KISI-KISI UAS PKN KELAS 9 2018/2019 (KTSP)
ASSALAMUALAIKUM WR WB , Teman Teman yg saya hormati maaf lama sekali tidak Up-date Blog ini di karenakan banyak tugas di offline dan baru kali ini saya mencoba update lagi, langsung saja biar tidak terlalu panjang seperti orang pidato hehehe ⤔ berikut akan saya upload beberapa kisi-kisi MAPEL yang mungkin sangat baru dan insya Alloh 90% keluar pada saat kalian PAS(Penilaian Akhir Semester) khususnya mapel PJOK :P
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
No
Soal
|
1
|
1.1. Menjelas-kan pentingnya usaha pembelaan
negara
|
Pengertian
negara.
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian negara
|
P1
|
PG
|
1
|
Sifat-sifat
negara
|
Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat negara 2
|
P1
|
PG
|
2
|
||
Unsur-unsur
/syarat berdiri-nya negara
|
Disajikan tabel, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur / syarat-syarat
berdirinya negara
|
P1
|
PG
|
3
|
||
Pengaruh
letak astronomis dan geografis Indonesia
|
Siswa dapat menganalisis pengaruh negatif letak geografis Indonesia terhadap
pertahanan dan keamanan negara
|
P3
|
PG
|
4
|
||
Tujuan
nasional NKRI
|
Siswa dapat menentukan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
P2
|
PG
|
5
|
||
Fungsi negara
|
Siswa dapat menentukan fungsi
negara bagi warga negara
|
P2
|
PG
|
6
|
||
Pengertian
upa-ya bela negara
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian upaya bela negara
|
P1
|
PG
|
7
|
||
Siswa dapat menjelaskan alasan mengapa usaha pembelaan negara penting
dilakukan oleh setiap warga negara
|
P1
|
PG
|
8
|
|||
Dasar hukum
pembelaan negara
|
Siswa dapat menunjukkan dasar hukum pembelaan negara
|
P1
|
PG
|
9
|
||
Prinsip-prinsip
pembelaan negara
|
Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip pembelaan negara
|
P1
|
PG
|
10
|
||
1.2 Mengidenti-fikasi bentuk-bentuk
usaha pembelaan negara.
|
Bentuk bela ne-gara sesuai UU No.3 tahun 2002
|
Siswa dapat mendeskripsikan bentuk-bentuk
bela negara sesuai UU No. 3 tahun 2002
|
P1
|
Uraian
|
41
|
|
Komponen-kom-ponen
pertahanan negara
|
Siswa dapat menentukan komponen pertahanan negara
|
P2
|
PG
|
11
|
||
Bentuk ancaman militer
|
Melalui tabel, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk ancaman
militer
|
P1
|
PG
|
12.
13
|
||
Bentuk
ancaman nonmiliter
|
Melalui tabel, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk ancaman
nonmiliter
|
P1
|
PG
|
14
|
||
Melalui pernyataan, siswa dapat menentukan cara untuk menghadapi berbagai
ancaman dari dalam negeri
|
P2
|
PG
|
15
|
|||
Disajikan tabel, siswa dapat mengidentifikasi contoh peristiwa yang
bertujuan untuk mengganti pemerintahan yang sah
|
P1
|
PG
|
16
|
|||
1.3 Menam-pilkan peran
serta dalam usaha pembelaan negara
|
Peran serta
dalam usaha pembelaan negara.
|
Siswa dapat menunjukkan salah satu contoh partisipasi warga dalam upaya
bela negara di lingkungan keluarga
|
P1
|
PG
|
17
|
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi contoh
tindakan yang menunjuk-kan upaya bela negara di ling-kungan sekolah dan masyarakat
|
Sk
|
PG
|
18.
19
|
|||
Siswa dapat memberi 4 contoh
tindakan nyata yang dapat dilakukan seorang pelajar dalam upaya pembelaan di
lingkungan sekolah
|
P2
|
Uraian
|
42
|
|||
2
|
2.1 Mendes-kripsikan pengertian otonomi daerah
|
Otonomi
Daerah di Indonesia.
|
Siswa dapat mendeskripsikan latar belakang otonomi daerah
|
P1
|
PG
|
20
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian daerah otonom
|
P1
|
PG
|
21
|
|||
Siswa dapat menjelaskan pengertian otonomi daerah.
|
P1
|
PG
|
22
|
|||
Prinsip dan
asas pelaksanaan otonomi daerah
|
Siswa dapat mendeskripsikan prinsip prinsip otonomi daerah
|
P1
|
Uraian
|
43
|
||
Siswa dapat menjelaskan 3 asas Otonomi Daerah
|
P1
|
Uraian
|
44
|
|||
Disajikan data, siswa dapat menunjukkan dasar hukum pelaksanaan Otonomi
Daerah di Indonesia
|
P1
|
PG
|
23
|
|||
Siswa dapat menganalisis sebab adanya Otonomi Daerah di Indonesia
|
P3
|
PG
|
24
|
|||
Disajikan data, siswa dapat menunjukkan tujuan pelaksanaan otonomi daerah
|
P1
|
PG
|
25
|
|||
Disajikan data, siswa dapat menunjukkan manfaat otonomi daerah
|
P1
|
PG
|
26
|
|||
Pembagian
tugas pemerintahan dalam pelaksanaan otonomi daerah
|
Disajikan tabel pernyataan, siswa dapat mendeskripsikan fungsi dan tugas
DPRD
|
P1
|
PG
|
27
28
|
||
Siswa dapat mendeskripsikan hak-hak
DPRD
|
P1
|
PG
|
29
|
|||
Siswa dapat menganalisis tugas Bupati/Walikota
|
P3
|
PG
|
30
|
|||
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi turusan yang
menjadi kewenangan pemerintah daerah
|
P1
|
PG
|
31
|
|||
Siswa dapat menentukan urusan-urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan
pemerintah pusat
|
P2
|
Uraian
|
45
|
|||
2.2 Menjelas-kan penting-nya
partisipasi masyara-kat dalam perumu-san kebijakan publik.
|
Pengertian
kebijakan publik
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian kebijakan publik
|
P1
|
PG
|
32
|
|
Langkah-langkah
pembuatan kebijakan publik
|
Siswa dapat menjelaskan
tahap-tahap perumusan Kebijakan Publik
|
P1
|
PG
|
33
|
||
Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi fungsi dan kegunaan
Kebijakan Publik
|
P1
|
PG
|
34
|
|||
Partisipasi
masyarakat dalam pelaksanaan kebijakan publik
|
Siswa dapat menjelaskan arti penting partisipasi masyarakat dalam
perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik
|
P1
|
PG
|
35
|
||
Siswa dapat menunjukkan contoh sikap positif yang dapat kita miliki
sebagai warga negara terhadap kebijakan piblik
|
P1
|
PG
|
36
|
|||
Siswa dapat menunjukkan contoh dukungan warga negara terhadap proses
perumusan kebijakan publik.
|
P1
|
PG
|
37
|
|||
Siswa dapat menunjukkan contoh sikap positif terhadap Kebijakan Publik
yang telah di tetapkan oleh lembaga yang berwenang.
|
P1
|
PG
|
38
|
|||
Siswa dapat menunjukkan contoh sikap yang sangat dibutuhkan dalam
pelaksanan kebijakan publik
|
P1
|
PG
|
39
|
|||
Disajikan tabel pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi sikap yang harus
di hindari dalam melaksanakan kebijakan publik.
|
P1
|
PG
|
40
|
Demikian Kisi-kisi dari saya supaya bisa mendapatkan info terbaru silahkan anda bisa mengunjungi blog saya disini
Salam Olahraga, Jayalah Bangsaku