ASSALAMUALAIKUM WR WB , Teman Teman yg saya hormati maaf lama sekali tidak Up-date Blog ini di karenakan banyak tugas di offline dan baru kali ini saya mencoba update lagi, langsung saja biar tidak terlalu panjang seperti orang pidato hehehe ⤔ berikut akan saya upload beberapa kisi-kisi MAPEL yang mungkin sangat baru dan insya Alloh 90% keluar pada saat kalian PAS(Penilaian Akhir Semester) khususnya mapel PJOK :P
NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
1.
3.1 Memahami makna Q .S Al Mujadilah ayat 11
Ar Rahman ayat 33
dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu
Q.S Al Mujadilah ayat 11,Q.S ar Rahman ayat 33 dan Hadis menuntut ilmu
Asmaul Husna
Disajikan potongan ayat ,peserta didik dapat megartikan potongan ayat tersebut
Disajikan potongan ayat peserta didik dapat melengkapi
potongan ayat tersebut sehingga
menjadi ayat yang sempurna..
Disajikan sebuah hadis tentang menuntut ilmu diharapkan peserta didik
dapat mengartikan hadis tersebut
Berdasarkan data uraian, peserta
didik dapat menjelaskan hikmah mencari ilmu
Berdasarkan uraian data,diharapkan
peserta didik dapat menyebutkan kandungan dari
surat ar rohman ayat 33
Disajikan sebuah data ,peserta
didik dapat menyebutkan etika menuntut
ilmu
.
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menyebutkan contoh bacaan al qomariyah
2.
3.3 Memahami makna Asmaul Husna al
Alim,al Khabir,as Sami’ dan al Basir
Berdasarkan uraian data, peserta didik dapat menerangkan makna al khabir
Disajikan ayat ,diharapkan siswa dapat menuliskan dalil tentang sifat al alim
Disajikan data,diharapkan peserta didik dapat menyebutkan bentuk
pengamalan dari sifat asmaul husna as
sami’
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menerapkan sifat as sami’
Di sajikan dalil,pesrta didik dapat menyebutkan dalil tentang sifat al sami’
Disajikan data peserta didik menjelaskan pengertian sifat al basir
Berdasarkan uraian data peserta didik dapat menjelaskan dalil tentang al basir
3
3.5 Memahami makna perilaku jujur
,amanah dan Istiqomah
Sifat Terpuji jujur
Sifat terpuji
amana
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menjelaskan pengertian jujur
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menerapkan contoh perilaku jujur
.
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menjelaskan hikmah berbuat jujur .
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menuliskan dalil tentang jujur.
Berdasarkan data uraian, peserta didik
dapat menjelaskan pengertian amanah.
Sifat terpui istiqomah
Berdasarkan uraian data peserta didik dapat menyebutkan macam macam bentuk amanah
Hadas besar,hadas kecil dan najis
Shalat Berjamaah
Sejarah Perjuangan NabiMuhammad saw periode Mekkah
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menjelaskan hikmah istiqomah
4.
3.7 Memahami ketentuan bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.berdasarkan ketentuan
syariat Islam
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menknayebutkan makna taharah.
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menerangkan macam macam hadas besar.
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menerangkan pengertian dari najis.
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menerapkan tata cara bersuci
dari najis.
Berdasarkan data uraian, peserta
didik dapat menjelaskan macam macam najis.
Dapat menerapkan tata cara bersuci dari hdas kecil
Berdasarkan data tabel, peserta didik
dapat memahami konsep dari hadas besar.
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat memahami konsep tata cara bersuci
dari hadas besar
Berdasarkan uraian data peserta didik dapat
membedakan antara hadas dan najis berikut contohnya
5.
3.8 Memahami ketentuan shalat
berjamaah.
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menjelaskan syarat sah salat
berjamaah.
Disajikan uraian data,peserta didik dapat menjelaskan tentang syarat jadi
makmum
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menjelaskan syarat jadi imam dalam salat
berjamaah.
Disajikan uraian data peserta didik meyebutkan urutan saf yang benar
Berdasarka uraian data peserta didik dapat memahami halangan shalat
berjamaah
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menerangakan ketentuan makmum masbuq
dalam salat berjamaah.
Berdasarkan data tabel, peserta didik
dapat menerangkan hikmah shalat
berjamaah.
6
3.11 Memahami sejarah perjuangan
Nabi Muhammad SAW periode Mekah
Disajikan data peserta didik dapat mengartikan assabiqunal awwalun
Disajikan uraian data,diharapkan peserta didik dapat menyebutkan rintangan
rintangan Rasul saw ketika berdakwah.
.
Berdasarkan uraian data peserta didik dapat menyebutkan orang orang yang termasuk kedalam assabiqunal
awwalun
Disajikan uraian data ,peserta didik menyebutka sikap kafir kurais Terhadap
dakwah rosul
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat memahami sifat sifat Nabi
Muhammad saw.dalam berdakwah
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menuliskan Q.S. Al Alaq ayat 2
Di sajikan uraian data diharapkan peserta didik dapat menjelaskan cara
kita meneladani dakwah Rasul
Disajikan uraian data ,peserta didik diharapkan dapat menyebutkan tentang
tempat yang digunakan rosululloh untuk berdakwah secara terang terangan
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menuliskan tentang sifat sifat rosul saw
NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
1.
3.1 Memahami makna Q .S Al Mujadilah ayat 11
Ar Rahman ayat 33
dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu
Q.S Al Mujadilah ayat 11,Q.S ar Rahman ayat 33 dan Hadis menuntut ilmu
Asmaul Husna
Disajikan potongan ayat ,peserta didik dapat megartikan potongan ayat tersebut
Disajikan potongan ayat peserta didik dapat melengkapi
potongan ayat tersebut sehingga
menjadi ayat yang sempurna..
Disajikan sebuah hadis tentang menuntut ilmu diharapkan peserta didik
dapat mengartikan hadis tersebut
Berdasarkan data uraian, peserta
didik dapat menjelaskan hikmah mencari ilmu
Berdasarkan uraian data,diharapkan
peserta didik dapat menyebutkan kandungan dari
surat ar rohman ayat 33
Disajikan sebuah data ,peserta
didik dapat menyebutkan etika menuntut
ilmu
.
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menyebutkan contoh bacaan al qomariyah
2.
3.3 Memahami makna Asmaul Husna al
Alim,al Khabir,as Sami’ dan al Basir
Berdasarkan uraian data, peserta didik dapat menerangkan makna al khabir
Disajikan ayat ,diharapkan siswa dapat menuliskan dalil tentang sifat al alim
Disajikan data,diharapkan peserta didik dapat menyebutkan bentuk
pengamalan dari sifat asmaul husna as
sami’
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menerapkan sifat as sami’
Di sajikan dalil,pesrta didik dapat menyebutkan dalil tentang sifat al sami’
Disajikan data peserta didik menjelaskan pengertian sifat al basir
Berdasarkan uraian data peserta didik dapat menjelaskan dalil tentang al basir
3
3.5 Memahami makna perilaku jujur
,amanah dan Istiqomah
Sifat Terpuji jujur
Sifat terpuji
amana
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menjelaskan pengertian jujur
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menerapkan contoh perilaku jujur
.
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menjelaskan hikmah berbuat jujur .
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menuliskan dalil tentang jujur.
Berdasarkan data uraian, peserta didik
dapat menjelaskan pengertian amanah.
Sifat terpui istiqomah
Berdasarkan uraian data peserta didik dapat menyebutkan macam macam bentuk amanah
Hadas besar,hadas kecil dan najis
Shalat Berjamaah
Sejarah Perjuangan NabiMuhammad saw periode Mekkah
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menjelaskan hikmah istiqomah
4.
3.7 Memahami ketentuan bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.berdasarkan ketentuan
syariat Islam
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menknayebutkan makna taharah.
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menerangkan macam macam hadas besar.
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menerangkan pengertian dari najis.
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menerapkan tata cara bersuci
dari najis.
Berdasarkan data uraian, peserta
didik dapat menjelaskan macam macam najis.
Dapat menerapkan tata cara bersuci dari hdas kecil
Berdasarkan data tabel, peserta didik
dapat memahami konsep dari hadas besar.
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat memahami konsep tata cara bersuci
dari hadas besar
Berdasarkan uraian data peserta didik dapat
membedakan antara hadas dan najis berikut contohnya
5.
3.8 Memahami ketentuan shalat
berjamaah.
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menjelaskan syarat sah salat
berjamaah.
Disajikan uraian data,peserta didik dapat menjelaskan tentang syarat jadi
makmum
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menjelaskan syarat jadi imam dalam salat
berjamaah.
Disajikan uraian data peserta didik meyebutkan urutan saf yang benar
Berdasarka uraian data peserta didik dapat memahami halangan shalat
berjamaah
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menerangakan ketentuan makmum masbuq
dalam salat berjamaah.
Berdasarkan data tabel, peserta didik
dapat menerangkan hikmah shalat
berjamaah.
6
3.11 Memahami sejarah perjuangan
Nabi Muhammad SAW periode Mekah
Disajikan data peserta didik dapat mengartikan assabiqunal awwalun
Disajikan uraian data,diharapkan peserta didik dapat menyebutkan rintangan
rintangan Rasul saw ketika berdakwah.
.
Berdasarkan uraian data peserta didik dapat menyebutkan orang orang yang termasuk kedalam assabiqunal
awwalun
Disajikan uraian data ,peserta didik menyebutka sikap kafir kurais Terhadap
dakwah rosul
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat memahami sifat sifat Nabi
Muhammad saw.dalam berdakwah
Berdasarkan uraian data, peserta
didik dapat menuliskan Q.S. Al Alaq ayat 2
Di sajikan uraian data diharapkan peserta didik dapat menjelaskan cara
kita meneladani dakwah Rasul
Disajikan uraian data ,peserta didik diharapkan dapat menyebutkan tentang
tempat yang digunakan rosululloh untuk berdakwah secara terang terangan
Berdasarkan data tabel, peserta
didik dapat menuliskan tentang sifat sifat rosul saw