RPP 1 HALAMAN MERDEKA BELAJAR 2020/2021 PPKN FULL NO EDIT SMK KELAS X (Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemerintahan negara)
( RPP )
Sekolah : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Gasal
Materi Pokok :
Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka
praktek penyelenggaraan pemerintahan negara
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
3.3
|
Menganalisis
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemerintahan
negara
|
Setelah
melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Saintifik dan model pembelajaran Problem
Based Learning peserta
didik dapat menunjukkan dan menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka
praktek Penyelenggaraan Pemerintahan Negara sesuai dengan hukum yang berlaku
|
4.3
|
Menyaji
hasil analisis nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemenerintahan
negara
|
Merumuskan
dan menyajikan hasil analisis nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Negara dengan
mengedepankan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama
proses pembelajaran
|
B.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
– 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
|
Inti (60 menit)
|
Penutup (15 menit)
|
- Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa
bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Padamu Negeri
(bila pada jam pertama).
- Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
- Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat,
dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta
didik.
- Guru menayangkan Video Motivasi
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
|
Mengamati;
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
Sistem pembagian kekuasaan
NRI
Pertemuan kedua
Kedudukan dan fungsi
kementrian negara RI dan lembaga pemerintah non kementrian
Pertemun Ketiga
Nilai nilai pancasila dalam
penyelenggaraan pemerintahan
|
-
Guru memberikan
refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-
Guru memberikan
informasi pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan
berikutnya dan
tugas pengayaan.
-
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika
pada jam terakhir)
-
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu
belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
|
Menanya;
-
Peserta didik secara
berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota
kelompok
-
Peserta didik menyusun
pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.s
|
||
Mengumpulkan informasi;
-
Siswa mencatat hasil
pengamatan dan penjelasan guru.
-
Guru menugasi siswa
berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan
tersebut
-
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami
kesulitan
-
Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber
-
Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
|
||
Mengasosiasikan
Peserta didik
membuat analisis terkait materi pada pertemuan tersebut
|
||
Mengkomunikasikan
Siswa dengan bimbingan guru mengkomunikasikan
secara lisan hasil diskusi dan menyimpulkan hasil belajar
|
C.
Teknik
dan Bentuk Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Penilaian Antar Teman
|
Lembar Penilaian Antar Teman
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Uraian
(terlampir)
|
3
|
Keterampilan
|
Observasi
|
Check list
|
Mengetahui Kebumen,
14 Mei 2020
Kepala SMKN 1 Guru Mata
Pelajaran
.
NIP. NIP. –
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lampiran – Lampiran
A.
Penilaian
Sikap
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
SIKAP DISIPLIN
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Materi
Pokok : ………………….
Periode
Penilaian : ………………….
PETUNJUK
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai
dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya masuk kelas
tepat waktu
|
||||
2
|
Saya mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Saya memakai seragam
sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Saya mengerjakan
tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Saya tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Saya membuang sampah
pada tempatnya
|
||||
7
|
Saya membawa buku
tulis PPKn
|
||||
8
|
Saya membawa buku
teks pelajaran PPKn
|
||||
Jumlah Skor
|
Keterangan :
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
kadang tidak
melakukan, skor 3
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan, skor 2
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor diperoleh

Skor Maksimal
B.
Penilaian
Pengetahuan
Soal Uraian
1. Sebutkan pembagian kekuasaan
menurut Montesquieu !
2. Jelaskan yang dimaksud
kekuasaan eksekutif !
3.
Sebutkan 4 keberadaan kementerian negara RI yang diatur dalam pasal 17
UUD NRI tahun 1945!
4. Jelaskan pentingnya
keberadaan pemerintahan daerah dalam proses penyelenggaraan pemerintahan di RI !
5. Sebutkan 3 nilai sila
persatuan Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara !
Jawaban
1.
Kekuasaan legislatif, kekuasaan eksekutif, kekuasaan yudikatif.
2.
Kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang
3.
a.
Presiden dibantu oleh
menteri-menteri negara
b. Menteri-menteri itu
diangkat dan diberhentikan oleh presiden
c. Setiap menteri membidangi urusan tertentu
dalam pemerintahan
d. pembentukan, pengubahan dan pembubaran
kementerian negara diatur dalam undang-undang
4.
Keberadaan pemerintah daerah dalam proses penyelenggaraan RI sangat
penting karena berdasarkan UUDNRI 1945
dan UURI nomer 12 tahun 2008 tentang pemerintahan daerah pasal 18 ayat 1 UUDNRI
1945 menyatakan NKRI dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi
dibagi atas kabupaten dan kota, tiap provinsi kabupaten dan kota mempunyai
pemerintahan daerah diatur dengan UU. Ketentuan tersebut menunjukkan di negara
kita terdapat mekanisme pembagian kekuasaan secara vertikal yaitu pembagian
kekuasaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dilaksanakan menurut azas
otonomi dan tugas perbantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem
dan prinsip NKRI. Pemerintah pusat dan daerah bukan terpisah/berdiri sendiri
tanpa adanya kontrol dan koordinasi. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah
pembagian kekuasaan secara vertikal. Hubungan pemerintah pusat dan daerah
bersifat hierarkis. Hubungan pemerintah provinsi kabupaten/dan kota juga
bersifat hierarkis
5.
a. Nasionalisme b. Cinta bangsa dan tanah air c. Menggalang persatuan
dan kesatuan bangsa d. Menghilangkan penonjolan kekuatan atau kekuasaan,
keturunan dan perbedaan warna kulit e. Menumbuhkan rasa senasib dan
sepenanggulangan.
Norma
Penilaian
Jawaban benar nilai 20
Jawaban mendekati benar nilai 15
Jawaban setengah benar nilai 10
Jawaban kurang benar nilai 5
NA
= 5x20 = 100
C.
Penilaian Ketrampilan
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok :
……………
Kelas :
……………
Materi Pokok :
……………
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata – Rata Skor
|
||
Penguasaan Materi
|
Aktifitas
|
Kreatifitas
|
|||
Keterangan
pengisian
Nilai
|
Konversi
|
Huruf
|
4
|
SB
|
Sangat Baik
|
3
|
B
|
Baik
|
2
|
C
|
Cukup
|
1
|
K
|
Kurang
|
Keterangan:
NO
|
INDIKATOR
|
URAIAN
|
1
|
Kreatifitas
|
Baru, unik, tidak asal
berbeda
|
2
|
Kebenaran substansi
materi
|
Sesuai dengan konsep dan
teori yang benar dari sisi keilmuan
|
3
|
Penyajian materi
|
Runtut sesuai dengan
struktur keilmuan
Mengikuti alur logika
yang jelas (sistematis) bervariasi
|