RPP MERDEKA 1 HALAMAN 2020/2021 (Ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga negara,penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK Negeri 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Gasal
Materi Pokok : Ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga
negara,penduduk, agama dan kepercayaan serta
pertahanan dan keamanan
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 6 x 45 ( 3 x Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
3.4
|
Menganalisis
ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah, warga negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta pertahanan
dan keamanan
|
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pendekatan Student Centered Learning dan model
pembelajaran Discovery Learning peserta didik
dapat mengidentifikasi ketentuan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah Negara, warga negara, penduduk, agama dan kepercayaan serta
pertahanan dan keamanan
|
4.4
|
Menyajikan
hasil analisis tentang ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang
wilayah,warga negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan
keamanan
|
Mengidentifikasi persoalan-persoalan yang dihadapi
Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan wilayah-wilayah perbatasan NKRI,
warga Negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan dengan
mengedepankan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, toleran, gotong royong, kerjasama, santun, damai, responsif, proaktif dan religius selama
proses pembelajaran
|
B.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
– 1, 2 dan 3
Pendahuluan (15 menit)
|
Inti (60 menit)
|
Penutup (15 menit)
|
- Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa
bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia
Raya (bila pada jam pertama).
- Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
- Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat,
dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada perserta
didik.
- Guru menayangkan Video Motivasi
-
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor tayangan Video Motivasi
|
Pemberian
rangsangan (Stimulation);
Guru meminta siswa untuk membaca melalui buku dan internet :
Pertemuan pertama
Masalah terkait dengan wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan
Pertemuan kedua
Ketentuan UUD 1945 Amandemen yang mengatur wilayah negara,
warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan
keamanan
Pertemun Ketiga
Persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan.
|
-
Guru memberikan
refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
-
Guru memberikan informasi
pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik pada pertemuan berikutnya dan
tugas pengayaan.
-
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menyanyikan salah satu lagu wajib (jika
pada jam terakhir)
-
Guru mengakhiri kegiatan
pembelajaran dengan memberikan pesan dan motivasi agar peserta didik selalu
belajar dengan penuh keikhlasan, dan memberikan salam.
|
Pernyataan/
Identifikasi masalah (Problem Statement);
-
Peserta didik secara
berkelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui oleh anggota
kelompok
-
Peserta didik menyusun
pertanyaan, agar mengarah pada tujuan pembelajaran.
|
||
Pengumpulan data (Data
Collection);
-
Siswa mencatat hasil
pengamatan dan penjelasan guru.
-
Guru menugasi siswa
berdiskusi dalam kelompok kecil menyelesaikan masalah sesuai dengan materi yang dibahas pada pertemuan
tersebut
-
Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru bila mengalami
kesulitan
-
Siswa menggali informasi dari berbagai
sumber
-
Siswa mengolah informasi dan merumuskan hasil diskusi kelompoknya
|
||
Pembuktian (Verification)
Siswa membandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain dengan
cara tiap-tiap kelompok mempresentasikan
|
||
Menarik simpulan/ generalisasi (Generalization)
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil
belajar
|
C.
Teknik
dan Bentuk Penilaian
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Penilaian Antar Teman
|
Lembar Penilaian Antar Teman
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis dan Penugasan
|
Uraian
(terlampir), Instrumen penugasan
|
3
|
Keterampilan
|
Observasi
|
Check list
|
Mengetahui Kebumen,
14 Mei 2020
Kepala SMKN 1 Guru Mata
Pelajaran
NIP. NIP. –
Lampiran – lampiran
A.
Penilaian
Sikap
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
SIKAP TANGGUNG JAWAB
Nama
Peserta Didik :
………………….
Nama Peserta didik yang dinilai : ………………….
Kelas :
………………….
Materi
Pokok :
………………….
Periode
Penilaian : ………………….
PETUNJUK
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti berilah tanda cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Menjalankan tugas dengan
sungguh-sungguh
|
||||
2
|
Berani menerima resiko
atas tindakan yang dilakukan
|
||||
3
|
Tidak menuduh orang lain
tanpa bukti
|
||||
4
|
Mengembalikan barang yang
dipinjam dari orang lain
|
||||
5
|
Berani meminta maaf jika
melakukan kesalahan yang merugikan orang lain
|
||||
Jumlah Skor
|
Keterangan :
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, skor 4
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang –
kadang tidak
melakukan, skor 3
KD = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan, skor 2
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan, skor 1
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Skor diperoleh

Skor Maksimal
B.
Penilaian
Pengetahuan
Soal Uraian
1.
Sebutkan batas-batas
Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia !
2.
Siapa sajakah yang dapat
menjadi warga negara Indonesia menurut UUD 1945 Amandemen ?
3.
Bagaimanakah perbedaan
antara penduduk dan bukan penduduk ?
4.
Bagaimanakah perbedaan
antara asas ius soli dengan asas ius sanguinis ?
5.
Bagaimanakah perbedaan
antara apatride dengan bipatride ?
6.
Sebutkan 4 (empat) unsur
berdirinya Negara !
7.
Bagaimanakah perbedaan
antara naturalisasi biasa dengan naturalisasi istimewa ?
8.
Berikanlah
sekurang-kurangnya 4 (empat ) contoh upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk
mewujudkan toleransi kehidupan umat beragama di Indonesia !
9.
Bagaimanakah yang
dimaksudkan dengan SISHANKAMRATA ?
10. Berikanlah sekurang-kurangnya 4 ( empat ) contoh
persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa dan Negara Indonesia di daerah
perbatasan NKRI !
11. Berikanlah sekurang-kurangnya 4 (empat) contoh
persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan
warga Negara dan penduduk !
12. Berikanlah sekurang-kurangnya 4 (empat) contoh
persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan
agama dan kepercayaan !
13. Berikanlah sekurang-kurangnya 4 (empat) contoh
persoalan-persoalan yang dihadapi Bangsa dan Negara Indonesia berkaitan dengan
pertahanan dan keamanan !
Kunci Jawab
1.
Batas wilayah NKRI :
a. Sebelah
Utara : berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei
Darussalam, dan Filipina.
b. Sebelah
Selatan : berbatasan dengan Timor Leste, Perairan Australia, dan Perairan
Samudera Indonesia.
c. Sebelah
Barat : berbatasan dengan Samudera
Indonesia dan Perairan Negara India.
d. Sebelah
Timur : berbatasan langsung dengan Papua Nugini dan Perairan Samudera Pasifik.
2.
Orang-orang Bangsa
Indonesia asli dan orang-orang asing yang disyahkan dengan UU menjadi
warganegara Indonesia.
3.
Penduduk Indonesia adalah
setiap orang yang bertempat tinggal atau berdomisili di wilayah NKRI, sedangkan
bukan penduduk Indonesia adalah setiap orang yang berada di dalam wilayah NKRI
tetapi tidak bermaksud menetap.
4.
Asas Ius Soli adalah status
kewarganegaraan seseorang ditentukan oleh tempat kelahirannya, sedangkan asas
Ius Sanguinus adalah status kewarganegaraan seseorang ditentukan oleh
kewarganegaraan orang tuanya.
5.
Apatride
adalah seseorang yang tidak memiliki status kewarganegaraan, sedangkan
Bipatride adalah seseorang yang memiliki kewarganegaraan ganda atau dwi
kewarganegaraan.
6.
Unsur-unsur Negara,
yaitu; Rakyat, wilayah, pemerintahan
yang berdaulat, dan pengakuan dari Negara lain.
7.
Naturalisasi Biasa, yaitu;
untuk menjadi Warga Negara seseorang harus melakukan tindakan hukum tertentu,
sedangkan Naturalisasi Istimewa, yaitu; untuk menjadi Warga Negara seseorang
tidak melakukan tindakan hukum tertentu.
8.
Contoh upaya-upaya yang
dapat dilakukan untuk mewujudkan toleransi umat beragama di Indonesia, yaitu;
hormat menghormati antar pemeluk agama, mengembangkan sikap menghormati kebebasan
beragama, tidak memaksakan kehendak beragama kepada orang lain, tidak
mencampuradukkan ajaran agama yang satu dengan yang lainnya.
9.
Sistem Pertahanan Keamanan
Rakyat Semesta (SISHANKAMRATA ), yaitu sistem keamanan yang dilaksanakan oleh
TNI dan Kepolisian Negara RI sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai
kekuatan pendukung.
10.
Persoalan-persoalan yang
dihadapi Bangsa dan NKRI di daerah perbatasan, yaitu, antara lain; hilangnya
patok tapal batas, penyelundupan narkoba, penyelundupan senjata api, penyelundupan
bahan-bahan kebutuhan pokok rakyat, perdagangan wanita dan anak-anak, masuknya
budaya asing yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila, dsb.
11.
Persoalan-persoalan Bangsa
dan NKRI yang berkaitan dengan warganegara dan penduduk, yaitu; pengungsi
pencari suaka politik, dwi kewarganegaraan, apatride, kawin kontrak antara WNI
dengan WNA, Kartu Tanda Penduduk ( KTP ), perkawinan beda agama, perkawinan
sejenis, dsb.
12.
Persoalan-persoalan Bangsa
dan NKRI yang berkaitan dengan agama dan kepercayaan, yaitu; fenomena aliran
sesat, intervensi umat agama lain, memaksakan kehendak beragama kepada orang
lain, tuduhan teroris dan radikal terhadap agama tertentu, pembangunan tempat
ibadah yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku, dsb.
13.
Persoalan-persoalan Bangsa
dan NKRI yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan, yaitu; penyelundupan
senjata illegal, intervensi Negara lain, hilangnya patok batas wilayah Negara,
pindahnya kepemilikan pulau kepada orang asing, dsb.
Nilai perolehan KD adalah
rerata dari nilai IPK : 52/ 52 X 100 = 100
TUGAS TERSTRUKTUR
Nama Kegiatan
|
Identifikasi Permasalahan-permasalahan di Daerah
Perbatasan
|
Anggota Kelompok
|
Tiap Kelompok terdiri dari 5, 6, atau 7 siswa
|
Bentuk Laporan
|
Makalah, Power Point atau Video Flash
|
Nilai-nilai Karakter
|
Disiplin, tanggung jawab, kerjasama, mandiri, dan
kejujuran
|
Waktu
|
4 ( empat ) minggu
|
Biaya
|
Mandiri
|
C.
Penilaian
Ketrampilan
Pedoman
Observasi Presentasi
Kelompok :
……………
Kelas :
……………
Materi Pokok :
……………
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata – Rata Skor
|
||
Kreatifitas
|
Kebenaran
substansi materi
|
Penyajian
materi
|
|||
Keterangan
pengisian
Nilai
|
Konversi
|
Huruf
|
4
|
SB
|
Sangat Baik
|
3
|
B
|
Baik
|
2
|
C
|
Cukup
|
1
|
K
|
Kurang
|
Keterangan:
NO
|
INDIKATOR
|
URAIAN
|
1
|
Kreatifitas
|
Baru, unik, tidak asal
berbeda
|
2
|
Kebenaran substansi
materi
|
Sesuai dengan konsep dan
teori yang benar dari sisi keilmuan
|
3
|
Penyajian materi
|
Runtut sesuai dengan
struktur keilmuan
Mengikuti alur logika
yang jelas (sistematis) bervariasi
|