KISI-KISI PAS PKN KELAS 8 2018/2019 (K-13)
ASSALAMUALAIKUM WR WB , Teman Teman yg saya hormati maaf lama sekali tidak Up-date Blog ini di karenakan banyak tugas di offline dan baru kali ini saya mencoba update lagi, langsung saja biar tidak terlalu panjang seperti orang pidato hehehe ⤔ berikut akan saya upload beberapa kisi-kisi MAPEL yang mungkin sangat baru dan insya Alloh 90% keluar pada saat kalian PAS(Penilaian Akhir Semester) khususnya mapel PJOK :P
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Instrumen
|
Nomor
Soal
|
1
|
1.1.
Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi
negara
|
1.
Pengertian idiologi
2.
Pentingnya ideologi bagi
suatu bangsa dan Negara.
3.
Proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara.
4.
Sikap setia pada
Pancasila
|
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian ideologi bagi suatu bangsa.
2.
Disajikan informasi tentang hakikat ideologi, siswa dapat menunjukkan pentingnya ideologi bagi suatu negara.
3.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan rumusan sila pertama Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 dengan rumusan sila pertama Pancasila dalam Piagam Jakarta.
4.
Disajikan data perilaku sikap setia pada Pancasila,
siswa dapat menganalisis perilaku yang sesuai nilai-nilai Pancasila.
|
P1
P1
P1
P3
|
PG
PG
Essay
PG
|
1
2
41
3
|
2
|
4.2
Menguraikan nilai-nilai
Pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi Negara.
|
1.
Nilai-nilai Pancasila sebagai
ideologi negara.
2.
Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara
3.
Nilai-nilai yang terkandung dalam setiap
sila Pancasila
|
1.
Disajikan informasi nilai-nilai Pancasila, siswa dapat menganalisis nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara.
2.
Disajikan data nilai-nilai Pancasila, siswa dapat mendiskripsikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.
3.
Disajikan data nilai-nilai Pancasila,
siswa dapat menunjukkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ke 3 (tiga) Pancasila.
|
P3
P1
P1
|
PG
PG
PG
|
4
5
6
|
3
|
3.2
Menunjukkan sikap positif
terhadap Pancasila dalam kehidupan Berbangsa dan bernegara
|
1.
Pengertian sikap positif
terhadap Pancasila
2.
Ciri khas ideologi Pancasila
sebagai Ideologi Negara
3.
Contoh sikap positif terhadap
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
(dalam berlalu lintas)
4.
Contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan
Pancasila (dalam berlalu lintas)
5.
Pentingnya hidup disiplin dan bertanggung jawab dalam kehidupan
berlalu lintas.
|
1.
Disajikan informasi sikap, siswa dapat menjelaskan pengertian sikap positif terhadap Pancasila.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi ciri khas ideologi Pancasila sebagai ideologi negara.
3.
Disajikan pernyataan sikap positif terhadap Pancasila,
siswa dapat menunjukkan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari (dalam berlalu lintas)
4.
Disajikan pernyataan sikap perilaku terhadap Pancasila,
siswa dapat menunjukkan contoh sikap perilaku yang
bertentangan dengan Pancasila (dalam berlalu lintas).
5.
Siswa menjelaskan pentingnya hidup disiplin dan bertanggung jawab dalam kehidupan berlalu lintas.
|
P1
P1
P1
P1
P1
|
PG
Essay
PG
PG
PG
|
7
42
8
9
10
|
4
|
5.2
Menampilkan sikap positif
terhadap Pancasila dalam Kehidupan bermasyarakat
0.
|
1.
Perilaku positif
terhadap Pancasila dalam kehidupan politik
2.
Perilaku positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi
3.
Perilaku positif
terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial
4.
Perilaku positif terhadap Pancasila
dalam kehidupan
hukum (berlalu lintas)
|
1.
Disajikan data sikap positif terhadap Pancasila, siswa dapat menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik.
2.
Disajikan data sikap positif terhadap Pancasila, siswa dapat menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi.
3.
Disajikan data sikap positif terhadap Pancasila, siswa dapat menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial.
4.
Disajikan data sikap positif terhadap Panasila, siswa dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila dalam kehidupan hukum (berlalu lintas).
|
P1
P1
P1
P1
|
PG
PG
PG
PG
|
11
12
13
14
|
5
|
1. Memahami
berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
1.1
Menjelaskan berbagai konstitusi
yang pernah
berlaku di Indonesia
|
1. Berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
|
1.
Disajikan informasi pemerintahan menurut UUD 1945, siswa dapat mengalisis bentuk Negara menurut UUD 1945.
2.
Disajikan informasi pemerintahan menurut Konstitusi RIS 1949, siswa dapat mendeskripsikan bentuk pemerintahan menurut Konstitusi
RIS1949.
3.
Disajikan informasi pemerintahan menurut UUDS 1950, siswa dapat mendeskripsikan latar belakang kembali berlakunya
UUD 1945.
|
P3
P1
P1
|
PG
PG
PG
|
15
16
17
|
6
|
1.2
Menganalisis Penyimpangan –penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia
|
1.
Bukti-bukti penyimpangan terhadap UUD
1945 pada periode 1950-1959
2.
Contoh penyimpangan terhadap UUD
1945 sesudah Dekrit Presiden 5
Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi
3.
Akibat-akibat yang timbul dari
penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
|
1.
Disajikan data penyimpangan terhadap konstitusi, siswa dapat mengidentifikasi penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1950-1959.
2.
Dasajikan data penyimpangan terhadap UUD
1945 sesudah Dekrit Presiden 5
Juli 1959, siswa dapat mengidentifikasi penyimpangan terhadap UUD 1945
sesudah Dekrit Presiden 5
Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi.
3.
Disajikan informasi akibat-akibat penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD, siswa dapat mengalisis akibat-akibat yang
timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.
|
P1
P1
P3
|
PG
PG
Essay
|
18
19
43
|
7
|
1.3
Menunjukkan hasil-hasil
amandemen UUD 1945
·
|
1.
Landasan hukum perubahan atau amandemen UUD 1945
2.
Proses amandemen atau perubahan UD1945
3.
Pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD
1945
|
1.
Siswa dapat menunjukkan landasan hukum perubahan atau amandemen UUD 1945.
2.
Disajikan informasi proses amandemen, siswa dapat mendeskripsikan proses amandemen atau perubahan UUD 1945.
3.
Disajikan data pasal-pasal, siswa dapat mengidentifikasi pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
|
P1
P1
P1
|
PG
PG
PG
|
20
21
22
|
8
|
1.4
Menampilkan sikap positif terhadap UUD hasil amandemen
|
1.
Pengertian sikap Positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen atau
perubahan UUD 1945
2.
Faktor-faktor penyebab amandemen UUD 1945
3.
Tahap-tahap proses amandemen UUD 1945
4.
Pentingnya amandemen UUD 1945 dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian sikap positif terhadap pelaksanaan
UUD 1945 hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
2.
Disajikan data factor penyebab amandemen, siswa dapat mengidenti-fikasi faktor-faktor penyebab amandemen UUD 1945
3.
Disajikan data proses amandemen, siswa dapat mendeskripsikan tahap-tahap proses amandemen UUD1945
4.
Menjelaskan pentingnya amandemen UUD
1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
P1
P1
P1
P1
|
PG
PG
Essay
PG
|
23
24
44
25
|
9
|
2. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional
2.1
Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
|
1.
Kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang - undangan
2.
Fungsi peraturan perundang - undangan
3.
Bentuk dan tata urutan peraturan
perundang - undangan nasional menurut UU No. 12 Tahun 2011
|
1.
Disajikan informasi kedudukan UUD
1945, siswa dapat mendeskripsikan kedudukan UUD 1945 dalam sistem Peraturan perundang-undangan
2.
Disajikan data siswa dapat, menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan
3.
Disajikan data tata urutan peraturan perundang-undangan secara acak, siswa dapat mengurutkan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional yang benar menurut UU No.12 Tahun 2011
|
P1
P1
P2
|
PG
PG
PG
|
26
27
45
|
10
|
2.2
Mendeskripsikan proses
pembuatan peraturan perundang-
undangan nasional
|
1.
Tata urutan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia
2.
Tahap tahapan proses Pembuatan peraturan perundang – undangan nasional
3.
Tujuan dibentuknya Peraturan perundang -undangan nasional
4.
Pentingnya mentaati peraturan
perundang- undangan nasional
5.
Perilaku ketaatan terhadap
peraturan perundang-undangan (lalu lintas).
6.
Perilaku kasus pelanggaran peraturan lalu lintas
|
1.
Disajikan data tata urutan peraturan perundangan, siswa dapat mengidentifikasi tata urutan pearaturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
2.
Disajikan data tahapan pembuatan peraturan perundang-undangan nasional, siswa dapat mengidentifikasi tahap-tahapan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional.
3.
Siswa dapat menjelaskan tujuan dibentuknya peraturan perundang-undangan nasional
4.
Menjelaskan pentingnya mentaati peraturan perundang- undangan Nasional.
5.
Disajikan perilaku ketaatann tertahap peraturan perundang-undangan,
siswa dapat menunjukkan perilaku ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan (lalu lintas).
6.
Disajikan Data kasus pelanggaran,
siswa dapat mengidentifikasi kasus pelanggaran peraturan lalu lintas.
|
P1
P1
P1
P1
P1
P1
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
28
29
30
31
32
33
|
11
|
2.3
Menaati peraturan perundang-undangan nasional
|
1.
Pengertian menaati Peraturan perundang-undangan nasional
2.
Contoh menaati peraturan perundang-
unangan nasional
|
1.
Menjelaskan pengertian peraturan perundang-undangan nasional
2.
Disajikan data menaati peranturan perundangan-undangan, siswa dapat menunjukkan perilaku menaati peraturan perundang- undangan nasional
|
P1
P1
|
PG
PG
|
34
35
|
12
|
2.4
Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di
Indonesia
|
1.
Kasus korupsi di Indonesia
2.
Upaya pemberantasan korupsi di
Indonesia
|
1.
Disajikan kasus korupsi,
siswa dapat mengidentifikasi kasus korupsi di Indonesia.
2.
Disajikan
data pemberantasan korupsi, siswa menunjukkan upaya pemberantasan korupsi di
Indonesia.
|
P1
P1
|
PG
PG
|
36
37
|
13
|
2.5
Mengidenifikasi pengertian anti
korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia
|
1.
Pengertian korupsi
2. Landasan hukum Pemberantasan korupsi.
3.
Lembaga-lembaga Pemberantasan korupsi
|
1.
Disajikan ilusrasi tindak korupsi, siswa dapat mendeskripsikan korupsi.
2.
Disajikan data tentang perundang-undangan, siswa dapat menunjukkan
landasan hukum pemberantasan korupsi di
Indonesia.
3.
Menyebutkan lembaga - lembaga pemberantasan korupsi
|
P1
P1
P1
|
PG
PG
PG
|
38
39
40
|
Demikian Kisi-kisi dari saya supaya bisa mendapatkan info terbaru silahkan anda bisa mengunjungi blog saya disini
Salam Olahraga, Jayalah Bangsaku