KISI-KISI PAS PKN KELAS 8 2018/2019 (K-13)


ASSALAMUALAIKUM WR WB , Teman Teman yg saya hormati maaf lama sekali tidak Up-date Blog ini di karenakan banyak tugas di offline dan baru kali ini saya mencoba update lagi, langsung saja biar tidak terlalu panjang seperti orang pidato  hehehe ⤔ berikut akan saya upload beberapa kisi-kisi MAPEL yang mungkin sangat baru dan insya Alloh 90% keluar pada saat kalian PAS(Penilaian Akhir Semester) khususnya mapel PJOK :P

 







No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Level Kognitif
Bentuk
Instrumen
Nomor
Soal
1
1.1. Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi  negara

1.  Pengertian idiologi


2.  Pentingnya ideologi bagi   suatu bangsa dan Negara.


3.  Proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara.




4.  Sikap setia pada   Pancasila

1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian ideologi bagi suatu bangsa.

2.   Disajikan informasi tentang hakikat ideologi, siswa dapat menunjukkan pentingnya ideologi bagi suatu negara.

3.   Siswa dapat menjelaskan perbedaan rumusan sila pertama Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 dengan rumusan sila pertama Pancasila dalam Piagam  Jakarta.

4.   Disajikan data perilaku sikap setia pada Pancasila, siswa dapat menganalisis perilaku yang sesuai nilai-nilai Pancasila.
P1



P1





P1







P3

PG



PG





Essay







PG
1



2





41







3


2
4.2  Menguraikan  nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi Negara.

1.  Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara.



2.  Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara



3.  Nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila

1.   Disajikan informasi nilai-nilai Pancasila, siswa dapat menganalisis nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara.

2.   Disajikan data nilai-nilai Pancasila, siswa dapat mendiskripsikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

3.   Disajikan data nilai-nilai Pancasila, siswa dapat menunjukkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ke 3 (tiga) Pancasila.

P3





P1





P1
PG





PG





PG

4





5





6

3
3.2  Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan Berbangsa dan bernegara

1.  Pengertian sikap positif  terhadap Pancasila


2.  Ciri khas ideologi Pancasila sebagai Ideologi Negara


3.  Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan  sehari-hari (dalam berlalu lintas)


4.  Contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila  (dalam berlalu lintas)


5.  Pentingnya hidup disiplin dan bertanggung jawab dalam kehidupan berlalu lintas.
1.   Disajikan informasi sikap, siswa dapat menjelaskan pengertian sikap positif terhadap Pancasila.

2.   Siswa dapat mengidentifikasi ciri khas ideologi Pancasila sebagai ideologi negara.

3.   Disajikan pernyataan sikap positif terhadap Pancasila, siswa dapat menunjukkan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari (dalam berlalu lintas)

4.   Disajikan pernyataan sikap perilaku terhadap Pancasila, siswa dapat menunjukkan contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila  (dalam berlalu lintas).

5.   Siswa menjelaskan pentingnya hidup disiplin dan bertanggung jawab dalam kehidupan berlalu lintas.
P1




P1




P1







P1







P1




PG




Essay




PG







PG







PG




7




42




8







9







10




4
5.2  Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam Kehidupan bermasyarakat
0.        
1.  Perilaku  positif    terhadap  Pancasila    dalam  kehidupan politik


2.  Perilaku positif terhadap  Pancasila dalam  kehidupan ekonomi

3.  Perilaku positif    terhadap Pancasila dalam  kehidupan sosial

4.  Perilaku positif terhadap Pancasila dalam  kehidupan hukum   (berlalu lintas)

1.   Disajikan data sikap positif terhadap Pancasila, siswa dapat menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik.

2.   Disajikan data sikap positif terhadap Pancasila, siswa dapat menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi.

3.   Disajikan data sikap positif terhadap Pancasila, siswa dapat menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial.
4.   Disajikan data sikap positif terhadap Panasila, siswa dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila dalam kehidupan hukum (berlalu lintas).
P1





P1





P1




P1



PG





PG





PG




PG



11





12





13




14


5
1.   Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
1.1  Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah  berlaku di Indonesia

1.  Berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
1.  Disajikan informasi pemerintahan menurut UUD 1945, siswa dapat mengalisis bentuk Negara menurut UUD 1945.

2.  Disajikan informasi pemerintahan menurut Konstitusi RIS 1949, siswa dapat mendeskripsikan bentuk pemerintahan menurut Konstitusi RIS1949.

3.  Disajikan informasi pemerintahan menurut UUDS 1950, siswa dapat mendeskripsikan latar belakang kembali berlakunya UUD 1945.
P3





P1







P1
PG





PG







PG

15





16







17
6
1.2  Menganalisis Penyimpangan penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia

1.  Bukti-bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada  periode 1950-1959


2.  Contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah  Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi




3.  Akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
1.  Disajikan data penyimpangan terhadap konstitusi, siswa dapat mengidentifikasi penyimpangan terhadap  UUD 1945 pada periode 1950-1959.

2.  Dasajikan data penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959, siswa dapat mengidentifikasi penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi.

3.   Disajikan informasi akibat-akibat penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD, siswa dapat mengalisis akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.
P1







P1











P3
PG







PG











Essay
18







19











43

7
1.3  Menunjukkan  hasil-hasil amandemen UUD 1945
·          
1.  Landasan hukum perubahan atau amandemen UUD 1945

2.  Proses  amandemen  atau perubahan UD1945


3.  Pasal-pasal  hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
1.   Siswa dapat menunjukkan landasan hukum perubahan atau amandemen UUD 1945.

2.   Disajikan informasi proses amandemen, siswa dapat mendeskripsikan proses amandemen atau perubahan UUD 1945.

3.   Disajikan data pasal-pasal, siswa dapat mengidentifikasi pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
P1




P1





P1

PG




PG





PG
20




21





22


8
1.4  Menampilkan sikap positif terhadap UUD hasil amandemen







                           
1.  Pengertian sikap Positif terhadap pelaksanaan  UUD 1945 hasil  amandemen atau perubahan UUD 1945

2.  Faktor-faktor   penyebab amandemen UUD 1945



3.  Tahap-tahap proses amandemen UUD 1945


4.  Pentingnya amandemen UUD 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian sikap positif terhadap pelaksanaan  UUD 1945 hasil amandemen atau perubahan UUD 1945


2.   Disajikan data factor penyebab amandemen, siswa dapat mengidenti-fikasi faktor-faktor penyebab amandemen UUD 1945

3.   Disajikan data proses amandemen, siswa dapat mendeskripsikan tahap-tahap proses amandemen UUD1945

4.   Menjelaskan pentingnya amandemen UUD 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

P1







P1






P1





P1





PG







PG






Essay





PG


23







24






44





25


9
2.   Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional


2.1  Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
1.    Kedudukan UUD 1945 dalam  sistem peraturan perundang - undangan



2.    Fungsi peraturan perundang - undangan


3.    Bentuk dan tata urutan peraturan perundang - undangan nasional menurut UU No. 12 Tahun 2011

1.   Disajikan informasi kedudukan UUD 1945, siswa dapat mendeskripsikan kedudukan UUD 1945 dalam sistem Peraturan perundang-undangan

2.   Disajikan data siswa dapat, menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan

3.   Disajikan data tata urutan peraturan perundang-undangan secara acak, siswa dapat mengurutkan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional yang benar menurut UU No.12 Tahun 2011
P1







P1




P2
PG







PG




PG




26







27




45
10
2.2  Mendeskripsikan proses  pembuatan peraturan perundang- undangan nasional

1.    Tata urutan peraturan perundang-undangan yang  berlaku di Indonesia


2.    Tahap tahapan proses Pembuatan peraturan    perundang undangan nasional



3.    Tujuan dibentuknya Peraturan  perundang -undangan  nasional

4.    Pentingnya mentaati peraturan perundang- undangan nasional

5.    Perilaku ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan (lalu lintas).



6.    Perilaku kasus pelanggaran peraturan lalu lintas
1.   Disajikan data tata urutan peraturan perundangan, siswa dapat mengidentifikasi tata urutan pearaturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

2.   Disajikan data tahapan pembuatan peraturan perundang-undangan nasional, siswa dapat mengidentifikasi tahap-tahapan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional.

3.   Siswa dapat menjelaskan tujuan dibentuknya peraturan perundang-undangan nasional



4.   Menjelaskan pentingnya mentaati peraturan perundang- undangan Nasional.



5.   Disajikan perilaku ketaatann tertahap peraturan perundang-undangan,  siswa dapat menunjukkan perilaku ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan (lalu lintas).

6.   Disajikan Data kasus pelanggaran, siswa dapat mengidentifikasi kasus pelanggaran peraturan lalu lintas.

P1







P1









P1






P1






P1








P1

PG







PG









PG






PG






PG








PG

28







29









30






31






32








33
11
2.3  Menaati peraturan perundang-undangan nasional

1.    Pengertian menaati Peraturan perundang-undangan nasional
2.    Contoh menaati peraturan perundang- unangan nasional
1.   Menjelaskan  pengertian peraturan perundang-undangan nasional



2.   Disajikan data menaati peranturan perundangan-undangan, siswa dapat menunjukkan perilaku menaati peraturan perundang- undangan nasional
P1





P1
PG





PG

34





35



12
2.4  Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan  korupsi di Indonesia

1.    Kasus korupsi di Indonesia



2.    Upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

1.   Disajikan kasus korupsi, siswa dapat mengidentifikasi kasus korupsi di Indonesia.

2.    Disajikan data pemberantasan korupsi, siswa menunjukkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

P1




P1


PG




PG


36




37


13
2.5  Mengidenifikasi pengertian anti  korupsi dan instrumen   (hukum dan  kelembagaan) anti  korupsi di Indonesia

1.    Pengertian korupsi



2.    Landasan  hukum Pemberantasan korupsi.

3.    Lembaga-lembaga Pemberantasan korupsi
1.   Disajikan ilusrasi tindak korupsi, siswa dapat mendeskripsikan korupsi.


2.   Disajikan data tentang perundang-undangan, siswa dapat menunjukkan landasan hukum pemberantasan korupsi di Indonesia.

3.   Menyebutkan lembaga -    lembaga pemberantasan korupsi
P1




P1






P1

PG




PG






PG
38




39






40

Demikian  Kisi-kisi dari saya supaya bisa mendapatkan info terbaru silahkan anda bisa mengunjungi blog saya disini 


Salam Olahraga, Jayalah Bangsaku