KISI-KISI PENULISAN SOAL IPA PAS SEMESTER 1 K-13 KELAS VIII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Tingkat Belajar
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
1
|
3.1.
Menganalisis gerak pada mahluk hidup, sistem gerak pada manusia dan upaya
menjaga kesehatan sistem gerak.
3.2.
Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap, gerak berdasarkan hukum
Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak mahluk hidup.
4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan
pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia.
4.2.Menyajikan
hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda.
|
Gerak benda
|
Disajikan
pernyataan gerak benda, peserta didik dapat
membedakan jarak dan
perpindahan.
|
C2
|
PG
|
1
|
Disajikan
grafik gerak benda, peserta didik dapat menunjukkan jenis gerak benda .
|
C3
|
PG
|
2
|
|||
Disajikan
pernyataan tentang kecepatan lari seekor hewan, peserta didik dapat
menghitung salah satu besaran.
|
C2
|
PG
|
3
|
|||
Disajikan
pernyataan gerak suatu benda, peserta didik dapat menentukan salah satu
besaran pada kecepatan benda jika besaran lainnya diketahui
|
C2
|
Essay
|
31
|
|||
Disajikan
pernyataan gerak suatu benda, peserta didik dapat menentukan salah satu
besaran pada percepatan jika besaran lainnya diketahui
|
C2
|
PG
|
4
|
|||
Hukum Newton
|
Disajikan
pernyataan tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
menentukan prinsip hukum I Newton
|
C2
|
PG
|
5
|
||
Hukum Newton
|
Disajikan
pernyataan tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
membedakan penerapan hukum I Newton , II Newton dan III Newton
|
C2
|
PG
|
6
|
||
Gerak manusia
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis rangka yang berkaitan dengan fungsinya .
|
C2
|
PG
|
7
|
||
Disajikan gambar sendi manusia, peserta didik dapat
menentukan cara gerak sendi.
|
C1
|
PG
|
8
|
|||
Disajikan tabel otot, peserta didik dapat menjelaskan
ciri-cirinya
|
C2
|
essay
|
32
|
|||
Disajikan pernyataan ciri-ciri gangguan pada sistem
gerak, peserta didik dapat menyebutkan jenis penyakit
|
C2
|
PG
|
9
|
|||
Gerak Tumbuhan
|
Disajikan pernyataan tentang gerak tumbuhan,
peserta didik dapat membedakan macam-macam gerak pada tumbuhan
|
C2
|
PG
|
10
|
||
Disajikan gambar gerak tumbuhan, peserta didik dapat
menentukan jenis geraknya.
|
C3
|
PG
|
11
|
|||
2
|
3.3.
Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari , termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
4.3.
Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat
penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
Usaha
dan pesawat sederhana
|
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapat menentukan salah satu besaran
pada usaha jika besaran lainnya diketahui
|
C2
|
PG
|
12
|
Disajikan gambar pesawat sederhana,
peserta didik dapat mengelompokkannya berdasarkan cara kerjanya
|
C2
|
PG
|
13
|
|||
Disajikan pernyataan tentang pesawat
sederhana, peserta didik dapat mencari Keuntungan Mekanisnya
|
C2
|
PG
|
14
|
|||
Disajikan gambar tuas, peserta didik
dapat menentukan salah satu besaran jika besaran lainnya diketahui
|
C2
|
Essay
|
33
|
|||
Disajikan gambar katrol, peserta
didik dapat menentukan salah satu besaran jika besaran lainnya diketahui
|
C1
|
PG
|
15
|
|||
3
|
3.4.
Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya serta
teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan.
|
Struktur
dan fungsi tubuh tumbuhan
|
Disajikan gambar hasil pengamatan,
peserta didik dapat membedakan jenis tumbuhan
|
C2
|
PG
|
16
|
Disajikan gambar penampang bagian
tubuh tumbuhan, peserta didik dapat menentukan fungsi bagian tersebut
|
C2
|
PG
|
17
|
|||
Disajikan tabel ciri-ciri dikotil
monokotil, peserta didik dapat menentukan dikotil/monotil
|
C2
|
PG
|
18
|
|||
Disajikan gambar penampang bagian
tubuh tumbuhan dan ciri-cirinya, peserta didik dapat menyebutkan jaringan
yang benar
|
C2
|
PG
|
19
|
|||
Disajikan pernyataan percobaan
fotosintesis, peserta didik dapat menentukan tujuannya.
|
C2
|
PG
|
20
|
|||
4
|
3.5
Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguanyang
berhubungan dengan sistem pencernaan serta upaya menjaga kesehatan sistem
pencernaan
4.5
Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimia
|
Sistem
pencernaan
|
Disajikan data nama bahan makanan dan hasil uji bahan makanan, peserta didik dapat menentukan
kandungan didalam bahan makanan tersebut
|
C2
|
PG
|
21
|
Disajikan
data beberapa makanan, peserta didik dapat menentukan bahan makanan yang berfungsi untuk pertumbuhan
|
C1
|
PG
|
22
|
|||
Disajikan gambar sistem pencernaan manusia, peserta didik dapat menunjukkan tempat pencernaan mekanik dan kimia.
|
C2
|
PG
|
23
|
|||
Disajikan tabel nama enzim dan fungsinya,
peserta didik dapat menunjukan pasangan yang tepat
|
C1
|
PG
|
24
|
|||
Disajikan gambar organ pencernaan, peserta didik dapat
menentukan fungsi enzim yang dihasilkan organ yang ditunjuk
|
C2
|
Essay
|
34
|
|||
5
|
3.6
Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif serta
dampaknya bagi kesehatan
|
Zat
aditif dan adiktif
|
Disajikan data nama-nama bahan,
peserta didik dapat menunjukan zat aditif sintetis
|
C1
|
PG
|
25
|
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapat menjelaskan pengawetan pada bahan makanan
|
C2
|
PG
|
26
|
|||
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapat menentukan akibat dari penggunaan bahan adiktif
|
C2
|
PG
|
27
|
|||
6
|
3.7
Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada
sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
|
Sistem
peredaran darah
|
Disajikan gambar, peserta didik
dapat menyebutkan fungsi dalam sistem peredaran darah
|
C2
|
PG
|
28
|
Disajikan pernyataan, peserta didik
dapat menjelaskan proses pada pembekuan darah
|
C2
|
PG
|
29
|
|||
Disajikan gambar, peserta didik dapat
menyebutkan fungsi bagian-bagian jantung
|
C2
|
PG
|
30
|
|||
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menyebutkan macam-macam gangguan pada sistem peredaran darah
|
C2
|
Essay
|
35
|