ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019
NO
|
SK
/ KD
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
NO. SOAL
|
|
TINGKAT KESULITAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
|||||
1
|
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
|
Pertumbuhan dan Perkembangan
|
Disajikan beberapa pernyataan pertumbuhan dan perkembangan, siswa dapat membedakan
antara pertumbuhan dan perkembangan dengan benar
|
Md
|
Pilihan Ganda
|
1
|
2
|
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
|
Pertumbuhan dan Perkembangan
|
Disajikan pernyataan faktor
eksternal / internal pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup siswa
dapat menentukan faktor-faktor yang
benar pada pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
2
|
3
|
1.2 Mendeskripsikan tahapan
perkembangan manusia
|
Perkembangan manusia
|
Disajikan data ciri-ciri tahapan perkembangan manusia,
siswa dapat menentukan
tahapan
perkembangan manusia dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
3
|
4
|
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Gerak pada Manusia
|
Disajikan gambar rangka, siswa dapat menentukan tulang
penyusun rangka anggota badan manusia
dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
4
|
5
|
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Gerak pada Manusia
|
Disajikan tabel tulang penyusun sendi , siswa dapat
menentukan jenis persendiannya dengan
benar
|
Sd
|
Essay
|
31
|
6
|
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Gerak pada Manusia
|
Disajikan gambar gerakan otot pada alat gerak atas, siswa
dapat menjelaskan gerakan yang terjadi oleh kerja otot tersebut
|
Md
|
Pilihan Ganda
|
5
|
7
|
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Gerak pada Manusia
|
Disajikan pernyataan kelainan/penyakit sistem gerak manusia,
siswa dapat menentukan
kelainan/penyakit
pada sistem gerak dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
6
|
8
|
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Gerak pada Manusia
|
Disajikan ciri-ciri
otot tertentu , siswa dapat menentukan gambar organ
yang memiliki ciri otot
tersebut
|
Sk
|
Pilihan
ganda
|
7
|
9
|
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Pencernaan pada Manusia
|
Disajikan gambar
sistem pencernaan siswa dapat menentukan
letak
proses pencernaan mekanis dan kimiawi dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
8
|
10
|
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Pencernaan pada Manusia
|
Siswa dapat mengurutkan
organ –
organ dan saluran pencernaan
manusia dari pernyataan
yang disajikan dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
9
|
11
|
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Pencernaan pada Manusia
|
Disajikan tabel organ pencernaan, enzim dan fungsinya,
siswa dapat menentukan pasangan
nama organ, enzim dan fungsi enzim yang tepat
|
Sk
|
Pilihan Ganda
|
10
|
12
|
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Pencernaan pada Manusia
|
Disajikan ilustrasi jenis kelainan/gangguan pada sistem pencernaan
manusia , siswa dapat menjelaskan organ yang mengalami kelainan
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
11
|
13
|
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Pencernaan pada Manusia
|
Disajikan gambar sistem pencernaan, siswa dapat menjelaskan nama enzim dan fungsinya pada organ pencernaan yang ditunjuk
|
Sd
|
Essay
|
32
|
14
|
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem Pernapasan pada Manusia
|
Disajikan gambar organ pernapasan manusia, siswa dapat menentukan
nama bagian organ yang ditunjuk
|
Md
|
Pilihan Ganda
|
12
|
15
|
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem Pernapasan pada Manusia
|
Disajikan pernyataan proses pernapasan, siswa dapat menjelaskan mekanisme
proses pernafasan
yang terjadi dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
13
|
16
|
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem Pernapasan pada Manusia
|
Siswa dapat menjelaskan urutan mekanisme pernafasan
dada / perut saat inspirasi dengan
benar
|
Sd
|
Essay
|
33
|
17
|
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem Pernapasan pada Manusia
|
Disajikan grafik
udara pernafasan manusia, siswa dapat menganalisis jenis udara pernafasan dan
volumenya
|
Sk
|
Pilihan Ganda
|
14
|
18
|
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem Pernapasan pada Manusia
|
Disajikan ilustrasi gangguan /kelainan sistem
pernafasan, siswa dapat menjelaskan penyebabnya gangguan / kelainan tersebut
|
Sd
|
Pilihan
ganda
|
15
|
19
|
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah
pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Peredaran Darah pada Manusia
|
Disajikan pernyataan tentang fungsi darah, siswa dapat menentukan
pernyataan yang benar tentang fungsi darah tersebut
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
16
|
20
|
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah
pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Peredaran Darah pada Manusia
|
Disajikan tabel/data ciri-ciri pembuluh darah, siswa
dapat membedakan pembuluh nadi dengan pembuluh balik
|
Sk
|
Pilihan Ganda
|
17
|
21
|
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah
pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Peredaran Darah pada Manusia
|
Disajikan ciri-ciri sel darah , siswa dapat menentukan
gambar sel darah sesuai ciri-cirinya
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
18
|
22
|
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah
pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Peredaran Darah pada Manusia
|
Disajikan ilustrasi, siswa dapat menjelaskan kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah
manusia berdasarkan
penyebabnya dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
19
|
23
|
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Disajikan data ciri-ciri jaringan penyusun tubuh
tumbuhan, siswa dapat menentukan jenis jaringan penyusun tubuh tumbuhan dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
20
|
24
|
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan
|
Disajikan gambar penampang organ tumbuhan, siswa dapat
menjelaskan fungsi jaringan pada gambar yang ditunjuk dengan benar
|
Sd
|
ESSAY
|
34
|
25
|
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan
transformasi energi pada tumbuhan hijau
|
Fotosintesis
|
Disajikan gambar percobaan fotosintesis dan hasilnya,
siswa dapat menganalisis percobaan
fotosintesis dengan benar
|
Sk
|
Pilihan Ganda
|
21
|
26
|
2.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
|
Gerak tumbuhan
|
Disajikan gambar gerak tumbuhan, siswa dapat menentukan
jenis gerak tumbuhan dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
22
|
27
|
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan
yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Hama dan penyakit pada tumbuhan
|
Disajikan ilustrasi penyakit tanaman, siswa dapat
menyebutkan penyebab penyakit tanaman tersebut dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
23
|
28
|
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
|
Atom. Ion dan Molekul
|
Disajikan pernyataan teori tentang atom, siswa dapat menentukan
pengertian atom menurut John Dalton
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
24
|
29
|
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
|
Atom. Ion dan Molekul
|
Disajikan lambang unsur, siswa dapat menentukan nomor
atom dan nomor massa dengan benar
|
Md
|
Pilihan Ganda
|
25
|
30
|
3.2 Menghubungkan konsep atom,
ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
|
Hubungan atom,
ion dan molekul dengan produk kimia
|
Disajikan
rumus kimia suatu molekul,
siswa dapat menentukan jumlah atom yang terdapat dalam satu molekul produk kimia sehari
–hari
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
26
|
31
|
3.3 Membandingkan molekul unsur
dan molekul senyawa
|
Perbandingan
molekul unsur dan molekul senyawa
|
Disajikan
contoh molekul, siswa dapat membedakan molekul unsur dan molekul senyawa
dengan benar
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
27
|
32
|
4.1 Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kimia rumah tangga
|
Siswa dapat menjelaskan
fungsi zat kimia
yang sering dipergunakan dalam rumah tangga.
|
Sd
|
Pilihan Ganda
|
28
|
33
|
4.3 Mendeskripsikan bahan kimia
alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
|
Bahan kimia alami dan buatan
|
Disajikan data komposisi
makanan / minuman, siswa dapat menentukan jenis zat aditif yang terkandung
|
Md
|
Pilihan Ganda
|
29
|
34
|
4.4 Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
Zat adiktif dan psikotropika
|
Disajikan beberapa zat adiktif dan psikotropika siswa
dapat menjelaskan pengaruh yang ditimbulkan dari zat adiktif dan psikotropika
tersebut
|
Sk
|
ESSAY
|
35
|
35
|
4.5 Menghindarkan diri dari
pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
Cara menghindari diri dari
pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
Siswa dapat menjelaskan upaya untuk mencegah
penyalahgunaan zat adiktif dan psikotropika dengan benar
|
Md
|
Pilihan Ganda
|
30
|