UAS SMA KELAS XI



1.        Agama Hindu dan Buddha lahir di wilayah yang sekarang termasuk negara …..
a.    India
d.    Kazakhtan
b.    Bangladesh
e.     Afghanistan
c.    Cina


2.        Berikut ini berbagai teori yang membahas tentang masuknya kebudayaan India ke Indonesia, kecuali ….
a.    teori penyuburan
d.    teori evolusi
b.    teori avonturir
e.     teori nasional
c.    teori Brahmana


3.        Jalan Sutra merupakan jalur perdagangan utama yang menghubungkan kawasan Imperium Cina dengan ….
a.    Romawi
d.    Babylonia
b.    Mesir
e.     India
c.    Sumeria


4.        Rumusan tahun dengan kata – kata yang setiap kata melambangkan angka, dibaca dari depan dan ditafsirkan dari belakang disebut ….
a.    relief
d.    kabisat
b.    kaligrafi
e.     caturwulan
c.    candra sengkala


5.        Kesimpulan yang berkaitan dengan bangunan Waprakeswara dari kerajaan Kutai adalah ….
a.    Kerajaan Kutai menganut kepercayaan Hindu Siwa
b.    Kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua di Indonesia
c.    raja terbesar dari Kerajaan Kutai adalah Kudungga
d.   Kerajaan Kutai masih mengembangkan tradisi Megalithikum
e.    Kepercayaan masyarakat Kutai lebih menekankan terhadap Dewa Wisnu

6.        Kehidupan perekonomian yang berkembang di Kerajaan Tarumanegara dapat kita analisis dari isi prasasti ….
a.    Cidanghiang
d.    Kebon Kopi
b.    Ciaruteun
e.     Tugu
c.    Pasir Jambu


7.        Di bawah ini yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya adalah Prasasti ….
a.    Kedukan Bukit, Kota Kapur, dan Telaga Batu
b.    Kedukan Bukit, Tugu dan Talang Tuo
c.    Telaga Batu, Kota Kapur, dan Pasir Awi
d.   Kota Kapur, Tugu, dan Telaga Batu
e.    Telaga Batu, Talang Tuo, dan Pasir Awi

8.        Sebutan Sungai Candrabaga dalam Kerajaan Tarumanegara terdapat pada Prasasti ….
a.    Ciaruteun
d.   Tugu
b.    Kebon Kopi
e.    Lebak
c.    Pasir Awi


9.        Ditinjau dari letak geografisnya, perdagangan Sriwijaya cepat berkembang karena ….
a.    merupakan kerajaan maritim
b.    wilayahnya lebih banyak berupa perairan
c.    merupakan penghasil lada terbesar
d.   letaknya dekat Selat Malaka yang merupakan jalur perdagangan internasional
e.    berada antara Indonesia barat dan timur

10.    Berikut ini yang bukan raja yang pernah berkuasa di Kediri adalah ….
a.    Bameswara
d.   Joyobaya
b.    Sarweswara
e.    Anusapati
c.    Aryyeswara


11.    Jabatan yang bertugas mengayomi kebutuhan masyarakat umat Buddha pada masa Singosari – Majapahit disebut ….
a.       dharmadyaksa ring kasogatan
b.      dharmadyaksa ring kamahayanikan
c.       dharmadyaksa ring kasiwaan
d.      rakryan i hino
e.       mahamenteri i halu

12.    Bentuk akulturasi dalam tradisi seni bangunan, tradisi Hindu Buddha dan Islam nampak pada ….
a.    bentuk atap masjid
d.   bangunan rumah
b.    tata kota
e.    gedung kesenian
c.    saluran irigasi


13.    Berdasarkan teori gujarat maka Islam masuk ke Indonesia diperkirakan pada abad ke –
a.    5
d.   12
b.    7
e.    13
c.    9


14.    Salah seorang ahli/ tokoh yang menyatakan bahwa Islam berkembang di Indonesia berasal dari Gujarat adalah ….
a.    Hoesein Djajadiningrat
b.    HAMKA
c.    M.C. Rickleft
d.   J. Pijnapel
e.    Sumanto Al Qurtuby

15.    Di Gresik terdapat bukti penyebaran Islam yang dilakukan pada abad ke – 11 yaitu berupa makam ….
a.    Sunan Gresik
b.    Maulana Malik Ibrahim
c.    Syekh Siti Jenar
d.   Sultan Malik Al Saleh
e.    Fatimah binti Maimun

16.    Bukti yang menunjukkan masuknya pengaruh Islam akibat proses perdagangan ditunjukkan oleh letak kerajaan Islam yang ada di ….
a.    muara sungai
d.   pesisir pantai
b.    pegunungan
e.    tepi danau
c.    daratan


17.    Berikut ini merupakan saluran islamisasi yang berlaku di Indonesia kecuali ….
a.    pernikahan
d.   pendidikan
b.    kekerasan
e.    perdagangan
c.    tasawuf


18.    Kerajaan Samudra Pasai, merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia, dengan raja pertamanya bernama . . . .
a.    Sultan Malik al Saleh
b.    Sultan Muhammad Malik az Zahir
c.    Sultan Mahmud az Zahir
d.   Sultan Mansur Malik az Zahir
e.    Sultan Nahrasyiah

19.    Kerajaan Aceh mencapai masa kejayaan pada masa pemerintahan Sultan . . . .
a.    Ali Mughayat Syah
b.    Iskandar Syah
c.    Iskandar Muda
d.   Iskandar Thani
e.    Sultan Ibrahim

20.    Kasultanan Demak mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan . . . .
a.    Pati Unus
b.    Raden Patah
c.    Sunan Prawoto
d.   Sultan Trenggono
e.    Panembahan Senopati

21.    Tumbuhnya Kerajaan Mataram yang bersifat agraris bersamaan dengan tumbuhnya susunan masyarakat . . . .
a.    demokratis
d.      feodal
b.    monarki
e.       aristokat
c.    komunis


22.    Salah satu aspek dari kebudayaan berlayar yang dimiliki oleh masyarakat Sulawesi Selatan yaitu ketrampilan membuat . . . .
a.    Perahu Jukung
d.      Perahu Pinisi
b.    Perahu Pledang
e.       Perahu Klotok
c.    Perahu Bagan


23.    Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, wilayah Aceh meliputi . . . .
a.    Palembang dan Lampung
b.    Lampung dan Banten
c.    Banten dan Palembang
d.   Semenanjung Malaya
e.    Semenanjung Malaya dan Palembang

24.    Wilayah Kerajaan Demak pada masa pemerintahan Sultan Trenggono meliputi daerah berikut, kecuali . . . .

a.    Banten
d.      Jepara
b.    Bali
e.       Jayakarta
c.    Cirebon


25.    Wilayah Kerajaan Mataram meliputi daerah berikut, kecuali . . . .
a.    Kediri
d.      Madiun
b.    Sunda Kelapa
e.       Surabaya
c.    Demak


26.    Wilayah kerajaan Aceh dibagi dalam beberapa segi yang masing – masing dipimpin oleh . . . .
a.    hulubalang besar
d. teuku
b.    hulubalang
e.  hulubalang cut
c.    tengku


27.    Pejabat tinggi Kerajaan Banjar sesudah raja disebut . . . .
a.    mantri sikep
d.     mangkubumi
b.    mantri panganan
e.      patih balit
c.    mantri pangiwa


28.    Pangkat yang paling tinggi di sebuah kerajaan adalah . . . .
a.    senopati
d.   lurah
b.    panji
e.    bekel
c.    prajurit


29.    Pada masa perkembangan Islam ada kesamaan pandangan terhadap kekuasaan raja, yaitu . . . .
a.    kekuasaannya di dapat dari rakyat
b.    kekuasaannya dilakukan untuk menindas rakyat
c.    raja menjadi pusat kosmos yang mendatangkan kesejahteraan
d.   raja dianggap sebagai wakil Tuhan
e.    kekuasaan raja sangat absolute

30.    Kaum Muslim boleh berziarah ke Makam Sunan Kalijaga. Ziarah merupakan pengaruh dari . . . .
a.    kebiasaan orang – orang Persia
b.    tradisi bangsa Mesir
c.    tradisi orang – orang Jawa
d.   tradisi Hindu – Budha
e.    paksaan para penguasa

31.    Acara sekaten selalu dihubungkan dengan peringatan . . . .
a.    malam turunnya Al Qur’an
b.    hari lahirnya Nabi Muhammad SAW
c.    kematian Husain bin Ali cucu Nabi Muhammad SAW
d.   turunnya perintah pertama untuk melakukan sholat
e.    memperingati wafatnya Nabi Muhammad SAW

32.    Acara do’a bersama yang diadakan di rumah keluarga orang yang meninggal dalam tradisi Islam yang bercampur Hindu – Budha disebut . . . .
a.    halal bi halal
d.   tahlilan
b.    yasiinan
e.    akikah
c.    mujahadah


33.    Ciri – ciri bangunan masjid sebagai hasil akulturasi adalah . . . .
a.    beratap tumpeng
b.    keratap kubah
c.    memiliki menara untuk adzan
d.   terbuat dari kayu
e.    menjadi satu dengan kompleks makam

34.    Masjid berikut yang beratap lima tingkat adalah . . . .
a.    Masjid Agung Demak
b.    Masjid Marunda di Jakarta
c.    Masjid Katangka di Sulawesi Selatan
d.   Masjid Agung Cirebon
e.    Masjid Agung Banten

35.    Salah satu masjid yang mendapat pengaruh Hindu – Budha terutama pada pintu – pintunya seperti kuil – kuil dan pintu gerbangnya seperti candi candi terdapat di Kota . . . .
a.    Jepara
d.   Kudus
b.    Rembang
e.    Gresik
c.    Tuban


I.         Esay

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan teori brahmana dan teori avonturir dalam teori masuknya Agama Hindu di Indonesia?
2.      Bagaimanakah keberlangsungan sistem pemerintahan ketika kerajaan bercorak Hindu Budha mulai runtuh ?
3.      Bagaimanakah pendapat teori Cina mengenai Islam yang masuk ke wilayah Indonesia ?
4.      Bagaimana struktur birokrasi Kasultanan Banjarmasin ?
5.      Apa tujuan ziarah dalam Islam ?
 
Previous Post Next Post