CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SENAM/ UJI DIRI MAHASISWA PPG
Satuan Pendidikian :
SMPN 5 Surakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas :
VII (Tujuh)
Semester :
1 (satu)
Alokasi Waktu :
2x 2 x 40 menit (2 x pertemuan)
Standar Kompetensi (SK)
Mempraktikan senam dasar dengan
teknik yang benar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar (KD)
1.1
Mempraktikan senam dasar dengan
bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggung jawab.
1.2. Mempraktikan senam
dasar dengan bentuk latihan keseimbangan
bertumpu pada selain kaki serta
nilai disiplin,
keberanian,tanggung jawab,
kerjasama, toleransi, percaya diri, menghargai lawan.
Indikator
Kognitif
Produk
1.
Siswa dapat membuat keputusan untuk menentukan kaki tumpu dan kaki keseimbangan.
2.
Siswa dapat membuat keputusan untuk mengangkat kaki keseimbangan.
3.
Siswa dapat membuat
keputusan untuk menentukan tumpuan selain kaki.
4.
Siswa dapat membuat keputusan
untuk mempertahankan sikap keseimbangan.
Proses
1.
Mengamati
karakteristik perubahan sikap
keseimbangan tumpuan kaki dan tumpuan selain kaki.
2.
Memperhatikan
penjelasan dan instruksi guru
Psikomotor
1. Mempertahankan sikap tumpuan pada gerakan keseimbangan.
2. Melakukan gerakan mengangkat kaki untuk keseimbangan.
3. Mempertahankan sikap keseimbangan.
Afektif
Perilaku berkarakter
1.
Disiplin
dalam melakukan setiap tugas pembelajaran.
2.
Bersemangat
dan sungguh-sungguh dalam pembelajaran
Keterampilan sosial
1.
Bekerjasama dengan
teman dalam menyelesaikan tugas gerak.
2.
Bertanya dan
berpendapat saat pembelajaran.
3.
Percaya diri,
tolerans, tanggung jawab dalam melakukan gerakan
A. Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
Produk
1.
Siswa dapat menjelaskan cara menentukan kaki tumpu dan kaki
keseimbangan.
2.
Siswa dapat menjelaskan cara mengangkat kaki keseimbangan.
3.
Siswa dapat menjelaskan cara menentukan tumpuan selain kaki.
4.
Siswa dapat
menjelaskan cara mempertahankan sikap keseimbangan.
Proses
1.
Secara individu atau berkelompok, siswa mengamati karakteristik perubahan sikap keseimbangan tumpuan kaki dan tumpuan selain kaki.
2.
Melakukan
diskusi dan pencarian informasi tentang karakteristik perubahan sikap keseimbangan tumpuan kaki dan tumpuan selain kaki..
3. Melakukan diskusi dan pencarian informasi tentang cara menentukan tumpuan selain kaki.
4. Melakukan diskusi dan pencarian informasi tentang cara mempertahankan sikap keseimbangan
Psikomotor
1. Dalam melakukan mempertahankan sikap tumpuan pada gerakan keseimbangan dapat dilakukan
secara berteman.
2. Melakukan gerakan mengangkat kaki untuk keseimbangan
dengan cara yang benar.
3. Mempertahankan sikap keseimbangan dengan benar.
Afektif
Perilaku Berkarakter
1.
Mengikuti proses pembelajaran, dan menunjukkan sikap disiplin
dalam melakukan setiap tugas pembelajaran.
2.
Mengikuti
proses pembelajaran, dan menunjukkan sikap semangat dan bersungguh-sungguh
dalam melakukan tugas pembelajaran.
Keterampilan Sosial
1.
Melakukan gerakan
keseimbangan, siswa menunjukkan sikap kerjasama.
2.
Pada saat melakukan gerakan,
siswa saling melakukan koreksi.
3.
Pada saat guru menjelaskan, siswa memperhatikan.
4.
Pada saat siswa lain bertanya atau menjawab pertanyaan
guru, seluruh siswa mendengarkan dan memperhatikan.
5.
Pada saat melakukan tugas-tugas pembelajaran, siswa
melaksakannya dengan penuh percaya diri dan toleransi.
B. Materi
Pembelajaran
Uji diri/Senam lantai
·
Senam dasar
dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki (berdiri dengan
satu kaki dari posisi jongkok, melompat dengan satu kaki, berjalan pada titian)
·
Senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu
pada selain kaki (sikap lilin, berdiri dengan tangan, berdiri dengan dahi)
C. Model/Pendekatan/Strategi/Metode/Teknik
Pembelajaran
1. Model/Pendekatan : Pendekatan taktis.
2. Strategi : Game – Drill – Game.
3. Metode/teknik : (bagian – keseluruhan – gabungan), Diskusi,
tugas, dan tanya jawab,
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Persiapan
Guru Penjasorkes Sebelum Pembelajaran
a.
Menyiapkan peralatan / media pembelajaran dan peta
setting/tata letak alat.
b.
Guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk
mengelaborasi respons siswa.
2.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Berdoa dan
presensi. Siswa berbaris dengan tertib dan disiplin.
b.
Apersepsi (menghubungkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal
siswa). Saat ini, siswa didorong untuk berani berpendapat
terkait pengetahuan keseimbangan.
c.
Menyampaikan
Tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa.
d.
Pemanasan
dilakukan dengan “ game”.
Permainan : ” SEBUT PERINTAH, TUJU WARNANYA ”.
-
Siswa
berkumpul ditengah lapangan ( mengelilingi botol warna merah )
-
Guru
menyebutkan perintah, siswa melakukan dan menuju kewarna yang sudah ditentukan
Kalau ada perintah :
-
Berjalan, maka seluruh siswa harus berjalan menuju botol warna kuning
-
Berlari, maka seluruh siswa berlari menuju botol warna hijau
-
Merangkak, maka seluruh siswa merangkak menuju botol warna biru
-
Jongkok, maka seluruh siswa berjalan jongkok menuju botol warna ungu
-
Jalan kepiting maka seluruh siswa berjalan kepiting menuju botol
warna merah
-
Dan
seterusnya

1 Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan
senam dasar dengan bentuk latihan
keseimbangan, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

F
bertumpu pada kaki (berdiri
dengan satu kaki dari posisi jongkok, melompat dengan satu kaki,
berjalan pada titian) secara berkelompok atau berpasangan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Strategi pelaksanaan dengan
menggunakan model tugas/penugasan
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
siswa mempelajari tugas ajar
dan indikator keberhasilannya
siswa memperkirakan waktu
yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
siswa melaksanakan tugas
ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
bagi siswa yang belum mampu
mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi
kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
bagi siswa yang telah
berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka
diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang
dimodifikasi.
F
Strategi pelaksanaan dengan
menggunakan model resiprokal/timbal-balik
guru mengatur siswa agar
berpasang-pasangan
guru membagikan bahan ajar,
yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
siswa mempelajari tugas
gerak dan indikator keberhasilannya
siswa membagi tugas, siapa
yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
siswa melaksanakan tugas
gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai
dengan indikator yang telah ditentukan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup (10 menit)
Pendinginan
a.
Refleksi Pengalaman Belajar Siswa.
Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat tentang hal-
hal yang baru dipelajarinya.
b.
Evaluasi Umum terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa (pengetahuan,
sikap, dan keterampilan).
c.
Apresiasi yaitu memberikan
penghargaan atas hasil kerja siswa, baik kelompok dan atau individu.
d.
Tindak Lanjut (pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan
pembelajaran berikutnya).
4.
Sumber
Belajar/ Media Pembelajaran
a. Sumber
belajar
·
Buku referensi,
, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII,
·
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
·
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP.
b. Media
pembelajaran.
·
Botol Berwarna.
·
Peluit
·
Matras
c.
Prasarana
·
Ruang terbuka
yang datar dan aman (Bangsal senam)
E. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek
Psikomotor
· Berdiri dengan satu
kaki (sikap melayang)
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentu
latihan sikap melayang,
Aspek Afektif
· Disiplin, keberanian,
dan tanggungjawab
Aspek Psikomotor
· Melakukan sikap lilin
· Berdiri dengan dahi
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentu
latihan,sikap lilin dan berdiri dengan dahi
Aspek Afektif
· Disiplin, keberanian,
dan tanggungjawab
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi rvasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observas
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan berdiri dengan satu kaki (sikap melayang)
Diskripsikan gerakan belayang 9sikap kapal terbang)
Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
Lakukan)
sikap lilin, dan berdiri
dengan dahi !
Posisi kedu telapak tangan dan dahi saat melakukan kopstand, adalah ..
Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
|
1. Teknik penilaian:
-
Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan gerak senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan
bertumpu pada kaki (berdiri dengan satu
kaki dari posisi jongkok, melompat dengan satu kaki, berjalan pada titian) dan selain kaki (sikap lilin, berdiri dengan
tangan, berdiri dengan dahi)
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan
4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ---------------------------------------- X 50
Jumlah skor maksimal
-
Pengamatan sikap (afeksi):
Melakukan gerak senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu
pada kaki (berdiri dengan satu kaki dari posisi jongkok, melompat dengan satu
kaki, berjalan pada titian) dan senam dasar
dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada selain kaki (sikap lilin,
berdiri dengan tangan, berdiri dengan dahi) untuk menanamkan nilai
disiplin, keberanian, dan tanggung
jawab
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat
nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
-
Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara
lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu
pada kaki (berdiri dengan satu kaki dari posisi jongkok, melompat dengan satu
kaki, berjalan pada titian) dan senam dasar
dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada selain kaki (sikap
lilin, berdiri dengan tangan, berdiri dengan dahi)
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
20
Jumlah
skor maksimal
-
Nilai akhir yang
diperoleh siswa =

2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR MELAKUKAN SENAM DASAR
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Keseimbangan
dengan kaki
|
||||
|
||||
Keseimbangan
selain kaki
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL:
24
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM SENAM DASAR
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Keberanian
(tidak ragu-ragu saat melakukan gerakan)
|
|
2. Kedisiplinan (gerakan dilakukan dengan tertib)
|
|
3. Tanggung jawab (menjaga keselamatan diri dan orang lain)
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 3
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP DALAM SENAM DASAR
Pertanyaan yang
diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana cara melakukan keseimbangan menggunakan
kaki (berdiri dengan satu kaki dari posisi jongkok) ?
|
||||
1. Bagaimana cara
melakukan keseimbangan menggunakan
selain kaki (sikap lilin) ?
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PJOK.
(_______________________)
NIP/NIK :
..............................
|