RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SD PAI DAN BUDIPEKERRTI (K13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SDN 1 
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    I / I
Materi Pokok                      :    Iman Kepada Allah SWT
Alokasi Waktu                    :   1  x 4 Jam Pelajaran
                                                 

A.      Kompetensi Inti
KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.2 Meyakini adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan
     Maha Penyayang.
1.2.1 Peserta didik mampu menyebutkan bukti-bukti adanya Allah Swt.
1.2.2 Peserta didik mampu menjelaskan bukti-bukti  adanya Allah Swt.

2.
3.2 Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan
     terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai
     di sekitar rumah dan sekolah
3.2.1 Peserta didik mampu menyebutkan keragaman anggota tubuh sebagai bukti keesaan Allah Swt.
3.2.2Peserta didik mampu menyebutkan manfaat keragaman anggota tubuh sebagai bukti keesaan Allah Swt.
3.2.3Peserta didik mampu menyebutkan keragaman anggota keluarga di rumah sebagai bukti keesaan Allah Swt.
3.2.4Peserta didik mampu menyebutkan keragaman di lingkungan sekolah sebagai bukti keesaan Allah Swt.

C.      Tujuan Pembelajaran   
Pertemuan Pertama
       Dengan metode demontrasi dan pengamatan Peserta didik mampu:
a. menyebutkan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar;
 b. menjelaskan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar.
                                 
D.      Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Aku percaya dan yakin bahwa Allah itu ada.     

Agamaku Islam
 (nada lagu: Topi Saya Bundar)

Agamaku Islam, Islam agamaku
Kalau bukan Islam, bukan agamaku
Tuhan saya Allah, Allah Tuhan saya
Kalau bukan Allah, bukan Tuhan saya
Tuhan saya satu, satu Tuhan saya
Kalau tidak satu, bukan Tuhan saya


E.       Metode Pembelajaran
Metode:
1.    Ceramah
2.    Tanya Jawab
3.    Direct Instruction
4.    Demontrasi
Model :
Direct  Instruction(model pengajaran langsung)

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media
Multimedia Interaktif
2.      Alat
Gambar Lingkungan alam dan Gambar Anggota tubuh manusia
3.      Lingkungan sekitar
4.      Sumber Belajar
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD, Kemdikbud Jakarta, 2013, Hal. 15-16, Penulis Achmad Hasim dan Otong Jaelani.

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (4 Jam Pelajaran)
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1) Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Guru menyapa  dan mengkondisikan peserta didik
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5) Guru  memanfaatkan media pembelajaran dengan laptop dalam bentuk power point gambar atau tayangan visual yang relevan.

20 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
1) Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah di dalam buku teks.
2) Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.

b. Menanya
1)  Guru memberikan pertanyaan untuk kemudian ditanggapi oleh peserta didik tentang isi gambar tersebut
2) Setelah peserta didik menyampaikan pendapatnya guru menguatkan dengan memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang ada dalam buku teks dan apa yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
c. Mengekpresikan /mengexplorasi

1)      Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku percaya Allah itu ada” sebagai penguatan dari penjelasan materi.
2)     Guru membimbing peserta didik menyanyikan lagu yang ada dalam kotak. (judul lagu “agamaku Islam” mengikuti lagu topi saya bundar.
d.     Asosiasi
1)      Mengerjakan kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku).
2)     Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘sudah’ atau ‘belum’.
e.     Komunikasi
1)      Peserta didik menyampaikan hasil pengamatan gambar  baik secara kelompok maupun individual.
2)   Peserta didik yang lain baik secara individual maupun kelompok menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
3)   Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
  100 menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mengerti dan memahami tentang Iman Kepada Allah SWT dengan benar;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

20 menit


H.      Penilaian Hasil Belajar
1.    Sikap spiritual (observasi)
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian diri
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
                            c.     Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Berdo’a sebelum dan sesudah belajar
Terlampir

  1.  
Mengucapkan kalimat basmalah setiap mau memulai aktivitas
Terlampir
Instrumen: Terlampir
2.    Pengetahuan (Tes)
                            a.     Teknik Penilaian   : Tes Lisan
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes lisan
                            c.     Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Peserta didik mampu menyebutkan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar;
Alam semesta bukti adanya ....
2.
Peserta didik mampu menjelaskan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar.

Allah swt menciptakan alam untuk ....
3.
Peserta didik mampu menjelaskan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar
Kita harus ... karena diciptakan Allah swt
3.       
Peserta didik mampu menyebutkan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar;
Kita beribadah karena iman kepada ....

Instrumen: Terlampir
3.                                                                                  Tugas
3. Mengisi rubrik tugas kelompok tentang ciptaan Allah swt.
     Instrumen: Terlampir
4.                                                                                  Portofolio
4.      Membuat paparan tentang pengamatan lingkungan alam di sekitar rumah

LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
I / Ganjil
Teknik Penilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Guru

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1
Setiap mau belajar dan sebelum mengakhirinya kita dianjurkan untuk berdo’a






2
Setiap akan memulai aktivitas kita dianjurkan untuk mengucapkan kalimat basmalah.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ...     
Skor maksimal



CATATAN: 
..............................................................................................................................................



Lampiran 2          : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester
:

I / Ganjil
Kompetensi Dasar
:

1.2 Meyakini adanya Allah swt Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Indikator
:

1.2.1  Peserta didik mampu menyebutkan bukti-bukti adanya Allah swt
1.2.2  Peserta didik mampu menjelaskan bukti-buti adanya  Allah swt

Teknik Penilaian
:

Lisan.
Penilai
:

Guru

No.
Indikator

Instrumen
1.
Peserta didik mampu menyebutkan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar;

Alam semesta bukti adanya ....
2.
Peserta didik mampu menjelaskan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar.

Allah swt menciptakan alam untuk ....
3.
Peserta didik mampu menjelaskan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar

Kita harus ... karena diciptakan Allah swt
4.
Peserta didik mampu menyebutkan bukti-bukti adanya Allah Swt. dengan benar;

Kita beribadah karena iman kepada ....

Lampiran 3          : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
No.
Uraian
Sudah
Belum
1.
Aku percaya Allah Swt. itu ada.


2.
Aku percaya alam ini ciptaan Allah Swt.


3.
Aku harus memelihara lingkungan.


4.
Aku bersyukur kepada Allah Swt.



Lampiran 4          : Instrumen Penilaian Portofolio
Kelas / Semester
:

I / Ganjil
Kompetensi Dasar
:

1.2 Meyakini adanya Allah swt Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Indikator
:

1.2.1  Peserta didik mampu menyebutkan bukti-bukti adanya Allah swt
1.2.2  Peserta didik mampu menjelaskan bukti-buti adanya  Allah swt

Teknik Penilaian
:

Portofolio
Penilai
:

Guru dan Orang tua


Buatlah paparan tentang pengamatan lingkungan alam disekitar rumahmu!
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ...      
Skor maksimal


Catatan Orang tua:
...........................................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................................

Catatan Guru
...........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................