KISI-KISI PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 IPA MKKS SMP KABUPATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019



 
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
1
3.1. Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan  standar (baku)
Mengkonversi satuan dalam SI(Sistem Internasional)
Objek IPA dan
Pengamatannya
Disajikan data hasil pengukuran suatu besaran pokok, siswa dapat mengkonversi nilai pengukuran kedalam satuan yang lain.


Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya
Besaran
Disajikan tabel besaran pokok dengan satuan SI,siswa dapat menunjukkan besaran pokok dengan satuan SI yang tepat.



Disajikan tabel besaran pokok dengan satuan SI, siswa dapat melengkapi bagian yang belum terisi


Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya
Disajikan tabel besaran turunan dengan satuan SI,siswa dapat menunjukkan besaran turunan dengan satuan SI yang tepat.
2
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
Pengukuran
Disajikan gambar hasil pengukuran mengunakan mistar dan neraca. Siswa dapat menentukan hasil pengukurannya dalam satuan SI.


Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan gambar stopwatch hasil pengukuran waktu seorang pejalan kaki. Siswa dapat menentukan kelajuan pejalan kaki tersebut jika jarak tempuhnya diketahui.

3
3.2. Mengklasifikasikanmakhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
Klasifikasi Makhluk Hidup
Disajikan ilustrasi tentang ciri-ciri makhluk hidup, siswa dapat menentukan ciri yang tepat


Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.
Disajikan ilustrasi sepeda motor dan mobil, siswa dapat menentukan ciri hidup yang tidak dimiliki sepeda motor dan mobil


Melakukan pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.
Disajikan langkah menggunakan mikroskup, siswa dapat menentukan urutan yang tepat


Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya
Disajikan gambar peristiwa gejala hidup, siswa dapat menentukan ciri-cirinya.


Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
Disajikan beberapa gambar hewan, siswa dapat mengelompokkan hewan tersebut dengan tepat
4
3.3. Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
Klasifikasi Materi dan Perubahannya
Disajikan beberapa partikel materi, siswa dapat menentukan gambar molekul unsur dan molekul senyawa dengan tepat



Disajikan data beberapa zat, siswa dapat menentukan zat yang termasuk senyawa



Siswa dapat mengelompokkan benda ke dalam jenis unsur, senyawa atau campuran


Menjelaskan metode pemisahan campuran.
Disajikan ilustrasi tentang pembuatan suatu zat dengan memanfatkan pemisahan campuan, siswa dapat menentukan metode pemisahan campuran dengan tepat


Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.
Siswa dapat menetukan sifat zat yang tepat


Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia .
Disajikan beberapa perubahan zat, siswa dapat menetukan jenis perubahan yang tepat
5
3.4. Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
Menjelaskan definisi suhu.
Suhu dan Perubahannya
Siswa dapat menjelaskan pengertian suhu

Menjelaskan berbagai jenis termometer.
Siswa dapat menentukan jenis termometer berdasarkan prinsip kerjanya

Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer
Siswa dapat mengkonversi hasil pengukuran suhu dengan termometer celcius,ke satuan suhu yang  Reamur atau Fahrenheit dengan tepat


Siswa dapat mengkonversi satuan suhu (C,R, F) dengan tepat

Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
Disajikan gambar termometer Celcius dan termometer sembarang, Siswa dapat menetukan nilai pada termometer sembarang jika nilai pada termometer Celcius diketahui

Menjelaskan definisi pemuaian.
Siswa dapat menentukan faktor  yangmempengaruhi besarnya pemuaian panjang suatu zat

Membuat skala suhu, melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta membandingkannya secara pengukuran dengan termometer skala
suhu yang telah dikenali.
Kalor dan Perpindahannya
Disajikan gambar termometer sembarang yang digunakan untuk mengukur suhu suatu zat, siswa dapat mentukan suhu tersebut dalam termometer Celcius

Menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi kenaikan suhu benda akibat pemberian kalor
Siswa dapat menentukan  faktor yang mempengaruhi besarnya kalor untuk menaikkan suhu suatu benda

Menerapkan persamaan kalor untuk kenaikan suhu pada persoalan yang sesuai
Siswa dapat menghitung besarnya kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu suatu zat

Menentukan kalor untuk perubahan wujud
Siswa dapat menentukan besarnya kalor yang dibutuhkan untuk merubah wujud suatu zat


Siswa dapat menghitung besarnya kalor untuk mengubah es menjadi air bersuhu tertentu

Menjelaskan dan membedakan macam-macam perpindahan kalor.
Siswa dapat menunjukkan jenis perpindahan kalor dengan tepat
6
3.5. Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-haritermasuk fotosintesis.
Menjelaskan konsep energi
Energi Dalam Sistem Kehidupan
Siswa dapat menjelaskan konsep energi


Menjelaskan 3 konsep energi dan sumber-sumber energi
Siswa dapat menyebutkan contoh energi yang tidak dapat diperbaharui


Menjelaskan perubahan energi yang terjadi di alam dan dalam tubuh.
Siswa dapat menyebutkan tempat terjadinya transformasi energi dalam sel


Membedakan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak
Siswa dapat menyebutkan hasil metabolisme karbohidrat dengan tepat


Menjelaskan konsep fotosintesis
Siswa dapat menyebutkan hasil akhir dari proses fotosintesis



Siswa dapat menuliskan persamaan reaksi fotosintesis dengan tepat

Previous Post Next Post