RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN | BULU TANGKIS KUR 13|
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/Semester :
VIII /1 (ganjil)
Alokasi Waktu : 9 jp
A.
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator pencapaian Kompetensi
|
1.
|
3.4. Menentukan
fariasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola kecil
|
3.4.2. Menjelaskan
gerakan memegang raket dipermainan bulu tangkis!
3.4.2. Menjelaskan gerakan servis dalam dipermainan
bulu tangkis!
3.4.3.
Menjelaskan gerakan memukul forehand dipermainan bulu
tangkis!
|
4.
4.2
|
4.2 Mempraktikan variasi dan kombinasi
teknik dasar berbagai bentuk permainan bola kecil dengan koordinasi yang baik
|
4.2.1.
Melakukan pegangan raket
4.2.2.
Melakukan pukulan
servis dalam bulutangkis
4.2.3.
Melakukan pukulan forehand dalam bulutangkis
|
C Tujuan Pembelajan
1.
Menjelaskan gerakan memegang raket dipermainan bulu
tangkis!
2.
Menjelaskan gerakan
servis dalam dipermainan bulu tangkis!
3.
Menjelaskan gerakan memukul forehand dipermainan bulu
tangkis!
4.
Melakukan pegangan raket
5.
Melakukan pukulan servis dalam bulutangkis
6.
Melakukan pukulan forehand dalam bulutangkis
D MetodePembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Metode: penugasan, diskusi, dan tanya jawab.
E.
Materi Pembelajaran
Tema :Permainan Bola Kecil
Sub Tema : Permainan Bulutangkis
Materi
selengkapnya dapat dilihat di buku siswa halaman 119-129
1. Teknik Dasar Memegang Raket
(Grip)
Teknik dasar memegang raket
pada dasarnya adalah selalu berubah ubah sesuai dengan posisi dan kondisi saat
bermain seperti yang telah disampaikan di LKS Penjasorkes semester sebelumnya.
a. Cara Amerika (American grip)
yang pipih raket dipegang pada
ujung tangkainya, pada bagian jari telunjuk dan ibu jari menempel pada bagian
permukaan yang tangkai
b. Cara Inggris (English grip)
raket dipegang pada pada tangkainya, pada bagian
jari telunjuk dan ibu jari menempel pada bagian permukaan yang tangkai yang
sempit
c. Cara Campuran, raket dipegang pada pada
tangkainya seperti English grip, tetapi
setelah raket dimiringkan tangkai dipegang seperti berjabat tangan (Shake Hand grip)
d. Cara pegangan back hand (Backhand grip), raket dipegang pada pada tangkainya
seperti English grip, tetapi raket
diputar ke kiri sehingga ibu jari lebih aktif menekan pegangan raket
2. Teknik Dasar Memukul Bola
a. Pukulan servis
Servis adalah pukulan suatu pertandingan dan harus dilakukan dalam batas
lapangan servis masing-masing dan mengarahkan ke bulu ( shutle cock ) ke bidang lapangan lawan secara diagonal
Macam-macam pukulan servis :
1)
pukulan servis pendek ( short servis )
2)
pukulan servis panjang ( lob service )
3)
pukulan servis mendatar ( drive service )
4)
pukulan servis cambuk ( flick service )
b. Pukulan
forehand
Pukulan fore hand adalah pukulan yang diayun
dari belakang badan dengan arah depan raket dan telapak tangan menghadap bola.
Pukulan fore handadalah pukulan
standar yang mudah diajarkan dalam memukul shuttlecock.
1)
Persiapan (Sikap awal)
(a) bergerak kearah kock dan atur posisi tubuh
(b)kaki kanan di depan kaki kiri
(c) berat badan berada pada kaki kanan
(d)
kecepatan dan pelemasan pada pergelangan tangan sangat
berpengaruh pada hasil pukulan
(e) pandangan kearah kock
2)
Pelaksanaan (Perkenaan raket)
a.
menerima kock
di belakang badan
b.
ayun tangan menyilang ke depan atas
c.
berat badan dialihkan kaki kanan
d.
pukulah kockpada
depan raket dengan lecutan
3)
Gerakan Lanjutan (Sikap akhir)
(a)
Ikuti gerakan lengan dengan memindah kaki sejajar
dengan kaki kiri
(b)
Posisi kaki dan tubuh kembali dalam kondisi siap
(c)
Posisi tangan siap menerima kock kembali
1. Materi Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran
remedial adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih
mudah dipahami dan dilakukan. lapangan yang diperkecil ukurannya dan ketinggian net diturunkan.
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Materi pengayaan dikembangkan dari materi
pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitan dan peraturan serta
strategi permainan bulutangkis.
F.
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
Kegiatan di dalam kelas
·
berdoa, presensi, dan apersepsi (penayangan
video pendek salah satu momen kemenangan permainan bulutangkis dan video
tehnik dasar dalam permainan bulutangkis)
·
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan di lapangan
· Berbaris dan melakukan peregangan statis dilanjutkan dengan peregangan dinama
|
20 menit
|
Inti
|
1. Melakukan pemanasan dengan pendekatan
bermain bulu tangkis sesuai kemampuan masing-masing peserta
2.
Melakukan
rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan scientific dan dengan metode resipokal
a. Mengamati
·
Membaca
informasi tentang gerak fundamental permainan bola kecil melalui permainan
bulutangkis ( tehnik dasar pegangan raket, servis,tehnik memukul kock forehand ) dari sumber lain
·
Peserta
didik mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru dan teman yang dijadikan
model
b. Menanya
·
Peserta
didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan
·
Melakukan
klarifikasi kepada guru mengenai berbagai hal yang belum dipahami
·
Menanyakan
berbagai hal yang ingin diketahui lebih lanjut kepada teman sebaya atau guru
c. Mengumpulkan informasi / Mencoba
·
Peserta
didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan yang di demontrasikan, yaitu
beberapa teknik dasar memegang raket
yang disesuaikan dengan pukulan secara berpasangan/berkelompok
ü Melakukan gerakan servise sendiri dengan
sasaran
ü Melakukan gerakan jugling berpasangan
dengan pukulan forehand.
d. Mengasosiasi
·
Peserta
didik saling memberi masukan dan melakukan perbaikan sesuai dengan hasil
pengamatan dan simpulan
e.
Mengomunikasikan
· Melakukan
permainan bulutangkis dengan menggunakan peraturan
yang dimodifikasi dengan menerapkan
variasi dan kombinasi gerakan
memukul forehand dengan benar dan
membuat kesimpulannya. yang
telah dipelajari dengan menunjukkan
nilai sportif, bertanggungjawab, menghargai perbedaan, kerja-sama,
toleransi, disiplin dan menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenang-an
secara wajar selama melakukan permainan.
|
80 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan,
berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
(alokasi waktu ini sudah memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
·
Melakukan
refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
·
Menarik
kesimpulan dari hasil pembelajaran
|
20
enit
|
G. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a.
Kompetensi Pengetahuan
Instrumen
Penilaian :
Tes tulis, Daftar
Pertanyaan
b. Kompetensi
Keterampilan
Instrumen
Penilaian :
Lembar Observasi
Keterampilan memegang raket dan servis,
pukulan forehand, teknik dasar dalam permainan sederhana.
c.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Instrument penilaian pembelajaran
remedial pada dasarnya sama dengan instrument penilaian pembelajaran regular.
E. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media
1)
Gambar
2)
Video
2. Alat dan bahan
1)
Lapangan bulutangkis
2)
Net
3)
Raket
4)
Shuttlecochk
5)
Tali Rafia
3.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs
Kelas VIIII. Cetakan Ke-1.(Edisi Revisi).Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. (hal. 193-211).
2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Siswa Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VIIII. Cetakan Ke-1.(Edisi Revisi) Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. (hal. 98-110).
3.
Gambar-gambar
teknik bulu tangkis
1.
PENILAIAN
PENGETAHUAN
Butir soal:
- Jelaskan prinsip dasar gerakan memegang raket
dipermainan bulu tangkis!
- Deskripsikan prinsip dasar gerakan servis dipermainan bulu tangkis!
- Jelaskan prinsip dasar gerakan memukul forehand
dipermainan bulu tangkis!
Contoh Pedoman Penskoran Soal Uraian bulutangkis
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Raket dipegang pada pada tangkainya, pada bagian
jari telunjuk dan ibu jari menempel pada bagian permukaan yang tangkai yang
sempit
|
4
|
2
|
Posis awal raket dipegang, kaki siap
melangkah, cock dipegang didepan setinggi pinggang, berat badan dikaki
belakang, pindahkan berat badan kekaki depan, lengan yang memegang raket,
diayun kedepan bersamaan dengan cock dijatuhkan , kontak cock dengan raket
setingggi paha, dengan gerak raket mendorong cock bergerakdiatas net.
|
4
|
3
|
Persiapan (Sikap awal)
a. bergerak kearah kock dan atur posisi tubuh
b. kaki
kanan di depan kaki kiri
c.
berat badan berada pada kaki kanan
d.
pandangan kearah kock
Pelaksanaan
(Perkenaan raket)
a.ayun
tangan menyilang ke depan atas
b. berat badan dialihkan
kaki kanan
c..pukulah kock pada depan raket dengan lecutan
Gerakan
Lanjutan (Sikap akhir)
a.
Ikuti gerakan lengan dengan memindah kaki sejajar
dengan kaki kiri
b.
Posisi kaki dan tubuh kembali dalam kondisi siap
Posisi
tangan siap menerima kock kembali
|
4
|
Jumlah score
maksimal
|
4
|
|
Keterangan : Masing-masing
opsi jawaban jika salah nilai 1, jika tidak dijawab nol
|
|
2.
PENILAIAN KETERAMPILAN
- Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
Teknik
Penilaian
|
:
|
Tes
Praktik
|
Bentuk
Instrumen
|
:
|
rating scale (dengan lembar pengamatan)
|
Kisi-kisi
|
:
|
1.
Melakukan pegangan raket
2.
Melakukan pukulan
servis dalam bulutangkis
3.
Melakukan pukulan forehand dalam bulutangkis
|
b.
Lembar
Pengamatan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kualitas
Gerakan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
1
|
Pegangan
Raket
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Servis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Forehand
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
||||||||||
Jumlah Skor maksimal : 50
|
|
Skor perolehan
Nilai
:----------------------------------- X 4
Skor maksimal
Rubrik dan penskoran
1.
Pegangan Raket
No
|
Rubrik
|
Skore
|
1
2
3
4
|
Cara Amerik (American
grip), yang pipih raket dipegang pada ujung tangkainya, pada bagian jari
telunjuk dan ibu jari menempel pada bagian permukaan yang tangkainya sempit
Cara Inggris (English grip) raket dipegang pada pada tangkainya, pada bagian
jari telunjuk dan ibu jari menempel pada bagian permukaan yang tangkai yang
sempit
Cara Campuran, raket dipegang pada pada
tangkainya seperti English grip, tetapi
setelah raket dimiringkan tangkai dipegang seperti berjabat tangan (Shake Hand grip)
Cara pegangan back hand (Backhand grip), raket dipegang pada pada tangkainya
seperti English grip, tetapi raket
diputar ke kiri sehingga ibu jari lebih aktif menekan pegangan raket
|
1.
Nilai 10 jika memenuhi semua kriteria
2.
Nilai 8 jika memenuhi 3 kriteria
3.
Nilai 6 jika memenuhi 2 kriteria
4.
Nilai 4 jika memenuhi 1 kriteria
5.
Nilai 2 jika tidak memenuhi semua criteria
|
2.
Servis
No
|
Rubrik
|
Skore
|
1
|
Posis awal raket dipegang, kaki siap melangkah, cock dipegang
didepan setinggi pinggang, berat badan dikaki belakang, pindahkan berat badan
kekaki depan, lengan yang memegang raket, diayun kedepan bersamaan dengan
cock dijatuhkan , kontak cock dengan raket setingggi paha, dengan gerak raket
mendorong cock bergerakdiatas net.
|
1.
Nilai 10 jika memenuhi semua criteria
2.
Nilai 8 jika memenuhi 3 kriteria
3.
Nilai 6 jika memenuhi 2 kriteria
4.
Nilai 4 jika memenuhi 1 kriteria
5.
Nilai 2 jika tidak memenuhi semua criteria
|
3. Pukulan Forehand
No
|
Rubrik
|
Skore
|
1
|
Persiapan (Sikap awal)
a. bergerak kearah kock dan atur posisi tubuh
b. kaki
kanan di depan kaki kiri
c.
berat badan berada pada kaki kanan
d. kecepatan dan pelemasan pada pergelangan tangan sangat
berpengaruh pada hasil pukulan
e.
pandangan kearah kock
Pelaksanaan
(Perkenaan raket)
a.menerima kock di belakang badan
b.ayun tangan menyilang ke
depan atas
c. berat badan dialihkan
kaki kanan
d.pukulah kock pada depan raket dengan lecutan
Gerakan
Lanjutan (Sikap akhir)
c.
Ikuti gerakan lengan dengan memindah kaki sejajar
dengan kaki kiri
d.
Posisi kaki dan tubuh kembali dalam kondisi siap
e.
Posisi tangan siap menerima kock kembali
|
1.
Nilai 10 jika memenuhi semua criteria
2.
Nilai 9 jika memenuhi 7 kriteria
3.
Nilai 8 jika memenuhi 6 kriteria
4.
Nilai 7 jika memenuhi 5 kriteria
5.
Nilai 6 jika memenuhi 4 kriteria
6.
Nilai 5 jika memenuhi 3 kriteria
7.
Nilai 4 jika memenuhi 2 kriteria
8.
Nilai 3 jika memenuhi 1 kriteria
9.
Nilai 2 jika tidak memenuhi semua criteria
|
Mengetahui, Kebumen,
Juli 20
Kepala SMP Guru Mata
Pelajaran PJOK