RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) (PAI DAN BUDI PEKERTI) SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 1 Karangtengah
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas :
I (satu)
Semester :
1 / Satu
Materi Pokok : Aku Cinta Al-Qur’an
Sub tema : bacaan basmalah dan
lafal huruf hijaiyah dan harakatnya
Alokasi Waktu : 1 x 4 jam pelajaran
A. Kompetensi inti :
KI-1
: Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
KI-3 :
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi
Dasar dan Indikator:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
1.5 Terbiasa membaca basmalah
setiap memulai aktivitas.
4.4
Melafalkan Q.S. al-Fatihah
dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.6
Menunjukkan hafalan Q.S.
al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas
3.1
Mengenal pesan-pesan yang
terkandung di dalam Q.S al Fatihah, al-Ikhlas dan al ’Alaq (96): 1-5
4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya
secara lengkap
|
1.5.1 Mencermati pelafalan basmalah secara klasikal
atau individual.
1.5.2Mengamati gambar contoh pelafalan basmalah
4.4.1 Mencermati pelafalan Q.S. al- Fatihah secara klasikal atau individual
4.6.1 Menyimak pesan-pesan yang
terkandung di dalam Q.S al- Fatihah secara klasikal atau individual
3.1.1 Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang pelafalan,
hafalan dan pesan Q.S. al-Fatihah
3.1.2Mengajukan pertanyaan,
misalnyasiapakah yang sudah mengetahui lafal Q.S. al-Fatihah?
4.1.1 Mencermati pelafalan huruf hijaiyyah dan harakatnya
|
1.
Peserta didik mampu melafalkan basmalah dengan benar
2.
Peserta didik mampu melafalkan surat al-fatihah dengan lancar
3.
Peserta didik mampu
menghafalkan surat al-fatihah dengan benar
4.
Peserta didik mampu
mendemonstrasikan pelafalan hufuf hijaiyah dengan benar
5.
Peserta didik mampu
mendemonstrasikan bacaan huruf hijaiyah berharakat dengan benar
C. Materi
Pembelajaran
Bacaan
Basmalah
Huruf
hijaiyah
Surat
al-fatihah (terlampir)
D. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
Jawab
3.
Hafalan
4.
Pemberian
Tugas
E. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a) Tulisan Basmalah,
b) Gambar orang melafalkan basmalah,
c) Tulisan hijaiyah
d) Lafal al-fatihah
2.
Alat/Bahan
a)
Kertas
(kartu undian)
3.
Sumber
a) Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas 1 Kur.2013
Hal.8-21
b) Juz Amma
F. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Membuka pelajaran dengan
salam dan berdo’a bersama dipimpin ketua kelas
2.
Memulai pembelajaran dengan membaca
basmalah
3.
Memperlihatkan kesiapan
diri,mengabsen peserta didik, kerapia, posisi tempat duduk peserta didik
disesuakan dengan kegiatan pembelajaran
4.
Guru menyapa peserta didik
5.
Mengajukan pertanyaan yang
komunikatif berkaitan dengan materi
6.
Menyampaikan KD dan tujuan
pembelajaran yaitu peserta didik mampu membaca bacaan basmalah dengan benar
7.
Mempersiapkan alat peraga
|
20 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
1. Mencermati pelafalan basmalah secara klasikal
atau individual.
2. Mengamati gambar contoh pelafalan basmalah
b. Menanya
1. Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang membaca
basmalah dalam memulai aktivitas
2. Mengajukan pertanyaan terkait dengan membaca basmalah misalnya apakah
terbiasa membaca basmalah dalam memulai aktivitas?
a. Mengumpulkan Data /Explore
a. Mendiskusikan isi gambar tentang kegiatan membaca basmalah
b. Mencari dan menemukan kegiatan yang berhubungan dengan materi membaca
basmalah dalam memulai aktiivitas
b. Asosiasi
a. Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
kegiatan membaca basmalah dalam kehidupan sehari-hari
b. Mengidentifikasi kegiatan yang berkaitan dengan
membaca basmalah dalam memulai aktivitas
c. Komunikasi
a. Menirukan pelafalan basmalah secara klasikal.
b.
Menampilkan bacaan basmalah
dengan baik dan benar secara individu
c.
Menyampaikan hasil diskusi
tentang memulai aktivitas dengan membaca
basmalah
d.
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
e.
Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan penilaian dan refleksi
terhadap bacaan peserta didik untuk perbaikan pada pertemuan selanjutn
b.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberi tugas
bagi peserta didik yang belum lancar
membaca basmalah
c.
Guru memberitahukan kepada peserta
didik rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
G. Penilaian Hasil
Pembelajaran (Jenis, bentuk dan teknik penskoran)
Penilaian terhadap hasil
pembelajarandilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
siswa.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan
hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas
1.
Menjodohkan kartu huruf yang bertuliskan lafal
basmalah
2.
Menghafalkan huruf hijaiyah
3.
Mengenal tanda baca huruf hijaiyah
Observasi
1.
Mengamati pelafalan bacaan basmalah dengan benar
2.
Mengulang-ulang bacaan basmalah
3.
Mengahafalkan huruf hijaiyah
Portofolio
1. Membuat paparan tentang kegiatan
dalam melafalkan bacaan basmalah dengan
benar
2. Membuat paparan tentang
kegiatan dalam melafalkan huruf hijaiyah dan harakatnya sesuai makharijul huruf
H.
Penilaian Hasil
Belajar
1. Sikap
spiritual (observasi)
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Berdo’a
sebelum dan sesudah belajar
|
Terlampir
|
|
Mengucapkan
kalimat basmalah setiap mau memulai aktivitas
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2. Sikap
sosial
(observasi)
a. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
Tanggungjawab bersama
|
Terlampir
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3. Pengetahuan
(Tes)
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen : isian pendek
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
1.5.1 Mencermati pelafalan basmalah secara klasikal atau individual.
1.5.2Mencermati pelafalan basmalah secara klasikal
atau individual.
4.1 Melafalkan huruf-huruf
hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
|
1.
Sebelum
makan kita membaca…
2.
3.
4.
|
Instrumen:
Terlampir
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
I / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar penilaian diri
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Setiap mau belajar dan sebelum mengakhirinya kita
dianjurkan untuk berdo’a
|
||||||||||
2
|
Setiap akan memulai aktivitas kita dianjurkan untuk
mengucapkan kalimat basmalah.
|
||||||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------- X 100
= ...
Skor maksimal
|
|||||||||
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
I / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
Petunjuk:
a. Dibuat kelompok dengan anggota
masing-masing 5 – 10 orang
b. Tiap-tiap kelompok berdiskusi
untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c. Membuat rekap penilaian untuk
tiap-tiap peserta didik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
1
|
Memperlihatkan
adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
||||||||||
2
|
Memperlihatkan
adanya kekompokkan antar anggota kelompok.
|
||||||||||
3
|
Memperlihatkan
adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.
|
||||||||||
4
|
Memperlihatkan
adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
||||||||||
5
|
Memperlihatkan
adanya disiplin dalam kelompok.
|
||||||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
MK
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||||||
CATATAN:
MK = Membudaya (apabila peserta didik
terus menerus memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB = Mulai Berkembang (apabila peserta
didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam
indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai Terlihat (apabila peserta didik
sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT = Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek
Pengetahuan)
Kelas / Semester
|
:
|
I / Ganjil
|
|||
KompetensiDasar
|
:
|
1.5
Terbiasa membaca
basmalah setiap memulai aktivitas
4.1 Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
|
|||
Indikator
|
:
|
1.5.1 Mencermati pelafalan
basmalah secara klasikal atau individual.
4.1.1 Mencermati pelafalan huruf
hijaiyyah dan harakatnya
|
|||
TeknikPenilaian
|
:
|
Tertulis
|
|||
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||
Penskoran :
Benar dan lengkap = 100
Tiap nomor benar = 25
Tiap jawaban salah = 0
Nilai Akhir = Skor perolehan x 100
Skor keseluruhan
|
Kunci Jawaban:
1.
Bismillaakhirrakhmaanirrahiim
2.
Bismillaakhirrakhmaanirrahiim
3.
Sin
4.
Kasroh
|
||||
Mengetahui,
KepalaSDN 1
Karangtengah
|
Karangtengah,
12 Agustus 2014
Guru Mata Pelajaran PAI
|