RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (IPS SMK)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Pembelajaran 5, 6, 7 dan 8)


Nama sekolah              :
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/semester            :  X/ 1
Standar Kompetensi   : 1.   Memahami kehidupan sosial manusia.                           
Kompetensi Dasar       : 1.2. Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
Indikator                     :
1.      Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian
2.      Mendeskripsikan peran nilai dan norma dalam sosialisasi
3.      Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.
4.      Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi.
5.      Mengidentifikasi media sosialisasi
6.      Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian

Alokasi Waktu            :  4  x 45 menit ( 4 x  Pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    menjelaskan pengertian sosialisasi.
2.    mendeskripsikan peran nilai dan norma sosial dalam proses sosialisasi
3.    mengidentifikasi faktor-faktor pembentukan kepribadian
4.    menjelaskan jenis, tipe, dan pola sosialisasi
                                    

B.     Materi Pembelajaran

1.      Hakikat Sosialiassi
2.      Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
3.      Agen, tipe, dan pola sosialisasi

C.    Metode Pembelajaran

  1. informasi
  2. kerja mandiri
  3. inquiry
  4. diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


Pertemuan 5 dan 6
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi, dan menjelaskan secara singkat tentang pentingnya sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.

b.   Memotivasi
Guru menjelaskan pentingnya pembelajaran tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. Misalnya, dengan proses sosialisasi individu dapat menyesuaikan prilaku dengan apa yang dianggap baik oleh masyarakat dan memperoleh konsep tentang diri.  
10 Menit


2.
Kegiatan Inti
EKPLORASI
·   Siswa memperhatikan guru menampilkan bagan proses pembelajaran sosialisasi dan pembentukan kepribadian lewat OHP, atau membuat di papan tulis.

·   Siswa mendengarkan penjelasan tentang hakikat sosialisasi, dan proses sosialsasi dan pembentukan kepribadian.

ELABORASI
·   Siswa mengerjakan latihan dalam buku halaman 26.
·   Siswa mengumpulkan tugas pribadi untuk dinilai.
·   Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku dan mengamati faktor-faktor sosialisasi yang mempengaruhi perkembangan kepribadiannya.
·   Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain boleh menanggapi hasil diskusinya. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.

KONFIRMASI
·   Siswa dan guru membuat kesimpulkan singkat tentang diskusi kelompok.
60 Menit


3.
Kegiatan Akhir
·   Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang hakikat sosialisasi dan proses serta pembentukan kepribadian.
·   Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
·   Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat karangan tentang pengaruh pengaruh nilai dan norma dalam pembentukan kepribadian.
20 Menit



Pertemuan 7 dan 8

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.

Pendahuluan

a.  Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi. Kemudian guru menjelaskan tentang agen-agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi.
b.  Rambu-rambu Belajar
Guru menjelaskan tujuan mempelajari agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi.   
10 Menit


2.

Kegiatan Inti

EKSPLORASI
·         Mengajak siswa untuk mengingat tentang materi sebelumnya
·         Mengarahkan siswa untuk menggali materi yang akan diajarkan

ELABORASI
·         Siswa memperhatikan bagan agen, tipe, dan pola sosialisasi. Kemudian siswa, boleh membuat catatan singkat tentang bagan tersebut.
·         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang agen-agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi.
·         Siswa mengerjakan sendiri latihan pada buku halaman 32.
·         Siswa mendiskusikan masalah pada buku halaman 33-34.
·         Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.


KONFIRMASI
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
60 Menit


3.
Kegiatan Akhir
·         Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang agen, tipe, dan pola sosialisasi. Siswa mencatat beberapa hal yang penting. 
·         Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa secara individu, dan hasil diskusi siswa.
·         Penugasan
Guru memberi tugas menulis membuat tulisan berdasarkan data kepribadian siswa. 
20 Menit




E.     Sumber pembelajaran:
1.      Buku IPS SMK/MAK Erlangga
2.      Masalah-masalah sosial
3.      Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
4.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.     Media
1.       Papan tulis
2.       Lembar soal
3.       Transparan Konsep
4.       Power Point

G.    Penilaian
1.      Mengerjakan latihan pada buku
2.      Melakukan pengamatan
Contoh format penilain tugas!

No.
Kesesuian materi

Kerapian
Jumlah











3.      Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 34-36.




Kebumen, …..Februari 20
Mengetahui:
Kepalasa Sekolah SMK                                                                Guru Mata Pelajaran IPS