KISI-KISI PENULISAN SOAL UAS 1 IPA KELAS IX KTSP 2006
KISI-KISI PENULISAN
SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2018 / 2019
No
|
Standar Kompetensi /
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
PENILAIAN
|
No Soal
|
|
Tingkat Kesulitan
|
Bentuk Instrumen
|
|||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1
|
1.1.
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
|
Alat ekskresi manusia
|
Disajikan
gambar alat ekskresi, peserta didik dapat menentukan
zat sisa metabolisme yang dikeluarkan
alat tersebut
|
mudah
|
PG
|
1
|
Nefron pada ginjal
|
Disajikan
gambar penampang nefron (alat penyaring darah ),
peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk.
|
sedang
|
PG
|
2
|
||
Tahap pembentukan urine
|
Peserta
didik dapat menentukan tahapan proses pembentukan urine beserta hasilnya.
|
sedang
|
Essay
|
31
|
||
Fungsi lain
alat
ekskresi
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang fungsi alat ekskresi, peserta didik dapat
menjelaskan fungsi lain alat-alat ekskresi dengan
benar.
|
mudah
|
PG
|
3
|
||
Kelainan
/ Penyakit pada alat-alat ekskresi.
|
Disajikan
data beberapa macam penyakit pada sistem ekskresi, peserta
didik dapat menentukan penyakit pada organ ekskresi tertentu dengan benar
|
sedang
|
PG
|
4
|
||
2
|
1.2.
Mendeskripsikan
sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada
manusia
|
Alat reproduksi pada manusia
|
Disajikan
beberapa alat reproduksi pada manusia, peserta didik dapat menentukan organ
yang termasuk alat reproduksi pada pria/wanita.
|
mudah
|
PG
|
5
|
Alat
reproduksi manusia
|
Disajikan
tabel alat reproduksi manusia dan fungsinya, peserta
didik dapat menentukan alat reproduksi dan fungsinya dengan benar
|
sedang
|
PG
|
6
|
||
Alat
reproduksi pada wanita
|
Disajikan
gambar alat reproduksi wanita, peserta didik dapat menentukan fungsi dari
bagian yang ditunjukkan oleh huruf tertentu
|
sedang
|
PG
|
7
|
||
Gangguan
dan penyakit pada sistem reproduksi manusia
|
Peserta didik
dapat menentukan beberapa
gangguan dan penyakit pada sistem reproduksi dengan
benar
|
mudah
|
Essay
|
32
|
||
3
|
1.3.
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan
hubungan-nya dengan kesehatan
|
Neuron ( sel saraf )
|
Disajikan
gambar neuron, peserta didik dapat menentukan fungsi dari bagian yang
ditunjuk
|
mudah
|
PG
|
8
|
Otak sebagai saraf pusat
|
Disajikan
gambar otak manusia,
peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian
otak dengan benar
|
sedang
|
PG
|
9
|
||
Gerak
biasa dan gerak refleks
|
Disajikan
pernyataan kasus gerak
biasa /refleks, peserta didik dapat menentukan
urutan jalan rangsang ketika terjadi suatu gerakan
|
sedang
|
PG
|
10
|
||
Indera
penglihatan (mata)
|
Disajikan
gambar salah satu cacat mata, peserta didik dapat menentukan jenis cacat mata
tersebut dan cara memperbaiki dalam penglihatannya.
|
sedang
|
PG
|
11
|
||
Indera pendengaran (telinga)
|
Disajikan
data , siswa dapat menentukan urutan jalan rangsang yang diterima indera tertentu
|
sedang
|
PG
|
12
|
||
4
|
2.1.
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui
adaptasi, seleksi
alam, dan perkembangbiakan
|
Adaptasi
fisiologi
|
Disajikan
beberapa contoh adaptasi makhluk hidup,
peserta didik dapat menentukan contoh yang termasuk adaptasi fisiologi
|
sedang
|
PG
|
13
|
Adaptasi
tingkah laku
|
Disajikan
gambar makhluk hidup, peserta
didik dapat menjelaskan cara makhluk
hidup beradaptasi dengan
benar
|
sedang
|
PG
|
14
|
||
Perkembangbiakan
pada makhluk hidup
|
Disajikan data
beberapa contoh makhuk hidup tingkat
rendah dan cara berkembangbiaknya, siswa dapat menentukan pasangan yang benar
|
sedang
|
PG
|
15
|
||
Seleksi
Alam
|
Disajikan
ilustrasi,peserta didik dapat menjelaskan
penyebab makhluk hidup terancam
punah
|
sedang
|
PG
|
16
|
||
5
|
2.2.
Mendeskripsikan konsep
pewarisan sifat pada makhluk hidup
|
Kromosom dan gen
|
Disajikan
gambar kromosom manusia, peserta
didik dapat menentukan jenis-jenis
kromosom dengan benar
|
sedang
|
PG
|
17
|
6
|
2.3. Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat
beserta penerapannya
|
Istilah penting dalam
persilangan
|
Disajikan
beberapa contoh genotif, peserta didik dapat menentukan
contoh genotip homozygote
/ heterozygot
|
sedang
|
PG
|
18
|
Monohibridisasi
|
Disajikan
pernyataan tentang persilangan monohibrid yang telah ditentukan
genotip/fenotipnya, peserta didik dapat menentukan
perbandingan genotip/genotip keturunan hasil persilangan tersebut
|
sukar
|
PG
|
19
|
||
Monohibrid intermediet
|
Disajikan
ilustrasi/pernyataan persilangan monohirid intermediet, peserta didik dapat
menentukan jumlah genotip/fenotip F2 pada persilangan
tersebut
|
sukar
|
Essay
|
33
|
||
Dihibridisasi
|
Disajikan
pernyataan /ilustrasi persilangan dihibrid, peserta didik dapat
menentukan jumlah genotipe tertentu
pada F2 hasil persilangan tersebut
|
sedang
|
PG
|
20
|
||
7
|
2.4.
Mendeskripsikan penerapan teknologi reproduksi dan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan
|
Bioteknologi pangan
|
Disajikan
beberapa mikroorganisme dan produk
bioteknologi pangan, peserta didik dapat menentukan
pasangan mikroorganisme dan produk yang dihasilkan dengan benar
|
sedang
|
PG
|
21
|
Produk Bioteknologi
|
Disajikan ilustrasi
permasalahan yang dihadapi manusia, peserta didik dapat
menentukan teknik bioteknologi
yang tepat untuk mengatasinya.
|
mudah
|
PG
|
22
|
||
Bioteknologi
|
Diajikan
ilustrasi, peserta didik mampu menentukan dampak dari bioteknologi
|
sedang
|
PG
|
23
|
||
Bioteknologi
modern
|
Disajikan
suatu tabel pernyataan tentang hasil produk bioteknologi modern dan manfaat
produk tersebut, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar.
|
sukar
|
PG
|
24
|
||
Teknologi
reproduksi
|
Disajikan
suatu pernyataan tentang teknologi reproduksi, peserta didik dapat menentukan
jenis teknologi reproduksi yang tepat
|
sedang
|
PG
|
25
|
||
8
|
3.1.
Mendeskripsikan muatan
listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Listrik Statis
|
Disajikan gambar atom atau ion peserta didik
dapat menentukan atom atau ion
yang benar
|
mudah
|
PG
|
26
|
Listrik Statis
|
Disajikan gambar atom, peserta didik
dapat menentukan
bagian-bagiannya.
|
mudah
|
PG
|
27
|
||
Listrik Statis
|
Peserta
didik dapat menghitung besarnya
gaya coulomb yang timbul antara
dua benda yang bermuatan dan terpisah pada
jarak tertentu
|
sukar
|
Essay
|
34
|
||
Listrik Statis
|
Disajikan
gambar elektroskop, peserta didik dapat menentukan cara kerja elektroskop
yang benar
|
sukar
|
PG
|
28
|
||
9
|
3.2 Menganalisis percobaan
listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Listrik
Dinamis
|
Disajikan
data pengukuran beda potensial, peserta didik dapat menentukan hubungan V, I
dan R
|
sedang
|
PG
|
29
|
Listrik
Dinamis
|
sukar
|
Essay
|
35
|
|||
Listrik
Dinamis
(Hukum
Kircchoff)
|
Disajikan gambar rangkaian arus di
titik percabangan , peserta didik dapat menentukan
salah satu nilai arus yang belum diketahui pada
gambar dengan benar
|
sedang
|
PG
|
30
|