SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI



SILABUS
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan     :    SD
Kelas                            :    3(tiga)
Kompetensi Inti          :

KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
 KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pedekatan Pembelajaran
Pendekatan
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1 Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
4.1 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta





Allah SWT Esa Pencipta alam semesta
Mengamati
·      MenyimakQ.S Al Ikhlas tentang keesaan Allah SWT
·    Mengamati diri dan makhluk ciptaan Allah yang ada di sekitar rumah dansekolah
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah SWT sebagai Pencipta manusia dan alam semesta.
·      Mengajukan pertanyaan tentang awal penciptaan manusia (diri) dan alam sekitar

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan Allah adalah Esa, Pencipta manusia dan alam semesta.

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang pengamatan terhadap diri dan alam semesta di sekitar rumah dan sekolah
·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi dengan sikap manusia terhadap Allah SWT, diri dan alam sekitar dalam perilaku sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang Keesaan Allah, diri, dan alam semesta.
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengenalan Allah dan pengamatan terhadap diri dan alam semesta
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap ciptaan Allah SWT yaitu diri dan alam semesta yang ada di sekitar rumah dansekolah

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·      Keesaan Allah dalam Q.S al-Ikhlas, penciptaan manusia dan alam sekitar
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan Keesaan Allah, peenciptaan mansia dan alam sekitar

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - arti  Q.S Al Ikhlas terkait dengan
Keesaan AllahPenciptaan diri manusia, dan alam semesta
2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster manusia dan alam semesta

3.2Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

4.2 Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ dan maknanya





Makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘



Mengamati
·         Menyimakmakna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·         Mengamati lafal dan  arti Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Menanya
·         Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang lafal dan  arti Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

·         Mengajukan pertanyaan tentang makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

Eksperimen/explore
·         Secara kelompok kecil mendiskusikan lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

Asosiasi
·         Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi sifat Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘Allah SWT dengan sikap manusia dalam perilaku sehari-hari

Komunikasi
·         Menyampaikan hasil diskusi tentang makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·         Menyampaikan hasil belajar tentang lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·         Melakukan pengamatan terhadap lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-          Makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
-          sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·         Membuat  catatan  dari hasil diskusi terkait dengan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

Tes tertulis
·         Tes dalam bentuk tulisan tentang: - makna Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘




2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna


3.3 Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
4.3 Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi hadits



Hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
Mengamati
·      Menyimakhadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·    Mengamati ciri-ciri perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang isi hadits mengenai  perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·      Mengajukan pertanyaan tentang iri-ciri perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan isi hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap dan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap ciptaan Allah SWT yaitu diri dan alam semesta yang ada di sekitar rumah dansekolah

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·      Keesaan Allah dalam Q.S al-Ikhlas, penciptaan manusia dan alam sekitar
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentanghadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna

3.4 Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

4.4.1Menunjukkan contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
4.4.2 Mempraktikkan tata cara shalat yang baik dan benar




Makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
Mengamati
·      MenyimakQ.S al-Kautsarsecara individu/pasangan.
·      Mengamati makna Q.S al-Kautsar secara pasangan atau kelompok
·      Mengaamati tata cara shalat baik bacaan dan gerakan yang baik dan benar

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara shalat yang baik dan benar

Eksperimen/explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan maknaQ.S al-Kautsar
·      Secara individu memperagakan tata cara shalat yang baik dan benar

Asosiasi
·         Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang Q.S. al-Kautsar hubungannya dengan ibadah shalat
·      Menguhubungkan pengetahuan tentangtata cara shalat yang baik dan benardengan ibadah shalat yang dilakukansehari-hari


Komunikasi
·      Menyampaikan hasil belajar tentang makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
·      Menyampaikan hasil belajar tentangtata cara shalat yang baik dan benardengan ibadah shalat yang dilakukansehari-hari
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap Q.S. al-Kautsar terkait dengan ibadah shalat
·    Melakukan pengamatan terhadap tata cara shalat yang baik dan benar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-          Sikap dalam diskusi materiQ.S. al-Kautsar hubungannya dengan ibadah shalat
-          Sikap dalam diskusi tentangtata cara shalat yang baik dan benar

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan makna ibadah shalat sebagai implementasi dari Q.S al-Kautsar

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - makna ibadah shalat sebagai implementasi dari Q.S al-Kautsar
Non tes

-          Praktiktata cara shalat yang baik dan benar
2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna


3,5 Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat
4.5 Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar




Makna zikir dan doa setelah shalat


Mengamati
·    Menyimakmakna zikir dan doa setelah shalat
·    Mengamati tata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar

Menanya
·         Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang  zikir dan doa setelah shalat
·      Mengajukan pertanyaan tentangtata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar

Eksperimen/explore
·         Secara kelompok kecil mendiskusikan makna zikir dan doa setelah shalat sertab tata caranya

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang makna zikir dan doa setelah shalat
·      Menguhubungkan pelajaran tentang makna zikir dan doa setelah shalat dengan tata cara berzikir dan berdoa sehari-hari

Komunikasi
·         Menyampaikan hasil diskusi tentang makna zikir dan doa setelah shalat
·       Menyampaikan hasil pengamatan tentang praktik berzikir dan berdoasehari-hari
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat yang baik dan benar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-          Sikap dalam diskusi materi makna zikir dan doa setelah shalat
-          Sikap dalam mempraktikkan tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan makna zikir dan doa setelah shalat

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - makna zikir dan doa setelah shalat

Non tes

Praktiktata cara berzikir dan berdoasetelah shalat dengan baik dan benar
2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna

3.6 Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
4.6Menceritakan pengalaman pelaksanaan ibadah shalat di rumah dan sekolah


Hikmah ibadah shalat

Mengamati
·    Menyimak penjelasan hikmah ibadah shalat
·    Mencermati cerita pengalaman shalat di rumah dan sekolah

Menanya
·         Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang  hikmah ibadah shalat  seperti apa yang dialami atau dirasakan ketika melakukan shalat
·      Mengajukan pertanyaan tentang tata cara shalat yangbaik dan benar

Eksperimen/explore
·         Secara kelompok kecil mendiskusikan hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah,  sekolah, dan di tempat lain
Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang hikmah ibadah shalat
·      Menguhubungkan pengalaman pengamalan ibadah shalat dengan kondisi tertentu seperti di rumah, sekolah, atau tempat lain

Komunikasi
·    Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah ibadah shalat
·       Menyampaikan hasil pengamatan dan pengalaman melakukan ibadah shalat di berbagai tempat
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·    Membuat cerita tentang pengalaman ibadah shalat di rumah, sekolah, dan tempat lain

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-          Sikap dalam diskusi materi hikmah ibadah shalat
-          Sikap dalam menyampaikan dan mendengarkan cerita pengalaman ibadah shalat diberbagai tempat

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan hikmah ibadah shalat di berbagai pengalaman dan tempat

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  -hikmah ibadah shalat


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna

3.7 Mengetahui kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan benar
4.7.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar
4.7.2 Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar
4.7.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar


Kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
Mengamati
·      Mengamati kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar secara individu/pasangan/klasikal.
·      Mengamati bentuk huruf dalam kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsarindividu/kelompok/klasikal
·      Mengamati hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Mengajukan pertanyaan terkait bacaan, tulisan dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Eksperimen/explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan tentang bacaan dan cara menuliskalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Menguhubungkan penguasaan tentang bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
dengan yang diparaktikkan sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil belajar tentang membaca, menulis dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Menghafal Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-          Mendiskusikan kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  tulisan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - Menulis kalimat-kalimat Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Non tes
·         Membaca
·         Hafalan

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·      Gambar/ Posterkalimat-kalimat al-Quran surah An-Nashr dan Al-Kautsar


3.8 Mengetahui perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

4.8 Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah


Tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
Mengamati
·      Menyimakmakna sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
·    Mengamati makna  Tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
·      Mengajukan pertanyaan tentang makna  Tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikaptawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongandengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentangsikaptawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikaptawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap dan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-          Mendiskusikan pengertian sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
-          Perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·         Membuat  catatan tentang perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
-          Pengertian tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
-          Pengertian Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·         tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna


3.9 Memahami sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
4.9 Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.


Sikap peduli terhadap sesama

Mengamati

·      Menyimakmakna  Q.S. Al-Kautsar.
·    Menyimak makna  peduli terhadap sesama
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna peduli terhadap sesamasebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikappeduli terhadap sesama

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan makna peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikappeduli sesama dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentangsikappeduli sesama
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikappeduli sesama
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·         Mendiskusikan pengertian sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
·         Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan tentang perilaku sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·      Pengertian sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·         Sikap peduli sesama


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna

3.10 Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

4.10 Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Sikap bersyukur
Mengamati

·         Menyimakmakna  Q.S. Ibrahim ayat 7
·         Menyimak makna  bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·         Mengamti contoh sikap syukur

Menanya
·         Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentangsikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

·         Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Eksperimen/explore
·         Secara kelompok kecil mendiskusikan makna sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Asosiasi
·         Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikapsyukur dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentangsikapsyukur
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikapsyukur
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·         Membuat contoh-contoh sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·         Mendiskusikan pengertian sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat
·         Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·         Membuat  catatan tentang perilakusyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·         Pengertian sikap sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·         Sikap syukur


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna


3.11 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.

Kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
Mengamati

·         Menyimakkisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·         Mengamati isi kisah Nabi Yusuf a.syang perlu diteladani (diimplementasikan).

Menanya
·         Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Yusuf a.s

·         Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikapNabi Yusuf a.s yang hendak diteladani.

Eksperimen/explore
·         Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s (mengidentifikasi).

Asosiasi
·         Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Yusuf a.s  dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·         Menyampaikan hasil diskusi tentangkisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Yusuf a.s
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·         Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s


Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·         Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s

·         Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·         Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Yusuf a.s


Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·         Contoh-contoh sikap keteladanan Nabi Yusuf a.s


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·         Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Yusuf a.s


2 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji


3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.



Kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.

Mengamati

·         Menyimakkisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·         Mengamati isi kisah Nabi Syu‘aib a.syang perlu diteladani (diimplementasikan).

Menanya
·         Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Syu‘aib a.s

·         Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikapNabi Syu‘aib a.s yang hendak diteladani.

Eksperimen/explore
·         Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s (mengidentifikasi).

Asosiasi
·         Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Syu‘aib a.s   dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·         Menyampaikan hasil diskusi tentangkisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Syu‘aib a.s
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·         Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s


Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·         Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s

·         Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·         Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Syu‘aib a.s


Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·         Contoh-contoh sikap keteladanan Nabi
Syu‘aib a.s

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·         Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Syu‘aib a.s

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji


3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.


Mengamati

·         Menyimakkisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·         Mengamati isi kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang perlu diteladani (diimplementasikan).

Menanya
·         Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

·         Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikapNabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang hendak diteladani.

Eksperimen/explore
·         Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.  (mengidentifikasi).

Asosiasi
·         Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.  dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·         Menyampaikan hasil diskusi tentangkisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·         Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·         Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

·         Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·         Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·         Contoh-contoh sikap keteladananNabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·         Yang mencerminkan sikap keteladanan rela berkorban Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

2 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji






3.14 Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
Sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad SAW

Mengamati

·         Menyimakkisah keteladanan Nabi Muhammad SAW tentang sikap percaya diri dan kemandirian
·         Mencermati sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad SAW


Menanya
·         Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Muhammad SAW

·         Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikappercaya diri dan kemandirian Nabi Muhammad SAW .

Eksperimen/explore
·         Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW (mengidentifikasi).

Asosiasi
·    Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad SAW tentang percaya diri dan kemandirian dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·         Menyampaikan hasil diskusi tentangkisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Muhammad SAW
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·         Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW terkait dengan sikap percaya diri dan kemandirian

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·         Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

·         Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·         Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Muhammad SAW


Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·         Contoh-contoh sikap keteladananNabi Muhammad SAW


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·         Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Muhammad SAW

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji