatu akal yang terjadi dari
dua hal, yaitu rakyat yang harus bersama-sama menjalankan satu riwayat dan
rakyat yang kemudian harus mempunyai kemauan dan keinginan hidup menjadi satu.
2. Unsur terbentuknya negara meliputi :
a.
Rakyat
Rakyat suatu negara adalah
semua orang yang secara nyata berada dalam wilayah suatu negara yang tunduk dan
patuh pada peraturan dalam negara tersebut.
b.
Wilayah
Merupakan unsur
mutlak suatu negara
c.
Pemerintah yang berdaulat.
Adanya suatu
pemerintah yang berkuasa atas seluruh wilayahnya dan segenap rakyatnya
merupakan syarat mutlak keberadaan negara.
d.
Pengakuan dari negara lain
Merupakan unsur
yang memperkuat terbentuknya suatu negara.
3. Negara
menurut Thomas Hobbes adalah suatu tubuh yang dibuat orang banyak, yang
masing-masing orang berjanji untuk memakainya sebagai alat keamanan dan
perlindungan.
4. Cara ini
menggunakan fakta nyata yang dapat diketahui melalui sejarah lahirnya negara
tersebut. Terjadinya negara dapat digolongkan kedalam beberapa istilah sebagai
berikut :
a. Occupatie(pendudukan)
b. Cessie(penyerahan)
c. Accesie(penaikan)
d. Fusi(peleburan)
e. Proklamasi
f. Innovation(pembentukan
baru)
g. Anexatie(pencalokan/
penguasaan)
5. Ciri-ciri
negara kesatuan yaitu sbb:
a. Kedaulatan
negara mencakup kedaulatan kedalam dan keluar yang ditangani oleh pemerintah
pusat
b. Negara
hanya memiliki satu dewan menteri, dan satu dewan perwakilan rakyat
c. Hanya
satu kebijaksanaan yang menyangkut persoalan politik, ekonomi, sosial budaya,
serta pertahanan dan keamanan.
6. Negara
serikat (federasi) merupakan bentuk negara gabungan dari beberapa negara
bagian. Negara bagian tersebut pada awalnya merupakan negara yang merdeka,
berdaulat, dan berdiri sendiri. Setelah menggabungkan diri dan membentuk negara
serikat, negara-negara tersebut melepaskan sebagian kekuasaannya dan
menyerahkannya kepada negara serikat.
7. Demokrasi
merupakan bentuk negara yang pimpinan (pemerintahan) tertingginya terletak
ditangan rakyat. Rakyat memiliki kekuasaan penuh dalam menjalankan
pemerintahan.
8. Terbagi
menjadi tiga yaitu: fungsi legislatif (membuat undang-undang); fungsi eksekutif
(melaksanakan undang-undang); dan fungsi yudikatif (mengadili dan mengawasi
agar setiap peraturan ditaati).
9. Yaitu
sebagai berikut:
a. Melindungi
segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
b. Memajukan
kesejahteraan umum
c. Mencerdaskan
kehidupan bangsa
d. Ikut
melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi,
dan keadilan sosial.
10. Untuk mencapai kesejahteraan rakyat dan menghilangkan kelas sosial.
Norma
Penilaian Pengetahuan :
1. Untuk jawaban benar skor 10
2. Untuk jawaban mendekati benar skor 8
3. Untuk jawaban setengah benar skor 6
4. Untuk jawaban kurang benar skor 4
NA = 10 x 10 = 100
C.
Penilaian Ketrampilan
Pedoman
Observasi Presentasi
Kelompok :
……………
Kelas :
……………
Materi Pokok :
……………
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata – Rata Skor
|
||
Kreatifitas
|
Kebenaran
substansi materi
|
Penyajian materi
|
|||
Keterangan
pengisian
Nilai
|
Konversi
|
Huruf
|
4
|
SB
|
Sangat Baik
|
3
|
B
|
Baik
|
2
|
C
|
Cukup
|
1
|
K
|
Kurang
|
Keterangan:
NO
|
INDIKATOR
|
URAIAN
|
1
|
Kreatifitas
|
Baru, unik, tidak asal
berbeda
|
2
|
Kebenaran substansi
materi
|
Sesuai dengan konsep dan
teori yang benar dari sisi keilmuan
|
3
|
Penyajian materi
|
Runtut sesuai dengan
struktur keilmuan
Mengikuti alur logika
yang jelas (sistematis) bervariasi
|