PROGRAM TAHUNAN 2020/2021 FULL
PROGRAM TAHUNAN
MATA
PELAJARAN : PPKn
KELAS : X (Sepuluh)
TAHUN
PELAJARAN : 2020/ 2021
\
DISUSUN
OLEH :
N A
M A :
N
I P : -
SMK/SMA NEGERI 1
SEMUA BIDANG
KEAHLIAN
2020
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN : PPKn
SATUAN
PENDIDIKAN : SMK NEGERI 1
KELAS : X (Sepuluh)
TAHUN
PELAJARAN : 2020/ 2021
SEM.
|
v KOMPETENSI
INTI
v KOMPETENSI
DASAR
|
JUMLAH JAM
PELAJARAN
|
KET.
|
|
TM
|
PS
|
|||
1
2
|
A.
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 :
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar :
1.1 Meyakini hakikat bangsa dan negara sebagai rasa syukur kepada Tuhan
YME
2.1 Membangun sikap peduli hakikat bangsa
dan negara
3.1 Menganilisis hakikat bangsa dan negara
4.1 Menyaji Hasil Analisis hakekat Bangsa dan Negara
1.2 Mensyukuri
Fungsi dan Peran Pancasila dan Kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
2.2 Pro Aktif melaksanakan fungsi
dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
3.2 Menganalisis Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Bangsa
dan Negara Indonesia
4.2 Menyaji Hasil Analisis Fungsi
dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Bansa dan negara Indonesia
1.3 Mensyukuri
nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan YME
2.3 Menunjukan
sikap peduli terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
3.3 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan pemerintahan
negara
4.3 Menyaji
hasil analisis nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktek penyelenggaraan
pemenerintahan negara
1.4 Mengamalkan
ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga
negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan sebagai
wujud rasa syukur kepada Tuhan YME
2.4 Peduli
terhadap penerapan ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang
wilayah,warga negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan
keamanan
3.4 Menganalisis
ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang wilayah,warga
negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan keamanan
4.4 Menyajika
hasil analisis tentang ketentuan UUD NRI Tahun1945 yang mengatur tentang
wilayah,warga negara,penduduk,agama dan kepercayaan serta pertahanan dan
keamanan
1.5 Menghayati
sistem politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME
2.5 Peduli
terhadap sistem politik Indonesia sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan YME
3.5 Menganalisis
sistem politik Indonesia
4.5 Menyaji hasil analisis tentang sistem politik di Indonesia
1.6
Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga lembaga negara
menurut UUD NRI Tahun1945 sebagai bentuk iman dan bertaqwa
2.6
Bersikap peduli terhadap lembaga lembaga di sekolah sebagai cerminan dari
lembaga lembaga negara
3.6 Menganalisis fungsi dan
kewenangan lembaga lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945
4.6
Menyaji hasil analisi tentang fungsi dan kewenangan lembaga lembaga negara
menurut UUD NRI Tahun 1945
1.7 Melaksanakan budaya politik indonesia
sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME
2.7
Peduli terhadap budaya politik indonesia sebagai wujud rasa syukur kepada
Tuhan YME
3.7
Menganalisis budaya politik di Indonesia
4.7
Menyaji hasil analisis tentang budaya politik di Indonesia
1.8 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan
daerah menurut UUD NRI Tahun 1945 sebagai
anugrah Tuhan YME
2.8
Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis
di daerah setempat
3.8 Merumuskan Hubungan pemeritah pusat dan
daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
4.8
Menyaji hasil analisi tentang Hubungan pemeritah pusat dan daerah menurut UUD
NRI Tahun 1945
1.9 Mensyukuri
nilai nilai yang membentuk komitmen intregasi nasional dalam bingkai Bhineka
Tunggal Ika sebagai wujud syukur pada Tuhan YME
2.9 Menunjukan sikap kerja
sama dalam rangka meewujudkan komitmen intregasi nasional dalam bingkai
Bhineka Tunggal Ika
3.9 Menganalisis faktor
faktor pembentuk Intregasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.9
Menyaji hasil analisis tentang faktor faktor pembentuk intregasi nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
6 JP
6 JP
6 JP
6 JP
8 JP
6 JP
8 JP
6 JP
10 JP
|
|
|
|
|
62 JP
|
0
|
62 JP
|
Mengetahui
|
Kebumen, 13 Mei 2020
|
Kepala Sekolah
NIP.-
|
Guru Mata Pelajaran
NIP.-
|