SOAL UAS / UTS PKN SMA KELAS X



1.        Manusia dilahirkan ke dunia ini memiliki sifat yang berbeda – beda. Ciri khas manusia yang merupakan kepribadian, hal ini menandakan bahwa manusia sebagai makhluk . . . .
a.         individu
d.         beradab
b.        sosial
e.          Tuhan
c.         mulia


2.        Manusia senantiasa ingin hidup berkelompok, berorganisasi, dan membutuhkan bantuan orang lain. Maka, manusia dikatakan sebagai . . . .
a.    makhluk pribadi
b.    makhluk sosial
c.    makhluk yang paling sempurna
d.   makhluk yang paling mulia
e.    makhluk beradab

3.        Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai kesamaan karakter yang tumbuh karena persamaan nasib. Pandangan ini dicetuskan oleh . . . .
a.    Otto Bauer
b.    Thomas Hobbes
c.    Hans Kelsen
d.   Ernest Renant
e.    Ibnu Khaldun

4.        Bangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersama (hasrat untuk bersatu) dengan perasaan setia kawan yang agung adalah pendapat dari . . . .
a.    Otto Bauer
b.    Thomas Hobbes
c.    Hans Kelsen
d.   Ernest Renant
e.    Ibnu Khaldun

5.        Bangsa terbentuk karena adanya hasrat ingin bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya rasa persatuan antara manusia dan tempat tinggalnya adalah pendapat dari . . . .
a.    Ernest Renant
b.    Otto Bauer
c.    Hans Kohn
d.   F. Retzel
e.    Jacobsen dan Lipman

6.        Bangsa adalah buah hasil hidup tenaga manusia dalam sejarah adalah pendapat dari . . . .
a.    Ernest Renant
b.    Otto Bauer
c.    Hans Kohn
d.   F. Retzel
e.    Jacobsen dan Lipman

7.        Tokoh yang berpendapat bahwa bangsa adalah kesatuan budaya (cultural unity) dan suatu kesatuan politik adalah . . . .
a.    Ernest Renant
b.    Otto Bauer
c.    Hans Kohn
d.   F. Retzel
e.    Jacobsen dan Lipman

8.        Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan unsur terbentuknya suatu bangsa adalah . . . .
a.    keinginan untuk mencapai keinginan nasional
b.    keinginan untuk mencapai kemerdekaan
c.    keinginan untuk menguasai negara lain
d.   keinginan untuk kebebasan
e.    keinginan akan kemandirian dan keunggulan

9.        Menurut Friederich Hertz, setiap bangsa mempunyai empat unsur aspirasi. Yang tidak termasuk dalam unsur aspirasi tersebut adalah . . . .
a.    keinginan untuk mencapai kesatuan nasional
b.    keinginan untuk membentuk negara
c.    keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional sepenuhnya
d.   keinginan dalam kemandirian, keunggulan, individualitas, keaslian atau kekhasan
e.    keinginan untuk menonjol (unggul) diantara bangsa – bangsa

10.    Unsur – unsur terbentuknya suatu bangsa dilihat dari aspek kejiwaan adalah . . . .
a.    keberadaannya diakui oleh bangsa lain
b.    memiliki rasa senasib dan sepenanggungan
c.    terdapat persamaan identitas, karakter ataupun budaya
d.   mendiami pada suatu wilayah tertentu
e.    terdapat sekelompok manusia yang mempunyai kemauan untuk bersatu

11.    Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat. Merupakan pengertian negara menurut . . . .
a.       George Jellinek
b.      Hans Kelsen
c.       Mirriam Budiardjo
d.      Harold J. Laski
e.       Jean Bodin

12.    Gabungan dari semua badan kenegaraan yang berkuasa di wilayah suatu negara dalam arti luas termasuk salah satu unsur konstitutif adanya negara, yaitu . . . .
a.    rakyat
b.    wilayah
c.    unsur deklaratif
d.   pemerintah yang berdaulat
e.    pengakuan dari negara lain

13.    Unsur – unsur negara menurut Konvensi Montevideo 1933 sebagai berikut, kecuali . . . .

a.    mempunyai fungsi
b.    suatu pemerintahan
c.    penduduk yang menetap
d.   mempunyai tujuan
e.    kemampuan untuk berhubungan dengan negara lain

14.    Negara memiliki kewenang dalam menetapkan tujuan bersama masyarakat. Hal ini sesuai dengan sifat negara, yaitu . ...
a.         memaksa
d.         memonopoli
b.        mencakup semua
e.          melengkapi
c.         mengatur


15.    Sifat mencakup semua, yang dimiliki negara menurut Miriam Budiardjo adalah . . . .
a.    setiap peraturan negara berlaku untuk semua orang tanpa kecuali
b.    hak negara untuk melaksanakan undang – undang sesuai tujuan bersama
c.    negara berkuasa untuk memaksakan kekerasan secara legal
d.   negara berhak menggunakan senjata untuk membela diri
e.    negara berhak menyerbu negara lain

16.    Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu menjadi Jerman merupakan contoh terjadinya negara secara . . . .
a.         innovation
d.         fusi
b.        cessie
e.          anexatie
c.         acessie


17.    Pembentukan negara Israel pada tahun 1948 mencaplok banyak daerah Palestina, Suriah, Yordania, dan Mesir. Pembentukan negara Israel tersebut menunjukkan asal mula terjadinya negara secara . . . .
a.         innovation
d.         fusi
b.        cessie
e.          anexatie
c.         acessie


18.    Memisahnya suatu bagian wilayah negara dan membentuk negara baru, namun negara lama masih ada. Merupakan proses pembentukan negara secara . . . .
a.         innovation
d.         fusi
b.        cessie
e.          separatis
c.         acessie


19.    Salah satu unsur terbentuknya negara adalah adanya pengakuan dari negara lain. Pada dasarnya pengakuan dari negara lain ini sangat diperlukan bagi negara yang merdeka dan berdaulat untuk . . . .
a.    mencapai stabilitas nasional
b.    menjaga keamanan negara dari ancaman negara lain
c.    memenuhi syarat dalam ikut pergaulan internasional
d.   mendapatkan keuntungan dari hubungan internasional
e.    mendapatkan posisi strategis di kancah pergaulan internasional

20.    Sebuah negara disebut negara uni riil apabila . . . .
a.    kepala negaranya sama, tetapi kepentingan dan kelengkapannya berbeda
b.    kepala negaranya berbeda tetapi memiliki kepentingan yang sama
c.    tidak memiliki alat kelengkapan dan kepala negaranya bersama
d.   kepala negara dan alat kelengkapannya sama yang mengurus kepentingan bersama
e.    kepala negara, alat kelengkapan, dan kepentingannya berbeda – beda

21.    Suatu negara yang menjadi jajahan negara lain disebut
a.         mandat
d.         koloni
b.        uni
e.          dominion
c.         protektorat


22.    Salah satu fungsi umum negara dalam mengatur kehidupan negara adalah . . . .
a.    mengawasi agar semua peraturan ditaati
b.    membuat dan melaksanakan peraturan
c.    melindungi hak milik dari setiap orang
d.   menegakkan keadilan melalui pengadilan
e.    menjamin kesejahteraan fakir miskin

23.    Tujuan NKRI terdapat dalam . . . .
a.    UUD 1945 alinea ke- II
b.    Tap MPR No. VII/MPR/2001
c.    UUD 1945 alinea ke- I
d.   Pembukaan UUD 1945 alinea ke- IV
e.    Pembukaan UUD 1945

24.    Teori Trias Politica yang terdiri dari fingsi legislatif, eksekutif dan yudikatif dikemukakan oleh . . . . .
a.    Cornelis van Vollenhoven
b.     John Locke
c.    Shang Yang
d.   Baron de Montesquieu
e.    Andrew Jackson



25.    Fungsi negara untuk melaksanakan peraturan agar ditaati disebut . . . .
a.         Eksekutif
d.         Yudikatif
b.        Federatif
e.          Legislatif
c.         Sosialitatif


26.    Fungsi bestuur dalam teori catur praja merupakan fungsi . . . .
a.    peradilan
b.    kepolisian
c.    kehakiman
d.   pemerintahan
e.    perundang – undangan

27.    Teori Catur Praja dikemukakan oleh . . . .
a.    Jean Jacques Rousseau
b.    John Locke
c.    Thomas Hobbes
d.   Cornelis van Vollenhoven
e.    Max Weber

28.    Tujuan suatu negara pada hakikatnya adalah . . . .
a.    meningkatkan kebutuhan masyarakat
b.    melindungi wilayah negara
c.    menciptakan ketertiban masyarakat
d.   mengusahakan kesejahteraan umum
e.    memeratakan pendapatan masyarakat

29.    Tujuan dibentuknya negara hanyalah berfungsi untuk menjaga keamanan individu dan menjamin kebebasan seluas – luasnya dalam memperjuangkan kehidupannya. Pendapat ini merupakan ajaran dari . . . .
a.    teori individualisme
b.    teori integralistik
c.    teori fasisme
d.   teori sosialisme
e.    teori kekuasaan

30.    Tujuan negara hanya sekedar mencapai kekuasaan negara. Merupakan pendapat dari . . . .
a.    Shang Yang
b.    Machiavelli
c.    J.J. Rousseau
d.   Harold J. Laski
e.    Immanuel Kant

31.    Nasionalisme adalah suatu gejala psikologis berupa rasa persamaan dari sekelompok manusia yang menimbulkan kesadaran sebagai suatu bangsa. Yang tidak termasuk ciri – ciri pernyataan di atas adalah . . . .
a.    cinta bangsa dan tanah air Indonesia
b.    rela berkorban demi bangsa dan negara
c.    bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia
d.   menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan
e.    mengutamakan suku dan keluarga

32.    Semangat cinta tanah air disebut juga . . . .
a.    Patriotisme
b.    Kebangsaan
c.    Chauvinisme
d.   Individualisme
e.    Nasionalisme

33.    Semangat nasionalisme dan keberadaan jiwa tercermin dalam sikap . . . .
a.    mendukung westernisasi
b.    suka melancong ke luar negeri
c.    bertindak sopan santun terhadap wisatawan mancanegara
d.   cinta dan bangga menggunakan produksi bangsa sendiri
e.    senantiasa bersikap terbuka dari semua pengaruh dari luar

34.    Jiwa nasionalisme dapat diwujudkan dengan sikap . . . .
a.    ramah terhadap wisatawan asing
b.    tidak mau berpergian ke luar negeri
c.    menerima semua pengaruh dari luar
d.   mempelajari tarian daerah
e.    menentang westernisasi

35.    Nilai patriotisme yang dapat dikembangkan dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia merebut dan mempertahankan kemerdekaan adalah . . . .
a.    melaksanakan pembangunan nasional di segala bidang
b.    menyejajarkan Bangsa Indonesia dengan bangsa lain
c.    rela berkorban guna mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur
d.   lepas dari penjajahan asing mananpun
e.    Bangsa Indonesia berhasil menentukan nasibnya sendiri

I.         Esay
1.        Jelaskan arti pengakuan secara de facto dan de jure !
2.        Jelaskan sifat negara menurut Miriam Budiardjo !
3.        Ada dua teori terjadinya negara, yaitu secara sekunder dan primer. Jelaskan teori terjadinya negara secara sekunder !
4.        Sebutkan tujuan NKRI yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke IV !
5.        Jelaskan cara yang dapat ditempuh dalam menerapkan semangat kebangsaan di berbagai lingkungan kehidupan ! (min 3)



Previous Post Next Post