ASSALAMUALAIKUM WR WB , Teman Teman yg saya hormati maaf lama sekali tidak Up-date Blog ini di karenakan banyak tugas di offline dan baru kali ini saya mencoba update lagi, langsung saja biar tidak terlalu panjang seperti orang pidato hehehe ⤔ berikut akan saya upload beberapa kisi-kisi MAPEL yang mungkin sangat baru dan insya Alloh 90% keluar pada saat kalian PAS(Penilaian Akhir Semester) khususnya mapel PAI :P
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
|
1
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
Memahami Q.S. az-
Zumar/39: 53,
Q.S. an- Najm/53: 39-42,
Q.S. Ali Imrān/3: 159 tentang
optimis, ikhtiar, dan
tawakal serta Hadis terkait
|
Hukum bacaan Qolqolah
dan kandungan Q.S. az- Zumar/39:
53, Q.S. an- Najm/53: 39-42, Q.S.
Áli Imrān/3: 159 tentang
optimis, ikhtiar, dan
tawakal serta Hadits terkait
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang
pengertian hukum bacaan dalam Al
Qur'an, peserta
didik dapat
mengidentifikasi pengertian hukum
bacaan dengan benar.
|
|
Disajikan tabel tentang huruf-huruf hijaiyah,
peserta didik dapat menentukan huruf
yang termasuk isti’la.
|
|||||
Peserta didik dapat menentukan jenis-jenis hukum bacaan ra’.
|
|||||
Ditampilkan Q.S. az-Zumar/39: 53 atau Q.S. an-Najm/53: 39-42 atau Q.S. Áli Imrān/3:
159 peserta
didik dapat
mengidentifikasi kata yang termasuk bacaan ra’.
|
|||||
Ditampilkan potongan ayat dari
Q.S. az- Zumar/39: 53 atau Q.S. an-Najm/53: 39-42
atau Q.S. Áli Imrān/3: 159,
peserta didik mampu mengartikan secara benar.
|
|||||
Disajikan beberapa pernyataan tentang
kandungan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-
Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159,
peserta didik dapat mengidentifikasi kandungan dengan benar.
|
|||||
Ditampilkan gambar tentang perilaku
optimis atau ikhtiar atau tawakal, peserta
didik dapat mengidentifikasi dengan benar.
|
|||||
Disajikan pernyataan tentang perilaku optimis, ikhtiar dan tawakal, peserta
didik dapat mengidentifikasi contoh
perilaku dengan benar.
|
|||||
Ditampilkan Q.S. az-Zumar/39: 53 atau Q.S. an-Najm/53: 39-42 atau Q.S. Áli Imrān/3:
159 peserta
didik dapat
menentukan hukum bacaan ra’ dengan benar.
|
|||||
2
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
Memahami makna
iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan
terhadap dirinya, alam
sekitar, dan makhluk ciptaanNya
|
Beriman kepada hari akhir
|
Peserta didik dapat menentukan pengertian hari akhir
dengan benar
|
|
Disajikan beberapa peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik
dapat mengidentifikasi jenis
kiamat dengan benar.
|
|||||
Disajikan pernyataan tentang tanda-tanda
hari kiamat, peserta didik
dapat mengidentifikasi dengan benar.
|
|||||
Peserta didik dapat menentukan urutan
tahap-tahap yang dialami
manusia pada hari
kiamat.
|
|||||
Disajikan tabel tentang nama dan ilustrasi peristiwa pada hari kiamat, peserta
didik dapat
memasangkannya dengan
benar.
|
|||||
Ditampilkan potongan Al Qur'an dalam
surat Al Qori'ah, peserta
didik dapat
menentukan kandungannya secara
benar.
|
|||||
Ditampilkan potongan Al Qur'an dalam
surat Al Zalzalah, peserta
didik dapat
menentukan kandungannya secara
benar.
|
|||||
3
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
Memahami penerapan
jujur dan menepati janji
dalam kehidupan sehari-
hari
|
Perilaku jujur dan
menepati janji
|
Disajikan beberapa pengertian perilaku
dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan pengertian perilaku jujur
atau menepati janji
secara benar.
|
|
Ditampilkan potongan dari QS Ali Imran/3:77 atau QS Al Ahzab/33:70,
peserta didik mampu menentukan artinya dengan benar.
|
|||||
Ditampilkan QS Ali Imran/3:77 atau QS Al Ahzab/33:70, peserta
didik mampu menentukan kandungannya dengan benar.
|
|||||
Disajikan beberapa gambar perilaku
manusia dalam kehidupan sehari-hari, peserta
didik dapat
mengidentifikasi perilaku jujur atau menepati janji
dengan benar.
|
|||||
Disajikan beberapa pernyataan tentang
perilaku manusia, peserta
didik dapat
mengidentifikasi perilaku jujur
atau menepati
janji dengan benar.
|
|||||
Disajikan gambar tentang perilaku jujur
atau menepati
janji, peserta
didik mampu membuat deskripsi tenang perilaku tersebut secara baik dan benar.
|
|
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
Disajikan tabel tentang zakat dan
ketentuannya, peserta
didik dapat
menentukan pasangan zakat fitrah atau zakat mal
dengan benar.
|
|||
Disajikan tabel tentang jenis
zakat mal dan
nishob, peserta didik
dapat memasangkan
dengan tepat.
|
||||
Peserta didik dapat menentukan golongan
manusia yang berhak mendapatkan pembagian zakat fitrah.
|
||||
Disajikan beberapa pernyataan tentang
manfaat pelaksanaan zakat
fitrah dan zakat
mal, peserta
didik dapat
mengidentifikasi secara tepat.
|
||||
Disajikan ilustrasi kehidupan seseorang tentang harta dan keluarganya, peserta
didik dapat menghitung
zakat fitrah atau mal
yang
harus dikeluarkan dengan benar.
|
||||
6
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
Memahami ketentuan ibadah haji dan umrah
|
Ibadah Haji dan Umrah
|
Peserta didik dapat menentukan pengertian haji
atau umroh secara benar.
|
Disajikan tabel tentang haji atau umroh dan
rukunnya, peserta didik
dapat
memasangkannya secara
tepat.
|
||||
Disajikan beberapa pernyataan tentang haji
dan umroh, peserta didik
mampu mengidentifikasi haji
atau umroh dengan
benar.
|
Disajikan tabel tentang nama dan aktifitas ibadah dalam
pelaksanaan haji dan umroh, peserta didik
dapat memasangkan dengan
benar.
|
||||
Disajikan tabel tentang nama dan
cara pelaksanaan ibadah haji
dan umroh, peserta
didik dapat menmasangkan dengan benar.
|
||||
7
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
Memahami sejarah perkembangan Islam di
Nusantara
|
Sejarah perkembangan
Islam di
Nusantara
|
Disajikan beberapa pernyataan,
peserta didik dapat
menentukan cara-cara
dalam penyebaran agama Islam di
Nusantara.
|
Disajikan ilustrasi tentang kondisi dan
perkembangan suatu kerajaan, peserta
didik dapat menentukan kerajaan dimaksud
dengan benar.
|
||||
Disajikan ilustrasi tentang biografi raja
beserta perjuangannya, peserta
didik dapat
menentukan nama raja dimaksud dengan
benar.
|
||||
Disajikan tabel tentang nama wali dan nama kota, peserta
didik dapat
memasangkannya dengan benar.
|
||||
Disajikan tabel tentang nama
asli dan nama wali , peserta didik
dapat memasangkannya dengan benar.
|
||||
Disajikan tentang biografi dan perjuangan dakwah wali sanga, peserta didik
dapat menentukan nama wali dimaksud dengan
benar.
|