KISI-KISI PAS PKN KELAS 7 2018/2019 (K-13)
ASSALAMUALAIKUM WR WB , Teman-Teman yg saya hormati maaf lama sekali tidak Up-date Blog ini di karenakan banyak tugas di offline dan baru kali ini saya mencoba update lagi, langsung saja biar tidak terlalu panjang seperti orang pidato hehehe ⤔ berikut akan saya berikan beberapa kisi-kisi MAPEL yang mungkin sangat baru dan insya Alloh 90% keluar pada saat kalian PAS(Penilaian Akhir Semester) khususnya mapel PJOK :P
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
No.
Soal
|
1.
|
3.1 Menganali-sis proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara
|
Disajikan salah satu peristiwa yang
terjadi masa penjajahan Jepang, peserta didik dapat menganalisis akibat
diberlakukannya kebijakan tentara Jepang terhadap bangsa Indonesia.
|
Pemben-tukan BPUPKI
|
P-3
|
PG
|
1
|
Disajikan informasi tentang
pembentukan BPUPKI, peserta didik dapat mendeskripsi-kan tugas BPUPKI.
|
P-1
|
PG
|
2
|
|||
Disajikan nama beberapa tokoh pendiri negara, peserta didik dapat mengidentifikasi
pimpinan BPUPKI.
|
P-1
|
PG
|
3
|
|||
Disajikan informasi tentang pelaksanaan sidang BPUPKI, peserta
didik dapat menentukan pokok materi pembahasan dalam masa persidangan
tersebut.
|
P-2
|
PG
|
4
|
|||
Disajikan gambar tokoh pendiri negara, peserta didik dapat menentukan nama tokoh yang mengusulkan
rumusan dasar negara tersebut
|
Perumusan Dasar Negara
|
P-2
|
PG
|
5
|
||
Disajikan usulan rumusan dasar
negara Moh. Yamin secara acak, peserta
didik dapat mengurutkan usulan rumusan dasar negara tersebut.
|
P-2
|
PG
|
6
|
|||
Disajikan informasi mengenai
panitia sembilan (9), peserta didik
dapat mendeskripsikan tugas panitia sembilan
|
P-1
|
PG
|
7
|
|||
Disajikan informasi tentang
perubahan rumusan dasar negara, peserta
didik dapat menentukan latar belakang perubahan rumusan sila pertama
dasar negara dalam Piagam Jakarta
|
P-2
|
PG
|
8
|
|||
Disajikan informasi tentang
kekalahan Jepang dalam PD II, peserta didik dapat menjelaskan dampaknya
terhadap BPUPKI.
|
Penetapan Pancasila sebagai dasar negara
|
P-1
|
PG
|
9
|
||
Disajikan informasi tentang Pancasila
seba-gai dasar negara, peserta didik dapat me-nunjukkan rumusan Pancasila
yang benar.
|
P-1
|
PG
|
10
|
|||
Disajikan
informasi tentang nasionalisme, peserta didik dapat menyimpulkan nasionalisme
dalam arti sempit.
|
Nilai semangat para pendiri negara
|
P-1
|
PG
|
11
|
||
Disajikan
faktor pembentuk nasionalisme, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor
objektif pembentuk nasionalisme.
|
P-1
|
PG
|
12
|
|||
Disajikan informasi tentang jiwa dan semangat bangsa
Indonesia dalam merebut kemerdekaan, peserta didik dapat menyebutkan hal-hal
yang terkandung dalam jiwa dan semangat 45.
|
P-1
|
Uraian
|
41
|
|||
Disajikan
contoh sikap dan perilaku, peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku
seseorang memiliki komitmen
|
Komitmen para pendiri
negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara
|
P-1
|
PG
|
13
|
||
Disajikan ilustrasi mengenai
nilai-nilai Pancasila, peserta didik dapat menganalisis ciri-ciri komitmen
pribadi yang dimiliki para pendiri negara dalam perumusan Pancasila
|
P-3
|
PG
|
14
|
|||
2
|
3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyara
kat untuk mewujudkan keadilan
|
Disajikan contoh beberapa
kepentingan, peserta didik dapat menentukan kategori kepentingan masyarakat.
|
Norma dalam kehidupan
masyarakat
|
P-2
|
PG
|
15
|
Disajikan pernyataan tentang arti norma, peserta didik dapat
mendeskripsikan arti norma tertentu
|
Macam-macam norma
|
P-1
|
PG
|
16
|
||
Disajikan informasi tentang norma,
peserta didik dapat membedakan macam-macam norma berdasarkan sanksinya
|
P-1
|
Uraian
|
42
|
|||
Disajikan informasi mengenai pentingnya menaati norma, peserta
didik dapat mengidentifikasi sanksi norma tertentu dalam masyarakat.
|
P-1
|
PG
|
17
|
|||
Disajikan tabel tentang norma agama dan sumbernya, peserta didik
dapat memilih pasangan yang benar berdasarkan tabel tersebut
|
P-3
|
PG
|
18
|
|||
Disajikan pasal-pasal UUD Negara RI Tahun 1945, peserta didik
dapat menunjukkan dasar hukum bahwa Indonesia merupakan negara hukum
|
P-1
|
PG
|
19
|
|||
Disajikan bunyi pasal UU
No 22 Tahun 2009, peserta didik dapat menyimpulkan sifat hukum
|
P-1
|
PG
|
20
|
|||
Disajikan ilustrasi dalam kehidupan masyarakat, peserta didik
dapat menentu-kan fungsi norma sesuai ilustrasi tersebut.
|
Arti penting norma
dalam mewujudkan keadilan
|
P-2
|
PG
|
21
|
||
Disajikan informasi tentang negara
hukum, peserta didik dapat mendeskripsikan unsur-unsur negara hukum (supremacy of law, equality before of law,
human rights).
|
P-1
|
Uraian
|
43
|
|||
Disajikan informasi tentang peranan norma hukum, peserta didik
dapat menunjukkan perbedaan norma hukum dengan norma lainnya.
|
P-1
|
PG
|
22
|
|||
Disajikan pernyataan hubungan keadilan, peserta didik dapat
menentukan nilai-nilai keadilan sesuai pernyataan tersebut.
|
P-2
|
PG
|
23
|
|||
Disajikan jenis-jenis hukuman, peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis hukuman menurut
pasal 10 KUHP
|
P-1
|
PG
|
24
|
|||
Disajikan contoh
perilaku ketaatan pada norma, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang
mencerminkan pelaksanaan norma kesusilaan.
|
Perilaku sesuai norma
dalam kehidupan sehari-hari
|
P-1
|
PG
|
25
|
||
Disajikan gambar mengenai ketaatan pada norma, peserta didik
dapat menginterpreta-sikan contoh pelaksanaan norma tertentu
|
P-2
|
PG
|
26
|
|||
Disajikan informasi
tentang kesadaran diri, peserta didik dapat menentukan contoh sikap dan
budaya yang harus dikembangkan terhadap kepatuhan pada norma di sekolah.
|
P-2
|
PG
|
27
|
|||
Disajikan informasi perilaku
tidak patuh terhadap norma, peserta didik dapat menentukan faktor penyebab kesadaran
terhadap kepatuhan pada norma-norma dalam kehidupan masih rendah .
|
P-2
|
PG
|
28
|
|||
3
|
3.3 Menganali-sis
kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang
|
Disajikan informasi tentang konstitusi, peserta
didik dapat mendeskripkan hakikat kostitusi
|
Perumusan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
P-1
|
PG
|
29
|
Disajikan contoh kebiasaan dalam ketatanegaraan,
peserta didik dapat menyimpulkan pengertian konvensi.
|
P-1
|
PG
|
30
|
|||
Disajikan informasi tentang konstitusi, peserta
didik dapat menjelaskan kedudukan konstitusi dalam suatu negara.
|
P-1
|
PG
|
31
|
|||
Disajikian
informasi mengenai agenda pembahasan sidang BPUPKI, peserta didik dapat
menentukan waktu sidang Panitia Kecil Perancang UUD 1945
|
P-2
|
PG
|
32
|
|||
Disajikan informasi
tentang panitia kecil perancang UUD, peserta didik dapat menguraikan proses pembahasan
rancangan UUD pada sidang panitia kecil tersebut.
|
P-3
|
Uraian
|
44
|
|||
Disajikan data tentang bagian-bagian dalam
konstitusi, peserta didik dapat menunjukkan sistematika UUD 1945
|
Pengesahan UUD Negara Tahun 1945
|
P-1
|
PG
|
33
|
||
Disajikan beberapa pernyataan, peserta
didik dapat menunjukkan hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
P-1
|
PG
|
34
|
|||
Disajikan
informasi tentang sidang PPKI, peserta didik dapat menentukan beberapa
perubahan yang disepakati dalam sidang tersebut.
|
P-2
|
PG
|
35
|
|||
Disajikan
informasi mengenai kaidah fundamental, peserta didik dapat menjelas-kan
kedudukan UUD NRI Tahun 1945
|
Arti
penting UUD NRI bagi Bangsa dan Negara
Indonesia
|
P-1
|
PG
|
36
|
||
Disajikan
informasi mengenai fungsi konstitusi, peserta didik dapat menentukan manfaat
konstitusi bagi masyarakat.
|
P-2
|
PG
|
37
|
|||
Disajikan informasi tentang sidang BPUPKI,
peserta didik dapat menganalisis sikap para pendiri
negara dalam mengatasi perbedaan faham terhadap pembentukan negara RI
|
Peran
Tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun1945
|
P-2
|
PG
|
38
|
||
Disajikan
informasi mengenai persidangan BPUPKI, peserta didik dapat menganalisis sikap
yang ditunjukkan para tokoh pendiri negara dalam persidangan tersebut.
|
P-1
|
PG
|
39
|
|||
Disajikan informasi
tentang sidang PPKI, peserta didik dapat menentukan contoh pandangan
dan pemikiran anggota PPKI sebagai perwujudan sikap patriotisme dan rasa
kebangsaan dalam persidangan.
|
P-2
|
PG
|
40
|
|||
Disajikan
pernyataan ketua BPUPKI, peserta didik dapat menentukan semangat sikap para pendiri negara pada perumusan
UUD Negara RI Tahun 1945
|
P-2
|
Uraian
|
45
|