NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
1
|
3.1. Menerapkan
konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku)
|
Mengkonversi satuan dalam
SI(Sistem Internasional)
|
Objek
IPA dan
Pengamatannya
|
Disajikan
data hasil pengukuran suatu besaran pokok, siswa dapat mengkonversi nilai
pengukuran kedalam satuan yang lain.
|
Menyebutkan macam-macam besaran
pokok beserta satuannya
|
Besaran
|
Disajikan
tabel besaran pokok dengan satuan SI,siswa dapat menunjukkan besaran pokok
dengan satuan SI yang tepat.
|
||
Disajikan
tabel besaran pokok dengan satuan SI, siswa dapat melengkapi bagian yang
belum terisi
|
||||
Menyebutkan macam-macam besaran
turunan beserta satuannya
|
Disajikan
tabel besaran turunan dengan satuan SI,siswa dapat menunjukkan besaran
turunan dengan satuan SI yang tepat.
|
|||
2
|
4.1
Menyajikan
data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk
hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku.
|
Melakukan pengukuran
besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari
|
Pengukuran
|
Disajikan
gambar hasil pengukuran mengunakan mistar dan neraca. Siswa dapat menentukan
hasil pengukurannya dalam satuan SI.
|
Melakukan
pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
|
Disajikan
gambar stopwatch hasil pengukuran
waktu seorang pejalan kaki. Siswa dapat menentukan kelajuan pejalan kaki
tersebut jika jarak tempuhnya diketahui.
|
|||
3
|
3.2. Mengklasifikasikanmakhluk hidup dan benda berdasarkan
karakteristik yang diamati.
|
Menjelaskan
ciri-ciri makhluk hidup
|
Klasifikasi Makhluk Hidup
|
Disajikan
ilustrasi tentang ciri-ciri makhluk hidup, siswa dapat menentukan ciri yang
tepat
|
Menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.
|
Disajikan
ilustrasi sepeda motor dan mobil, siswa dapat menentukan ciri hidup yang
tidak dimiliki sepeda motor dan mobil
|
|||
Melakukan
pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.
|
Disajikan
langkah menggunakan mikroskup, siswa dapat menentukan urutan yang tepat
|
|||
Menjelaskan
ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya
|
Disajikan
gambar peristiwa gejala hidup, siswa dapat menentukan ciri-cirinya.
|
|||
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
|
Disajikan
beberapa gambar hewan, siswa dapat mengelompokkan hewan tersebut dengan tepat
|
|||
4
|
3.3. Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal
(unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan
perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
|
Klasifikasi Materi dan Perubahannya
|
Disajikan
beberapa partikel materi, siswa dapat menentukan gambar molekul unsur dan
molekul senyawa dengan tepat
|
Disajikan
data beberapa zat, siswa dapat menentukan zat yang termasuk senyawa
|
||||
Siswa
dapat mengelompokkan benda ke dalam jenis unsur, senyawa atau campuran
|
||||
Menjelaskan
metode pemisahan campuran.
|
Disajikan
ilustrasi tentang pembuatan suatu zat dengan memanfatkan pemisahan campuan,
siswa dapat menentukan metode pemisahan campuran dengan tepat
|
|||
Menjelaskan
sifat fisika dan sifat kimia.
|
Siswa
dapat menetukan sifat zat yang tepat
|
|||
Mendeskripsikan
perubahan fisika dan perubahan kimia .
|
Disajikan
beberapa perubahan zat, siswa dapat menetukan jenis perubahan yang tepat
|
|||
5
|
3.4. Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
|
Menjelaskan
definisi suhu.
|
Suhu dan Perubahannya
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian
suhu
|
Menjelaskan
berbagai jenis termometer.
|
Siswa dapat menentukan jenis
termometer berdasarkan prinsip kerjanya
|
|||
Menentukan
skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer
|
Siswa dapat mengkonversi hasil
pengukuran suhu dengan termometer celcius,ke satuan suhu yang Reamur atau Fahrenheit dengan tepat
|
|||
Siswa dapat mengkonversi satuan
suhu (C,R, F) dengan tepat
|
||||
Menentukan
skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer
berskala.
|
Disajikan gambar termometer
Celcius dan termometer sembarang, Siswa dapat menetukan nilai pada termometer
sembarang jika nilai pada termometer Celcius diketahui
|
|||
Menjelaskan
definisi pemuaian.
|
Siswa dapat menentukan faktor yangmempengaruhi besarnya pemuaian panjang
suatu zat
|
|||
Membuat
skala suhu, melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta
membandingkannya secara pengukuran dengan termometer skala
suhu
yang telah dikenali.
|
Kalor dan Perpindahannya
|
Disajikan gambar termometer
sembarang yang digunakan untuk mengukur suhu suatu zat, siswa dapat mentukan
suhu tersebut dalam termometer Celcius
|
||
Menyelidiki
faktor-faktor yang memengaruhi kenaikan suhu benda akibat pemberian kalor
|
Siswa dapat menentukan faktor yang mempengaruhi besarnya kalor
untuk menaikkan suhu suatu benda
|
|||
Menerapkan
persamaan kalor untuk kenaikan suhu pada persoalan yang sesuai
|
Siswa dapat menghitung besarnya
kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu suatu zat
|
|||
Menentukan
kalor untuk perubahan wujud
|
Siswa dapat menentukan besarnya
kalor yang dibutuhkan untuk merubah wujud suatu zat
|
|||
Siswa dapat menghitung besarnya
kalor untuk mengubah es menjadi air bersuhu tertentu
|
||||
Menjelaskan
dan membedakan macam-macam perpindahan kalor.
|
Siswa dapat menunjukkan jenis
perpindahan kalor dengan tepat
|
|||
6
|
3.5. Menganalisis konsep energi, berbagai sumber
energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-haritermasuk
fotosintesis.
|
Menjelaskan
konsep energi
|
Energi Dalam Sistem Kehidupan
|
Siswa dapat menjelaskan konsep
energi
|
Menjelaskan
3 konsep energi dan sumber-sumber energi
|
Siswa
dapat menyebutkan contoh energi yang tidak dapat diperbaharui
|
|||
Menjelaskan
perubahan energi yang terjadi di alam dan dalam tubuh.
|
Siswa
dapat menyebutkan tempat terjadinya transformasi energi dalam sel
|
|||
Membedakan
metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak
|
Siswa
dapat menyebutkan hasil metabolisme karbohidrat dengan tepat
|
|||
Menjelaskan
konsep fotosintesis
|
Siswa
dapat menyebutkan hasil akhir dari proses fotosintesis
|
|||
Siswa
dapat menuliskan persamaan reaksi fotosintesis dengan tepat
|