Penilaian Outentik Pada Pembelajaran Atletik Teknik dan Bentuk Penilaian (Materi Jalan cepat)
Penilaian
Outentik
Pada
Pembelajaran Atletik
Teknik dan Bentuk Penilaian
(Materi Jalan cepat)
I.
Penilaian Pengetahuan
1) Petunjuk
Penilaian
Setelah
mempelajari materi Atletik kerjakan
tugas di bawah ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Tugas ini dikerjakan berkelompok
di rumah dan dikumpulkan dalam bentuk portofolio!
2) Butir Soal Pengetahuan:
1.
Jelaskan cara melakukan teknik start dalam jalan cepat
2.
Jelaskan cara melakukan teknik jalan cepat
3.
Jelaskan cara melakukan teknik finish jalan cepat
3. Rubrik Penilaian Penagatahuan (Untuk
Guru)
No
|
Butir
Pertanyaan
|
Kriteria Persekoran
|
Nilai Akhir
|
||||
1
|
2
|
3
|
|
Ʃ
|
|
||
1
|
Jelaskan cara melakukan teknik start dalam jalan cepat
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan cara melakukan teknik jalan cepat
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Jelaskan
cara melakukan teknik finish
jalan cepat
|
|
|
|
|
|
|
4)
Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
Skor 3
: jika peserta didik mampu menjelaskan tentang start, teknik dan finish jalan cepat
Skor 2 : jika
peserta didik mampu menjelaskan dua pertanyaan di atas.
Skor 1 : jika
peserta didik mampu menjelaskan satu pertanyaan di atas.
II. Penilaian Keterampilan Jalan Cepat
Butir Soal Keterampilan (Unjuk
Kerja)
a) Lakukan teknik dasar start pada jalan cepat.
Proses
Penilaian Gerak
|
Skor
Akhir
|
Ket
|
|||
Sikap Awal i(Skor 2)
|
Posisi kaki dan tangan
(Skor
4)
|
Posisi Badan
(Skor 4)
|
Penilaian
Produk
|
||
. . . .
|
. . . .
|
. . . .
|
. . . .
|
. . . .
|
|
Kriteria
Penilaian Proses
Kriteria skor : Pelaksanaan Start )
• Sikap awal
Skor 2 :
(1) Berdiri
di belakang garis star.
(2)Memperhatikan
petunjuk wasit.
Skor 2: jika mampu melakukan dua kriteria
secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar
· Posisi kaki dan tangan
Skor 4 jika:
(1) Posisi kaki berada di belakang garis start.
(2) Posisi tangan bergantung kendor.
(3) Posisi kaki di belakang garis.
(4) Menempatkan kaki kiri di belakang garis , kaki kanan di belakang kaki
kiri
Skor 3: jika tiga
kriteria dilakukan secara
benar
Skor 2: jika hanya dua kriteria
yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
· Posisi Badan
Skor 4
jika:
(1) Posisi badan condong ke depan.
(2) Berat Badan terletak di antara kedua kaki
(3) Sikap tubuh seimbang
(4) Konsentrasi pada aba - aba
.
Skor 3:
jika hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 2:
jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu
kriteria dilakukan secara benar
b) Lakukan teknik dasar jalan cepat.
Proses
Penilaian Gerak
|
Skor
Akhir
|
Ket
|
|||
Sikap Awal (Skor 2)
|
Posisi paha
(Skor 2
|
Posisi
Tumit ( skor 2 )
|
Penilaian
Produk
(Tes lemparan atas kepala (over
head )
|
||
. . . .
|
. . . .
|
. . . .
|
. . . .
|
. . . .
|
|
Kriteria Penilaian Proses
Kriteria skor : Pelaksanaan Teknik Jalan Cepat)
• Sikap awal
Skor 2
jika :
(1)
Mengangkat dua kaki ke depan.
(2) Tungkai badn bergantung ke depan mengikuti ayunan kaki
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar
· Posisi Paha
Skor 2
jika:
(1) Paha diayun ke depan
(2) .Gerakan paha dan kaki bergantian menjadi kaki ayun jalan
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
· Posisi Tumit
Skor jika:
(1) Tumit dan kaki bersamaan menumpu.menjadi
kaki ayun
(2) Pada saat tumit menyentuh permukaan lantai lutut lurus
Skor 1: jika hanya satu kriteria
yang dilakukan secara benar
c) Lakukan teknik Finish jalan cepat.
Proses
Penilaian Gerak
|
Skor
Akhir
|
Ket
|
|||
Kecepatan jelang Finish
( skor 2)
|
Gerak panggul ( skor 2 )
|
|
Penilaian
Produk
(Tes Lemparan
Pantulan (bounce pass)
|
||
. . . .
|
|
|
. . . .
|
. . . .
|
|
Kriteria Penilaian Proses
Kriteria skor : Pelaksanaan Finish jalan Cepat
. Kecepatan Jelang Finish
Skor 2
jika :
(1) Kecepatan makin meningkat jelng finish.
(2) Jalan terus hingga melewati garis finish
Skor 1: jika
hanya 1 kriteria yang dilakukan secara benar
· Gerak panggul
Skor 2
jika:
(1)
.Gerak panggul
Nampak jelas pemindahannya
(2)
Gerak panggul berjalan ritmik cepat.
Skor 1:
jika s kritertuia
dilakukan secara benar
III. Kriteria Penilaian Produk. Jalan cepat 50 M
Prolehan Nilai
|
Kriteria Penskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putra
|
Putri
|
||
20 – 25 dtk
|
25 – 30 dtk.....
|
100
|
Sangat Baik
|
26 – 30 dtk
|
31- 35 dtk
|
90
|
Baik
|
31 – 35 dtk
|
36 – 40 dtk
|
80
|
Cukup
|
36 - 40 dtk
|
41 – 45 dtk
|
70
|
Kurang
|
Ø 41 dtk
|
Ø 46 dtk
|
60
|
Kurang sekali
|
IV. Penilaian
Perilaku
Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik
melakukan jalan
cepat . Aspek-aspek yang dinilai
meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan
toleransi. Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap
peserta peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang dicek (√) dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 3.
(Baik = 3, Sedang = 2, dan Kurang = 1).
Rubrik
Penilaian Perilaku:
Prilaku
yang dinilai
|
Cek
Lis (√)
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
|
1.
Kerja
sama
|
|
|
|
2.
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
3.
Menghargai
Teman
|
|
|
|
4.
Toleransi
|
|
|
|
5.
Disiplin
|
|
|
|
Jumlah
skor Maksimal =15
|
V. Rekapitulasi Penilaian
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
– aspek yang dinilai
|
Nilai
=
P+K+A
3
|
Paraf
Guru
|
||
Ketrampilan
|
Pengatahuan
|
Prilaku
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|