PROGRAM TAHUNAN 2020/2021 FULL






          PROGRAM TAHUNAN










          MATA PELAJARAN          : PPKn
          KELAS                                  : X (Sepuluh)
          TAHUN PELAJARAN       : 2020/ 2021






\


DISUSUN OLEH :

      N A M A              :

      N I P             : -













SMK/SMA NEGERI 1
SEMUA BIDANG KEAHLIAN






2020


 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PROGRAM TAHUNAN


MATA PELAJARAN               : PPKn
        SATUAN PENDIDIKAN         : SMK NEGERI 1
        KELAS                                                : X (Sepuluh)
        TAHUN PELAJARAN                        : 2020/ 2021

SEM.

v   KOMPETENSI INTI 
v  KOMPETENSI DASAR

JUMLAH JAM PELAJARAN
KET.
TM
PS



1
























2



A.     Kompetensi Inti :
KI 1    :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    : 
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3    : 
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4   :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar :
1.1 Meyakini hakikat bangsa dan negara sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME
2.1  Membangun sikap peduli hakikat bangsa dan   negara
3.1  Menganilisis hakikat bangsa dan negara
4.1  Menyaji Hasil Analisis  hakekat Bangsa dan Negara

1.2 Mensyukuri Fungsi dan Peran Pancasila dan Kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
2.2   Pro Aktif melaksanakan fungsi dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
3.2   Menganalisis Fungsi dan      Peran Pancasila dalam Kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
4.2   Menyaji Hasil Analisis Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Bansa dan negara Indonesia

1.3 Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan YME
2.3 Menunjukan sikap peduli terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.3 Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemerintahan negara
4.3 Menyaji hasil analisis nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemenerintahan negara

1.4 Mengamalkan ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME
2.4 Peduli terhadap penerapan ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan
3.4 Menganalisis ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan
4.4 Menyajika hasil analisis tentang ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan

1.5 Menghayati sistem politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME
2.5 Peduli terhadap sistem politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan YME
3.5 Menganalisis sistem politik Indonesia
4.5 Menyaji hasil analisis tentang sistem politik di Indonesia


1.6 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga lembaga negara menurut UUD NRI Tahun1945 sebagai bentuk iman dan bertaqwa
2.6 Bersikap peduli terhadap lembaga lembaga di sekolah sebagai cerminan dari lembaga lembaga negara
3.6 Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945

4.6 Menyaji hasil analisi tentang fungsi dan kewenangan lembaga lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945

1.7  Melaksanakan budaya politik indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME
2.7 Peduli terhadap budaya politik indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME
3.7 Menganalisis budaya politik di Indonesia
4.7 Menyaji hasil analisis tentang budaya politik di Indonesia

1.8  Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945 sebagai  anugrah Tuhan YME
2.8 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
3.8  Merumuskan Hubungan pemeritah pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
4.8 Menyaji hasil analisi tentang Hubungan pemeritah pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun 1945

1.9 Mensyukuri nilai nilai yang membentuk komitmen intregasi nasional dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika sebagai wujud syukur pada Tuhan YME
2.9 Menunjukan sikap kerja sama dalam rangka meewujudkan komitmen intregasi nasional dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika

3.9 Menganalisis faktor faktor pembentuk Intregasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.9 Menyaji hasil analisis tentang faktor faktor pembentuk intregasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika






























6 JP





6 JP








6 JP











6 JP

















8 JP









6 JP










8 JP







6 JP










10 JP






62 JP
0
62 JP


                                                          

Mengetahui
Kebumen, 13 Mei 2020
Kepala Sekolah




NIP.-
Guru Mata Pelajaran




NIP.-