Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (K13) RPP BOLA VOLLY


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMP NEGERI 
Mata Pelajaran               : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester              : VIII / 1 (satu)
                  Alokasi Waktu               : ( 1 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin , tanggung jawab ,peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan kebeadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)



3.1.1. Siswa dapat menyebutkan macam-macam teknik dasar dalam permainan bola voli

3.1.2.  Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah gerakan pasing bawah dan servis bawah

3.1.3.Siswa dapat mengidentifikasikan kegunaan pasing bawah dan servis bawah dalam permainan bola voli

4.1. Mempraktikkan  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
4.1.1. Mempraktikkan gerak passing bawah dalam permainan bola voli

4.1.2. Mempraktikkan gerak servis bawah dalam permainan bola voli


4.1.3. Mempraktikkan permainan bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi


C Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menyebutkan macam-macam teknik dasar dalam permainan bola voli
2.      Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah gerakan pasing bawah dan servis bawah
3.      Siswa dapat mengidentifikasikan kegunaan pasing bawah dan servis bawah dalam permainan bola voli
4.      Mempraktikkan gerak passing bawah dalam permainan bola voli
5.      Mempraktikkan gerak servis bawah dalam permainan bola voli
6.      Mempraktikkan permainan bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi
D MetodePembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.      Metode: penugasan, diskusi, dan tanya jawab.
E.     Materi Pembelajaran
Tema                     : Permainan bola besar
Sub Tema              : Permainan bola besar menggunakan permainan bola volly
1.      Materi Pembelajaran Reguler
Latihan gerakan pasing dalam permainan bola voli
·      Gerakan pasing bawah
Materi selengkapnya dapat dilihat pada buku peserta didik hal 26 s.d 32






Latihan gerakan servis dalam permainan bola voli
·      Gerakan servis bawah
Materi selengkapnya dapa dilihat pada buku peserta didik hal. 33 s.d 36


Permainan bola voli dengan permainan yang dimodifikasi
·      Bermain dengan menggunakan lapangan penuh dengan waktu dan jumlah pemain yang dimodifikasi.
Materi selengkapnya dapat dilihat pada buku peserta didik hal. 36 s.d 39



2.      Materi Pembelajaran Remedial
Pada dasarnya materi pembelajaran remedial adalah materi pembelajaran regular yang disederhanakan sehingga lebih mudah dipahami dan dilakukan serta diperuntukkan bagi peserta didik yang belum tuntas atau mencapai KKM Misalnya jumlah pemain diperbanyak, net di modifikasi (diturunkan ).

3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
·           Bermain dengan lapangan penuh dengan jumlah pemain 6 lawan 6
·           Materi pengayaan dikembangkan dari materi pembelajaran regular dengan meningkatkan faktor kesulitannya, misalnya ; faktor kesulitan dan peraturan serta strategi permainan bola voli sesungguhnya

Kegiatan Pembelajaran (dengan pendekatan problem based learning)

  1. Pertemuan Pertama
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI
WAKTU
 Pendahuluan
1.     Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi menyesuaikan dengan kondisi.
3.     Guru mempertanyakan apakah pengertian permainan bola voli? dan cara bermain bola voli”,  dan pertanyaan lainnya yang relevan.
4.     Guru memotivasi peserta didik dengan bercerita tentang pemain-pemain profesional
5.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut, yaitu: pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam Permainan bola voli.
6.     Guru menyampaikan teknik penilaian dalam bentuk tes tertulis dan tes unjuk kerja
7.     Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar kerja siswa, mengatur giliran peran, melakukan klarifikasi, dan melakukan penilaian proses dan hasil).
8.     Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik .
9.     Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (lempar tangkap). Bola dipegang dengan kedua tangan dan posisi tangan lurus, kedua kaki membentuk kuda-kuda, bola dilempar ketemandibagi dalam 4 kelompok besar.

10 menit
  Inti
·          Peserta didik  dibagi menjadi 4 kelompok,
Tiap kelompok mendapatkan satu bola,
2 kelompok melakukan  cara-cara pasing bawah yang diketahuinya.
2        kelompok melakukan cara-cara servis bawah yang diketahuinya.
·       Peserta didik mengidentifikasi gerakkan-gerakkan yang telah dilakukan
·         Peserta didik mempelajari Permainan bola voli,di buku siswa halaman 26 s.d. 39
·         Peserta didik mulai menemukan kesulitan, dan berusaha untuk membetulkan kesalahannya setelah membaca buku siswa baik secara individu maupun kelompok.
·           Peserta didik Menyimpulkan gerakan passing bawah dan servis bawah dengan teknik yang benar
·         Peserta didik Memaparkan hasil diskusi yang berkaitan dengan latihan passing bawah dan servis bawah secara berkelompok.



20 menit
Penutup
1.     Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
2.     Bersama peserta didik guru melakukan refleksi.
3.     Bersama peserta didik guru melakukan penyimpulan.
4.     Peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan.
5.     Guru menugaskan peserta didik untuk berlatih mandiri dan membuat catatan tentang keterampilan passing bawah dan servis bawah
6.     Berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik dan menyampaikan salam.
10    Menit

F.     Penilaian
v Kompetensi Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian :
Tes Tertulis (Lampir)
b.      Instrumen Penilaian
 Daftar Soal Uraian.
c.       Indikator dan Contoh Instrumen
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jml Soal
1
3.1 Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Bola Voli
1. Siswa dapat menyebutkan macam-macam teknik dasar dalam permainan bola voli
2. Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah gerakan pasing bawah dan servis bawah
3. Siswa dapat mengidentifikasikan kegunaan pasing bawah dan servis bawah dalam permainan bola voli

Uraian
5
Butir soal:
    1. Sebutkan 4 macam teknik dasar permainan bola voli?
    2. Jelaskan langkah-langkah gerakan pasing bawah?
    3. Jelaskan langkah-langkah gerakan servis bawah?
    4. Jelaskan kegunaan pasing bawah dalam permainan bola voli ?
    5. Jelaskan Kegunaan servis bawah dalam permainan bola voli ?

 Penskoran Soal Uraian Permainan bola voli

No. Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
1. Pasing , Servis , Smash,  Block
4


2
Sikap awal :1. kedua kaki ditekuk membentuk kuda-kuda,
                    2. Kedua telapak tangan berkaitan , siku lurus
Pelaksanaan : Angkat kedua tangan/mengayunkan lengan  lurus lurus kedepan
 Sikap Akhir:  Tubuh atau badan membentuk garis lurus atau tegak


4
3
 1. Salah satu kaki di depan
 2. Badan agak condong ke depan
 3.Salah satu tangan memegang bola dan tangan satunya disamping badan
 4. Bola dilambungkan 10-20 cm
  5. Tangan satunya memukul bola yang dilambungkan tadi




4
4
  1. Untuk menerima bola pasing dari lawan
  2. Mengumpan kepada teman
2
5
  1. Memulai permainan bola voli
  2. Sebagai serangan yang pertama
2
Skor Maksimal
16


Cara menilai :
No Soal
Uraian
Skor
1
Apabila bisa menjawab 4 teknik dasar
Apabila bisa menjawab 3 teknik dasar
Apabila bisa menjawab 2 teknik dasar
Apabila bisa menjawab 1 teknik dasar
4
3
2
1
2
Apabila bisa menjawab 4 langkah
Apabila bisa menjawab 3 langkah
Apabila bisa menjawab 2 langkah
Apabila bisa menjawab 1 langkah
4
3
2
1



v Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
1)   Siswa diminta untuk melakukan latihan Passing bawah  yang dilakukan secara perorangan dan kelompok dalam waktu 60 detik.
No
Nama Siswa
Indikator Penilaian Passing bawah
NA
Sikap awal    (1-2)
Sikap pelaksanaan (1-3)
Sikap Akhir
(1-2)
Hasil / Prestasi
(1-3)





































v  Kriteria Penilaian
§  Sikap awal
1.      Kedua kaki sedikit di tekuk posisi kuda-kuda
2.      Kedua telapak tangan berkaitan siku lurus 
Cara menilai :
Nilai 2 apabila memenuhi 2 kriteria di atas.
Nilai 1 apabila memenuhi 1 kriteria diatas
§  Sikap Pelaksanaan
1.      Angkat kedua tangan lurus ke depan 
Cara menilai :
Nilai 2 apabila memenuhi 1 kriteria di atas.
Nilai 1 apabila Tidak memenuhi 1 kriteria di atas.
§  Sikap Akhir
1.    Badan dan kaki membentuk garis lurus/tegak
Cara menilai :
Nilai 2 apabila memenuhi 1 kriteria di atas.
Nilai 1 apabila Tidak memenuhi 1 kriteria diatas

2)   Siswa diminta untuk melakukan latihan Servis  Bawah yang dilakukan secara perorangan dan kelompok atau dalam waktu 10 kesempatan servis
No
Nama Siswa
Indikator Penilaian Servis
NA
Sikap awal    (1-3)
Sikap pelaksanaan (1-4)
Sikap Akhir
(1-3)
Hasil / Prestasi
(1-3)




































v  Kriteria Penilaian
§  Sikap awal
1.      Berdiri kaki kiri didepan atau kaki kanan dibelakang atau sebaliknya
2.      Sikap badan sedikit membungkuk
3.      Lengan tangan tangan diayunkan kebelakang
Cara menilai :
Nilai 3 apabila memenuhi 3 kriteria di atas
Nilai 2 apabila memenuhi 2 kriteria di atas.
Nilai 1 apabila memenuhi 1 kriteria diatas

§  Sikap Pelaksanaan
1.      Lengan tangan diayunkan kebelakang selanjutnya pukul bola dengan tangan kanan
2.      Pukulan dilakukan dengan tangan mengepal
Cara menilai :
Nilai 2 apabila memenuhi 2 kriteria di atas.
Nilai 1 apabila memenuhi 1 kriteria di atas.
§  Sikap Akhir
1.    Setelah memukul bola kaki kanan melangkah ke depan
Cara menilai :
Nilai 2 apabila memenuhi 1 kriteria di atas.
Nilai 1 apabila Tidak memenuhi 1 kriteria diatas

G.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/alat
a.     Bola voli
b.    Net
c.     Peluit

2.    Sumber 
a.    Buku siswa: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud (hal. 24 s.d. 39)
b.   Buku guru: Muhajir. 2016. PJOK. Jakarta: Kemdikbud (hal. 27 s.d. 36)




Mengetahui
Kepala Sekolah
SMP NEGERI 
Kebumen, Juli 2018
Guru Mata Pelajaran PJOK