RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (IPS SMK)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(Pembelajaran 1,2,
3 dan 4)
Nama
sekolah : SMK NEGERI
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/semester : X/I
Standar Kompetensi :
1. Memahami kehidupan sosial manusia.
Kompetensi Dasar :
1.1. Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
Indikator :
·
Menjelaskan
pengertian dan syarat terjadinya interaksi sosial
·
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi
sosial
·
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan pengertian dan syarat interaksi sosial
2.
mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong interaksi
sosial
3.
menjelaskan status dan peranan individu dalam interaksi
sosial
4.
mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi.
B. Materi Pembelajaran
1.
Hakikat
Interaksi Sosial
2.
Status,
Peranan, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
3.
Faktor-Faktor
Pendorong Interaksi Sosial
4.
Bentuk-Bentuk
Interaksi Sosial
C. Metode Pembelajaran
- informasi
- inquiry
- kerja
mandiri
- diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Guru
mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan tugas, dan
memeriksa kebersihan kelas)
b. Rambu-rambu
belajar
Guru
menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran
tersebut.
|
5 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
EKSPLORASI
ELABORASI
KONFIRMASI
|
30 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
Siswa dan
guru membuat rangkuman tentang haikat interaksi dan syarat-syarat interaksi
sosial dalam masyarakat. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membaca
materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut.
|
10 Menit
|
Pertemuan
2
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Guru
mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan tugas, dan
memeriksa kebersihan kelas)
b.
Rambu-rambu belajar
Guru
menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran
tersebut.
|
5 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
EKSPLORASI
ELABORASI
KONFIRMASI
|
30 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
Siswa dan
guru membuat rangkuman tentang materi yang telah dilaksanakan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membaca
materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut.
|
10 Menit
|
Pertemuan 3
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apersepsi
Guru
mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan
kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk mengikuti
pelajaran.
b. Rambu-rambu
belajar
Guru
menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran
tersebut.
|
5 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
EKSPLORASI
ELABORASI
KONFIRMASI
|
30 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
Siswa dan
guru membuat rangkuman terkait materi yang telah dilaksanakan
Guru
memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi
kelompok.
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal evaluasi di hlm 20-22.
|
10 menit
|
Pertemuan
4
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
Guru
mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan
kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk mengikuti
pelajaran.
Guru
menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran
tersebut.
|
5 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
EKSPLORASI
ELABORASI
KONFIRMASI
|
30 Menit
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
Siswa dan
guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan individu dalam
interaksi sosial.
Guru
memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal evaluasi di hlm 20-22.
|
10 menit
|
E.
Sumber
pembelajaran:
1. Buku IPS SMK dan MAK kelas X
Erlangga halaman 1 - 22
2. Masalah-masalah sosial
3. Media massa seperti majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F.
Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
G.
Penilaian
1. Mengerjakan latihan-latihan pada
buku
2. Melakukan pengamatan terhadap
interaksi sosial dalam masyarakat
3. Test pilihan ganda dan uraian
4. Penilaian hasil diskusi
Berikut ini format penilaian
diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR
OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan
pendapat.
- Kemampuan memberikan
argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan
pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30
= Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor
3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 =
Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
Keterangan:
Rentang skor :
1—3
1.
Aktivitas dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5
= Kurang
5. Keberanian tampil
Kebumen,
…..
Mengetahui:
Kepalasa
Sekolah SMK Guru
Mata Pelajaran IPS