KISI-KISI UAS PKN KELAS 9 2018/2019 (KTSP)

ASSALAMUALAIKUM WR WB , Teman Teman yg saya hormati maaf lama sekali tidak Up-date Blog ini di karenakan banyak tugas di offline dan baru kali ini saya mencoba update lagi, langsung saja biar tidak terlalu panjang seperti orang pidato  hehehe ⤔ berikut akan saya upload beberapa kisi-kisi MAPEL yang mungkin sangat baru dan insya Alloh 90% keluar pada saat kalian PAS(Penilaian Akhir Semester) khususnya mapel PJOK :P

 

 

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Level Kognitif
Bentuk Soal
No  Soal
1
1.1. Menjelas-kan pentingnya usaha pembelaan negara
Pengertian negara.
Siswa dapat menjelaskan pengertian negara
P1
PG
1
Sifat-sifat negara
Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat negara 2
P1
PG

2
Unsur-unsur /syarat berdiri-nya negara
Disajikan tabel, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur / syarat-syarat berdirinya negara   
P1
PG
3
Pengaruh letak astronomis dan geografis Indonesia
Siswa dapat menganalisis pengaruh negatif letak geografis Indonesia terhadap pertahanan dan keamanan negara
P3
PG
4
Tujuan nasional NKRI
Siswa dapat menentukan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
P2
PG
5
Fungsi negara
Siswa dapat menentukan  fungsi negara bagi warga negara
P2
PG
6
Pengertian upa-ya bela negara
Siswa dapat menjelaskan pengertian upaya bela negara
P1
PG
7
Siswa dapat menjelaskan alasan mengapa usaha pembelaan negara penting dilakukan oleh setiap warga negara
P1
PG
8
Dasar hukum pembelaan negara
Siswa dapat menunjukkan dasar hukum pembelaan negara
P1
PG
9
Prinsip-prinsip pembelaan negara
Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip pembelaan negara
P1
PG
10
1.2 Mengidenti-fikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara.
Bentuk bela ne-gara sesuai UU No.3 tahun 2002 
Siswa  dapat mendeskripsikan bentuk-bentuk bela negara sesuai UU No. 3 tahun 2002 
P1
Uraian
41
Komponen-kom-ponen pertahanan negara
Siswa dapat menentukan komponen pertahanan negara
P2
PG
11
 Bentuk ancaman militer
Melalui tabel, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk ancaman militer
P1
PG
12.
13
Bentuk ancaman nonmiliter
Melalui tabel, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk ancaman nonmiliter
P1
PG
14
Melalui pernyataan, siswa dapat menentukan cara untuk menghadapi berbagai ancaman dari dalam negeri
P2
PG
15
Disajikan tabel, siswa dapat mengidentifikasi contoh peristiwa yang bertujuan untuk mengganti pemerintahan yang sah
P1
PG
16
1.3 Menam-pilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara
Peran serta dalam usaha pembelaan negara.
Siswa dapat menunjukkan salah satu contoh partisipasi warga dalam upaya bela negara di lingkungan keluarga
P1
PG
17
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi contoh tindakan yang menunjuk-kan upaya bela negara di ling-kungan sekolah dan masyarakat
Sk
PG
18.
19
Siswa dapat memberi  4 contoh tindakan nyata yang dapat dilakukan seorang pelajar dalam upaya pembelaan di lingkungan sekolah
P2
Uraian
42
2
2.1 Mendes-kripsikan pengertian otonomi daerah
Otonomi Daerah di Indonesia.
Siswa dapat mendeskripsikan latar belakang otonomi daerah
P1
PG
20
Siswa dapat menjelaskan pengertian daerah otonom
P1
PG
21
Siswa dapat menjelaskan pengertian otonomi daerah.
P1
PG
22
Prinsip dan asas pelaksanaan otonomi daerah
Siswa dapat mendeskripsikan prinsip prinsip otonomi daerah
P1
Uraian
43
Siswa dapat menjelaskan 3 asas Otonomi Daerah
P1
Uraian
44
Disajikan data, siswa dapat menunjukkan dasar hukum pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia
P1
PG
23
Siswa dapat menganalisis sebab adanya Otonomi Daerah di Indonesia
P3
PG
24
Disajikan data, siswa dapat menunjukkan tujuan pelaksanaan otonomi daerah
P1
PG
25
Disajikan data, siswa dapat menunjukkan manfaat otonomi daerah
P1
PG
26
Pembagian tugas pemerintahan dalam pelaksanaan otonomi daerah
Disajikan tabel pernyataan, siswa dapat mendeskripsikan fungsi dan tugas DPRD
P1
PG
27
28
Siswa dapat mendeskripsikan hak-hak  DPRD
P1
PG
29
Siswa dapat menganalisis tugas Bupati/Walikota
P3
PG
30
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi turusan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah
P1
PG
31
Siswa dapat menentukan urusan-urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat
P2
Uraian
45
2.2 Menjelas-kan penting-nya partisipasi masyara-kat dalam perumu-san kebijakan publik.
Pengertian kebijakan publik
Siswa dapat menjelaskan pengertian kebijakan publik
P1
PG
32
Langkah-langkah pembuatan kebijakan publik
Siswa dapat  menjelaskan tahap-tahap perumusan Kebijakan Publik
P1
PG
33
Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi fungsi dan kegunaan Kebijakan Publik
P1
PG
34
Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kebijakan publik
Siswa dapat menjelaskan arti penting partisipasi masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik
P1
PG
35
Siswa dapat menunjukkan contoh sikap positif yang dapat kita miliki sebagai warga negara terhadap kebijakan piblik
P1
PG
36
Siswa dapat menunjukkan contoh dukungan warga negara terhadap proses perumusan kebijakan publik.
P1
PG
37
Siswa dapat menunjukkan contoh sikap positif terhadap Kebijakan Publik yang telah di tetapkan oleh lembaga yang berwenang.
P1
PG
38
Siswa dapat menunjukkan contoh sikap yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanan kebijakan publik
P1
PG
39
Disajikan tabel pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi sikap yang harus di hindari dalam melaksanakan kebijakan publik.
P1
PG
40




Demikian  Kisi-kisi dari saya supaya bisa mendapatkan info terbaru silahkan anda bisa mengunjungi blog saya disini 


Salam Olahraga, Jayalah Bangsaku