RPP 1 HALAMAN MERDEKA BELAJAR 2020/2021 PPKN FULL NO EDIT SMK KELAS X (Hakikat Bangsa dan Negara)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                                    : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran                         : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                        : X/Gasal
Materi Pokok                           : Hakikat Bangsa dan Negara
Tahun Pelajaran                       : 2020/2021
Alokasi Waktu                         : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.             Tujuan Pembelajaran
No
Kompetensi Dasar
Tujuan Pembelajaran
3.1
Menganalisis Hakikat
Bangsa dan Negara

Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Saintifik dan model pembelajaran Discovery Learning peserta didik dapat mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara serta bentuk-bentuk kenegaraan, pengertian dan tujuan NKRI, membandingkan teori fungsi dan tujuan negara
4.1
Menyaji Hasil Analisis hakekat Bangsa dan Negara
Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI, pengertian fungsi negara dalam teori komuisme dengan mengedepankan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama proses pembelajaran

B.             Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
Inti (60 menit)
Penutup (15 menit)
-   Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama dilanjutkan menyanyikan mars Siswa Berkarakter Indonesia (bila pada jam pertama).
-   Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
-   Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta didik.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor melalui informasi internet
Pemberian rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
Hakikat bangsa, Pengertian dan unsur-unsur terbentuknya negara, Hakikat dan asal mula terbentuknya negara
Pertemuan kedua
Bentuk negara dan kenegaraan, Tujuan dan fungsi Negara serta teori-teori dan tujuan negara
Pertemun Ketiga
Negara kesatuan Republik Indonesia,
-   Guru memberikan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-   Guru memberikan informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan tugas pengayaan.
-   Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika pada jam terakhir)
-   Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
Pernyataan/ Identifikasi masalah (Problem Statement);
-   Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota kelompok
-   Peserta didik menyusun pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
Pengumpulan data (Data Collection);
-   Siswa mencatat hasil pengamatan dan penjelasan guru.
-   Guru menugasi siswa berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan tersebut
-   Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami kesulitan
-   Siswa menggali informasi dari berbagai sumber
-   Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil belajar

C.             Teknik dan Bentuk Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Observasi , Penilaian Diri
Lembar Observasi, Lembar Penilaian Diri
2
Pengetahuan
Tes tertulis
Uraian (terlampir)
3
Keterampilan
Observasi
Check list

Mengetahui                                                                                                                           Kebumen, 14 Mei 2020
                Kepala SMKN 1                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran         

               

                                                                                                                                                                               
                 NIP. -                                                                                                                                                     NIP.



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Lampiran – Lampiran




A.        Penilaian Sikap
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk:
Lembar ini didisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (P) kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4          = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3          = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-
                 kadang tidak melakukan
2          = kadang – kadang, apabila kadang – kadang melakukan dan sering
                 tidak melakukan
1          = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik           : ……………………………….
Kelas                                     : ……………………………….
Tanggal Pengamatan         : ……………………………….
Materi Pokok                       : ……………………………….
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan YME




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaiakan pendapat/ presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan YME




5
Meningkatkan keyakinan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan YME saat mempelajari keberagaman masyarakat





LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR

Nama Peserta Didik               : ………………….
Kelas                                         : ………………….
Materi Pokok                          : ………………….
Periode Penilaian                    : ………………….

PETUNJUK
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari.
No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan




2
Saya tidak menjadi plagiat (mengambil/ menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas.




3
Saya mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Saya melaporkan barang yang ditemukan




5
Saya melaporkan data atau informasi apa adanya




6
Saya mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor




Keterangan :
SL           =    selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR           =    sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
                      kadang tidak melakukan, skor 3
KD          =    kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak
                      melakukan, skor 2
TP           =    tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor diperoleh
= Skor akhir
Skor Maksimal

B.        Penilaian Pengetahuan
Soal Uraian
1.     Jelaskan pengertian bangsa menurut Ernest Renant !
2.     Sebutkan unsur terbentuknya negara!
3.     Jelaskan pengertian negara menurut Thomas Hobbes!
4.     Sebutkan asal mula terjadinya negara secara faktual !
5.     Sebutkan ciri-ciri negara kesatuan!
6.     Jelaskan pengertian negara serikat !
7.     Jelaskan pengertian negara demokrasi
8.     Sebutkan fungsi negara menurut Montesquieu!
9.     Sebutkan tujuan NKRIdalam Alinea IV Pembukaan UUD 1945!
10. Jelaskan fungsi negara dalam teori komunisme!

Jawaban
1.     Ernest Renant menyatakan bahwa bangsa adalah suatu nyawa, suatu akal yang terjadi dari dua hal, yaitu rakyat yang harus bersama-sama menjalankan satu riwayat dan rakyat yang kemudian harus mempunyai kemauan dan keinginan hidup menjadi satu.
2.     Unsur terbentuknya negara meliputi :
a.    Rakyat
Rakyat suatu negara adalah semua orang yang secara nyata berada dalam wilayah suatu negara yang tunduk dan patuh pada peraturan dalam negara tersebut.
b.    Wilayah
Merupakan unsur mutlak suatu negara
c.    Pemerintah yang berdaulat.
Adanya suatu pemerintah yang berkuasa atas seluruh wilayahnya dan segenap rakyatnya merupakan syarat mutlak keberadaan negara.
d.    Pengakuan dari negara lain
Merupakan unsur yang memperkuat terbentuknya suatu negara.
3.     Negara menurut Thomas Hobbes adalah suatu tubuh yang dibuat orang banyak, yang masing-masing orang berjanji untuk memakainya sebagai alat keamanan dan perlindungan.
4.     Cara ini menggunakan fakta nyata yang dapat diketahui melalui sejarah lahirnya negara tersebut. Terjadinya negara dapat digolongkan kedalam beberapa istilah sebagai berikut :
a.     Occupatie(pendudukan)
b.     Cessie(penyerahan)
c.     Accesie(penaikan)
d.     Fusi(peleburan)
e.     Proklamasi
f.      Innovation(pembentukan baru)
g.     Anexatie(pencalokan/ penguasaan)
5.     Ciri-ciri negara kesatuan yaitu sbb:
a.     Kedaulatan negara mencakup kedaulatan kedalam dan keluar yang ditangani oleh pemerintah pusat
b.     Negara hanya memiliki satu dewan menteri, dan satu dewan perwakilan rakyat
c.     Hanya satu kebijaksanaan yang menyangkut persoalan politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan.
6.     Negara serikat (federasi) merupakan bentuk negara gabungan dari beberapa negara bagian. Negara bagian tersebut pada awalnya merupakan negara yang merdeka, berdaulat, dan berdiri sendiri. Setelah menggabungkan diri dan membentuk negara serikat, negara-negara tersebut melepaskan sebagian kekuasaannya dan menyerahkannya kepada negara serikat.
7.     Demokrasi merupakan bentuk negara yang pimpinan (pemerintahan) tertingginya terletak ditangan rakyat. Rakyat memiliki kekuasaan penuh dalam menjalankan pemerintahan.
8.     Terbagi menjadi tiga yaitu: fungsi legislatif (membuat undang-undang); fungsi eksekutif (melaksanakan undang-undang); dan fungsi yudikatif (mengadili dan mengawasi agar setiap peraturan ditaati).
9.     Yaitu sebagai berikut:
a.     Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
b.     Memajukan kesejahteraan umum
c.     Mencerdaskan kehidupan bangsa
d.     Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
10. Untuk mencapai kesejahteraan rakyat dan menghilangkan kelas sosial.
Norma Penilaian Pengetahuan :
1.     Untuk jawaban benar skor 10
2.     Untuk jawaban mendekati benar skor 8
3.     Untuk jawaban setengah benar skor 6
4.     Untuk jawaban kurang benar skor 4
NA = 10 x 10 = 100

C.        Penilaian Ketrampilan
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok             : ……………
Kelas                      : ……………
Materi Pokok       : ……………
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata – Rata Skor
Kreatifitas
Kebenaran substansi materi
Penyajian materi




















Keterangan pengisian
Nilai
Konversi
Huruf
4
SB
Sangat Baik
3
B
Baik
2
C
Cukup
1
K
Kurang

Keterangan:
NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreatifitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
3
Penyajian materi
Runtut sesuai dengan struktur keilmuan
Mengikuti alur logika yang jelas (sistematis) bervariasi