RPP Atletik (Jalan Cepat) (K13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

   Satuan Pendidikan :  S M P kelompok 3
Mata Pelajaran   : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan        Kelas/Semester       :  VII / 1 (Ganjil )       
Materi                      :  Atletik (Jalan Cepat)
Pertemuan ke          :  1 (Satu)      
                 Alokasi  Waktu         3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )

A. Kompetensi Inti :           
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1  Menghayati dan mengamalkan
       nilai-nilai agama yang dianut
       dalam melakukan aktivitas jas-mani,   
       permainan, dan olahraga,
       dicerminkan dengan:
a.  Pembiasaan perilaku berdoa
     sebelum dan sesudah pelaja-ran.
b.  Selalu berusaha secara
     maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c.  Membiasakan berperilaku
     baik dalam berolahraga dan latihan.
1.1.1  Berdoa sebelum dan sesudah
         melakukan kegiatan pembelajaran
1.1.2  Menunjukkan sikap berusaha
         secara maksimal dalam melakukan
         pembelajaran dengan tetap
         meningkatkan kemampuan dan
         menunjukkan sikap tawakal terhadap
         hasil akhir
1.1.3  Menunjukkan perilaku baik dengan
          melakukan gerakan sesuai fungsi      
          tubuh (kodrat)
2
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain/
      berlomba
2.2 Bertanggung jawab dalam
      penggunaan sarana dan prasarana
      pembelajaran serta menjaga
      keselamatan diri sendiri, orang
      lain, dan lingkungan sekitar.

2.6 Disiplin selama melakukan
      berbagai aktivitas fisik.

2.1.1. Saat bermain/ berlomba
          menunjukkan permaian tidak curang
2.2.1. Merapihkan kembali peralatan yang
          telah digunakan pada tempatnya.




2.6.1. Mengikuti,peraturan,petunjuk atau
          arahan yang telah diberikan guru

3
3.3 Memahami teknik dasar gerak
      fundamental salah
      satu nomor atletik (jalan cepat)
    
3.3.1 Menjelaskan teknik dasar
         jalan cepat.

4
4.3 Mempraktikkan teknik dasar
      atletik jalan cepat 
       menekankan gerak dasar
       fundamentalnya.
4.3.1 Melakukan  teknik dasar jalan cepat


D.  Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.      Membiasakan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.      Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3.      Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4.      Menjelaskan sikap start jalan cepat.
5.      Menjelaskan sikap teknik langkah kaki yang  benar.
6.      Menjelaskan sikap kecondongan badan dan ayunan lengan yang  benar.
7.      Menjelaskan sikap memasuki garis finish yang  benar.
8.      Melakukan sikap start jalan cepat yang benar.
9.      Melakukan sikap teknik langkah kaki yang benar.
10.   Melakukan sikap kecondongan badan dan ayunan lengan yang  benar.
11.   Melakukan sikap memasuki garis finish yang benar.

E.  Materi Pembelajaran :
  1. Start Jalan Cepat.
Start pada jalan cepat dilakukan dengan start berdiri. Sikap start pada umumnya adalah sebagai berikut :
a.  Pada saat aba-aba “bersedia” peserta didik menempatkan salah satu kaki dibelakang garis start, kaki kanan dibelakang kaki kiri (atau sebaliknya), badan agak condong ke depan, tangan tergantung rilek.
b.  Pada aba-aba “ya”, atau “bunyi pistol” segera langkahkan kaki kanan ke muka, dan terus jalan cepat.

  1. Teknik Jalan Cepat.
a.    Langkah kaki
Dimulai dengan gerakan mengangkat paha kaki ayun ke muka, lutut terlipat, tungkai badan bergantung ke muka, karena ayunan paha ke muka tungkai bawah ikut terayun ke muka, lutut menjadi lurus, kemudian menapak ke tumit telebih dahulu menyentuh tanah; bersamaan dengan ayunan kaki tersebut kaki tumpu menolak dengan mengangkat tumit selanjutnya ujung kaki tumpu lepas dari tanah berganti ke kaki ayun.
b.    Kecondongan badan sedikit ke depan dengan ayunan lengan
Siku dilipat lebih kurang 90 derajat , ayunan lengan arahnya lebih masuk, gerakan lengan seirama dengan langkah kaki.
c.    Untuk memperoleh langkah-langkah yang benar kaki tidak boleh  terangkat sehingga gerakan kaki melayang, maka pemindahan berat badan dari satu kaki ke kaki lain harus nampak jelas pada gerak panggul.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIgLB7aAwLAv9E5T0sRbubyxfVnZGMnFIkXiGFfWmma_jKCjR2K3fK0oJyaMzSCqd04Sgjpoe1x1swWYIQURRvAE6QhTWj7nyLSaV2sQ83_0_1Ty-nsxJ9FAX1U9PhUSz1rw48wpcbp6A/s320/teknik+jalan+cepat.jpg
Gambar Teknik Jalan Cepat
  1. Teknik Finish.
Umumnya jalan terus langkah di percepat hingga badan melewati garis finish, baru dikendorkan kecepatan jalannya setelah melewati jarak lima meter.


F.   Metode Pembelajaran.
1.    Pendekatan  : (scientific)
  1. Metode           : penugasan,komando,demonstrasi
  2. Model             : Problem Based Learning,







G.  Langkah-Langkah  Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi
·       Menyiapkan sarana dan prasarana
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       Pemanasan dengan pendekatan bermain lomba  Estafet jalan cepat dan permainan reaksi HITAM-HIJAU

20 menit
INTI
      Mengamati :
      
·         Membaca informasi tentang jalan cepat Buku Siswa kls 7. hal.57
·         Mengamati perlombaan jalan cepat di TV / Video dan membuat catatan tentang gerak dominan dalam jalan cepat

Menanya :

·         peserta didik berdiskusi kelompok dengan teman sebaya  setelah mempelajari buku siswa
·         Menanyakan berbagai hal tentang gerakan jalan cepat kepada guru


Mencoba :
   
·         Latihan angkat tumit sementara kaki yang lain tetap menyentuh lantai, Guru mendemonsrasikan gerakan jalan cepat.
·         Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh guru
·         Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan yang di demontrasikan oleh guru yaitu teknik dasar jalan cepat dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
A.  Peserta didik dibagi dalam 2 kelompok dimana satu kelompok melakukan latihan jalan cepat sementara kelompok yang lain mengamati teknik jalan cepat yang dilakukan temanya.
B.  Jalan cepat menempuh jarak pendek dilakukan sambil memperhatikan  kaki selalu menumpu dengan tanah.
C. Melakukan jalan cepat dengan menempuh jarak 100 meter dengan kecepatan maksimal (85% s.d. 95%) dilakukan dengan pengulangan 5  kali
·       Melakukan lomba jalan cepat dengan menempuh jarak 500 meter dimulai dengan gerakan start berdiri sampai dengan finish.
·       Mendiskusikan dan membuat kesimpulan berkaitan dengan pembelajaran jalan cepat.

Mengassosiasi :

·       Menemukan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam gerakan jalan cepat.


Mengomunikasikan :

·       Guru mengawasi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan gerakan yang dilakukan peserta didik .
·       Guru memberi motivasi kepada peserta didik.
80 menit
Penutup

·         Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
·         Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar

20 Menit

H.  Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
1. Media Pembelajaran
-          LCD
-          TV
-          video
-          Ruang terbuka yang rindang, datar dan aman
-          Lintasan untuk jalan cepat yang aman
2. Sumber Belajar
-          Buku guru dan buku siswa
-          Buku referensi, Buku Pegangan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, Kemdikbud
-          Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, Jakarta : Erlangga


F.  Penilaian
Teknik dan Bentuk Penilaian
a.    Penilaian Perilaku
1)    Petunjuk penilaian
Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan pembelajaran.
Rubrik Penilaian Perilaku Jalan Cepat

Perilaku Yang dinilai
Cek ( V )
Baik
Kurang



1.  Tanggung Jawab


2.  Disiplin


3.  Jujur/sportif





Jumlah Skor maksimal = 12



Kriteria Penilaian
a.    Skor 4 jika baik
b.    Skor 2 jika kurang

                                Jumlah Skor
Nilai Perilaku  =
                                               12 


b.     Penilaian Pengetahuan
1)    Petunjuk Penilaian
Setelah mempelajari materi Atletik Jalan Cepat, menugaskan kepada peserta didik untuk mengerjakan tugas kelompok di bawah ini dengan penuh rasa tanggung jawab.  
2)    Butir Soal Pengetahuan.

Rubrik Penilaian Aspek Kognitif


No

Butir Pertanyaan
Kriteria Penskoran

Nilai Akhir
1
2
3
4
1.
Jelaskan cara melakukan teknik start jalan cepat





2.
Jelaskan cara melakukan teknik gerakan jalan cepat





3.
Jelaskan cara melakukan teknik gerakan memasuki garis finish





4.
Jelaskan cara melakukan teknik jalan cepat ketika melalui tikungan





5.
Jelaskan cara memasuki garis finish













Skor maksimal  = 20









3)    Kriteria Penilaian (Pengetahuan / Pemahaman)

Sikap kaki       : Sikap kaki dengan satu kaki maju ke depan di garis start
                         sementara kaki lainnya di belakang
sikap tangan  : Sikap tangan rileks.
sikap badan   : Sikap badan agak condong kedepan
pandangan    : pandangan kedepan
·           Skor 4   : jika peserta didik mampu menjelaskan ke empat kriteria kata kunci
·           Skor 3   : jika peserta didik mampu menjelaskan tiga kriteria kata kunci
·           Skor 2   : jika peserta didik mampu menjelaskan dua kriteria kata kunci
·           Skor 1   : jika peserta didik mampu menjelaskan satu kriteria kata kunci







                                   Jumlah Skor
Nilai Pemahaman  =                                           X 4
                                                  20

c.      Penilaian Ketrampilan
1)    Penilaian aspek keterampilan diberikan dalam dua bentuk yaitu penilaian terhadap kesempurnaan /keterampilan sikap / cara melakukan suatu proses gerakan (penilaian proses) dan penilaian produk dari gerakan tersebut ( diambil kecepatan waktu dengan menempuh jarak yang sudah di tentukan).
2)    Butir Soal keterampilan (Unjuk Kerja)
Lakukan teknik dasar jalan cepat dengan menempuh jarak 500 meter, unsur yang dinilai dalam penilaian proses dan produk adalah :





Rubrik Penilaian  Keterampilan


Penilaian Keterampilan Gerak

Nilai Akhir

Ket
Penilaian Proses

Penilaian Produk
Gerakan Start Jalan Cepat  
  ( Skor 3)
Gerakan ayunan lengan,kaki, dan sikap badan jalan cepat
(Skor 4)
Sikap badan saat finish (Skor 3)
Tes Jalan Cepat 500 m






3)    Kriteria penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
Kriteria Penilaian Proses
Kriteria Skor : Gerakan Start Jalan Cepat
Skor 3 Jika :
(1)  Sikap kaki dengan satu kaki maju ke depan di garis start sementara kaki lainnya di belakang.
(2)  Sikap badan agak condong ke depan di garis pandangan depan.
(3)  Sikap tangan rileks.
Skor 2 Jika : dua kriteria dilakukan dengan benar.
Skor 1 Jika : satu krteria dilakukan dengan benar.

Kriteria Skor  : Pelaksanaan jalan cepat (Proses)

Sikap Gerakan Kaki
Skor 4 Jika :
(1)  Kaki melangkah selebar dan secepat mungkin
(2)  Kaki belakang saat menolak dari tanah harus tertendang lurus dengan cepat.
(3)  Lutut ditekuk secara wajar agar paha mudah terayunke depan
(4)  Lutut agak bengkok saat melangkah
Skor 3 Jika : jika tiga krieria dilakukan.
Skor 2 Jika : dua kriteria dilakukan dengan benar.
Skor 1 Jika : satu krteria dilakukan dengan benar.

Sikap Gerakan Lengan
Skor 4 Jika :
(1)    Lengan diayun ke depan atas sebatas hidung
(2)    Sikut ditekuk kurang lebih membentuk sudut 900
(3)    Lengan diayun secara bergantian secara konsisten
(4)    Lengan diayunkan ke depan dan ke belakang
Skor 3 Jika : jika tiga krieria dilakukan.
Skor 2 Jika : dua kriteria dilakukan dengan benar.
Skor 1 Jika : satu krteria dilakukan dengan benar.


Sikap Posisi Badan
Skor 4 Jika :
(1)    Saat berjalan badan rileks
(2)    Kepala segaris dengan punggung
(3)    Pandangan ke arah depan
(4)    Badan condong ke depan
Skor 3 Jika :  tiga krieria dilakukan.
Skor 2 Jika : dua kriteria dilakukan dengan benar.
Skor 1 Jika : satu krteria dilakukan dengan benar.

4)    Kriteria Penilaian Produk

Standar Kriteria Penilaian Ketrampilan Produk Jalan Cepat


Perolehan Nilai

Kriteria Penskoran

Klasifikasi Nilai

Putera

Puteri
..... < 5.00 menit
..... < 6.00 menit
10
Sangat Baik
17.01 s.d. 18.00 menit
20.01 s.d. 21.00 menit
9
Baik
18.01 s.d. 19.00 menit
21.01 s.d. 22.00 menit
8
Cukup
19.01 s.d. 20.00 menit
22.01 s.d. 23.00 menit
7
Kurang
...... > 20.00 menit
...... > 23 menit
6
Kurang Sekali

                         Hasil Penilaian Proses + Penilaian Produk
Nilai Ketrampilan =
                                                                     2

NILAI AKHIR

No
NAMA
Aspek Yang dinilai
Nilai Akhir =
K+P+A
3
Paraf Guru
Afektif
Kognitif
Psikomotor











                                                                                         

                   Mengetahui,                                                           Guru Mata Pelajaran
                 Kepala Sekolah