KISI-KISI PENULISAN SOAL UAS 1 IPA KELAS IX KTSP 2006


KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN  AKHIR SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019




No
Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
PENILAIAN
No Soal
Tingkat Kesulitan
Bentuk Instrumen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1
1.1.  Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Alat ekskresi manusia
Disajikan gambar alat ekskresi, peserta didik dapat menentukan zat sisa metabolisme yang dikeluarkan alat tersebut
mudah
PG
1
Nefron pada ginjal
Disajikan gambar penampang nefron (alat penyaring darah ), peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk.
sedang
PG
2
Tahap pembentukan urine
Peserta didik dapat menentukan tahapan proses pembentukan urine beserta hasilnya.
sedang
Essay
31
Fungsi lain  alat ekskresi
Disajikan beberapa pernyataan tentang fungsi alat ekskresi, peserta didik dapat menjelaskan fungsi lain alat-alat ekskresi dengan benar.
mudah
PG
3
Kelainan / Penyakit pada alat-alat ekskresi.
Disajikan data beberapa macam penyakit pada sistem ekskresi, peserta didik dapat menentukan penyakit pada organ ekskresi tertentu dengan benar
sedang
PG
4
2
1.2.  Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
Alat reproduksi pada manusia
Disajikan beberapa alat reproduksi pada manusia, peserta didik dapat menentukan organ yang termasuk alat reproduksi pada pria/wanita.
mudah
PG
5
Alat reproduksi manusia
Disajikan tabel alat reproduksi manusia dan fungsinya, peserta didik dapat menentukan alat reproduksi dan fungsinya dengan benar
sedang
PG
6
Alat reproduksi pada wanita
Disajikan gambar alat reproduksi wanita, peserta didik dapat menentukan fungsi dari bagian yang ditunjukkan oleh huruf tertentu

sedang
PG
7
Gangguan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia

Peserta didik dapat menentukan beberapa gangguan dan penyakit pada sistem reproduksi dengan benar
mudah
Essay
32
3
1.3.   Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungan-nya dengan kesehatan
Neuron ( sel saraf )
Disajikan gambar neuron, peserta didik dapat menentukan fungsi dari bagian yang ditunjuk
mudah
PG
8
Otak sebagai saraf pusat
Disajikan gambar otak manusia, peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian otak dengan benar
sedang
PG
9
Gerak biasa dan gerak refleks
Disajikan pernyataan kasus gerak biasa /refleks, peserta didik dapat menentukan urutan jalan rangsang ketika terjadi suatu gerakan
sedang
PG
10
Indera penglihatan (mata)
Disajikan gambar salah satu cacat mata, peserta didik dapat menentukan jenis cacat mata tersebut dan cara memperbaiki dalam penglihatannya.
sedang
PG
11
Indera pendengaran (telinga)
Disajikan data , siswa dapat menentukan urutan jalan rangsang  yang diterima indera tertentu
sedang
PG
12
4
2.1.  Mengidentifikasi  kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi 
      alam, dan perkembangbiakan
Adaptasi fisiologi
Disajikan beberapa contoh  adaptasi makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan contoh yang termasuk adaptasi fisiologi
sedang
PG
13
Adaptasi tingkah laku
Disajikan gambar makhluk hidup, peserta didik dapat menjelaskan cara makhluk hidup beradaptasi dengan benar

sedang
PG
14
Perkembangbiakan pada makhluk hidup
Disajikan data beberapa contoh makhuk hidup  tingkat rendah dan cara berkembangbiaknya, siswa dapat menentukan pasangan  yang benar
sedang
PG
15
Seleksi Alam
Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat menjelaskan  penyebab  makhluk hidup terancam punah
sedang
PG
16
5
2.2.     Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
Kromosom dan gen
Disajikan gambar kromosom manusia, peserta didik dapat menentukan jenis-jenis kromosom dengan benar

sedang
PG
17
6
2.3.     Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
Istilah penting dalam persilangan
Disajikan beberapa contoh genotif, peserta didik dapat menentukan contoh genotip homozygote / heterozygot
sedang
PG
18
Monohibridisasi
Disajikan pernyataan tentang persilangan monohibrid yang telah ditentukan genotip/fenotipnya, peserta didik dapat menentukan perbandingan genotip/genotip  keturunan  hasil persilangan tersebut
sukar
PG
19
Monohibrid intermediet
Disajikan ilustrasi/pernyataan persilangan monohirid intermediet, peserta didik dapat menentukan jumlah genotip/fenotip  F2 pada persilangan tersebut
sukar
Essay
33
Dihibridisasi
Disajikan pernyataan /ilustrasi persilangan dihibrid, peserta didik dapat menentukan jumlah genotipe tertentu pada F2 hasil persilangan tersebut
sedang
PG
20
7
2.4.     Mendeskripsikan  penerapan teknologi reproduksi dan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

Bioteknologi pangan
Disajikan beberapa mikroorganisme dan  produk bioteknologi pangan, peserta didik dapat menentukan pasangan mikroorganisme dan produk yang  dihasilkan dengan benar
sedang
PG
21
Produk Bioteknologi
Disajikan ilustrasi permasalahan yang dihadapi manusia, peserta didik dapat menentukan teknik bioteknologi yang tepat untuk mengatasinya.
mudah
PG
22
Bioteknologi
Diajikan ilustrasi, peserta didik mampu menentukan dampak dari bioteknologi
sedang
PG
23
Bioteknologi modern
Disajikan suatu tabel pernyataan tentang hasil produk bioteknologi modern dan manfaat produk tersebut, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar.
sukar
PG
24
Teknologi reproduksi
Disajikan suatu pernyataan tentang teknologi reproduksi, peserta didik dapat menentukan jenis teknologi reproduksi yang tepat
sedang
PG
25
8
3.1.   Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
Listrik Statis
Disajikan gambar atom atau ion peserta didik dapat menentukan atom atau ion yang benar
mudah
PG
26
Listrik Statis
Disajikan gambar atom, peserta didik dapat menentukan bagian-bagiannya.
mudah
PG
27
Listrik Statis
Peserta didik dapat menghitung besarnya gaya coulomb yang timbul antara dua benda yang bermuatan dan terpisah pada jarak tertentu
sukar
Essay
34
Listrik Statis
Disajikan gambar elektroskop, peserta didik dapat menentukan cara kerja elektroskop yang benar
sukar
PG
28
9
3.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Listrik Dinamis
Disajikan data pengukuran beda potensial, peserta didik dapat menentukan hubungan V, I dan R
sedang
PG
29
Listrik Dinamis
Disajikan rangkaian listrik tertutup,peserta didik dapat menentukan arus listrik yang mengalir dalam rangkaian
sukar
Essay
35
Listrik Dinamis
(Hukum Kircchoff)
Disajikan gambar rangkaian arus di titik percabangan , peserta didik dapat menentukan salah satu nilai arus yang belum diketahui pada gambar dengan benar
sedang
PG
30