RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (IPS SMK)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Pembelajaran 1,2, 3 dan 4)



Nama sekolah              : SMK NEGERI
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/semester            :  X/I
Standar Kompetensi   : 1.     Memahami kehidupan sosial manusia.
Kompetensi Dasar       : 1.1. Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
Indikator                     :
·         Menjelaskan pengertian dan syarat terjadinya interaksi sosial
·         Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.

Alokasi Waktu            :  4 x 45 menit (4 Pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    menjelaskan pengertian dan syarat interaksi sosial
2.    mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong interaksi sosial
3.    menjelaskan status dan peranan individu dalam interaksi sosial
4.    mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi.
                                    

B.     Materi Pembelajaran

1.      Hakikat Interaksi Sosial
2.      Status, Peranan, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
3.      Faktor-Faktor Pendorong Interaksi Sosial
4.      Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

C.    Metode Pembelajaran

  1. informasi
  2. inquiry
  3. kerja mandiri
  4. diskusi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


Pertemuan I
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)
b.   Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut.
5 Menit


2.
Kegiatan Inti
EKSPLORASI
  • Siswa menulis pengalaman berinteraksi dengan orang lain atau menceritakan pengalaman berinteraksi sosial dengan teman sebangku.

ELABORASI
  • Guru menjelaskan hakikat interaksi sosial
  • Guru menganalisis syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
  • Guru memberikan waktu bertanya kepada siswa

KONFIRMASI
  • Guru memberikan umpan balik kepada siswa dengan memberi penguatan tentang apa yang didiskusikan tersebut

  • Guru memberikan tambahan penjelasan dari berbagai sumber lain.

30 Menit



3.
Kegiatan Akhir
  • Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang haikat interaksi dan syarat-syarat interaksi sosial dalam masyarakat. Siswa mencatat beberapa hal yang penting. 
  • Penugasan
Guru  memberi tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut.   
10 Menit


Pertemuan 2
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)

b.   Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut.
5 Menit


2.
Kegiatan Inti
EKSPLORASI
  • Mengajak siswa untuk mengingat untuk mengingat tentang materi sebelumnya
  • Mengarahkan siswa untuk menggali materi yang akan diajarkan.

ELABORASI
  • Guru menjelaskan tentang Status, Peranan, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
  • Guru memberikan waktu bertanya kepada siswa


KONFIRMASI
  • Guru memberikan umpan balik kepada siswa dengan memberi penguatan tentang apa yang didiskusikan tersebut
  • Guru memberikan tambahan penjelasan dari berbagai sumber lain.

30 Menit



3.
Kegiatan Akhir
  • Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dilaksanakan
  • Penugasan
Guru  memberi tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut.   
10 Menit



Pertemuan 3

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.  Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk mengikuti pelajaran.

b.  Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut.
5  Menit

2.
Kegiatan Inti
EKSPLORASI
  • Mengajak siswa untuk mengingat untuk mengingat tentang materi sebelumnya
  • Mengarahkan siswa untuk menggali materi yang akan diajarkan.

ELABORASI
  • Guru membuat sejumlah kelompok untuk berdiskusi mengenai mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong interaksi sosial.
  • Setiap kelompok mengirim perwakilanya untuk maju kedepan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya

KONFIRMASI
  • Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
30 Menit


3.
Kegiatan Akhir
  • Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman terkait materi yang telah dilaksanakan
  • Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi kelompok.
  • Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal evaluasi di hlm 20-22.
10 menit


Pertemuan 4
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
  • Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk mengikuti pelajaran.
  • Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut.
5  Menit

2.
Kegiatan Inti
EKSPLORASI
  • Mengajak siswa untuk mengingat untuk mengingat tentang materi sebelumnya
  • Mengarahkan siswa untuk menggali materi yang akan diajarkan.



ELABORASI
  • Guru menjelaskan mengenai bentuk-bentuk interaksi social
  • Guru mempersilahkan siswa untuk bertanya terkait dengan materi yang telah disampaikan

KONFIRMASI
  • Guru membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
30 Menit


3.
Kegiatan Akhir
  • Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial.
  • Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri
  • Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal evaluasi di hlm 20-22.
10 menit


E.     Sumber pembelajaran:
1.      Buku IPS SMK dan MAK kelas X Erlangga  halaman 1  -  22
2.      Masalah-masalah sosial
3.      Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.


F.     Media
1.       Papan tulis
2.       Lembar soal
3.       Transparan Konsep
4.       Power Point


G.    Penilaian
1.      Mengerjakan latihan-latihan pada buku
2.      Melakukan pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat
3.      Test pilihan ganda dan uraian
4.      Penilaian hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20













LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6















Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                                       24—30            = Sangat Baik
B. Kurang Baik          Skor 2                                       18—23            = Baik
C. Cukup Baik           Skor 3                                       12—17            = Cukup
D. Baik                      Skor 4                                        6—11             = Kurang
E. Sangat Baik           Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                                             2—15             = Sangat baik             
2.      Tanggung jawab individu                                              9—11              = Baik
3.      Pemikiran                                                                       6—8                = Cukup         
4.      Keberanian berpendapat                                                3—5                = Kurang       
5.      Keberanian tampil         


Kebumen, …..
Mengetahui:
Kepalasa Sekolah SMK                                                                Guru Mata Pelajaran IPS