KISI-KISI PENULISAN SOAL IPA PAS SEMESTER 1 K-13 KELAS VIII





Kompetensi Inti
KI 1   :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3   :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4   :    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Tingkat Belajar
Bentuk Soal
No Soal
1
3.1. Menganalisis gerak pada mahluk hidup, sistem gerak pada manusia dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak.
3.2. Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap, gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak mahluk hidup.
4.1  Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia.
4.2.Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda.

Gerak benda
Disajikan pernyataan gerak benda, peserta didik dapat  membedakan  jarak dan perpindahan.
C2
PG
1
Disajikan grafik gerak benda, peserta didik dapat menunjukkan jenis gerak benda . 
C3
PG
2
Disajikan pernyataan tentang kecepatan lari seekor hewan, peserta didik dapat menghitung salah satu besaran.
C2
PG
3
Disajikan pernyataan gerak suatu benda, peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada kecepatan benda jika besaran lainnya diketahui
C2
Essay
31
Disajikan pernyataan gerak suatu benda, peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada percepatan jika besaran lainnya diketahui
C2
PG
4
Hukum Newton
Disajikan pernyataan tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan prinsip hukum I Newton
C2
PG
5
Hukum Newton
Disajikan pernyataan tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat membedakan penerapan hukum I Newton , II Newton dan III Newton
C2
PG
6
Gerak manusia
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis rangka yang berkaitan dengan fungsinya .
C2
PG
7
Disajikan gambar sendi manusia, peserta didik dapat menentukan cara gerak sendi.
C1
PG
8
Disajikan tabel otot, peserta didik dapat menjelaskan ciri-cirinya
C2
essay
32
Disajikan pernyataan ciri-ciri gangguan pada sistem gerak, peserta didik dapat menyebutkan jenis penyakit
C2
PG
9
Gerak Tumbuhan
Disajikan pernyataan tentang gerak tumbuhan, peserta didik dapat membedakan macam-macam gerak pada tumbuhan
C2
PG
10

Disajikan gambar gerak tumbuhan, peserta didik dapat menentukan jenis geraknya.
C3
PG
11
2
3.3. Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari , termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Usaha dan pesawat sederhana
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan  salah satu besaran pada usaha jika besaran lainnya diketahui
C2
PG
12
Disajikan gambar pesawat sederhana, peserta didik dapat mengelompokkannya berdasarkan cara kerjanya
C2
PG
13
Disajikan pernyataan tentang pesawat sederhana, peserta didik dapat mencari Keuntungan Mekanisnya
C2
PG
14
Disajikan gambar tuas, peserta didik dapat menentukan salah satu besaran jika besaran lainnya diketahui
C2
Essay
33
Disajikan gambar katrol, peserta didik dapat menentukan salah satu besaran jika besaran lainnya diketahui
C1
PG
15
3
3.4. Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan.

Struktur dan fungsi tubuh tumbuhan
Disajikan gambar hasil pengamatan, peserta didik dapat membedakan jenis tumbuhan
C2
PG
16
Disajikan gambar penampang bagian tubuh tumbuhan, peserta didik dapat menentukan fungsi bagian tersebut
C2
PG
17
Disajikan tabel ciri-ciri dikotil monokotil, peserta didik dapat menentukan dikotil/monotil
C2
PG
18
Disajikan gambar penampang bagian tubuh tumbuhan dan ciri-cirinya, peserta didik dapat menyebutkan jaringan yang benar
C2
PG
19
Disajikan pernyataan percobaan fotosintesis, peserta didik dapat menentukan tujuannya.
C2
PG
20
4
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguanyang berhubungan dengan sistem pencernaan serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimia
Sistem pencernaan
Disajikan  data nama bahan makanan dan hasil uji bahan makanan, peserta didik dapat menentukan kandungan didalam bahan makanan tersebut
C2
PG
21
Disajikan data beberapa makanan, peserta didik dapat menentukan bahan makanan yang berfungsi untuk pertumbuhan
C1
PG
22
Disajikan gambar sistem pencernaan manusia, peserta didik dapat menunjukkan tempat pencernaan mekanik dan kimia.
C2
PG
23
Disajikan tabel nama enzim dan fungsinya, peserta didik dapat menunjukan pasangan yang tepat
C1
PG
24
Disajikan gambar organ pencernaan, peserta didik dapat menentukan fungsi enzim yang dihasilkan organ yang ditunjuk
C2
Essay
34
5
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif serta dampaknya bagi kesehatan
Zat aditif dan adiktif
Disajikan data nama-nama bahan, peserta didik dapat menunjukan zat aditif sintetis
C1
PG
25
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengawetan pada bahan makanan
C2
PG
26
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan akibat dari penggunaan bahan adiktif
C2
PG
27
6
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
Sistem peredaran darah
Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan fungsi dalam sistem peredaran darah
C2
PG
28
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan proses pada pembekuan darah
C2
PG
29
Disajikan gambar, peserta didik dapat menyebutkan fungsi bagian-bagian jantung
C2
PG
30
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam gangguan pada sistem peredaran darah
C2
Essay
35