KISI-KISI PENULISAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS 8 (PAS 1) 2018/2019




Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.







No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
1.
Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al Isra’(17) : 27;serta hadits terkait

Membaca Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait

  
Disajikan potongan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, peserta didik dapat melanjutkan ayat tersebut dengan benar
Hukum bacaan mad
 
Disajikan potongan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, peserta didik dapat menunjukkan hukum bacaan mad dengan benar
  Disajikan potongan ayat al-Quran, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan mad dengan benar
Menyebutkan arti Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
 Disajikan kutipan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27, peserta didik dapat menyebutkan arti perkata (mufradat) tersebut dengan benar
 
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan dalil perilaku rendah, hemat dan sederhana serta mengartikan ayat tersebut dengan benar
Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dan hadits terkait
Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan isi kandungan Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra’(17): 27 dengan benar
2.
Memahami makna beriman  kepada Kitab – Kitab Allah Swt

Pengertian Iman Kepada Kitab – Kitab Allah
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian iman kepada Kitab – Kitab Allah Swt dengan benar
Dalil Naqli Iman kepada Kitab Allah Swt
§  Disajikan potongan ayat al Quran, peserta didik dapat mengartikan ayat tersebut dengan benar
Macam – macam Kitab Allah dan Rasul penerimanya
§ Disajikan tabel mengenai kitab – kitab dan suhuf serta Nabi atau Rasul penerimanya, peserta didik dapat menyebutkan pasangannya dengan benar
Isi pokok Kitab – Kitab Allah Swt.
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan mengenai pokok ajaran kitab – kitab Allah Swt dengan benar
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan mengenai pokok ajaran kitab – kitab Allah Swt dengan benar
Perbedaan kitab dengan suhuf
§ Disajikan pernyataan,  mengenai kitab dan suhuf, peserta didik dapat menyebutkan perbedaannya
Perilaku mencintai al Quran sebagai pedoman hidup
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku mencintai al Quran dengan benar
Hikmah Beriman kepada Kitab Allah Swt
§ Menyebutkan hikmah beriman kepada Kitab Allah Swt. dengan benar
3.
Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi dan pertengkaran
Membaca Q.S Al Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait.
§ Disajikan potongan Q.S Al Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32, peserta didik dapat melanjutkan ayat tersebut dengan benar
Arti perkata (mufradat) Q.S Al Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait.
§ Disajikan tabel arti perkata (mufradat), peserta didik dapat menentukan pasangannya dengan benar
Terjemah Q.S Al Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait.
§ Disajikan Q.S Al Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait, peserta didik dapat menterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan benar
Hukum bacaan qalqalah
§ Disajikan potongan ayat al Quran, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan qalqalah dengan benar
Isi kandungan QS Al Maidah/5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait
§ Disajikan Pernyataan, Peserta Didik dapat menentukan isi kandungan Qs Al Maidah/5 ; 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait dengan benar.


Cara menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait.
§ Menunjukkan cara – cara menghindari minuman keras, judi dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al Maidah/ 5 : 90 – 91 dan 32 serta hadits terkait.
4.
Memahami cara menerapkan perilaku jujur dan adil
Pengertian perilaku jujur dan adil
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian jujur dan adil dengan benar
Dalil perilaku jujur dan adil
§ Disajikan potongan ayat al quran, peserta didik dapat menentukan dalil perilaku jujur dan adil dengan benar
Hikmah perilaku jujur dan adil
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan hikmah/manfaat dari perilaku jujur dan adil dengan benar.
5.
Memahami tata cara shalat sunnah berjamaah dan munfarid

Menjelaskan pengertian shalat sunnah
§ Disajikan pernyataan tentang shalat sunnah, peserta didik dapat menjelaskan pengertian shalat sunnah dengan benar
Menunjukkan dalil-dalil naqli tentang shalat sunnah berjamaah dan munfarid
§ Disajikan dalil naqli tentang shalat sunnah, peserta didk dapat menyebutkan jenis shalat sunnah pada ayat tersebut dengan benar
§ Disajikan kutipan Q.S. Al Israa : 79, peserta didik dapat menyebutkan arti perkata (mufradat) dengan benar
Menunjukkan macam-macam shalat sunnah berjamaah dan munfarid dan tata cara ketentuannya
§ Disajikan tabel mengenai macam-macam shalat sunnah, peserta didik dapat mengelompokkan macam-macam shalat sunnah dengan benar.
§ Disajikan pernyataan mengenai shalat sunnah, peserta didikan dapat menentukan ketentuan salat yang dimaksud dengan benar
§ Disajikan pernyataan mengenai shalat sunnah, peserta didik dapat menentukan jenis shalat sunnah yang dimaksud dengan benar
§ Disajikan pernyataan tentang shalat sunnah, peserta didik dapat menentukan tata cara salah satu shalat sunnah dengan benar
§ Disajikan pernyataan mengenai shalat sunnah, peserta didik dapat menyebutkan ketentuan shalat sunnah yang dimaksud dengan benar
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan niat shalat sunnah serta terjemahnya dengan benar
6.
Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
Menjelaskan pengertian sujud syukur,
sujud tilawah dan
sujud sahwi berdasar syariat Islam
§ Disajikan pernyataan mengenai sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi, peserta didik dapat mendefinisikan pengertian sujud syukur dengan benar
§ Disajikan pernyataan mengenai sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi, peserta didik dapat mendefinisikan pengertian sujud syukur dengan benar
§ Disajikan ilustrasi mengenai sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi, peserta didik dapat menyebutkan jenis sujud yang dimaksud dengan benar
Menjelaskan ketentuan dan cara sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah berdasar syariat Islam
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan sebab-sebab sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi dengan benar
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan sebab-sebab sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi dengan benar
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan tata cara sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi dengan benar
§ Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menuliskan doa bacaan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud sahwi serta terjemahnya dengan benar
Menjelaskan hikmah sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah berdasar syariat Islam
§ Disajikan data, peserta didik dapat menunjukkan hikmah sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah dengan benar
7.
Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayyah
Pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah
§ Disajikan pernyataan tentang data pemerintahan daulah bani Umayyah, peserta didik dapat menyebutkan data – data pemerintahan daulah Bani  Umayyah dengan benar
§ Disajikan data tentang pemerintahan daulah bani Umayyah, peserta didik menyebutkan khalifah bani Umayyah dengan benar
§ Disajikan pernyataan tentang bidang keahlian pada masa Umayyah, peserta didik dapat menentukan tokoh ilmuwan muslim tersebut dengan benar
Pertumbuhan kebudayaan pada masa Bani Umayyah
§ Disajikan pernyataan tentang peradaban Bani Umayyah, peserta didik dapat menyebutkan pusat peradaban Islam pada masa Daulah Bani Umayyah dengan benar
§ Disajikan pernyataan tentang peradaban Bani Umayyah, peserta didik dapat menyebutkan pertumbuhan kebudayaan pada masa Bani Umayyah dengan benar




Demikian  Kisi-kisi dari saya supaya bisa mendapatkan info terbaru silahkan anda bisa mengunjungi blog saya disini 

WASSALAMU'ALAIKUM WR WB 

Previous Post Next Post