KISI KISI PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) PAI DAN BK TAHUN PELAJARAN 2018/2019




ASSALAMUALAIKUM WR WB , Teman Teman yg saya hormati maaf lama sekali tidak Up-date Blog ini di karenakan banyak tugas di offline dan baru kali ini saya mencoba update lagi, langsung saja biar tidak terlalu panjang seperti orang pidato  hehehe ⤔ berikut akan saya upload beberapa kisi-kisi MAPEL yang mungkin sangat baru dan insya Alloh 90% keluar pada saat kalian PAS(Penilaian Akhir Semester) khususnya mapel PAI :P

 

 








NO

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

MATERI

INDIKATOR SOAL


1
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Memahami Q.S. az- Zumar/39: 53, Q.S. an- Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadis terkait
Hukum bacaan Qolqolah dan kandungan Q.S. az- Zumar/39: 53, Q.S. an- Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadits terkait
Disajikan beberapa pernyataan tentang pengertian hukum bacaan dalam Al Qur'an, peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian hukum bacaan dengan benar.

Disajikan tabel tentang huruf-huruf hijaiyah, peserta didik dapat menentukan huruf yang termasuk isti’la.

Peserta didik dapat menentukan jenis-jenis hukum bacaan ra’.

Ditampilkan Q.S. az-Zumar/39: 53 atau Q.S. an-Najm/53: 39-42 atau Q.S. Áli Imrān/3:
159 peserta didik dapat mengidentifikasi kata yang termasuk bacaan ra’.

Ditampilkan potongan ayat dari Q.S. az- Zumar/39: 53 atau Q.S. an-Najm/53: 39-42 atau Q.S. Áli Imrān/3: 159, peserta didik mampu mengartikan secara benar.


Disajikan beberapa pernyataan tentang kandungan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an- Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159, peserta didik dapat mengidentifikasi kandungan dengan benar.


Ditampilkan gambar tentang perilaku optimis atau ikhtiar atau tawakal, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar.





Disajikan pernyataan tentang perilaku optimis, ikhtiar dan tawakal, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perilaku dengan benar.


Ditampilkan Q.S. az-Zumar/39: 53 atau Q.S. an-Najm/53: 39-42 atau Q.S. Áli Imrān/3:
159 peserta didik dapat menentukan hukum bacaan ra’ dengan benar.

2
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Memahami makna iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaanNya
Beriman kepada hari akhir
Peserta didik dapat menentukan pengertian hari akhir dengan benar


Disajikan beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis kiamat dengan benar.

Disajikan pernyataan tentang tanda-tanda hari kiamat, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar.


Peserta didik dapat menentukan urutan
tahap-tahap yang dialami manusia pada hari kiamat.

Disajikan tabel tentang nama dan ilustrasi peristiwa pada hari kiamat, peserta didik dapat memasangkannya dengan benar.

Ditampilkan potongan Al Qur'an dalam surat Al Qori'ah, peserta didik dapat menentukan kandungannya secara benar.





Ditampilkan potongan Al Qur'an dalam surat Al Zalzalah, peserta didik dapat menentukan kandungannya secara benar.

3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Memahami penerapan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari- hari
Perilaku jujur dan menepati janji

Disajikan beberapa pengertian perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan pengertian perilaku jujur atau menepati janji secara benar.

Ditampilkan potongan dari QS Ali Imran/3:77 atau QS Al Ahzab/33:70, peserta didik mampu menentukan artinya dengan benar.


Ditampilkan QS Ali Imran/3:77 atau QS Al Ahzab/33:70, peserta didik mampu menentukan kandungannya dengan benar.


Disajikan beberapa gambar perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku jujur atau menepati janji dengan benar.

Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku jujur atau menepati janji dengan benar.

Disajikan gambar tentang perilaku jujur atau menepati janji, peserta didik mampu membuat deskripsi tenang perilaku tersebut secara baik dan benar.




4
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu
Hormat dan Taat kepada Orang Tua dan Guru
Disajikan pernyataan tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan pengertiannya secara tepat.
Ditampilkan potongan QS Al Isra’/17:23 atau QS Lukman /31:14, peserta didik dapat menentukan artinya secara benar.
Ditampilkan QS Al Isra’/17:23 atau QS Lukman /31:14, peserta didik dapat menentukan kandungan ayat tersebut dengan benar.

Disajikan ilustrasi gambar tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan perilaku hormat atau taat kepada orang tua dan guru dengan benar.
Disajikan tabel tentang jenis perilaku dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memasangkan perilaku hormat atau taat kepada orang tua dan guru dengan benar.
Peserta didik dapat menghubungkan perilaku yang mencerminkan hormat atau taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan manfaat yang bisa diambil.
5
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan




Memahami ketentuan zakat
Zakat fitrah dan zakat mal

Peserta didik dapat menentukan pengertian zakat fitrah atau zakal mal dengan benar.

 




























                                                                                                     

























 prosedural) berdasarkan

rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata


Disajikan tabel tentang zakat dan ketentuannya, peserta didik dapat menentukan pasangan zakat fitrah atau zakat mal dengan benar.

Disajikan tabel tentang jenis zakat mal dan nishob, peserta didik dapat memasangkan dengan tepat.

Peserta didik dapat menentukan golongan manusia yang berhak mendapatkan pembagian zakat fitrah.
Disajikan beberapa pernyataan tentang manfaat pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal, peserta didik dapat mengidentifikasi secara tepat.

Disajikan ilustrasi kehidupan seseorang tentang harta dan keluarganya, peserta didik dapat menghitung zakat fitrah atau mal yang harus dikeluarkan dengan benar.
6
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Memahami ketentuan ibadah haji dan umrah
Ibadah Haji dan Umrah
Peserta didik dapat menentukan pengertian haji atau umroh secara benar.
Disajikan tabel tentang haji atau umroh dan rukunnya, peserta didik dapat
memasangkannya secara tepat.
Disajikan beberapa pernyataan tentang haji dan umroh, peserta didik mampu mengidentifikasi haji atau umroh dengan benar.







Disajikan tabel tentang nama dan aktifitas ibadah dalam pelaksanaan haji dan umroh, peserta didik dapat memasangkan dengan benar.

Disajikan tabel tentang nama dan cara pelaksanaan ibadah haji dan umroh, peserta didik dapat menmasangkan dengan benar.
7
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara
Sejarah perkembangan
Islam di Nusantara
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan cara-cara dalam penyebaran agama Islam di Nusantara.

Disajikan ilustrasi tentang kondisi dan perkembangan suatu kerajaan, peserta didik dapat menentukan kerajaan dimaksud dengan benar.
Disajikan ilustrasi tentang biografi raja beserta perjuangannya, peserta didik dapat menentukan nama raja dimaksud dengan benar.

Disajikan tabel tentang nama wali dan nama kota, peserta didik dapat memasangkannya dengan benar.
Disajikan tabel tentang nama asli dan nama wali , peserta didik dapat memasangkannya dengan benar.
Disajikan tentang biografi dan perjuangan dakwah wali sanga, peserta didik dapat menentukan nama wali dimaksud dengan benar.


Previous Post Next Post