Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
1.
|
Memahami makna Q.S.
Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27;serta hadits terkait
|
Membaca Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al
Isra’(17): 27 dan hadits terkait
|
Disajikan potongan Q.S. Al Furqan
(25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, peserta didik dapat melanjutkan ayat
tersebut dengan benar
|
Hukum bacaan mad
|
Disajikan potongan Q.S. Al Furqan
(25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, peserta didik dapat menunjukkan hukum
bacaan mad dengan benar
|
||
Disajikan potongan ayat al-Quran, peserta didik dapat
menentukan hukum bacaan mad dengan benar
|
|||
Menyebutkan arti Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al
Isra’(17): 27 dan hadits terkait
|
Disajikan kutipan Q.S. Al Furqan
(25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, peserta didik dapat menyebutkan arti
perkata (mufradat) tersebut dengan benar
|
||
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan dalil
perilaku rendah, hemat dan sederhana serta mengartikan ayat tersebut dengan
benar
|
|||
Menjelaskan
makna isi kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27
dan hadits terkait
|
Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan isi
kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al
Isra’(17): 27 dengan benar
|
||
2.
|
Memahami makna beriman
kepada Kitab – Kitab Allah Swt
|
Pengertian Iman Kepada Kitab – Kitab Allah
|
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan
pengertian iman kepada Kitab – Kitab Allah Swt dengan benar
|
Dalil Naqli Iman kepada Kitab Allah Swt
|
§
Disajikan potongan
ayat al Quran, peserta didik dapat mengartikan ayat tersebut dengan benar
|
||
Macam – macam Kitab Allah dan Rasul penerimanya
|
§
Disajikan tabel mengenai kitab – kitab dan suhuf serta Nabi
atau Rasul penerimanya, peserta didik dapat menyebutkan pasangannya dengan
benar
|
||
Isi pokok Kitab – Kitab Allah Swt.
|
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan
mengenai pokok ajaran kitab – kitab Allah Swt dengan benar
|
||
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan
mengenai pokok ajaran kitab – kitab Allah Swt dengan benar
|
|||
Perbedaan kitab dengan suhuf
|
§
Disajikan pernyataan,
mengenai kitab dan suhuf, peserta didik dapat menyebutkan perbedaannya
|
||
Perilaku mencintai al Quran sebagai pedoman hidup
|
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan contoh
perilaku mencintai al Quran dengan benar
|
||
Hikmah Beriman kepada Kitab Allah Swt
|
§
Menyebutkan hikmah beriman kepada Kitab Allah Swt. dengan
benar
|
||
3.
|
Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi dan
pertengkaran
|
Membaca
Q.S Al Maidah/ 5 : 90 –
91 dan 32 serta hadits terkait.
|
§
Disajikan
potongan Q.S Al Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32, peserta didik dapat melanjutkan
ayat tersebut dengan benar
|
Arti
perkata (mufradat) Q.S Al Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32
serta hadits terkait.
|
§
Disajikan
tabel arti perkata (mufradat),
peserta didik dapat menentukan pasangannya dengan benar
|
||
Terjemah
Q.S Al Maidah/ 5 : 90 –
91 dan 32 serta hadits terkait.
|
§
Disajikan
Q.S Al Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait, peserta didik dapat
menterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan benar
|
||
Hukum
bacaan qalqalah
|
§ Disajikan potongan ayat al Quran,
peserta didik dapat menentukan hukum bacaan qalqalah dengan benar
|
||
Isi
kandungan QS Al Maidah/5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait
|
§
Disajikan
Pernyataan, Peserta Didik dapat menentukan isi kandungan Qs Al Maidah/5 ; 90
– 91 dan 32 serta hadits terkait dengan benar.
|
||
Cara
menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S Al
Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait.
|
§ Menunjukkan cara –
cara menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S Al
Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait.
|
||
4.
|
Memahami cara menerapkan perilaku jujur dan adil
|
Pengertian perilaku jujur dan adil
|
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan
pengertian jujur dan adil dengan benar
|
Dalil perilaku jujur dan adil
|
§
Disajikan potongan ayat al quran, peserta didik dapat
menentukan dalil perilaku jujur dan adil dengan benar
|
||
Hikmah perilaku jujur dan adil
|
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan
hikmah/manfaat dari perilaku jujur dan adil dengan benar.
|
||
5.
|
Memahami tata cara shalat
sunnah berjamaah dan munfarid
|
Menjelaskan pengertian shalat sunnah
|
§
Disajikan pernyataan tentang shalat sunnah, peserta didik
dapat menjelaskan pengertian shalat sunnah dengan benar
|
Menunjukkan dalil-dalil naqli tentang shalat sunnah berjamaah dan
munfarid
|
§
Disajikan dalil naqli tentang shalat sunnah, peserta didk
dapat menyebutkan jenis shalat sunnah pada ayat tersebut dengan benar
|
||
§
Disajikan kutipan Q.S. Al Israa :
79, peserta didik dapat menyebutkan arti perkata (mufradat)
dengan benar
|
|||
Menunjukkan macam-macam shalat sunnah berjamaah dan
munfarid dan tata cara ketentuannya
|
§
Disajikan tabel mengenai macam-macam shalat sunnah, peserta
didik dapat mengelompokkan macam-macam shalat sunnah dengan benar.
|
||
§
Disajikan pernyataan mengenai shalat sunnah, peserta
didikan dapat menentukan ketentuan salat yang dimaksud dengan benar
|
|||
§
Disajikan pernyataan mengenai shalat sunnah, peserta didik
dapat menentukan jenis shalat sunnah yang dimaksud dengan benar
|
|||
§
Disajikan pernyataan tentang shalat sunnah, peserta didik
dapat menentukan tata cara salah satu shalat sunnah dengan benar
|
|||
§
Disajikan pernyataan mengenai shalat sunnah, peserta didik
dapat menyebutkan ketentuan shalat sunnah yang dimaksud dengan benar
|
|||
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan niat shalat
sunnah serta terjemahnya dengan benar
|
|||
6.
|
Memahami hikmah
sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
Menjelaskan
pengertian sujud syukur,
sujud tilawah dan
sujud sahwi berdasar syariat Islam
|
§
Disajikan pernyataan mengenai sujud syukur, sujud tilawah
dan sujud sahwi, peserta didik dapat mendefinisikan pengertian sujud syukur
dengan benar
|
§
Disajikan pernyataan mengenai sujud syukur, sujud tilawah
dan sujud sahwi, peserta didik dapat mendefinisikan pengertian sujud syukur
dengan benar
|
|||
§
Disajikan ilustrasi mengenai sujud syukur, sujud tilawah dan
sujud sahwi, peserta didik dapat menyebutkan jenis sujud yang dimaksud dengan
benar
|
|||
Menjelaskan
ketentuan dan cara sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah berdasar
syariat Islam
|
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan sebab-sebab
sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi dengan benar
|
||
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan
sebab-sebab sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi dengan benar
|
|||
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan tata
cara sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi dengan benar
|
|||
§
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan doa
bacaan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi serta terjemahnya dengan
benar
|
|||
Menjelaskan hikmah sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah berdasar
syariat Islam
|
§
Disajikan data, peserta didik dapat menunjukkan hikmah
sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah dengan benar
|
||
7.
|
Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada
masa Umayyah
|
Pertumbuhan ilmu
pengetahuan pada masa Bani Umayyah
|
§
Disajikan pernyataan tentang data pemerintahan daulah bani
Umayyah, peserta didik dapat menyebutkan data – data pemerintahan daulah
Bani Umayyah dengan benar
|
§
Disajikan data tentang pemerintahan daulah bani Umayyah,
peserta didik menyebutkan khalifah bani Umayyah dengan benar
|
|||
§
Disajikan pernyataan tentang bidang keahlian pada masa
Umayyah, peserta didik dapat menentukan tokoh ilmuwan muslim tersebut dengan
benar
|
|||
Pertumbuhan kebudayaan pada masa Bani Umayyah
|
§
Disajikan pernyataan tentang peradaban Bani Umayyah,
peserta didik dapat menyebutkan pusat peradaban Islam pada masa Daulah Bani
Umayyah dengan benar
|
||
§
Disajikan pernyataan tentang peradaban Bani Umayyah,
peserta didik dapat menyebutkan pertumbuhan kebudayaan pada masa Bani Umayyah
dengan benar
|