KISI-KISI PAS PKN KELAS 7 2018/2019 (K-13)

ASSALAMUALAIKUM WR WB , Teman-Teman yg saya hormati maaf lama sekali tidak Up-date Blog ini di karenakan banyak tugas di offline dan baru kali ini saya mencoba update lagi, langsung saja biar tidak terlalu panjang seperti orang pidato  hehehe ⤔ berikut akan saya berikan beberapa kisi-kisi MAPEL yang mungkin sangat baru dan insya Alloh 90% keluar pada saat kalian PAS(Penilaian Akhir Semester) khususnya mapel PJOK :P








No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Level Kognitif
Bentuk Soal
No. Soal
1.
3.1 Menganali-sis  proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
Disajikan salah satu peristiwa yang terjadi masa penjajahan Jepang, peserta didik dapat menganalisis akibat diberlakukannya kebijakan tentara Jepang terhadap bangsa Indonesia.
Pemben-tukan BPUPKI
P-3
PG
1
Disajikan informasi tentang pembentukan BPUPKI, peserta didik dapat mendeskripsi-kan tugas BPUPKI.
P-1
PG
2
Disajikan nama beberapa tokoh pendiri negara, peserta didik dapat mengidentifikasi pimpinan BPUPKI.
P-1
PG
3
Disajikan informasi tentang pelaksanaan sidang BPUPKI,  peserta didik dapat menentukan pokok materi pembahasan dalam masa persidangan tersebut.
P-2
PG
4
Disajikan gambar tokoh pendiri negara, peserta didik dapat menentukan nama tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara tersebut
Perumusan Dasar Negara
P-2
PG
5
Disajikan usulan rumusan dasar negara Moh. Yamin secara acak, peserta didik dapat mengurutkan usulan rumusan dasar negara tersebut.
P-2
PG
6
Disajikan informasi mengenai panitia sembilan (9), peserta didik dapat mendeskripsikan tugas panitia sembilan
P-1
PG
7
Disajikan informasi tentang perubahan rumusan dasar negara, peserta didik dapat menentukan latar belakang perubahan rumusan sila pertama dasar negara dalam Piagam Jakarta
P-2
PG
8
Disajikan informasi tentang kekalahan Jepang dalam PD II, peserta didik dapat menjelaskan dampaknya terhadap BPUPKI.
Penetapan Pancasila sebagai dasar negara
P-1

PG
9
Disajikan informasi tentang Pancasila seba-gai dasar negara, peserta didik dapat me-nunjukkan rumusan Pancasila yang benar.
P-1
PG
10
Disajikan informasi tentang nasionalisme, peserta didik dapat menyimpulkan nasionalisme dalam  arti sempit.
Nilai semangat  para pendiri negara
P-1
PG
11
Disajikan faktor pembentuk nasionalisme, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor objektif pembentuk nasionalisme.
P-1
PG
12
Disajikan informasi tentang jiwa dan semangat bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan, peserta didik dapat menyebutkan hal-hal yang terkandung dalam jiwa dan semangat 45.
P-1
Uraian
41
Disajikan contoh sikap dan perilaku, peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku seseorang memiliki komitmen
Komitmen para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara
P-1
PG
13
Disajikan ilustrasi mengenai nilai-nilai Pancasila, peserta didik dapat menganalisis ciri-ciri komitmen pribadi yang dimiliki para pendiri negara dalam perumusan Pancasila
P-3
PG
14
2
3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyara kat untuk mewujudkan keadilan
Disajikan contoh beberapa kepentingan, peserta didik dapat menentukan kategori kepentingan masyarakat.
Norma dalam kehidupan masyarakat
P-2
PG
15
Disajikan pernyataan tentang arti norma, peserta didik dapat mendeskripsikan arti norma tertentu
Macam-macam norma
P-1
PG
16
Disajikan informasi tentang norma, peserta didik dapat membedakan macam-macam norma berdasarkan sanksinya
P-1
Uraian
42
Disajikan informasi mengenai pentingnya menaati norma, peserta didik dapat mengidentifikasi sanksi norma tertentu dalam masyarakat.
P-1
PG
17
Disajikan tabel tentang norma agama dan sumbernya, peserta didik dapat memilih pasangan yang benar berdasarkan tabel tersebut
P-3
PG
18
Disajikan pasal-pasal UUD Negara RI Tahun 1945, peserta didik dapat menunjukkan dasar hukum bahwa Indonesia merupakan negara hukum
P-1
PG
19
Disajikan bunyi pasal  UU No 22 Tahun 2009, peserta didik dapat menyimpulkan sifat hukum
P-1
PG
20
Disajikan ilustrasi dalam kehidupan masyarakat, peserta didik dapat menentu-kan fungsi norma sesuai ilustrasi tersebut.
Arti penting norma dalam mewujudkan keadilan
P-2
PG
21
Disajikan informasi tentang negara hukum, peserta didik dapat mendeskripsikan unsur-unsur negara hukum (supremacy of law, equality before of law, human rights).
P-1
Uraian
43
Disajikan informasi tentang peranan norma hukum, peserta didik dapat menunjukkan perbedaan norma hukum dengan norma lainnya.
P-1
PG
22
Disajikan pernyataan hubungan keadilan, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai keadilan sesuai pernyataan tersebut.
P-2
PG
23
Disajikan jenis-jenis hukuman, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis hukuman menurut  pasal 10 KUHP
P-1
PG
24
Disajikan contoh perilaku ketaatan pada norma, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan pelaksanaan norma kesusilaan.
Perilaku sesuai norma dalam kehidupan sehari-hari
P-1
PG
25
Disajikan gambar mengenai ketaatan pada norma, peserta didik dapat menginterpreta-sikan contoh pelaksanaan norma tertentu
P-2
PG
26
Disajikan informasi tentang kesadaran diri, peserta didik dapat menentukan contoh sikap dan budaya yang harus dikembangkan terhadap kepatuhan pada norma di sekolah.
P-2
PG
27
Disajikan informasi perilaku tidak patuh terhadap norma, peserta didik dapat menentukan faktor penyebab kesadaran terhadap kepatuhan pada norma-norma dalam kehidupan masih rendah .
P-2
PG
28
3
3.3  Menganali-sis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang
Disajikan informasi tentang konstitusi, peserta didik dapat mendeskripkan hakikat kostitusi
Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
P-1
PG
29
Disajikan contoh kebiasaan dalam ketatanegaraan, peserta didik dapat menyimpulkan pengertian konvensi.
P-1
PG
30
Disajikan informasi tentang konstitusi, peserta didik dapat menjelaskan kedudukan konstitusi dalam suatu negara.
P-1
PG
31
Disajikian informasi mengenai agenda pembahasan sidang BPUPKI, peserta didik dapat menentukan waktu sidang Panitia Kecil Perancang UUD 1945
P-2
PG
32
Disajikan informasi tentang panitia kecil perancang UUD, peserta didik dapat menguraikan proses pembahasan rancangan UUD pada sidang panitia kecil tersebut.
P-3
Uraian
44
Disajikan data tentang bagian-bagian dalam konstitusi, peserta didik dapat menunjukkan sistematika UUD 1945
Pengesahan UUD Negara Tahun 1945
P-1
PG
33
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
P-1
PG
34
Disajikan informasi tentang sidang PPKI, peserta didik dapat menentukan beberapa perubahan yang disepakati dalam sidang tersebut.
P-2
PG
35
Disajikan informasi mengenai kaidah fundamental, peserta didik dapat menjelas-kan kedudukan UUD NRI Tahun 1945
Arti penting UUD NRI bagi Bangsa dan Negara   Indonesia
P-1
PG
36
Disajikan informasi mengenai fungsi konstitusi, peserta didik dapat menentukan manfaat konstitusi bagi masyarakat.
P-2
PG
37
Disajikan informasi tentang sidang BPUPKI, peserta didik dapat menganalisis sikap para pendiri negara dalam mengatasi perbedaan faham terhadap pembentukan negara RI
Peran Tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun1945
P-2
PG
38
Disajikan informasi mengenai persidangan BPUPKI, peserta didik dapat menganalisis sikap yang ditunjukkan para tokoh pendiri negara dalam persidangan  tersebut.
P-1
PG
39
Disajikan informasi  tentang sidang PPKI, peserta didik dapat menentukan contoh pandangan dan pemikiran anggota PPKI sebagai perwujudan sikap patriotisme dan rasa kebangsaan dalam persidangan.
P-2
PG
40
Disajikan pernyataan ketua BPUPKI, peserta didik dapat menentukan semangat  sikap para pendiri negara pada perumusan UUD Negara RI Tahun 1945
P-2
Uraian
45