RPP BULUTANGKIS KELAS 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMP...............
Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil )
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tema/Topik : Teknik Dasar Servis Bulu Tangkis
Pertemuan ke : 1
Waktu : 3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menghayati dan mengamalkan
nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan
olahraga.
1.1.1
Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
1.1.2
Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
2.1Berperilaku sportif dalam bermain.
2.1.1Membiasakan berperilaku baik
dalam berolahraga dan latihan
2.1.2Bertanggungjawabdalampeng-gunaansaranadanprasaranapembelajaransertamenjagakeselamatandirisendiri,
orang lain, danlingkungansekitar.
2.1.3Menghargaiperbedaankarak-teristik
individual dalammelakukanberbagaiaktivitasfisik.
2.1.4 Menunjukkankemauankerja-samadalammelakukanberbagaiaktivitasfisik.
2.5Toleransidanmauberbagidengantemandalammelakukanberbagaiaktivitasfisik
21.5Toleransidanmauberbagidengantemandalammelakukanberbagaiaktivitasfisik.
2.1.6Disiplinselamamelakukanberbagaiaktivitasfisik.
2.1.7Menerimakekalahandanke-menangandalamaktivitasfisik
.
3.3 Memahami pengetahuan modifikasi teknik dasar permainan
bola kecil:
3.3.1
Mengidentifikasikan berbagai gerak fundamental pada
permainan bola kecil melalui permainan bulutangkis
3.3.2
Menjelaskan konsep gerak fundamental pada permainan
bola kecil melalui permainan bulutangkis
3.3.3
Menjelaskan cara melakukan gerak fundamental pada
permainan bola kecil melalui permainan bulutangkis
4.1 Mempraktikkan modifikasi teknik dasar permainan bola kecil dengan menekankan gerak dasar
fundamentalnya:
4.1.1 Melakukan
teknik dasar servis permainan bulutangkis
4.1.2 Menggunakan
teknik dasar servis dalam permainan bulutangkis
C. Tujuan Pembelajaran
:
Setelahmengikutipembelajaranini,
diharapkanpesertadidikdapat:
1.
Membiasakanberdoa menurut agama dan kepercayaan
masing-masing.
2.
Menunjukkansikapsportifdalambermain.
3.
Menunjukkansikaptolernsi dan mau berbagiselamamengikutipembelajaran.
4.
Menjelaskan berbagai macam pukulan
servis dalam
permainan bulutangkis
5.
Melakukan berbagai macam pukulan
servis dalam
permainan bulutangkis dengan baik dan benar
D. MateriPembelajaran
:
Servis bawah
bulutangkis
a. servis
pendek
b. servis
panjang
c. servis
drive
d. servis
cambuk
E. MetodePembelajaran.
1.
Pendekatan : Saintifik (scientific)
- Model : Pembelajaran Berbasis Masalah
- Metode : Resiprokal
Media, Alat dan
Sumber belajar
1.
Media :
Gambar peraga berbagai jenis servis bulutangkis, video sevis bulutangkis
2.
Alat/bahan :
raket, suttlecock, net, peluit, stopwatch
3.
Sumber belajar:
-
Buku Pegangan siswa:
Kemdikbud 2013. PendidikanJasmani,
OlahragadanKesehatanKelas VII, hlm 60-68
-
Sujarwadi dan
Sarjiyanto. 2010. PJOK untuk Kelas VII SMP/MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan
Kementerian Pendidikan Nasional. Hlm 1-8 (Sujarwadi
2010: 7-21)
-
Roji.2009.
PJOK.untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.Halaman 2-8 (Roji 2009:
34-3)
Langkah – langkah pembelajaran
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
a.
Menyapa dan mengucapkan salam
b.
Berbaris, berdoa, presensi,
danapersepsi dengan mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya
c.
Pengkondisian fisik, mental untuk mengikuti pembelajaran
d. Memberikanmotivasi, menjelaskantujuan dan menjelaskan
manfaat materi pembelajaranpembelajaran
e. Menyampaikan
tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan
|
12 menit
|
Inti
|
1.
Pemanasan dengan lari-lari kecil
keliling lapangan, peregangan statis dan dinamis, kemudian bermain lempar shuttlecock bekas secara berpasangan.
2.
Melakukan rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan
saintifik dengan metode resiprokal:
a.
Mengamati:
· Peserta didik diberikan kesempatan membaca buku siswa tentang materi servis bulutangkis
· Peserta didik diberikan kesempatan mencari informasi tentang materi servis bulutangkis dari
sumber lain seperti internet, video, gambar.
· Peserta didik melihat dan mengamati
tayangan video tentang permainan bulu tangkis
· Sebelum melakukan peragaan,Guru
mempersilahkan peserta didik untuk mengamati peragaan gerakan- gerakan servis
yang dilaksanakan guru maupun peserta didik
b. Menanya:
· Guru memberi kesempatan peserta didik
untuk bertanya tentang teknik dasar servis
· Peserta didik dipersilahkan untuk
bertanya tentang gerakan-servis
· Guru memberi kesempatan siswa
bertanya tentang gerakan yang telah diperoleh sebelumnya yang mereka peroleh
dari internet, video, gambar dan
permainan bulutangkis yg di lihat di lingkungan sekitar. .
· Peserta didikdipersilahkan untuk
bertanya tentang informasi gerakan yang telah diperoleh sebelumnyayang mereka
peroleh dari internet, video, gambar dan permainan bulutangkis yang di lihat
di lingkungan sekitar.
c. Mengumpulkan informasi/ mencoba
· Guru memberi kesempatan pada peserta
didikuntuk melakukan gerakan teknik-teknik dasar servis
· Peserta didik diberi kebebasan
mencoba teknik-teknik dasar servis ke berbagai arah dan target sesuai dengan
kemampuan dan kemauan dalam kelompok
d. Mengasosiasi/ menalar
· Guru memberi kesempatan peserta
didikuntuk menganalisa dan mendiskusikan hasil gerakan-gerakan servis yang
sudah di lakukan dalam kelompok. .
· Peserta didik membandingkan
gerakan-gerakan servis yang sudah diperagakan dalam satu kelompok .
· Peserta didik dapat memilih gerakan
yang benar dan tepat.
· Peserta didik mendiskusikan gerakan
yang benar dan tepat yang akan diperagakan dalam satu kelompok
· Peserta didikmenyimpulkan gerakan
yang benar dan tepat
e. Mengkomunikasikan
· Guru mempersilahkan masing-masing
kelompok untuk memperagakan hasil
diskusi mereka secara bergantian.
· Tiap kelompok menerapkan hasil
diskusi kelompok dengan memperagakan gerakan-gerakan servis yang benar dan
tepat.
· Peserta didik melakukan servis yang benar dan tepat dalam permainan.
· Guru mengamati cara melakukan servis
sebagai bahan penilaian.
3. Guru melakukan penilaian (pengetahuan, sikap dan keterampilan) selama pembelajaran
berlangsung
4. Melakukan
permainan sederhana untuk memulihkan kondisi
|
90 menit
|
Penutup
|
·
Merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran bersama-sama
·
Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan pererta didik
tentang materi servis
·
Memberikan umpan balik dan rencana kegiatan pembelajaran
selanjutnya
·
Berdoa bersama dan menyampaikahn salam
|
18Menit
|
I.
Penilaian
Penilaian ini meliputi:
1.
Penilaian Sikap
2.
Penilaian Pengetahuan
3.
Penilaian Proses/Unjuk Kerja
(selengkapnya lihat Rubrik), atau lihat
di bawah ini.
1. Penilaian Sikap
Prilaku yang dinilai
|
Cek Lis (√)
|
NILAI
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
1.
Sportif
|
||||
2.
Toleransi
|
||||
Rata-rata Nilai
|
Rekap Nilai sikap
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek – aspek yang dinilai
|
Rata-rata
Nilai
|
||
Sportif
|
Toleransi
|
||||
1.
Penilaian Pengetahuan
1)
Jelaskanpukulanservispendek (short
servis ).
2)
Jelaskanpukulanservispanjang( service lob ) padapermainanbulutangkis.
3)
Jelaskanpukulanservisdrivepadapermainanbulutangkis.
4)
Jelaskanpukulan service cambuk (service flicky)padapermainanbulutangkis.
Rubrik Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir Pertanyaan
|
Kriteria Persekoran
|
Nilai Akhir
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Æ©
|
|||
1
|
Jelaskan pukulan servis pendek ( short
servis ) ) pada permainan bulu tangkis.
|
||||||
2
|
Jelaskan
pukulan servis panjang ( service lob
) pada permainan bulu tangkis.
|
||||||
3
|
Jelaskan pukulan servis drive pada permainan bulu tangkis.
|
||||||
4
|
Jelaskan pukulan servis cambuk (service flicky )pada permainan bulu tangkis.
|
||||||
RATA-RATA
NILAI
|
Rekap Nilai Pengetahuan
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek – aspek yang dinilai
|
Rata-rata
Nilai
|
|||
servispendek (Short servis)
|
Servispanjang (Servis lob)
|
servisdrive
|
serviscambuk
(Servis flick)
|
|||
Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
(lihat criteria penilaianunjukkerja)
Skor 4: jika peserta didik mampu
menjelaskan 3 atau 4 pertanyaan di atas.
Skor 3 : jika peserta didik mampu menjelaskan 2 dari
4 pertanyaan di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu
menjelaskan 1 dar 4 pertanyaan di atas.
Skor 1 : jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di
atas mampu dijelaskan.
3. Penilaian
Proses/Unjuk Kerja
a)Lakukan gerakan pukulan servis pada permainan bulu tangkis.
Proses Penilaian Gerak
|
Skor Akhir
|
Ket
|
|||
Sikap
Awal service
(skor 4 )
|
Saat
pukulan service
(Skor
5)
|
sikap
akhir service
(Skor 4)
|
Penilaian
produk
(servis pendek ( short service)
|
||
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
Kriteria dan Skor Penilaian
Proses
Sikap awal:
Kriteria:
(1)
Kedua kaki sejajardepan – belakang
(2)
Cara pegang bola (shuttlecock)
maksimalsetinggipusar
(3)
Posisiraket di belakang bola (shuttlecock) danadajarak yang sesuaiuntukpukulan
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
· Pelaksanaan gerak (pukulan service)
Kriteria:
(1) Pukulantepatmengenai bola (shuttlecock).
(2) bolamelambungrendah di atas net.
(3) Bola jatuh di kotaksasaranbagiandepan (dekatgarisdepan)
(4) Pandanganmata, gerakanbadandan kaki bersamaantanganmengikutiarah bola.
Skor 5: jika peserta didik mampu melakukan4 kriteria di atas.
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
· Sikapakhir
Kriteria:
(1) pandangan
mata ke arah pukulan bola.
(2) badan
sedikit dicondongkan ke depan dan rileks.
(3) Kaki sejajarkiri-kanan, dankedualututsedikitditekuk
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
.
b) Lakukanpukulan servis panjang ( service lob ) pada permainan bulu
tangkis.
Proses Penilaian Gerak
|
Skor Akhir
|
Ket
|
|||
Sikap
Awal service
(skor 4 )
|
Saat
pukulan service
(Skor
5)
|
sikap
akhir service
(Skor 4)
|
Penilaian
produk
servis panjang ( service
lob )
|
||
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
Kriteria dan Skor Penilaian
Proses
·
Sikap
awal:
Kriteria:
(1) Kedua kaki sejajardepan – belakang
(2) Cara pegang bola (shuttlecock)
maksimalsetinggipusar
(3) Posisiraket di belakang bola (shuttlecock)
danadajarak yang sesuaiuntukpukulan
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
· Pelaksanaan gerak (pukulan service)
Kriteria:
(1)
Pukulantepatmengenai bola (shuttlecock).
(2)
bolamelambungtinggi.
(3)
Bola jatuh di kotaksasaranbagianbelakang
(dekatgarisbelakang)
(4)
Pandanganmata, gerakanbadandan kaki
bersamaantanganmengikutiarah bola.
Skor 5: jika peserta didik mampu melakukan4 kriteria di atas.
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
· Sikapakhir
Kriteria:
(1)
pandangan mata ke arah pukulan bola.
(2)
badan sedikit dicondongkan ke depan dan rileks.
(3)
Kaki sejajarkiri-kanan, dankedualututsedikitditekuk
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
.
c) Lakukanpukulanservisdrivepadapermainanbulutangkis.
Proses Penilaian Gerak
|
Skor Akhir
|
Ket
|
|||
Sikap
Awal service
(skor 4 )
|
Saat
pukulan service
(Skor
5)
|
sikap
akhir service
(Skor 4)
|
Penilaian
produk
(servis drive)
|
||
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
Kriteria dan Skor Penilaian
Proses
·
Sikap
awal:
Kriteria:
(1)
Kedua kaki sejajardepan – belakang
(2)
Cara pegang bola (shuttlecock)
maksimalsetinggipusar
(3)
Posisiraket di belakang bola (shuttlecock) danadajarak yang sesuaiuntukpukulan
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
· Pelaksanaan gerak (pukulan service)
Kriteria:
(1) Pukulantepatmengenai bola (shuttlecock).
(2) bolamelambungrendah di atas net danjatuhdenganpelan.
(3) Bola jatuh di kotaksasaranbagiantengah
(4) Pandanganmata, gerakanbadandan kaki bersamaantanganmengikutiarah bola.
Skor 5: jika peserta didik mampu melakukan4 kriteria di atas.
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
· Sikapakhir
Kriteria:
(1) pandangan
mata ke arah pukulan bola.
(2) badan
sedikit dicondongkan ke depan dan rileks.
(3) Kaki sejajarkiri-kanan, dankedualututsedikitditekuk
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
.
Lakukanpukulan service cambuk (service flicky)padapermainanbulutangkis.
Proses Penilaian Gerak
|
Skor Akhir
|
Ket
|
|||
Sikap
Awal service
(skor 4 )
|
Saat
pukulan service
(Skor
5)
|
sikap
akhir service
(Skor 4)
|
Penilaian
produk
(service cambuk (service flicky))
|
||
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
.
. . .
|
.
·
Sikap
awal:
.
. .
|
Kriteria dan Skor Penilaian
Proses
Kriteria:
(1)
Kedua kaki sejajardepan – belakang
(2)
Cara pegang bola (shuttlecock)
maksimalsetinggipusar
(3)
Posisiraket di belakang bola (shuttlecock) danadajarak yang sesuaiuntukpukulan
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
· Pelaksanaan gerak (pukulan service)
Kriteria:
(1)
Pukulantepatmengenai bola (shuttlecock).
(2)
bolamelambungrendah di atasdengancepat.
(3)
Bola jatuh di kotaksasaranbagiantengah
(4)
Pandanganmata, gerakanbadandan kaki
bersamaantanganmengikutiarah bola.
Skor 5: jika peserta didik mampu melakukan4 kriteria di atas.
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
· Sikapakhir
Kriteria:
(1)
pandangan mata ke arah pukulan bola.
(2)
badan sedikit dicondongkan ke depan dan rileks.
(3)
Kaki sejajarkiri-kanan, dankedualututsedikitditekuk
Skor 4: jika peserta didik mampu melakukan3 kriteria di atas.
Skor 3: jika peserta didik mampu melakukan2 kriteria di atas.
Skor 2: jika peserta didik mampu melakukan1 kriteria di atas.
Skor 1: jika peserta didik tidak satupun
mampu melakukankriteria
di atas.
Rekap Nilai Keterampilan/Unjuk
Kerja
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek – aspek yang dinilai
|
Rata-rata
Nilai
|
|||
servispendek (Short servis)
|
Servispanjang (Servis lob)
|
servisdrive
|
serviscambuk
(Servis flick)
|
|||
Rekapitulasi Penilaian
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek – aspek yang dinilai
|
Nilai =
P+K+A
3
|
Paraf Guru
|
||
Prilaku/Sikap
|
Pengatahuan
|
Ketrampilan
|
||||
Mengetahui, Kebumen, Juli 2014
Kepala Sekolah Guru
Mapel
......................... ..........................
LAMPIRAN
TEKNIK PUKULAN SERVIS BULU TANGKIS
Pembelajaranpukulanservismerupakanpukulandenganraket
yang
menerbangkanshuttlecock kebidanglapangan lain
secara diagonal dan
bertujuansebagaipembukapermainandanmerupakansuatupukulan
yang
pentingdalam
PembelajaranpukulanServisBuluTangkismeliputi: a) Sikapawal, b) Gerakanmemukul bola, c) Sikapakhir
·
Sikap
awal(posisibadan, raket, dan bola):
(1) Kedua kaki sejajardepan – belakang
(2) Cara pegang bola (shuttlecock)
maksimalsetinggipusar
(3) Posisiraket di belakang bola (shuttlecock)
danadajarak yang sesuaiuntukpukulan
· Pelaksanaan gerak (Gerakan memukul bola)
(5) Pukulantepatmengenai bola (shuttlecock).
(6) bolamelambung di atas net.
(7) Bola jatuh di kotaksasaran
(8) Pandanganmata, gerakanbadandan kaki bersamaantanganmengikutiarah bola.
· Sikapakhir
(4) pandangan
mata ke arah bola.
(5) badan
sedikit dicondongkan ke depan dan rileks.
(6) Kaki sejajarkiri-kanan, dankedualututsedikitditekuk
(Posisibadandalamkondisisiapmenerima/mengembalikan
bola darilawan)
2. Macam-macampukulanservisantara lain
sebagaiberikut.
a) Pukulanservispendek (Short
servis)
b) Servispanjang (Servis lob)
c) Pukulanservisdrive
d) Pukulanserviscambuk (Servis
flick)