RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (IPS SMK)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(Pembelajaran 5, 6,
7 dan 8)
Nama
sekolah :
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami kehidupan sosial
manusia.
Kompetensi Dasar
: 1.2. Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan
kepribadian.
Indikator :
1. Mendefenisikan sosialisasi dan
pembentukan kepribadian
2.
Mendeskripsikan peran nilai dan norma dalam sosialisasi
3. Menjelaskan faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.
4. Menjelaskan agen-agen yang
berperan dalam sosialisasi.
5. Mengidentifikasi media
sosialisasi
6. Mendeskripsikan hubungan
sosialisasi dengan kepribadian
Alokasi Waktu : 4 x 45
menit ( 4 x Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan pengertian sosialisasi.
2.
mendeskripsikan peran nilai dan norma sosial dalam proses
sosialisasi
3.
mengidentifikasi faktor-faktor pembentukan kepribadian
4.
menjelaskan jenis, tipe, dan pola sosialisasi
B. Materi Pembelajaran
1.
Hakikat
Sosialiassi
2.
Proses
Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
3.
Agen,
tipe, dan pola sosialisasi
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- kerja
mandiri
- inquiry
- diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 dan 6
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru
mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi,
dan menjelaskan secara singkat tentang pentingnya sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian.
b.
Memotivasi
Guru
menjelaskan pentingnya pembelajaran tentang proses sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian. Misalnya, dengan proses sosialisasi individu dapat
menyesuaikan prilaku dengan apa yang dianggap baik oleh masyarakat dan
memperoleh konsep tentang diri.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
EKPLORASI
· Siswa
memperhatikan guru menampilkan bagan proses pembelajaran sosialisasi dan
pembentukan kepribadian lewat OHP, atau membuat di papan tulis.
· Siswa
mendengarkan penjelasan tentang hakikat sosialisasi, dan proses sosialsasi
dan pembentukan kepribadian.
ELABORASI
· Siswa
mengerjakan latihan dalam buku halaman 26.
· Siswa
mengumpulkan tugas pribadi untuk dinilai.
· Siswa
mendiskusikan kasus yang ada dalam buku dan mengamati faktor-faktor sosialisasi
yang mempengaruhi perkembangan kepribadiannya.
· Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain boleh menanggapi
hasil diskusinya. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
KONFIRMASI
· Siswa
dan guru membuat kesimpulkan singkat tentang diskusi kelompok.
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
· Refleksi
Siswa
dan guru membuat rangkuman bersama tentang hakikat sosialisasi dan proses
serta pembentukan kepribadian.
· Penilaian
Guru
memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
· Penugasan
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk membuat karangan tentang pengaruh pengaruh
nilai dan norma dalam pembentukan kepribadian.
|
20 Menit
|
Pertemuan 7 dan 8
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru
mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi.
Kemudian guru menjelaskan tentang agen-agen, bentuk, tipe, dan pola
sosialisasi.
b.
Rambu-rambu
Belajar
Guru
menjelaskan tujuan mempelajari agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
EKSPLORASI
·
Mengajak siswa untuk mengingat tentang materi
sebelumnya
·
Mengarahkan siswa untuk menggali materi yang akan
diajarkan
ELABORASI
·
Siswa memperhatikan bagan agen, tipe, dan pola
sosialisasi. Kemudian siswa, boleh membuat catatan singkat tentang bagan
tersebut.
·
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
agen-agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi.
·
Siswa mengerjakan sendiri latihan pada buku halaman 32.
·
Siswa mendiskusikan masalah pada buku halaman 33-34.
·
Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru
menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
KONFIRMASI
·
Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
|
60 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
·
Refleksi
Siswa dan guru membuat
rangkuman bersama tentang agen, tipe, dan pola sosialisasi. Siswa mencatat
beberapa hal yang penting.
·
Penilaian
Guru memberi penilaian
terhadap hasil kerja siswa secara individu, dan hasil diskusi siswa.
·
Penugasan
Guru memberi tugas menulis
membuat tulisan berdasarkan data kepribadian siswa.
|
20 Menit
|
E.
Sumber
pembelajaran:
1. Buku IPS SMK/MAK Erlangga
2. Masalah-masalah sosial
3. Keluarga, masyarakat, dan
sekolah.
4. Media massa seperti majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F.
Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
G.
Penilaian
1. Mengerjakan latihan pada buku
2. Melakukan pengamatan
Contoh format penilain tugas!
No.
|
Kesesuian materi
|
Kerapian
|
Jumlah
|
3.
Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 34-36.
Kebumen,
…..Februari 20
Mengetahui:
Kepalasa
Sekolah SMK Guru Mata
Pelajaran IPS