SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : 3(tiga)
Kompetensi
Inti :
KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pedekatan Pembelajaran
|
Pendekatan
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Mengetahui
keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan
makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
4.1
Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di
sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah
Yang Maha Pencipta
|
Allah SWT Esa Pencipta alam semesta
|
Mengamati
·
MenyimakQ.S
Al Ikhlas tentang keesaan Allah SWT
·
Mengamati diri dan makhluk ciptaan
Allah yang ada di
sekitar rumah dansekolah
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang Allah SWT sebagai Pencipta manusia dan alam
semesta.
·
Mengajukan pertanyaan tentang
awal penciptaan manusia (diri) dan alam sekitar
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan
Allah adalah Esa, Pencipta manusia dan alam semesta.
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang pengamatan terhadap diri dan alam semesta di sekitar rumah
dan sekolah
·
Menguhubungkan tentang isi hasil
diskusi dengan sikap manusia terhadap Allah SWT, diri dan alam sekitar dalam perilaku
sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang Keesaan Allah, diri, dan alam semesta.
·
Menyampaikan hasil belajar
tentang pengenalan Allah dan pengamatan terhadap diri dan alam semesta
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Melakukan pengamatan terhadap
ciptaan Allah SWT yaitu diri dan alam semesta yang ada di sekitar rumah dansekolah
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·
Keesaan Allah dalam Q.S
al-Ikhlas, penciptaan manusia dan alam sekitar
·
sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil diskusi terkait dengan
Keesaan Allah, peenciptaan mansia dan alam sekitar
Tes
tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan
tentang: - arti Q.S
Al Ikhlas terkait dengan
Keesaan AllahPenciptaan diri
manusia, dan alam semesta
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran al-Quran
·
Gambar/
Poster manusia dan alam semesta
|
3.2Mengenal
makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
4.2 Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim,
As-Sami‘ dan maknanya
|
Makna
Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
|
Mengamati
·
Menyimakmakna Asmaul Husna: Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘
·
Mengamati lafal dan arti Asmaul
Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang lafal
dan arti Asmaul Husna: Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘
·
Mengajukan pertanyaan tentang
makna Asmaul
Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil
mendiskusikan lafal dan makna
Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang makna
Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·
Menguhubungkan tentang isi
hasil diskusi sifat Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘Allah SWT dengan sikap manusia dalam
perilaku sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang makna
Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·
Menyampaikan hasil belajar
tentang lafal dan makna Asmaul
Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Melakukan pengamatan terhadap
lafal dan makna
Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-
Makna Asmaul Husna: Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘
-
sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan
dari hasil diskusi terkait dengan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Tes
tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan
tentang: - makna Al-Wahhab,
Al-‘Alim, As-Sami‘
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran al-Quran
·
Gambar/
Poster Asmaul Husna
|
3.3 Mengetahui
hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
4.3 Mencontohkan
perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi
hadits
|
Hadits
yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
|
Mengamati
·
Menyimakhadits yang terkait dengan
perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·
Mengamati ciri-ciri perilaku mandiri, percaya diri,
dan tanggung jawab
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang isi hadits mengenai perilaku
mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·
Mengajukan pertanyaan tentang
iri-ciri perilaku
mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan
isi hadits yang
terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang hadits
yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·
Menguhubungkan pelajaran
tentang sikap dan perilaku
mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab dengan
sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang perilaku
mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang perilaku warga sekolah sehari-hari
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Melakukan pengamatan terhadap
ciptaan Allah SWT yaitu diri dan alam semesta yang ada di sekitar rumah dansekolah
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·
Keesaan Allah dalam Q.S
al-Ikhlas, penciptaan manusia dan alam sekitar
·
sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil diskusi terkait dengan hadits yang terkait dengan
perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
Tes
tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan
tentanghadits yang
terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran al-Quran
·
Gambar/
Poster Asmaul Husna
|
3.4 Mengerti
makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
4.4.1Menunjukkan
contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
4.4.2
Mempraktikkan tata cara shalat yang baik dan benar
|
Makna
shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
|
Mengamati
·
MenyimakQ.S al-Kautsarsecara individu/pasangan.
·
Mengamati makna Q.S al-Kautsar
secara pasangan atau kelompok
·
Mengaamati tata
cara shalat baik bacaan dan gerakan yang baik dan benar
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang makna
shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
·
Mengajukan pertanyaan terkait
dengan tata cara
shalat yang baik dan benar
Eksperimen/explore
·
Secara berkelompok mendiskusikan
maknaQ.S al-Kautsar
·
Secara individu memperagakan tata cara shalat yang baik dan
benar
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang Q.S.
al-Kautsar hubungannya dengan ibadah shalat
·
Menguhubungkan pengetahuan tentangtata cara shalat yang baik dan
benardengan ibadah shalat yang dilakukansehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil belajar
tentang makna shalat
sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
·
Menyampaikan hasil belajar
tentangtata cara
shalat yang baik dan benardengan ibadah shalat yang
dilakukansehari-hari
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Melakukan pengamatan terhadap
Q.S. al-Kautsar
terkait dengan ibadah
shalat
·
Melakukan pengamatan terhadap tata cara shalat yang baik dan
benar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-
Sikap dalam diskusi materiQ.S. al-Kautsar
hubungannya dengan ibadah
shalat
-
Sikap dalam diskusi tentangtata cara shalat yang baik dan
benar
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil diskusi terkait dengan makna
ibadah shalat sebagai implementasi dari Q.S al-Kautsar
Tes
tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan
tentang: - makna ibadah shalat sebagai implementasi dari Q.S al-Kautsar
Non tes
-
Praktiktata cara shalat yang baik dan
benar
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran al-Quran
·
Gambar/
Poster Asmaul Husna
|
3,5 Mengerti
makna zikir dan doa setelah shalat
4.5 Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah
shalat secara benar
|
Makna
zikir dan doa setelah shalat
|
Mengamati
· Menyimakmakna
zikir dan doa setelah shalat
·
Mengamati tata cara zikir dan doa setelah
shalat secara benar
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang zikir dan doa setelah shalat
·
Mengajukan pertanyaan tentangtata cara zikir dan doa setelah
shalat secara benar
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil
mendiskusikan makna
zikir dan doa setelah shalat sertab tata caranya
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang makna
zikir dan doa setelah shalat
·
Menguhubungkan pelajaran
tentang makna
zikir dan doa setelah shalat dengan tata cara berzikir dan berdoa
sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang makna
zikir dan doa setelah shalat
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang praktik
berzikir dan
berdoasehari-hari
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Melakukan pengamatan terhadap tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat yang baik
dan benar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-
Sikap dalam diskusi materi makna zikir dan doa setelah
shalat
-
Sikap dalam mempraktikkan tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil diskusi terkait dengan
makna zikir dan
doa setelah shalat
Tes
tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan
tentang: - makna zikir
dan doa setelah shalat
Non tes
Praktiktata
cara berzikir
dan berdoasetelah shalat dengan
baik dan benar
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran al-Quran
·
Gambar/
Poster Asmaul Husna
|
3.6 Mengetahui
hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
4.6Menceritakan pengalaman pelaksanaan ibadah
shalat di rumah dan sekolah
|
Hikmah
ibadah shalat
|
Mengamati
· Menyimak penjelasan hikmah ibadah
shalat
·
Mencermati cerita pengalaman
shalat di rumah
dan sekolah
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang hikmah
ibadah shalat seperti apa
yang dialami atau dirasakan ketika melakukan shalat
·
Mengajukan pertanyaan tentang
tata cara shalat yangbaik
dan benar
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan
hikmah ibadah shalat melalui
pengamatan dan pengalaman di rumah, sekolah, dan di
tempat lain
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang hikmah ibadah
shalat
·
Menguhubungkan pengalaman
pengamalan ibadah shalat dengan kondisi tertentu seperti di rumah, sekolah, atau
tempat lain
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah ibadah shalat
·
Menyampaikan hasil pengamatan dan pengalaman
melakukan ibadah shalat di berbagai tempat
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat cerita tentang pengalaman ibadah shalat di
rumah, sekolah, dan tempat lain
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-
Sikap dalam diskusi materi hikmah
ibadah shalat
-
Sikap dalam menyampaikan dan mendengarkan cerita
pengalaman ibadah
shalat diberbagai tempat
Portofolio
·
Membuat catatan dari hasil diskusi terkait dengan hikmah ibadah shalat di
berbagai pengalaman dan tempat
Tes
tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan
tentang: -hikmah
ibadah shalat
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran al-Quran
·
Gambar/
Poster Asmaul Husna
|
3.7 Mengetahui
kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan benar
4.7.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran
dengan benar
4.7.2 Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran
dengan benar
4.7.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan
Al-Kautsar dengan lancar
|
Kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
|
Mengamati
·
Mengamati kalimat-kalimat dalam Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar secara individu/pasangan/klasikal.
·
Mengamati bentuk huruf dalam
kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsarindividu/kelompok/klasikal
·
Mengamati hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Mengajukan pertanyaan terkait
bacaan, tulisan dan hafalan Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
Eksperimen/explore
·
Secara berkelompok
mendiskusikan tentang bacaan dan cara menuliskalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Menguhubungkan penguasaan tentang
bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
dengan yang diparaktikkan sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil belajar
tentang membaca, menulis dan hafalan Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Membaca kalimat-kalimat dalam Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
·
Menghafal Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-
Mendiskusikan kalimat-kalimat dalam Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
·
sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat tulisan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
Tes
tertulis
·
Tes dalam bentuk tulisan
tentang: - Menulis
kalimat-kalimat Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar
Non tes
·
Membaca
·
Hafalan
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran al-Quran
·
Gambar/
Posterkalimat-kalimat al-Quran surah An-Nashr
dan Al-Kautsar
|
3.8 Mengetahui perilaku tawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah
Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
4.8
Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai
implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat,
Qudrah, dan Iradah
|
Tawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan
|
Mengamati
·
Menyimakmakna sifat
Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
·
Mengamati makna Tawaduk, ikhlas, dan mohon
pertolongan
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang makna sifat Allah Qiyamuhu
binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
·
Mengajukan pertanyaan tentang
makna Tawaduk, ikhlas, dan mohon
pertolongan
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil
mendiskusikan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai
implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat,
Qudrah, dan Iradah
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai
implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat,
Qudrah, dan Iradah
·
Menguhubungkan pelajaran
tentang sikaptawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongandengan sikap dan
perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentangsikaptawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikaptawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan
guru
|
Tugas
·
Membuat contoh-contoh sikap dan perilaku tawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah
Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian sifat
Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
-
Perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·
sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai
implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat,
Qudrah, dan Iradah
Tes
tertulis
Tes dalam bentuk tulisan
tentang:
-
Pengertian tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
-
Pengertian Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan
Iradah
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran al-Quran
·
Gambar/
Poster Asmaul Husna
|
3.9 Memahami
sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Kautsar.
4.9 Mencontohkan
perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Kautsar.
|
Sikap
peduli terhadap sesama
|
Mengamati
·
Menyimakmakna Q.S.
Al-Kautsar.
·
Menyimak makna peduli
terhadap sesama
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang makna peduli terhadap sesamasebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Kautsar
·
Mengajukan pertanyaan tentang
contoh-contoh sikappeduli
terhadap sesama
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil
mendiskusikan makna peduli
terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang perilaku peduli
terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
·
Menguhubungkan pelajaran
tentang sikappeduli sesama dengan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentangsikappeduli sesama
·
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikappeduli
sesama
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat contoh-contoh sikap peduli
sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·
Mendiskusikan pengertian sikap
peduli sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang perilaku
sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Kautsar
Tes
tertulis
Tes dalam bentuk tulisan
tentang:
·
Pengertian sikap peduli sesama sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Kautsar
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Sikap peduli sesama
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran al-Quran
·
Gambar/
Poster Asmaul Husna
|
3.10
Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim
ayat 7
4.10 Mencontohkan sikap bersyukur sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
|
Sikap
bersyukur
|
Mengamati
·
Menyimakmakna Q.S. Ibrahim ayat 7
·
Menyimak makna bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Ibrahim ayat 7
·
Mengamti contoh sikap
syukur
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentangsikap bersyukur sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·
Mengajukan pertanyaan tentang
contoh-contohsikap syukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil
mendiskusikan makna sikap syukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang sikap syukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·
Menguhubungkan pelajaran
tentang sikapsyukur dengan perilaku warga sekolah
sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentangsikapsyukur
·
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikapsyukur
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat contoh-contoh sikap
syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·
Mendiskusikan pengertian sikap bersyukur sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang perilakusyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Ibrahim ayat 7
Tes
tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian sikap sikap
syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Ibrahim ayat 7
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Sikap syukur
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran al-Quran
·
Gambar/
Poster Asmaul Husna
|
3.11
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf
a.s.
|
Kisah
keteladanan Nabi Yusuf a.s
|
Mengamati
·
Menyimakkisah
keteladanan Nabi Yusuf a.s
·
Mengamati isi kisah Nabi Yusuf a.syang
perlu diteladani
(diimplementasikan).
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi
Yusuf a.s
·
Mengajukan pertanyaan tentang
contoh-contoh sikapNabi Yusuf a.s yang hendak diteladani.
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil
mendiskusikan kisah
keteladanan Nabi Yusuf a.s (mengidentifikasi).
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang kisah
keteladanan Nabi Yusuf a.s
·
Menguhubungkan pelajaran
tentang sikap keteladanan Nabi
Yusuf a.s dengan perilaku
warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentangkisah
keteladanan Nabi Yusuf a.s
·
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Yusuf a.s
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat ringkasan kisah keteladanan
Nabi Yusuf a.s
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·
Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap keteladanan yang
terdapat di dalam kisah Nabi
Yusuf a.s
Tes
tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Contoh-contoh sikap keteladanan
Nabi Yusuf a.s
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Yang mencerminkan sikap
keteladanan Nabi
Yusuf a.s
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
|
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu‘aib
a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib
a.s.
|
Kisah
keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.
|
Mengamati
·
Menyimakkisah
keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·
Mengamati isi kisah Nabi Syu‘aib a.syang perlu diteladani (diimplementasikan).
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi
Syu‘aib a.s
·
Mengajukan pertanyaan tentang
contoh-contoh sikapNabi Syu‘aib a.s yang hendak diteladani.
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil
mendiskusikan kisah
keteladanan Nabi Syu‘aib a.s (mengidentifikasi).
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang kisah
keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·
Menguhubungkan pelajaran
tentang sikap keteladanan Nabi Syu‘aib a.s dengan perilaku
warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentangkisah
keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Syu‘aib a.s
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat ringkasan kisah keteladanan
Nabi Syu‘aib a.s
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·
Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap keteladanan yang
terdapat di dalam kisah Nabi
Syu‘aib a.s
Tes
tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Contoh-contoh sikap
keteladanan Nabi
Syu‘aib
a.s
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Yang mencerminkan sikap
keteladanan Nabi
Syu‘aib a.s
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
|
3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim
a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat
dan patuh kepada orangtua)
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim
a.s. dan Nabi Ismail a.s.
|
Mengamati
·
Menyimakkisah
keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·
Mengamati isi kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang perlu diteladani
(diimplementasikan).
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi
Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·
Mengajukan pertanyaan tentang
contoh-contoh sikapNabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang hendak diteladani.
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil
mendiskusikan kisah
keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (mengidentifikasi).
Asosiasi
·
Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang kisah
keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·
Menguhubungkan pelajaran tentang
sikap keteladanan Nabi
Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. dengan perilaku
warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentangkisah
keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi
Ismail a.s.
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat ringkasan kisah keteladanan
Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·
Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail
a.s.
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap keteladanan yang
terdapat di dalam kisah Nabi
Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
Tes
tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Contoh-contoh sikap
keteladananNabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Yang mencerminkan sikap
keteladanan rela berkorban Nabi
Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
|
|
3.14
Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad
SAW
4.14
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
Sikap
percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad
SAW
|
Mengamati
·
Menyimakkisah keteladanan Nabi Muhammad
SAW tentang sikap
percaya diri dan kemandirian
·
Mencermati sikap percaya diri dan
kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad
SAW
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi
Muhammad SAW
·
Mengajukan pertanyaan tentang
contoh-contoh sikappercaya diri dan kemandirian Nabi Muhammad SAW .
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil
mendiskusikan kisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW (mengidentifikasi).
Asosiasi
· Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad
SAW
·
Menguhubungkan pelajaran
tentang sikap keteladanan Nabi
Muhammad SAW tentang percaya
diri dan kemandirian dengan perilaku
warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentangkisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW
·
Menyampaikan hasil pengamatan
tentang perilaku warga sekolah sehari-hari terkait dengan sikap teladan Nabi Muhammad
SAW
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat ringkasan kisah keteladanan
Nabi Muhammad SAW terkait dengan
sikap percaya diri dan kemandirian
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·
Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
·
Sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau
kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap keteladanan yang
terdapat di dalam kisah Nabi
Muhammad SAW
Tes
tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Contoh-contoh sikap
keteladananNabi Muhammad
SAW
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
Yang mencerminkan sikap
keteladanan Nabi Muhammad
SAW
|
2 x 4
jam pelajaran
|
·
Buku
PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·
Buku
pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
|